13 Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya Tanaman Liar Kaya Khasiat

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya
i.ytimg.com

Daun meniran sudah sering digunakan sebagai pengobatan alternatif di berbagai daerah. Tumbuhan ini, yang ditemukan di daerah tropis Asia, sering digunakan untuk mengobati malaria, penyakit hati, dan penyakit kuning. Berikut Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya Simak Penjelasannya

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya
cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Ada dua jenis meniran yang digunakan untuk pengobatan, yaitu meniran merah (Phyllanthus urinaria L.) dan meniran hijau (Phyllanthus niruri L.). Untuk pengobatan, daun meniran hijau lebih dominan digunakan.

Bacaan Lainnya

Daun bulat dan kecil yang memiliki bentuk menyerupai putri malu ini biasanya diolah menjadi suplemen dan dapat dikonsumsi dengan cara diseduh. Namun, konsumsi daun meniran memerlukan persetujuan dokter karena efek samping dapat terjadi atau mempengaruhi efek obat lain.

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya untuk Kesehatan

Tumbuhan yang mudah tumbuh di berbagai tempat ini telah banyak diketahui memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya. Simak Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya di bawah ini:

1. Membantu daya tahan tubuh

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya yang pertamana yaitu Daun meniran mengandung modulator imun yang membuat tubuh sehat dan menjaga sistem imun. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga merekomendasikan meniran sebagai salah satu obat herbal yang diambil dengan mengubahnya menjadi ramuan atau jamu tradisional.

2. Antikanker

Khasiat daun meniran juga bisa mencegah tumbuhnya tumor baru, Toppers. Daun ini berperan sebagai sel mati yang menyerupai kanker.

Dengan begitu, sel kanker baru tidak akan terpicu untuk muncul dan menggantikannya karena sel kanker yang ada akan abadi.

Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan masih belum valid.

3. Menurunkan kadar gula darah

Senyawa phyllanthin dan hypophyllanthin yang terkandung dalam daun meniran dapat menurunkan kadar gula dalam darah Anda.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam daun meniran memiliki manfaat dalam menjaga stabilitas gula darah. Namun, manfaat ini belum terbukti pada manusia, ya Toppers. Jadi tidak bisa dipercaya 100%.

4. Baik untuk kesehatan hati

Phyllanthin yang terkandung dalam daun meniran dapat menormalkan produksi enzim hati sehingga mencegah kerusakan hati. Daun meniran juga memiliki manfaat dalam melindungi sel hati dari stres oksidatif.

5. Mengatasi batu ginjal

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya selanjutnya adalah mencegah dan mengobati batu ginjal. Anda bisa mendapatkan manfaat ini bukan dengan meminumnya secara oral, tetapi melalui infus.

Menurut penelitian, mereka yang rutin melakukan infus yang mengandung daun meniran selama 12 minggu bisa kehilangan batu ginjal. Batu ginjal dicegah untuk kembali lagi karena berkurangnya kadar asam urat dan asam oksalat dalam urin.

Namun, jangan jadikan daun meniran sebagai pengobatan terpenting untuk batu ginjal Anda. Terjadinya alergi bisa berakibat fatal karena menimbulkan reaksi yang berbahaya.

6. Memiliki efek diuretik

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa daun meniran dapat meningkatkan ekskresi natrium dalam urin tikus. Diuretik menghilangkan kelebihan garam dan air dari tubuh, yang dapat digunakan untuk membantu mengobati hipertensi dan kondisi lainnya.

7. Mencegah peradangan

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya berikunya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Manfaat yang satu ini bisa membantu Anda dari berbagai masalah yang muncul akibat peradangan, seperti nyeri, gangguan kulit atau flu.

8. Mengurangi sekresi asam lambung

Daun meniran memiliki efek anti inflamasi pada tukak lambung. Manfaat daun meniran didapat dari kemampuannya menurunkan sekresi asam lambung dan melindungi lambung.

9. Mencegah virus

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa empat spesies Phyllanthus dapat melawan infeksi virus herpes simpleks dalam kultur sel. Infeksi lain yang dapat dibantu oleh Phyllanthus niruri (menir hijau) adalah hepatitis B.

10. Antioksidan tinggi

Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah kerusakan sel dan penyakit. Nah, ekstrak dari daun Phyllanthus niruri( meniran hijau) menampilkan kegiatan antioksidan yang kuat.

11. Mengurangi Sel Kanker

Beberapa ilmuwan percaya kalau manfaat daun meniran dapat menjadi antitumor yang bisa digunakan sebagai obat kanker.

Penelitian menemukan bahwa ekstrak tanaman ini bisa memperlambat pertumbuhan tumor dengan menginduksi apoptosis di berbagai sel kanker.

Proses apoptosis ini bisa mengganti sel lama dengan sel baru. Hal ini juga disebabkan oleh tingginya kandungan senyawa polifenol yang memiliki sifat antioksidan.

12. Menyembuhkan Encok

Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya yang tidak kalah menarik adalah membantu menyeimbangkan kadar asam urat sehingga tidak menumpuk di dalam darah.

Dengan begitu, daun ini bisa bantu mencegah serangan asam urat.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan suplemen daun meniran berpotensi menurunkan kadar asam urat pada manusia.

13. Mencegah Berbagai Penyakit Kulit

Kulit yang sensitif bisa memicu rasa gatal yang membuat Moms dan Dads tidak nyaman. Rasa gatal ini dapat berlangsung lama jika tidak ditangani, bahkan bisa menyebar ke area tubuh lainnya.

Namun jika digaruk, rasa gatal ini bisa semakin parah dari sebelumnya. Biasanya rasa gatal timbul sebagai respon tubuh karena melindungi diri dari sesuatu, misalnya racun dari gigitan serangga.

Nahh Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya lain dari daun meniran adalah untuk mengatasi gatal lohh,

Gatal di kulit juga bisa terjadi meskipun tidak ada bintik, ruam, benjolan, atau kelainan kulit yang lainnya. Kandungan phyllanthin dan hypophyllanthin yang ada di dalam ekstrak daun meniran ternyata dapat menjadi obat antibiotik alami.

Sehingga bisa menekan pertumbuhan jamur dan berbagai bakteri yang bisa menimbulkan penyakit kulit.

Cara Mengolah Daun Meniran

Meniran telah terbukti secara ilmiah berkhasiat meningkatkan stamina, serta mengobati hepatitis, penyakit pernapasan, diabetes, sakit kuning, dan diare.

Untuk mengubah meniran menjadi obat, kata dr. Setiawan Dalimartha, Wakil Presiden Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Oriental Tradisional (PDPKT), bagian yang digunakan adalah herba segar atau kering udara.

Cara pemakaiannya sederhana, untuk obat diminum, rebus 15-30 gram herba kering atau 30-60 gram herba segar. Kemudian minum air rebusannya.

Cara lain, tumbuk herba meniran segar lalu peras. Air yang terkumpul diminum. Untuk pemakaian luar, cuci bersih herba segar, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan bahan tersebut pada tempat yang sakit lalu balut.

Berikut beberapa bahan meniran:

  • Obat 1 (melawan tubuh bengkak karena radang ginjal)

Cara menggunakan: cuci 50 gram meniran segar, masak dalam 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum setiap gelas, pagi, siang dan sore.

  • Obat 2 (melawan batu kemih)

Cara pemakaian : cuci setiap 30 gram meniran, sesendok daun dan tempuyung. Rebus 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum 1 gelas setiap pagi dan sore.

  • Obat 3 (untuk nyeri saat buang air kecil)

Cara Pemakaian : Cuci 30 gram daun meniran dan bulu kucing. Rebus 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum setiap gelas, pagi, siang dan sore.

  • Obat 4 (untuk disentri)

Cara menggunakan: cuci 30-60 gram meniran. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum juga.

  • Obat 5 (untuk hepatitis)

Cara penggunaan : cuci 30-60 gram meniran, masak dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum juga. Lakukan ini setiap hari selama 1 minggu.

  • Ramuan 6 (untuk rabun senja)

Cara pemakaian : cuci 15-20 gram meniran lalu kukus dengan 2 potong hati ayam. Setelah dingin, makan hati dan minum airnya.

  • Obat 7 (untuk asam urat)

Cara Pemakaian : Beri 1 sendok makan daun meniran segar dan 7 lembar helai bulu kucing, cuci bersih. Rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, saring dan minum juga. @tok

Efek Samping Daun Meniran

Air rebusan daun meniran mempunyai sebagian mungkin dampak samping, Toppers. Efek samping termasuk diare, sakit perut dan keguguran. Oleh karena itu, daun meniran sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak.

Orang dengan kondisi kesehatan khusus seperti penyakit hati sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun meniran.

Cara paling aman mengkonsumsi daun meniran sebenarnya adalah dalam bentuk suplemen. Hal ini karena daun meniran liar dapat mengandung racun dari polusi udara atau air yang diserapnya. Faktanya, beberapa spesies memiliki racunnya sendiri.

Nah, itulah berbagai manfaat, cara mengobati dan efek samping daun meniran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Toppers ya. Jangan lupa temukan semua kebutuhan kesehatan Anda dengan mudah di Tokopedia!

Itulah artikel tentang 13 Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya Tanaman Liar Kaya Khasiat, Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *