Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami
foto.kontan.co.id

Asam lambung tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah stres. Berikut 15 Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami. Naiknya kadar asam lambung dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas dan makanan tinggi lemak.

Refluks asam terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan (esophagus), yaitu saluran yang membawa makanan dan minuman dari mulut ke lambung. Beberapa refluks benar-benar normal dan tidak berbahaya, biasanya tidak menimbulkan gejala.

Namun jika terlalu sering terjadi, refluks asam lambung dapat membakar bagian dalam kerongkongan. Untuk menghindari peningkatan asam lambung, ada beberapa makanan yang harus kalian hindari. Salah satunya adalah santan.

Gejala paling umum dari refluks asam, dengan istilah  sebagai mulas, adalah rasa sakit dan terbakar di dada atau tenggorokan.

Dari mereka yang secara teratur menderita sakit maag, sekitar 20-40% telah didiagnosis dengan penyakit refluks gastroesofageal (GERD), bentuk refluks asam yang paling parah.

Selain mulas, gejala umum refluks asam meliputi:

  • Rasa asam di belakang mulut
  • Kesulitan menelan
  • Batuk
  • Asma
  • Kerusakan atau erosi gigi
  • Peradangan pada sinus
  • Pengobatan sendiri untuk GERD mungkin memerlukan obat resep dan terkadang operasi atau prosedur lainnya.

Jika tidak kalian obati, GERD dapat sangat merusak kerongkongan atau menyebabkan perubahan prakanker pada kerongkongan yang di sebut kerongkongan Barrett.

Untuk menghindari kondisi yang lebih serius, kenali berbagai cara mengatasi asam lambung yang baik di praktikkan.

15 Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

1. Jangan makan berlebihan

Biasanya, asam lambung tidak bisa naik atau keluar dari kerongkongan karena adanya penghalang yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

Sfingter esofagus adalah otot cincin yang tetap tertutup secara alami dan biasanya hanya terbuka saat Anda menelan atau bersendawa.

Namun, pada penderita refluks asam lambung, otot ini seringkali lemah atau tidak berfungsi.

Ini adalah salah satu alasan orang dengan refluks asam menderita mulas. Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

Menurut Health Line, refluks asam juga dapat terjadi ketika ada terlalu banyak tekanan pada otot, menyebabkan asam masuk melalui lubang.

Jadi tidak mengherankan bahwa sebagian besar gejala refluks muncul setelah makan.

Tampaknya juga bahwa makanan yang lebih besar dapat memperburuk gejala refluks asam.

Oleh karena itu, salah satu langkah yang akan membantu meminimalkan refluks asam lambung adalah dengan menghindari makan dalam porsi besar.

2. Menurunkan berat badan

Diafragma adalah otot yang terletak di atas perut.

Pada orang sehat, diafragma secara alami memperkuat sfingter esofagus bagian bawah.

Seperti yang kita ulas sebelumnya, otot ini mencegah kelebihan asam lambung bocor ke kerongkongan.

Namun, jika Anda memiliki terlalu banyak lemak perut, tekanan di perut Anda bisa menjadi sangat tinggi sehingga sfingter esofagus bagian bawah terdorong ke atas, menjauh dari penyangga diafragma. Kondisi ini dikenal sebagai hernia hiatus.

Hernia hiatal adalah salah satu alasan utama orang gemuk dan wanita hamil memiliki peningkatan risiko refluks asam dan mulas.

Beberapa penelitian observasional telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan di daerah perut meningkatkan risiko refluks dan GERD.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat meredakan gejala refluks.

Menurunkan berat badan harus menjadi salah satu prioritas utama Anda jika Anda hidup dengan refluks asam.

3. Ikuti diet rendah karbohidrat

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat meredakan gejala refluks asam.

Para ahli menduga bahwa karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peningkatan tekanan di perut.

Beberapa ahli bahkan berspekulasi bahwa ini mungkin salah satu penyebab paling umum dari refluks asam.

Studi menunjukkan bahwa pertumbuhan bakteri yang berlebihan di sebabkan oleh gangguan pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Memiliki terlalu banyak karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan Anda menyebabkan Anda kembung dan kembung. Ini juga cenderung membuat Anda lebih sering bersendawa.

Untuk mendukung gagasan ini, beberapa penelitian kecil telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat memperbaiki gejala refluks.

Selain itu, pengobatan antibiotik secara signifikan dapat mengurangi refluks asam, mungkin mengurangi jumlah bakteri penghasil gas.

Baca juga: Berikut Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung Simak Apa Saja!

4. Batasi asupan alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan keparahan refluks asam dan mulas.

Kondisi ini dapat memperburuk gejala dengan meningkatkan asam lambung, mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, dan mengganggu kemampuan esofagus untuk membuang asam sendiri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan alkohol moderat bahkan dapat menyebabkan gejala refluks pada orang sehat.

5. Jangan minum kopi terlalu banyak

Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami selanjutnya adalah dengan membatasi minuman kopi. Studi menunjukkan bahwa kopi untuk sementara dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, dan meningkatkan risiko refluks asam.

Beberapa bukti menunjukkan kafein sebagai kemungkinan penyebabnya. Mirip dengan kopi, kafein dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah.

Selain itu, minum kopi tanpa kafein telah terbukti mengurangi refluks dibandingkan dengan kopi biasa.

Namun, sebuah penelitian yang memberi peserta kafein dalam air tidak dapat mendeteksi efek kafein pada refluks, meskipun kopi itu sendiri memperburuk gejalanya.

Temuan ini menunjukkan bahwa senyawa selain kafein mungkin berperan dalam efek kopi pada refluks asam lambung. Pemrosesan dan penyajian kopi mungkin juga terlibat.

Jika asupan kopi membuat Anda mengalami sakit maag, maka lebih baik hindari atau batasi asupan Anda.

6. Mengunyah permen karet

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi keasaman di kerongkongan.

Permen karet yang mengandung bikarbonat tampaknya sangat efektif untuk efek ini.

Temuan ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dan peningkatan produksi air liur yang terkait dapat membantu membersihkan kerongkongan dari asam.

Namun, itu mungkin tidak mengurangi refluks itu sendiri.

Baca juga: Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh

7. Hindari bawang mentah

Sebuah penelitian pada orang dengan refluks asam menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung bawang mentah atau bawang bombay secara signifikan meningkatkan mulas, refluks asam, dan sendawa dibandingkan dengan makanan serupa yang tidak mengandung bawang. Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

Bersendawa yang lebih sering dapat menunjukkan bahwa lebih banyak gas yang dihasilkan karena tingginya jumlah serat yang dapat difermentasi dalam bawang.

Bawang mentah juga dapat mengiritasi lapisan kerongkongan, menyebabkan mulas yang parah.

Apa pun alasannya, jika Anda merasa makan bawang mentah memperburuk gejala asam lambung, Anda harus menghindarinya.

8. Batasi asupan minuman bersoda

Orang dengan GERD terkadang disarankan untuk membatasi asupan minuman berkarbonasi.

Sebuah studi observasional menemukan bahwa minuman ringan berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan gejala refluks asam.

Selain itu, penelitian terkontrol menunjukkan bahwa minum air berkarbonasi atau cola untuk sementara melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, dibandingkan dengan minum air putih.

Alasan utamanya adalah gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi, yang menyebabkan orang lebih sering bersendawa, efek yang dapat meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan.

9. Jangan minum jus jeruk terlalu banyak

Dalam sebuah penelitian terhadap 400 pasien GERD, 72 persen melaporkan bahwa jus jeruk atau jeruk bali memperburuk gejala refluks asam mereka.
Keasaman buah jeruk tampaknya bukan satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap efek ini. Jus jeruk dengan pH netral juga tampaknya memperburuk gejala.

Karena jus jeruk tidak melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, kemungkinan beberapa komponennya mengiritasi lapisan esofagus.

Meskipun jus jeruk mungkin tidak menyebabkan refluks asam, jus jeruk dapat memperburuk mulas untuk sementara.

Baca juga: 16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional

10. Pertimbangkan untuk makan lebih sedikit cokelat

Pasien GERD terkadang disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi cokelat. Namun, bukti untuk rekomendasi ini lemah.

Sebuah penelitian kecil yang tidak terkontrol menunjukkan bahwa mengonsumsi 4 ons (120 ml) sirup cokelat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah.

Studi terkontrol lainnya menemukan bahwa minum minuman cokelat meningkatkan jumlah asam di kerongkongan, dibandingkan dengan plasebo.

Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan kuat dapat dibuat tentang efek cokelat pada gejala refluks.

Baca juga: Pencernaan Pada Tubuh Manusia Meliputi Pencernaan

Itulah beberapa Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami yang mudah di lakukan di rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *