18 Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi Dijamin Aman dan Terbukti!

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi

Jerawat yang meradang memiliki sejumlah efek negatif. Jerawat yang meradang tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit, tetapi juga merusak penampilannya. Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya tetapi tidak berhasil, cobalah Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi Dijamin Aman dan Terbukti!

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi
cdn-2.tstatic.net

Jerawat meradang terjadi ketika area di bawah penyumbatan komedo menjadi meradang dan merah. Jerawat yang meradang juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri di bawah permukaan kulit.

Bacaan Lainnya

18 Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi

Memencet jerawat bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi jerawat yang meradang. Tangan yang kotor, alat yang tidak steril, dan penyebaran bakteri dari jerawat yang diremas justru dapat memperburuk jerawat Anda.

Akibatnya, jerawat menjadi merah, terinfeksi, dan meradang. Bahkan, jerawat bisa saja meninggalkan bekas di wajah, atau yang dikenal dengan istilah bopeng.

Untuk mengobati jerawat yang meradang, cobalah beberapa Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi berikut:

1. Retinoid

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi adalah cobalah retinoid topikal. Namun obat ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil, menyusui dan pemilik kulit sensitif.

Obat ini tersedia dalam bentuk gel, salep atau krim, yang dapat diperoleh dengan resep dokter.

Untuk menggunakan, cuci muka, keringkan, lalu oleskan retinoid ke seluruh wajah. Hindari paparan sinar matahari saat menggunakan obat ini.

2. Antibiotik

Jerawat yang meradang sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Karena itu, pengobatannya bisa menggunakan antibiotik.

Pilihannya mungkin salep antibiotik atau tablet antibiotik yang diminum. Namun, untuk menggunakannya dengan benar, antibiotik harus digunakan sesuai resep dokter.

3. Tea tree oil

Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi dengan bahan-bahan alami, salah satunya adalah penggunaan minyak pohon teh.

Kandungannya dapat membantu mengurangi peradangan bahkan menghilangkan jerawat dalam semalam. Selain itu, tea tree oil juga bisa mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri di wajah.

Menggunakan minyak pohon teh memiliki hasil yang sama seperti benzoil peroksida, bahan yang juga digunakan dalam krim jerawat yang dijual bebas. Namun, mereka yang menderita eksim atau mereka yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati, karena minyak pohon teh dapat mengiritasi kulit.

4. Bakuchiol

Bakuchiol adalah ekstrak biji dan daun dari Psoralea corylifolia, atau tanaman Babchi. Bakuchiol digunakan sebagai alternatif retinoid karena memiliki efek yang mirip dengan bahan-bahan tersebut.

Bakuchiol bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan, sehingga dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang.

Tidak seperti retinoid, yang dapat mengiritasi beberapa orang, bakuchiol aman untuk orang dengan kulit sensitif dan dapat digunakan oleh wanita hamil dan menyusui.

5. Asam salisilat

Beberapa produk perawatan wajah yang dijual bebas biasanya mengandung antara 0,5 dan 2% asam salisilat. Asam salisilat ini dapat membantu membuka pori-pori kulit dari penumpukan sel kulit mati, minyak dan bakteri.

Bahan ini juga dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang. Namun, efek sampingnya bisa membuat kulit kering dan iritasi.

6. Zinc

Zinc juga dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah. Kandungan zinc pada obat jerawat juga dapat melindungi kulit dari peradangan dan infeksi bakteri. Selain tersedia dalam bentuk krim atau lotion, zinc juga tersedia dalam bentuk diet.

Meskipun masuk akal, ingatlah untuk tidak mengonsumsi seng secara berlebihan, karena asupan seng di atas batas sebenarnya dapat mengganggu penyerapan tembaga (mineral tembaga). Karena itu, hindari mengonsumsi suplemen seng lebih dari 30 mg per hari.

7. Putih telur

Putih telur mengandung enzim lisozim yang efektif sebagai Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi. Metodenya terdiri dari memisahkan putih telur dari kuning telur dan mencampurnya dengan jus lemon. Oleskan ke wajah seperti masker, lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung polifenol, yang memiliki efek anti jerawat pada kulit. Jika Anda menggunakannya secara rutin, bahan alami ini mampu menghilangkan jerawat secara tuntas. Untuk melakukan ini, kenakan masker gel lidah buaya dan diamkan selama setengah jam. Kemudian bilas dengan air bersih.

9. Bawang putih

Bawang putih mengandung belerang yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Triknya merupakan dengan memotong bawang putih jadi kecil- kecil kemudian menempelkannya pada jerawat ataupun sisa jerawat
. Biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

10. Jus lemon

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang efektif Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi. Caranya adalah dengan mengoleskan jus lemon ke wajah Anda dan kemudian biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

11. Mentimun

Mentimun kaya akan antioksidan, vitamin, dan asam amino. Bahan-bahan ini dapat digunakan sebagai pelarut alami untuk jerawat. Oleskan masker mentimun pada wajah Anda selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

12. Madu

Siapa yang tidak ketahui manfaat madu yang baik? Bahan natural ini dapat digunakan selaku penghilang jerawat natural. Triknya merupakan dengan mengoleskan madu pada wajah. Perkenankan sepanjang 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

13. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki antiseptik natural yang bisa menewaskan kuman pemicu jerawat. Triknya merupakan dengan mengoleskan cuka sari apel ke wajah Kamu dengan bola kapas kemudian diamkan sepanjang 5 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

14. Tomat

Tomat memiliki Vit A serta Vit C yang secara natural bisa melenyapkan jerawat. Triknya merupakan dengan mendistribusikan tomat cincang secara menyeluruh pada wajah kemudian diamkan sepanjang separuh jam. Setelah itu bilas dengan air bersih.

15. Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain yang sanggup mengangkut sel kulit mati pemicu jerawat. Pakai pepaya selaku masker wajah natural, kemudian diamkan sepanjang separuh jam, kemudian bilas dengan air bersih.

16. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E yang dapat mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Caranya adalah dengan menghaluskan buah alpukat lalu mengoleskannya ke wajah seperti masker. Anda bisa mencampurnya dengan madu. Biarkan selama setengah jam lalu bilas dengan air bersih.

17. Es batu

Jika ingin menghilangkan jerawat dalam waktu singkat, maka Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi dengan es batu bisa menjadi solusinya. Dimana es batu dapat mengurangi peradangan kulit akibat jerawat di wajah. Caranya, cukup oleskan es batu pada wajah yang berjerawat hingga beberapa kali.

18. Pasta gigi

Bagi Anda yang bingung bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi, pasta gigi bisa menjadi solusinya. Dimana kandungan hidrogen, fluoride dan triclosan pada pasta gigi dapat mencegah terjadinya iritasi kulit. Selain itu, pasta gigi juga memiliki khasiat untuk mengeringkan jerawat yang meradang. Anda bisa mengoleskan pasta gigi langsung ke jerawat. Kemudian diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Akhir Kata

Untuk mencegah jerawat meradang, jangan hanya mencubit jerawat dan menjaga kebersihan wajah setiap hari. Untuk jerawat meradang parah yang tidak kunjung hilang setelah melakukan cara-cara di atas, konsultasikan dengan dokter kulit.

Salah satu upaya yang dapat dicoba oleh dokter adalah dengan memberikan suntikan kortison untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

itulah artikel tentang 18 Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi Dijamin Aman dan Terbukti!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *