10 Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Simak Penjelasannya!

Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan
static.honestdocs.id
Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan
cdns.klimg.com

Tanpa diragukan lagi, lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun tahukah Anda bahwa lemon juga memiliki efek samping yang jarang diketahui. Munculnya efek samping tersebut seringkali disebabkan oleh penggunaan buah atau jus lemon yang berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis yang aman. Lalu apa saja Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan?

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Jika dilihat dari kegunaannya, lemon dapat dikonsumsi dengan cara dimakan atau digunakan di bagian luar tubuh. Misalnya, buah ini sering digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut.

Bacaan Lainnya

Bila melihat manfaatnya pada kulit, buah asam segar ini bermanfaat untuk mencegah munculnya kerutan pada kulit dan menambah kesegaran saat digunakan untuk mencuci muka dan digunakan sebagai masker. Tak hanya itu, jus lemon juga menjadi salah satu obat alami yang populer untuk pengobatan jerawat.

Adapun manfaat rambut, jus lemon dioleskan ke rambut kemudian direndam di bawah sinar matahari dengan cara yang telah digunakan wanita sejak zaman kuno untuk membuat warna rambut mereka lebih cerah.

Namun seperti yang telah disebutkan di atas, selain banyaknya manfaat lemon yang disebutkan di atas, ternyata buah ini juga bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut penjelasan beberapa efek samping lemon yang perlu Anda waspadai.

10 Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Jika digunakan secara berlebihan, waspadai Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan berikut ini:

1. Sakit perut

Apakah Anda penikmat infused water berbahan dasar lemon? Jika iya, sepertinya Anda perlu membatasi konsumsinya untuk menghindari efek samping lemon. Pasalnya, terlalu banyak minum air lemon bisa menyebabkan mulas. Kondisi ini juga bisa membuat sakit maag semakin parah jika terjadi terlalu sering.

Mulas adalah gejala awal GERD. Penyebab sakit maag adalah peningkatan asam lambung, yang menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, cukup mengkonsumsi 1-2 gelas infused water per hari agar tidak menyebabkan sakit maag.

2. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan yang pertama yaitu GERD. GERD juga dikenal sebagai “refluks asam”. GERD terjadi ketika sfingter esofagus, yang terletak di antara kerongkongan dan lambung, tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, asam dari lambung naik ke kerongkongan, yang dikenal sebagai refluks.

GERD menyebabkan mulas, mual, mual, muntah, sakit tenggorokan, luka bakar, dan nyeri dada yang parah. Menghentikan asupan makanan dan minuman asam dapat membantu mencegah dan meredakan gejala-gejala ini.

3. sakit maag

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak lemon, itu dapat menyebabkan peningkatan kadar asam lambung atau penipisan lapisan pelindung lambung. Jika dibiarkan terus, hal ini berpotensi memicu timbulnya sakit maag. Tentu saja Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan tersebut terjadi jika dikonsumsi terlalu banyak.

4. Batu empedu/batu ginjal

Tidak hanya dibuat jus lemon, kulit lemon juga sering diolah sebagai suplemen masakan. Tapi tahukah Anda bahwa kulit lemon mengandung banyak kalsium oksalat.

Jika kita menelan kelebihan kalsium oksalat, oksalat akan berubah menjadi kristal dalam tubuh kita dan mengganggu penyerapan kalsium. Kalsium yang tidak diserap membeku di ginjal dan kantong empedu dalam bentuk batu. Hal ini berpotensi menimbulkan batu empedu atau batu ginjal. Untuk menghindari Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan ini, sebaiknya Anda banyak minum air putih.

5. Penyerapan zat besi yang lebih baik

Lemon kaya akan vitamin C, yang membantu menyerap zat besi dari makanan. Meski terdengar menguntungkan, Anda perlu berhati-hati dengan yang satu ini.

