Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari
cms.sehatq.com

10 Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari dan Penyebabnya, Simak Ulasan Berikut!

Asma biasanya terjadi pada malam hari saat Anda tertidur. Jenis asma ini, juga disebut asma nokturnal, dapat sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental pasien karena mereka selalu bangun di malam hari. Berikut mimin berikan 10 Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari dan Penyebabnya, Simak ulasannya!

Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari
d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net

Jika Anda terus terbangun di tengah malam karena asma, secara alami Anda akan merasa lelah di pagi hari dan mengantuk sepanjang hari. Ini dapat memengaruhi kualitas hidup Anda secara keseluruhan dan mempersulit Anda untuk mengontrol asma setiap hari.

Penyebab asma nokturnal harus diidentifikasi untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Penyebabnya adalah Anda mungkin tidak dapat segera memeriksakan status kesehatan Anda ke dokter pada malam hari. Bersiap-siap dengan obat asma juga bisa menjadi pengobatan terbaik.

Penyebab Asma pada Malam Hari

Penyebab asma nokturnal atau sering disebut dengan asma nokturnal dipengaruhi oleh siklus alami tubuh dan beberapa hormon, yang tertinggi atau terendah di pagi hari.

Semua penderita asma menderita gangguan fungsi paru-paru di malam hari. Menurut penelitian, diketahui bahwa seseorang yang menderita asma pada malam hari mengalami penurunan fungsi paru-paru sebesar 20% pada malam hari dibandingkan dengan orang yang tidak menderita asma, yaitu sekitar 4%.

Berikut adalah beberapa penyebab lain dari asma malam hari:

1. Perubahan suhu

Pada malam hari, suhu udara secara bertahap akan menurun, sehingga akan terasa lebih sejuk dibandingkan pada siang hari. Gejala asma juga akan kambuh karena penurunan suhu tubuh sampai batas tertentu. Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari , penderita asma dapat melakukan upaya menghangatkan tubuh, seperti menggunakan selimut, jaket, menghangatkan ruangan, atau melakukan olahraga ringan untuk menaikkan kembali suhu tubuh.

2. Perubahan emosi dan stres

Emosi dan stres pada manusia cenderung meningkat sebelum tidur di malam hari. Inilah sebabnya ketika orang mengantuk dan lelah, orang akan lebih sering mengatakan yang sebenarnya dan merasa lebih emosional. Alih-alih mengistirahatkan pikiran, tubuh akan mengarahkan pikiran untuk mengeksplorasi semua peristiwa yang telah terjadi. Saat terjadi perubahan emosi dan stres, penderita asma merasa penyakitnya kambuh lagi.

3. Adanya Faktor Pemicu Alergi

Menjaga kebersihan kamar tidak ada salahnya, mulai dari kasur hingga barang-barang di sekitar area tidur. Asma nokturnal bisa terjadi karena paparan pemicu alergi asma di dalam ruangan, terutama kasur. Tungau, debu, dan bulu hewan peliharaan sebenarnya dapat menyebabkan asma di malam hari sehingga menyebabkan gangguan tidur. Segera periksakan kondisi kesehatan Anda di rumah sakit terdekat bila Anda mengalami gejala asma nokturnal, seperti batuk, mengi, dada sesak, dan sesak napas.

4. Posisi tidur

Posisi tidur yang Anda pilih bisa memicu kambuhnya asma di malam hari, lho. Misalnya, tidur telentang menyebabkan katup yang melapisi perut dan kerongkongan terbuka. Hal ini dapat menyebabkan isi lambung, seperti asam dan enzim pencernaan, masuk ke kerongkongan.

Akibatnya, dinding kerongkongan teriritasi dan terasa nyeri di area dada. Peningkatan asam lambung yang akhirnya memicu kembalinya asma. Oleh karena itu, Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari penderita asma sebaiknya menghindari posisi tidur ini dan memilih tidur menyamping.

5. Gangguan Lambung

Perhatikan kesehatan Anda jika Anda memiliki penyakit yang berhubungan dengan perut. Gangguan perut, seperti GERD, dapat menyebabkan asma nokturnal. Asam ini, yang naik ke atas, dapat mengiritasi kerongkongan bagian bawah dan menyebabkan penyempitan saluran udara. Lakukan tindakan pencegahan terhadap GERD untuk menghindari penyebab asma nokturnal.

6. ritme sirkadian

Ritme sirkadian adalah ritme atau ritme fungsi tubuh manusia yang biasanya akan terus berulang dalam waktu 24 jam. Terkadang ritme ini disebut juga dengan jam tubuh manusia, yang pada waktu-waktu tertentu fungsi tubuh mengalami kondisi maksimal dan minimal. Ritme sirkadian ini dapat mengalami perubahan, seperti jam bangun dan jam tidur seseorang. Jika seseorang mengalami perubahan aktivitas atau fungsi tubuh, hal ini akan mempengaruhi fungsi lainnya

10 Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari

Berikut 10 Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari simak apa saja ;

1. Membersihkan Tempat Tidur dengan Rutin

Cara Mengatasi Asma Di Malam Hari yang pertama adalah Bersihkan tempat tidur secara teratur untuk menghindari tungau, debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Karena kasur, bantal, guling dan selimut merupakan tempat persembunyian tungau yang populer.

Banyak orang tidak menyadari bahwa asma mereka sering kambuh karena mereka berkembang biak pada polutan udara kecil ini karena mereka tidak terlihat. Berikut cara mencegah asma di malam hari dengan membersihkan tempat tidur.

2.Mencuci Perlengkapan Tidur 1-2 Minggu Sekali

Cara Mengatasi asma Di Malam Hari berikutnya, cuci dan ganti seprai, bantal, bantal, dan selimut setidaknya sekali seminggu. Selain itu, semua tempat tidur ini harus dicuci dengan air hangat untuk membunuh tungau debu secara lebih efektif dan mencegahnya kembali.

3. Gunakan bantal yang tinggi

Anda juga bisa mencegahnya dengan tidur di atas bantal yang tinggi. Ketika Anda sedang pilek atau sinusitis, tidur dengan posisi kepala datar dapat menimbulkan dahak atau dahak di sekitar hidung dan tenggorokan Anda. Ini dapat memblokir aliran udara di saluran udara dan memicu asma di malam hari.

Sebagai solusinya, Cara Mengatasi asma Di Malam Hari gunakan bantal yang tinggi untuk mencegah lendir menumpuk dan asam lambung naik.

4. Gunakan Humidifier

Udara di dalam ruangan dapat dilembabkan dengan pelembab udara. Cara ini juga berguna untuk mencegah tumbuhnya tungau debu yang menyukai udara kering. Semakin sering Anda menggunakan pelembab udara, semakin lembab udara di dalam ruangan untuk mencegah asma kambuh.

5. Jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur

Cara Mengatasi asma Di Malam Hari selanjutnya adalah dengan menjauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur. Karena bulu hewan yang bertebaran bisa menempel di selimut dan kasur serta memicu asma di malam hari.

6. Mengontrol risiko sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur serius yang menyebabkan pernapasan sering berhenti saat tidur. Ini juga menyebabkan asma di malam hari. Menurut American Thoracic Society, penderita asma cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena sleep apnea.

7. Jangan tidur dengan hewan peliharaan

Hewan peliharaan bisa menjadi salah satu pemicu alergi yang bisa memperparah gejala asma. Ketombe hewan peliharaan Anda dapat menempel pada selimut atau tempat tidur dan memicu asma.

Oleh karena itu, cara lain untuk tidur dengan aman selama asma adalah dengan menjauhkan hewan peliharaan dari kamar.

Hal ini penting agar kamar tidur bebas dari bulu hewan peliharaan yang berjatuhan atau tungau dan bakteri dari hewan peliharaan Anda.

8. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Cara lain untuk mendapatkan tidur malam yang baik selama asma adalah dengan mematikan semua perangkat elektronik, setidaknya 30 menit sebelum tidur. Matikan juga lampu kamar dan gunakan lampu malam kecil sebagai penerangan.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk bermeditasi atau berolahraga setidaknya satu jam sebelum tidur. Selain itu, pastikan Anda memilih bentuk olahraga yang tepat untuk asma.

9. Minum obat asma sesuai anjuran dokter

Pada beberapa orang, obat asma perlu diminum secara teratur, bahkan jika mereka tidak melihat gejala serangan asma.

Pasalnya, Anda tidak pernah tahu kapan serangan asma akan datang. Jadi jaga kedisiplinan minum obat sesuai anjuran dokter. Dengan cara ini, Anda dapat tidur lebih aman meskipun Anda menderita asma.

Mengikuti tips ini akan memudahkan untuk mencegah serangan asma di malam hari dan tidur lebih nyenyak

Akhir Kata

Jika asma sering terjadi di malam hari, segera dapatkan bantuan medis. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan obat asma setiap malam agar Anda tidak menderita di malam hari dan mengganggu tidur nyenyak Anda.

Itulah artikel tentang 10 Cara Mengatasi asma Di Malam Hari dan Penyebabnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat!