Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Dalam 1 Minggu

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat
blue.kumparan.com

Jerawat saja sudah mengganggu plus flek hitam bekas jerawat yang sulit di hilangkan. Bagaimana cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat? Sebelum mengetahui Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat , kenali dulu noda di wajah mana yang bisa dikatakan di sebabkan oleh jerawat.

Direktur Riset Kosmetik dan Klinis Dermatologi, Rumah Sakit Mount Sinai di New York City Joshua Zeichner mengatakan apa yang banyak orang tidak sadari adalah bahwa tanda gelap atau merah muda pada kulit sebenarnya bukan bekas jerawat. Peradangan pada kulit seringkali meninggalkan bintik-bintik sebagai bagian dari proses penyembuhan alami. Peradangan meningkatkan produksi pigmen, menciptakan tanda yang memudar dengan sendirinya selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Bacaan Lainnya

15 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Dalam 1 Minggu

1. Eksfoliasi dengan pepaya

Seperti di kutip dari Brydie, pengelupasan alami dengan pepaya adalah salah satu Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat. Pepaya memiliki asam buah yang di kenal sebagai asam alfa-hidroksi, yang merupakan pengelupasan kimia. AHA di gunakan untuk kulit kering dan anti-penuaan, dan bekerja untuk memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit dengan melemahkan lipid yang mengikatnya. Proses ini dapat mengangkat sel kulit mati dan kusam untuk menghasilkan sel kulit yang sehat.

Untuk mengobati bintik hitam Anda dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker. Saat Anda melepas masker, Anda dapat memijat dengan gerakan melingkar yang lembut untuk sedikit pengelupasan ekstra pada lapisan atas sel kulit mati.

2. Kunyit untuk kulit malam hari

Penggunaan kunyit untuk meratakan warna kulit telah di praktekkan selama berabad-abad oleh orang-orang di India, sebagian Amerika Tengah dan daerah subtropis lainnya. Mereka melihat kunyit sebagai bahan yang memiliki banyak khasiat penyembuhan, mulai dari mengurangi peradangan hingga membantu proses pencernaan. Manfaat kunyit juga meluas ke area perawatan kulit, dan telah terbukti menghambat produksi melanin kulit, yang menyebabkan bintik-bintik akibat hiperpigmentasi.

Untuk meringankan bintik hitam dengan kunyit, buat masker dengan sedikit kunyit dan sedikit madu. Jika mau, Anda dapat meningkatkan proses pembersihan dengan beberapa tetes jus lemon, selama kulit Anda tidak terlalu sensitif dan jeruk tidak bersentuhan dengan kulit terbuka, seperti jerawat yang pecah.

3. Minyak almond

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat bisa dengan minyak almond. Namun minyak almond yang biasa di gunakan untuk memasak tidak sama dengan yang di gunakan pada kulit, yang seringkali di perkaya dengan tambahan vitamin dan mineral. Kehadiran vitamin E dan niasin dalam minyak almond untuk kulit membantu mengatasi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit.

Karena minyak almond manis umumnya di anggap non-komedogenik (artinya tidak menyumbat pori-pori), Anda dapat menambahkannya ke rutinitas malam Anda sebagai penghapus riasan atau pelembab.

Baca juga: 12 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Terbukti!

4. Mencerahkan wajah dengan yogurt

Yogurt dapat membantu memudarkan bintik-bintik gelap dengan pengelupasan kulit. Seperti sifat pengelupasan kimia yang ditemukan dalam pepaya, yogurt dapat memecah sel-sel kulit mati berkat asam laktat, yang di temukan secara alami dalam produk susu. Menggunakan yogurt dengan susu sapi bisa efektif menenangkan kulit karena mengandung asam laktat.

Asam laktat adalah AHA yang memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan. Asam ini lebih lembut terhadap kulit daripada exfoliator kimia lainnya. Karena berasal dari susu, ini membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH. Ia bekerja untuk mengobati noda, memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi kemerahan.

Yogurt dapat di aplikasikan untuk membersihkan kulit sendiri atau di campur dengan bahan tambahan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, seperti madu yang bersifat antibakteri dan baik untuk kulit berjerawat. Menambahkan oatmeal ke masker yogurt akan membantu mengelupas dan meredakan kulit kering. Setelah itu, pastikan untuk membilas masker secara menyeluruh agar tidak merobek atau mengiritasi kulit.

5. Gunakan tomat

Alih-alih mengoleskan bahan ini pada wajah, tomat bekerja paling baik jika di konsumsi secara sistemik. Menurut sebuah penelitian tahun 2011, responden yang makan sekitar 55 miligram pasta tomat dengan minyak zaitun setiap hari memiliki kulit yang terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Mengapa Anda bisa menggunakan tomat Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat? Tomat secara alami kaya akan likopen, yang memiliki efek melindungi dari sinar matahari.

6. Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Aloe Vera

Semakin kenyal atau lembap kulit Anda, semakin kecil kemungkinan bekas luka akan muncul. Jadi menambahkan kelembapan kembali ke kulit Anda dengan minyak dan lotion dapat membantu mengobati kemerahan atau noda di wajah Anda dan mencegahnya muncul.

Salah satu bahan yang bisa Anda coba gunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam ke luar atau dari luar adalah lidah buaya. Lidah buaya dapat di ambil dalam bentuk minuman atau di oleskan pada kulit sebagai pelembab. Cara menggunakan lidah buaya sebagai pelembab, pecahkan daun tanaman lidah buaya dan oleskan lendirnya pada bekas luka.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat dalam Semalam

7. Jaga kesehatan kulit Anda dengan vitamin C.

Menurut American Academy of Dermatology, vitamin C adalah salah satu bahan alami yang lebih efektif yang dapat Anda andalkan untuk mengobati bintik-bintik. Vitamin C juga berpotensi mencegah pembentukan bintik hitam atau merah baru.

Gunakan Retinol untuk mengurangi bintik hitam

Cara menghilangkan komedo bekas jerawat dengan perawatan kulit adalah dengan menggunakan retinol. Retinol di ketahui dapat mengubah tekstur kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Retinol menembus jauh ke dalam lapisan kulit untuk mengobati flek hitam yang bahkan belum terlihat. Pori-pori Anda juga akan terlihat lebih halus dan jerawat akan terkontrol setelah menggunakan retinol.

9. Lidah Buaya

lidah buaya adalah salah satu Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat di pipi selanjutnya secara alami dengan lidah buaya. Manfaat masker lidah buaya dapat dijadikan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat yang dapat menyembuhkan kulit.

Hasil penelitian dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery yang di lakukan pada hewan percobaan menyatakan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam dapat membuat produksi melanin pada sel kulit lebih stabil.

10. Cuka sari apel

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat secara alami juga bisa menggunakan cuka sari apel. Manfaat cuka sari apel dapat membantu mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Tidak di ragukan lagi bahwa cuka sari apel bisa menjadi masker alami untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakan cuka sari apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dan beberapa tetes air secukupnya.

Kemudian celupkan bola kapas bersih ke dalam larutan cuka sari apel. Oleskan kapas tersebut pada bekas jerawat hitam, biarkan selama 5 menit. Kemudian bilas kulit dengan air sampai bersih.

Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan menambahkan 2 sendok makan madu. Celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Biarkan bekerja selama 10-15 menit atau sampai masker mengering. Kemudian bilas kulit dengan air bersih.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet Inilah Solusinya!

11. Ekstrak biji anggur

Bahan alami lain yang bisa di gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah ekstrak biji anggur. Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Sebuah studi ilmiah menetapkan bahwa penggunaan ekstrak biji anggur sebagai obat jerawat oral (minuman) dapat meredakan melasma, yaitu gangguan kulit yang disebabkan oleh hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Namun, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak biji anggur sebagai obat oles (oles) dapat di gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga: 18 Cara Mengatasi Jerawat Meradang Di Pipi Dijamin Aman dan Terbukti!

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat dalam 1 minggu yang di jamin ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *