25 Manfaat Zat Gizi Pada Tempe Untuk Kesehatan Yang Harus Diketahui!

Tempe enak, terjangkau, dan serbaguna. Manfaat Zat Gizi Pada Tempe untuk kesehatan juga banyak. Tempe merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan zat bermanfaat, mulai dari meningkatkan fungsi otak, mengenyangkan, menurunkan kolesterol dan sebagainya.

Kandungan protein tempe tidak hanya luar biasa yang dimilikinya, tetapi juga zat penting lainnya yang baik untuk tubuh. Berkat kandungan nutrisi ini, Anda perlu memperhatikan manfaat tempe.

Manfaat Zat Gizi Pada Tempe
asset.kompas.com

Tempe mengandung vitamin, protein dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Setiap 100 gram tempe mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Air: 68,3 gram
  • Kalori: 150 kkal
  • Protein: 14,0 gram
  • Lemak: 7,7 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Abu: 0,9 gram
  • Kalsium: 517 mg
  • Fosfor: 202 mg
  • Besi: 1,5 mg
  • Natrium: 7 mg
  • Kalium: 165,9 mg
  • Tembaga: 0,40 mg
  • Seng: 1,2 mg
  • Tiamin: 0,17 mg
  • Riboflavin: 0,44 mg
  • Niasin: 3,6 mg

Tempe mengandung lebih banyak protein dibandingkan tahu, dimana dalam 84 gram tahu hanya mengandung 6 gram protein. Tempe juga mengandung kalsium yang bebas dari lemak susu. Dalam 166 gram tempe, terdapat 2/3 kalsium yang setara dengan secangkir susu murni, tetapi ketika Anda makan tempe goreng setiap hari, Anda juga harus memperhatikan jumlah kalori yang dihasilkan. 1 potong tempe goreng memiliki 34 kalori, sebaliknya 100 gr tempe goreng memiliki 225 kalori serta 210 gr tempe goreng memiliki 361 kalori. Pastikan Anda tidak mengolah tempe hanya dengan menggorengnya untuk menjaga asupan kalori harian Anda. Baca Juga: Bosan Makan Tempe? Coba proses antimainstream Tempe ini

25 Manfaat Zat Gizi Pada Tempe Untuk Kesehatan

Karena kandungan gizi pada tempe sangat beragam, maka tak heran jika tempe memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja Manfaat Zat Gizi Pada Tempe untuk kesehatan tubuh?

1. Rendah kalori, sehingga cocok untuk diet

Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori setelah makan. Anda bisa mendapatkan sumber protein nabati sebagai salah satu manfaat tempe. Manfaat Zat Gizi Pada Tempe juga membantu meningkatkan rasa kenyang dengan mengurangi rasa lapar. Dengan ini Anda dapat mengontrol diet Anda. Protein kedelai mungkin juga sama efektifnya dengan protein daging dalam mengendalikan nafsu makan. Kandungan proteinnya juga akan membantu Anda membangun dan memelihara jaringan otot.

2. Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Manfaat Zat Gizi Pada Tempe juga mengandung isoflavon, yang mengandung sifat antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Dengan ini, manfaat tempe juga mampu membantu Anda mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif adalah suatu kondisi di mana produksi radikal bebas tubuh tidak seimbang. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai, yang merupakan bahan dasar tempe, dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus yang menderita diabetes.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Proses fermentasi kedelai menghasilkan sifat tempe untuk kesehatan pencernaan. Makanan fermentasi mengandung probiotik, yaitu bakteri yang baik untuk sistem pencernaan. Meskipun proses fermentasi dengan jamur dan pemasakan mengurangi jumlah bakteri baik dalam tempe, manfaat tempe untuk pencernaan tidak bisa diremehkan. Prebiotik dalam tempe dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa mengonsumsi tempe setiap hari atau mengonsumsi probiotik dapat mengurangi peradangan, melancarkan buang air besar, dan meningkatkan daya ingat.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Efek tempe juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Manfaat tempe ini juga terbukti berkat isoflavon yang terkandung dalam tempe. Senyawa ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Manfaat ini pasti membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa penelitian telah melihat efek protein kedelai pada kadar kolesterol dan trigliserida. Sebanyak 42 peserta diberi diet yang mengandung protein kedelai atau protein hewani selama enam minggu untuk melihat manfaatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein kedelai mampu menurunkan LDL sebesar 5,7% dan kolesterol total sebesar 4,4% lebih banyak dibandingkan protein hewani. Tak hanya itu, kadar trigliserida juga mengalami penurunan sebesar 13,3%.

5. Mengandung kalsium yang tidak kalah dengan susu sapi

Manfaat Zat Gizi Pada Tempe untuk kesehatan tulang tidak bisa dianggap enteng. Tempe juga mengandung kalsium yang dapat menjaga tulang tetap kuat dan kokoh. Hal ini juga untuk menghindari osteoporosis.Dalam sebuah penelitian, asupan kalsium tambahan terbukti dapat mencegah osteoporosis. Sebanyak 40 lansia (lansia) wanita yang ikut meningkatkan konsumsi kalsiumnya selama dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan kalsium yang lebih tinggi mampu menjaga kepadatan tulang pada partisipan dibandingkan dengan kelompok yang tidak meningkatkan asupan kalsium.

6. Berperan dalam penyembuhan luka dan fungsi otak

Isi tembaga serta mangan pada tempe sangat baik buat menolong pengobatan cedera. Tidak cuma itu, khasiat komsumsi tempe pula bisa menguatkan jaringan dengan tingkatkan sintesis kolagen. Mangan dalam tempe pula dikatakan melindungi otak dari kehancuran akibat radikal leluasa. Sebaliknya tembaga bisa tingkatkan komunikasi antar sel otak. Baca pula: Khasiat Makan Tempe Mentah, Benarkah Baik Buat Badan?

7. Meningkatkan suasana hati

Selama kehamilan, banyak wanita mengalami perubahan suasana hati yang sangat cepat. Terkadang ibu hamil bisa merasa bahagia, namun beberapa menit kemudian menjadi sedih. Meskipun hal ini normal, hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari jika dibiarkan.

Untuk mengatasi perubahan suasana hati, ibu hamil bisa mengonsumsi tempe. Hal ini dikarenakan tempe mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Dengan begitu, ibu hamil bisa kembali terangsang dan tidak cepat lelah.

8. Meningkatkan kecerdasan anak

Manfaat Zat Gizi Pada Tempe juga mengandung asam folat, yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak bayi. Bayi yang lahir kemudian memiliki kecerdasan lebih. Tak hanya itu, asam folat juga dapat mencegah risiko cacat lahir dan membantu perkembangan bayi di dalam kandungan.

9. Sumber protein yang aman

Protein merupakan suplai penting bagi ibu hamil. Namun tidak semua protein aman, contohnya daging merah yang salah proses. Meski daging mengandung protein, namun bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu hamil jika dimasak kurang matang.

Pilihan yang tepat adalah dengan mengonsumsi protein nabati. Tempe mengandung protein nabati yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh selama kehamilan.

Apakah Tempe Mentah bermanfaat?

Tempe dapat dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Biasanya tempe digoreng, sayur atau sebagian orang mengkonsumsi tempe mentah dengan tambahan sambal terasi. Tapi bisakah tempe benar-benar tertelan saat masih mentah?

Menurut cerita di laman healthq.com, tidak disarankan memakan tempe saat masih mentah. Hal ini juga sesuai dengan penjelasan dalam Journal of Applied Microbiology yang menyebutkan bahwa tempe sebaiknya dikonsumsi saat matang. Pengolahannya bisa digoreng, direbus atau digoreng.

Proses pemasakan diperlukan untuk membunuh bakteri dan kontaminasi selama proses fermentasi. Dengan kata lain, manfaat tempe mentah belum terbukti secara ilmiah. Bahkan tempe mentah kemungkinan besar akan menyebabkan masalah kesehatan karena adanya bakteri patogen.

Pertimbangkan efek samping dari mengkonsumsi tempe

Beberapa pihak mengaitkan kedelai dengan risiko kanker payudara. Namun, penelitian yang berkaitan dengan ini tidak dapat dikonfirmasi. Tempe masih dianggap sebagai makanan kesehatan jika dikonsumsi dengan hati-hati. Sementara itu, bagi Anda yang alergi kedelai, disarankan untuk menghindari konsumsi tempe. Ada juga kekhawatiran bahwa kedelai tidak dapat dicerna oleh penderita penyakit tiroid karena diyakini mempengaruhi penyerapan obat tiroid. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome, jangan takut untuk membuat tempe dan memakannya. Tempe termasuk jarang menyebabkan kembung, sehingga bisa dikonsumsi sebagai pengganti kacang.

Bagi para vegetarian, tempe menjadi menu favorit karena proteinnya bisa menggantikan protein daging. Selain itu, tempe juga mudah diolah tanpa kehilangan rasa, maka dari itu selalu konsultasikan ke dokter agar manfaat tempe dapat diperoleh dengan aman dan optimal. Jika Anda ingin berkonsultasi langsung dengan dokter,

Itulah artikel tentang 25 Manfaat Zat Gizi Pada Tempe Untuk Kesehatan, Semoga bermanfaat dan Salam Sehat!