Makan terlalu banyak lemon dapat mendorong sistem pencernaan untuk menyerap kelebihan zat besi. Akibatnya, jumlah zat besi yang terakumulasi dalam tubuh kita menjadi jauh lebih tinggi daripada jumlah sebenarnya yang dibutuhkan tubuh. Konsentrasi zat besi yang tinggi ini dapat menyebabkan gangguan seperti hemokromatosis atau kelebihan zat besi.

Kelebihan zat besi disimpan di beberapa organ, terutama organ vital seperti jantung, hati, dan pankreas. Padahal, kelebihan zat besi dapat meracuni organ vital tersebut dan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker, aritmia jantung, dan sirosis.

6. Sering buang air kecil

Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan masih berkaitan dengan tingginya kandungan vitamin C atau asam askorbat. Nutrisi ini dikenal karena sifat diuretiknya, yang berarti meningkatkan produksi urin di ginjal dan dengan demikian membantu tubuh Anda membuang kelebihan cairan dan natrium lebih cepat.

Kondisi ini menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Jika Anda mulai merasa dehidrasi setelah minum banyak air lemon, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah lemon yang Anda tambahkan ke minuman Anda. Jika sering buang air kecil, Anda juga perlu mewaspadai penyebab lainnya.

7. Migrain dan sakit kepala

Penelitian telah menunjukkan bahwa lemon dapat menjadi salah satu penyebab paling umum dari serangan migrain atau sakit kepala. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya kandungan asam amino yang disebut tyramine dalam lemon. Obat ini memiliki efek meningkatkan aliran darah ke otak secara tiba-tiba sehingga menimbulkan gejala seperti migrain akut atau sakit kepala tegang kronis.

8. Kerusakan pada email gigi

Makan lemon mentah atau minum jus lemon secara langsung bisa berbahaya bagi gigi dan rongga mulut Anda. Asam sitrat dan asam askorbat dalam lemon diketahui menyebabkan kerusakan parah pada email gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan gigi, perubahan warna gigi, kerusakan lapisan luar gigi, dan kerusakan gigi.

Untuk melindungi gigi, minumlah minuman asam dengan sedotan agar air asam tidak langsung mengenai gigi. Jika Anda sudah mengalami erosi gigi, hubungi dokter gigi Anda untuk perawatan seperti bonding atau sealant.

9. Kulit terbakar matahari

Ekstrak lemon baik untuk kecantikan kulit. Namun, jangan menggunakannya terlalu banyak pada kulit karena dapat menyebabkan kulit terbakar sinar matahari yang parah. Orang dengan kulit putih biasanya mengalami masalah ini. Kondisi ini disebut phytophotodermatitis (penyakit batu kapur/margarita photodermatitis). Membuat kulit sensitif terhadap cahaya dan sengatan matahari.

Efek ini juga dapat terjadi dalam 2-3 menit setelah terpapar sinar matahari setelah mengoleskan ekstrak lemon ke kulit. Bintik-bintik gelap dan lepuh seringkali merupakan tanda dari kondisi ini.

Reaksi ini dikaitkan dengan furocoumarin kimia organik dalam lemon yang “bereaksi” terhadap sinar UVA (ultraviolet A). Oleh karena itu, hindari mengoleskan ekstrak lemon jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, karena dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

10. Rambut kasar dan rapuh

Ini adalah ide yang baik untuk menggunakan ekstrak lemon buatan sendiri untuk mencuci rambut Anda. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya karena sifat asam dari ekstrak lemon dapat mengiritasi kulit kepala dan membuat rambut rapuh.

Sebagian besar efek samping dari penggunaan ekstrak lemon atau jus lemon adalah karena overdosis, misalnya. konsumsi lebih dari 3 cangkir per hari. Tidak apa-apa untuk minum jus lemon setiap hari, tetapi dalam jumlah sedang. Karena itu, Anda akan merasakan manfaat yang lebih besar daripada efek sampingnya.

Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk mengobati kondisi medis, mintalah dosis yang aman dari dokter Anda. Jangan lupa untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti aspirin atau warfarin, tentang kemungkinan reaksi obat tersebut.

Itulah artikel tentang 10 Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kesehatan Simak Penjelasannya! Semoga Bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *