12 Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan Kesehatan, Simak Ulasan Berikut!

Manfaat Cuka Apel Buat Wajah
cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin yang dapat dimakan langsung atau dibuat menjadi makanan dan minuman. Apel olahan yang mungkin jarang dikenal adalah cuka sari apel. Taukah anda Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan Kesehatan, Simak Ulasan berikut!

Tidak seperti cuka biasa, yang terbuat dari asam asetat dan air, cuka sari apel dibuat dengan merendam irisan apel dalam air dan membiarkannya pada suhu kamar sampai gula alami berfermentasi menjadi etanol. Bakteri yang dihasilkan selama fermentasi kemudian mengubah etanol ini menjadi asam asetat, menjadikannya cuka sari apel.

Cuka sari apel mengandung vitamin B1, B2 dan B6, biotin, asam folat, niasin, asam pantotenat dan vitamin C. Cuka sari apel juga mengandung sejumlah kecil mineral natrium, fosfor, kalium, kalsium, zat besi dan magnesium.

Vitamin dan nutrisi dalam cuka sari apel dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan jika digunakan dengan benar. Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan kesehatan, Berikut pembahasannya.

Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan Kecantikan

1. Menenangkan dan mengelupas kulit

Menurut Dendy Engelman, MD, direktur bedah kulit di Metropolitan Hospital New York, sifat anti-inflamasi Manfaat Cuka Apel Buat Wajah menenangkan kulit sementara kandungan asam asetat melembutkan kulit.

Cuka sari apel juga mengandung asam alfa hidroksi, yang memiliki fungsi pengelupasan kulit untuk menghilangkan penumpukan kulit mati dan menghasilkan sel kulit baru yang sehat. Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 2 sendok makan air. Rendam bola kapas dalam larutan serta oleskan ke wajah. Jalani ini 2 sampai 3 kali seminggu buat hasil terbaik.

2. Menyembuhkan Jerawat

Kandungan asam asetat dari Manfaat Cuka Apel Buat Wajah telah terbukti efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Sifat antimikroba cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi jerawat ketika digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit.

Gunakan cuka sari apel sebagai masker untuk meredakan jerawat. Caranya, campurkan 1 sendok makan cuka sari apel, 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh baking soda lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

3. Mengurangi minyak berlebih pada wajah

Cuka sari apel mengandung asam alami yang dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengurangi minyak dan kotoran berlebih. Cuka sari apel dapat digunakan sebagai toner dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan dua sendok makan air.

Baca juga: 15 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Wajah Simak Penjelasannya!

4. Menghilangkan ketombe

ACV kaya akan mineral dan asam, cuka sari apel dapat menyeimbangkan keasaman atau pH kulit kepala, merangsang pelepasan sel kulit mati dan mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala dan rambut.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk melawan ketombe:

  • Sampo dan kondisikan rambut Anda seperti biasa.
  • Campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan setengah cangkir air dingin.
  • Tuangkan larutan ke rambut Anda.
  • Jangan membilas rambut, biarkan solusinya bekerja dengan ajaib.
  • Gunakan kondisioner jika perlu.

5. Meredakan kulit yang terbakar sinar matahari

Cuka sari apel asam dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit, memungkinkan kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari untuk diperbaiki. Cuka sari apel adalah zat alami yang dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, asam asetat dalam cuka sari apel dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Menggunakan Manfaat Cuka Apel Buat Wajah pada kulit yang terbakar sinar matahari:

  • Campurkan satu cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air dingin.
  • Celupkan handuk ke dalam larutan, lalu cubit area yang terbakar.
  • Biarkan selama 30 menit dan kemudian lepaskan dengan lembut.
  • Lakukan ini selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

6. Meredakan gatal pada kulit

Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antibakteri yang membantu merawat kulit kering dan gatal. Sifat asam asetat cuka sari apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang disebut candida, yaitu bakteri yang menyebabkan ruam kulit dan gatal-gatal.

Celupkan bola kapas ke dalam larutan satu sendok makan cuka sari apel dan dua sendok makan air hangat dan oleskan ke area yang gatal.

Baca juga: 10 Manfaat Akar Sorgum Untuk Kesehatan Simak Penjelasannya!

7. Melawan keriput

Cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksi yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Selain itu, cuka sari apel membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan meminimalkan munculnya garis-garis halus di wajah.

Caranya: Taruh sedikit cuka sari apel pada kapas dan oleskan langsung ke area yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali sehari selama 6 minggu untuk melihat hasilnya.

Cuka sari apel tidak hanya bermanfaat untuk wajah dan kecantikan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Simak pembahasannya.

Manfaat Kesehatan dari Cuka Sari Apel

1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi oleh Tomo Kondo dari University of Tokyo yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry pada tahun 2009, menyimpulkan bahwa Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan Kesehatan dapat membuat tubuh lebih cepat merasa kenyang, sehingga makan berlebihan dapat dihindari.

Dalam penelitian tersebut, mengonsumsi 15 ml cuka sari apel per hari selama 3 bulan mampu menurunkan 1,2 kg berat badan dan menurunkan kadar lemak hingga 0,7%. Cuka sari apel dapat dikonsumsi sebagai suplemen diet bila dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, hasilnya pun lebih baik.

Baca juga: 20 Manfaat Daun Sirih Keraton Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

2. Mencegah diabetes

Cuka sari apel telah terbukti menurunkan gula darah secara signifikan setelah makan. Penelitian dari tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat menurunkan gula darah setelah makan. Dalam penelitian tersebut, 20 mililiter (ml) cuka sari apel dilarutkan dalam 40 ml air dan 1 sendok teh sakarin ditambahkan, yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Studi lain tahun 2007 dalam jurnal Diabetes Care juga menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka sari apel sebelum tidur membantu menurunkan gula darah saat bangun tidur.

Baca juga: Obat Tradisional untuk Mengatasi Diabetes

3. Membantu mengobati sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal yang ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak normal, kadar hormon androgen yang tinggi, kista ovarium, dan resistensi insulin.

Sebuah penelitian di Tohoku Journal of Experimental Medicine menunjukkan bahwa cuka sari apel mampu meningkatkan kadar hormon pada wanita dengan PCOS, memungkinkan menstruasi menjadi teratur. Mengambil 15ml cuka sari apel dengan 100ml air telah terbukti membantu orang dengan PCOS.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan Kesehatan adalah menurunkan tekanan darah. Cuka sari apel membantu mengontrol renin, hormon yang diproduksi oleh ginjal yang menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan melebar.

Ketika pembuluh darah menyempit, tekanan darah meningkat. Cuka sari apel mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah tidak naik.

Baca juga: 25 Manfaat Lulur Kunyit Untuk Kecantikan dan Atasi Penuaan Dini

5. Menurunkan kadar kolesterol

Cuka sari apel dapat menurunkan kadar kolesterol dengan mengkonsumsi cuka sari apel sebelum makan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Biological Sciences menunjukkan bahwa cuka sari apel menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) karena kandungan antioksidan alaminya.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Cuka sari apel memiliki sifat asam alami yang bermanfaat bagi penderita asam lambung rendah. Menelan cuka sari apel dapat membantu meningkatkan kadar asam lambung untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah gas dan kembung. Cuka sari apel juga mengandung zat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri di perut atau usus.

Baca juga: 20 Manfaat Jahe Untuk Pernafasan Berikut Ulasannya!

Itulah Manfaat Cuka Apel Buat Wajah dan kesehatan. Menggunakan cuka sari apel pada kulit dan mengkonsumsi cuka sari apel secara teratur terbukti membawa manfaat yang baik untuk tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *