cdn.medcom.id
asset.kompas.com

Kenali Sakit Empedu Ciri Cirinya Yang Perlu Diketahui!

Tahukah Anda apa itu Sakit Empedu Ciri Cirinya ? Ini adalah batu kecil yang berasal dari kolesterol dan terbentuk di saluran empedu manusia. Berdasarkan statistik yang dipublikasikan di situs Health Engine, 10-20 persen dari seluruh populasi manusia menderita batu empedu. Biasanya, batu empedu baru terbentuk sejak usia 40 tahun.

Sakit Empedu Ciri Cirinya
cdn.medcom.id

Meski demikian, kita tidak boleh meremehkan batu empedu, karena bisa terbentuk pada usia berapa pun. Simak 11 Sakit Empedu Ciri Cirinya Anda Ketahui!

Kenali Sakit Empedu Ciri Cirinya Yang Perlu Diketahui!

1. Sakit perut

Biasanya, batu empedu tidak menimbulkan gejala, tanda, atau karakteristik apa pun. Namun, jika Anda mengalami Sakit Empedu Ciri Cirinya rasa sakit yang tiba-tiba dan meningkat dengan cepat di perut kanan atas, itu mungkin pertanda batu empedu! Perlu diketahui bahwa empedu terletak di sisi kanan perut, tepat di bawah hati.

2. Sakit di bawah tulang dada

Sakit perut bukan satu-satunya penanda batu empedu. Ada gejala lain yang harus diwaspadai, yakni timbulnya rasa sakit yang tiba-tiba dan intens di bagian tengah perut, tepat di bawah tulang dada kita, demikian penjelasan situs Mayo Clinic.

Jika rasa sakit ini hanya berlangsung sesaat, jangan putus asa. Tetapi jika itu terjadi dalam jangka waktu tertentu dan terus berulang, berhati-hatilah!

3. Terjadi nyeri punggung

Selain kedua nyeri di atas, ada nyeri di bagian tubuh lain yang perlu Anda perhatikan. Sakit Empedu Ciri Cirinya rasa sakit terjadi di punggung, tepat di antara tulang belikat. Karena ketika batu berjalan melalui kantong empedu ke usus kecil dan tersangkut di saluran empedu, itu menyebabkan rasa sakit, jelas situs Medicin Net.

4. Ada rasa sakit di bahu

Ada satu lagi rasa sakit atau pain point yang perlu Anda waspadai dan itu ada di bahu kanan. Rasa sakit ini digambarkan bervariasi, mulai dari ringan, sedang atau berat, dan menyebar dari perut ke punggung dan bagian tubuh lainnya, kata situs Medicinnet.

5. Terjadi mual dan muntah

Gejala lain yang bisa dikenali sebagai batu empedu adalah terjadinya mual dan muntah. Mual dan muntah adalah gejala umum dari semua jenis masalah kandung empedu. Namun, itu hanya penyakit kronis kandung empedu yang dapat memicu masalah pencernaan seperti refluks asam, kembung, kembung, mual dan muntah, menurut situs Health Line.

6. Terjadi demam mendadak

Sakit Empedu Ciri Cirinya yang lain adalah demam. Faktanya, menggigil atau demam yang tidak dapat dijelaskan dapat mengindikasikan infeksi batu empedu. Infeksi ini bisa mengancam jika menyebar ke bagian tubuh lain, jelas situs Health Line. Jadi Anda harus berhati-hati!

7. Membuat kulit dan bola mata menjadi kuning

Terakhir, batu empedu bisa ditandai dengan menguningnya kulit dan bola mata! Menurut Page Health, perubahan ini bisa menjadi tanda seseorang memiliki batu empedu.

Namun, bila disertai dengan sakit perut dan penurunan berat badan, bisa jadi merupakan gejala kanker kandung empedu.

8. Sisi kanan perut

Mulai dari kesehatan, nyeri pada liver atau hati merupakan gejala batu empedu yang cukup umum dialami oleh orang yang sedang sakit.

Nyeri ini dirasakan di perut kanan atas dekat tulang rusuk. Terkadang rasa sakit menyebar ke bagian tengah perut.

Nyeri pada perut kanan atas yang dirasakan penderita biasanya terjadi setelah makan dan berlangsung selama beberapa jam.

Rasa sakit selalu bisa datang dan pergi. Jika penyakitnya kronis, rasa sakitnya berlangsung lama atau muncul untuk waktu yang lama.

9. Kulit dan bagian putih mata menguning

Gejala lain dari batu empedu adalah penyakit kuning, seperti: B. Menguningnya kulit dan bagian putih mata.

Warna urin juga menjadi lebih gelap dan tinja lebih pucat.

Dalam kondisi normal, kantong empedu mengeluarkan empedu melalui duktus sistikus ke dalam usus kecil. Gejala penyakit kuning dapat terjadi ketika saluran ini tersumbat.

Penyumbatan di saluran empedu menyebabkan empedu menumpuk di kantong empedu, meningkatkan zat kekuningan yang disebut bilirubin.

10. Mual atau muntah

Ciri-ciri batu empedu terkadang mirip dengan sakit perut, regurgitasi asam, atau gangguan pencernaan lainnya.

Banyak penderita batu empedu merasa mual atau muntah beberapa saat setelah makan.

Berbeda dengan gangguan pencernaan biasa, mual dan muntah yang diderita pasien biasanya terjadi berulang kali dan diikuti dengan nyeri perut di bagian kanan atas.

11. Pankreas meradang

Penyakit batu empedu dapat mempengaruhi organ di sekitarnya, termasuk pankreas.

Orang dengan batu empedu dapat mengembangkan pankreatitis atau pankreatitis.

Ini karena pankreas berdekatan dengan hati dan melepaskan enzim ke area yang sama dengan empedu.

Karena kedua saluran bertemu di dekat usus, batu empedu yang tumbuh di sana dapat mengganggu fungsi saluran lainnya.

Ketika batu empedu bocor dari kantong empedu dan tersangkut di saluran pankreas, organ yang dekat dengan hati ini bisa meradang.

Jika Anda melihat salah satu gejala batu empedu di atas, segera temui dokter.

Nah, itulah 11  Gejala Sakit Empedu Ciri Cirinya. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan sebelum pergi ke dokter, oke!