16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional

obat sakit asam lambung yang ampuh
foto.kontan.co.id

Asam lambung terjadi ketika ada sekresi asam yang berlebihan di kelenjar lambung, menyebabkan kembung, bau mulut, sakit perut, dan gejala lainnya. Ini memicu reaksi tidak nyaman, yang juga sering menyebabkan sakit perut. Pasti tidak ada yang suka itu. Berikut mimin akan bahas 16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional, Simak penjelasannya

obat sakit asam lambung yang ampuh
encrypted-tbn0.gstatic.com

Menurut ahli gizi yang berbasis di New Delhi Anshul Jaibharat, seperti dilansir Food NDTV, asam lambung bisa disebabkan oleh makan lama, perut kosong, atau konsumsi teh, kopi, merokok, atau alkohol secara berlebihan.

Bacaan Lainnya

Ketika sekresi asam lebih dari normal, kita mengalami mulas atau regurgitasi asam, atau GERD (penyakit refluks gastroesofageal), yang biasanya dipicu ketika kita makan makanan berat atau pedas.

Asam lambung cukup mengiritasi. Untuk menghilangkannya, kita sering menggunakan berbagai perawatan.

16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional

Berikut 16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional, Simak apa saja ;

1. Daun kemangi

Sifat menenangkan dari daun kemangi dapat memberi Anda bantuan instan dari asam lambung.

Saat gas pertama keluar, makanlah beberapa lembar daun kemangi atau rebus 3-4 lembar daun kemangi dalam secangkir air dan didihkan selama beberapa menit.

Sering juga untuk menghirup daun kemangi. Ini adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk hyperacidity.

2. Adas

obat sakit asam lambung yang ampuh berikutnya adalah adas, minum teh adas setelah makan untuk mencegah asam lambung. Karena banyaknya manfaat pencernaan, adas membantu menjaga kelancaran pencernaan.

Teh adas juga dianggap sangat bermanfaat untuk gangguan pencernaan dan gas, karena minyak yang terkandung dalam biji adas.

Ini diajarkan oleh Shilpa Arora ND, seorang naturopath bersertifikat, ahli gizi dan pelatih kesehatan makrobiotik.

3. Kayu Manis

obat sakit asam lambung yang ampuh selanjunya yaitu kayu manis. Bumbu sederhana ini bertindak sebagai antasida alami untuk asam lambung dan dapat menenangkan perut Anda dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Untuk membantu, minum teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi saluran cerna. Pembangkit tenaga nutrisi, kayu manis dikemas dengan khasiat yang meningkatkan kesehatan.

4. Susu mentega

Buttermilk mengandung asam laktat, yang menetralkan asam lambung. Taburi dengan sejumput lada hitam atau 1 sendok teh ketumbar untuk hasil terbaik.

5. Gula Merah

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang tua makan gula merah? Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus. Manoj K. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis, New Delhi.

Gula merah membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan Anda lebih basa, mengurangi asam lambung.

Cicipi sedikit gula merah setelah makan dan rasakan manfaatnya. Ini karena gula merah juga membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.

6. Anyelir

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah memegang tempat penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda sebagai pengobatan untuk gangguan saluran pencernaan.

Cengkih bersifat pencernaan, yang mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Saat memasak, tambahkan cengkeh seperti kacang merah atau lentil hitam, yang rentan terhadap gas.

Anda bahkan bisa makan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

7. Jinten

Jinten dianggap sebagai obat sakit asam lambung yang ampuh. Jinten bertindak sebagai penetral asam yang kuat, membantu pencernaan dan meredakan sakit perut.

Hancurkan beberapa biji jinten panggang, aduk ke dalam segelas air, atau rendam satu sendok teh jinten dalam secangkir air mendidih dan minum setelah makan.

8. Jahe

Rebus jahe dan madu Foto: iStockJahe memiliki sifat pencernaan dan anti-inflamasi yang sangat baik.  Untuk menetralisir asam lambung, Anda bisa mengunyah sepotong jahe segar atau minum sesendok jus jahe dua atau tiga kali sehari.

Jahe segar juga bisa direndam dalam secangkir air mendidih lalu diminum panas-panas.

9. Susu dingin

Jika Anda tidak toleran laktosa, susu dapat membantu menstabilkan asam di perut Anda. Susu kaya akan kalsium, yang mencegah penumpukan asam di perut.

“Yang harus Anda lakukan adalah minum segelas susu dingin ketika Anda mengalami refluks asam,” saran ahli gizi Anshul Jaibharat.

10. Cuka sari apel

Campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter dalam secangkir air dan minum sekali atau dua kali sehari.

Anda juga bisa minum satu sendok makan cuka sari apel dan kemudian minum segelas air.

11. Air Kelapa

“Saat Anda minum air kelapa, pH asam tubuh Anda berubah menjadi basa,” tambah Dr. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis.

Air kelapa juga membantu produksi lendir di perut, yang melindungi perut dari efek berbahaya dari produksi asam berlebih.

Menjadi tinggi serat, air kelapa juga membantu pencernaan dan mencegah penumpukan asam lambung.

12. Pisang

Pisang mengandung antasida alami yang bertindak sebagai penyangga terhadap mulas.

Buah ini merupakan obat sakit asam lambung yang ampuh dan mudah ditemukan. Makanlah pisang setiap hari untuk mencegah asam lambung yang tak tertahankan.

13. Makan kacang hijau

Makanan yang satu ini sangat baik untuk mengatasi penyakit yang satu ini karena dapat membuat lapisan lambung menjadi lebih tebal.

Selain itu, kacang hijau juga efektif dalam menetralkan asam lambung yang berlebih.

Jika ingin merasakan hasil yang maksimal, konsumsilah secara rutin dengan mengolahnya menjadi tumbukan kacang hijau.

14. Mengonsumsi Akar Manis atau Licorice

Akar licorice telah lama dikenal sebagai bahan makanan yang dapat digunakan untuk meredakan sakit maag akibat GERD.

Ini karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan bisul di perut.

15. Akar Marshmallow

Kandungan akar marshmallow berkhasiat meredakan batuk, tukak lambung dan kerongkongan utuh, serta mengatasi infeksi bakteri.

Tumbuhan ini juga dikatakan dapat melindungi dinding lambung dari luka akibat serangan asam lambung yang meningkat.

Selain meredakan gejala asam lambung, ramuan ini juga ampuh mengobati diare, nyeri dan bengkak pada saluran pernapasan, serta sembelit.

16. Teh Chamomile

Chamomile sudah sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari meredakan sakit maag hingga mengatasi insomnia.

Selain itu, mengonsumsi teh ini juga dianggap banyak orang sebagai cara paling efektif untuk obat sakit asam lambung yang ampuh

17. Minum 1/2 cangkir lidah buaya

“Lidah buaya dapat mengurangi peradangan pada kerongkongan (kerongkongan) serta lambung,” kata Victor Sierpina Md dari University of Texas Medical Branch tentang manfaat lidah buaya saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Dokter Sierpina menyarankan pasien untuk minum 1/2 cangkir jus lidah buaya sebelum makan untuk orang yang sering menderita refluks asam lambung.

Efek samping yang diharapkan adalah pencahar yang meningkatkan frekuensi buang air besar.

18. Makan jahe

Anda harus berhati-hati saat menggunakan metode ini.

Alasan mengapa jahe hanya bermanfaat bila dikonsumsi dalam takaran yang tepat.

Jika dikonsumsi lebih dari 2-4 gram per hari, jahe justru memperparah nyeri dada akibat asam lambung.

Meski manfaat jahe untuk mengatasi asam lambung belum banyak diteliti, namun banyak bukti empiris yang menunjukkan keefektifannya.

Cukup gunakan bahan ini sebagai bumbu masakan pada makanan yang berisiko meningkatkan asam lambung.

Itulah artikel tentang 16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional, semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *