Sakit Amandel Obatnya Apa? Berikut 8 Obat Amandel Alami Tanpa Obat Kimia

Sakit Amandel Obatnya
awsimages.detik.net.id

Infeksi virus atau bakteri dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan pada amandel. Pada peluncuran Everyday Health, cara mengobati amandel perlu disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Lalu Sakit Amandel Obatnya apa saja?

Jika amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan antibiotik berdasarkan bakteri penyebab penyakit dan kondisi kesehatan pasien.

Bacaan Lainnya

Berikan obat ini untuk mencegah komplikasi dan mengurangi gejala penyakit. Sedangkan tonsilitis atau amandel bengkak akibat infeksi virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat dalam waktu seminggu.

Namun proses penyembuhan amandel yang meradang dan bengkak selama tiga sampai lima hari seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Ini termasuk sakit tenggorokan, sakit saat menelan, demam, suara serat, sakit telinga dan bau mulut.

Bagi yang mengalami sakit amandel ini, berikut mimin akan bahas tentang obat amandel yang bisa Anda coba di rumah. Lalu Sakit Amandel Obatnya ;

Sakit Amandel Obatnya Apa?

1. Larutan garam

Sakit Amandel Obatnya yang pertama adalah larutan garam. Dengan meluncurkan Healthline, berkumur dengan larutan garam bisa dijadikan sebagai obat alami amandel yang bengkak dan meradang.

Cara mengobati amandel yang meradang dan bengkak dengan larutan garam cukup praktis.

Cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Gunakan larutan garam ini untuk berkumur beberapa saat dan beberapa kali sehari sampai sakit tenggorokan hilang.

2. Licorice

Obat pelega tenggorokan yang mengandung licorice juga bisa digunakan sebagai obat alami radang amandel.

Ekstrak licorice bersifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan nyeri akibat amandel yang meradang dan bengkak.

Ingatlah untuk tidak memberikan tablet kepada anak kecil untuk menghindari risiko mati lemas.

3. Madu

Sakit Amandel Obatnya adalah Madu, memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengobati amandel yang meradang dan bengkak.

Cara menggunakan madu sebagai obat alami radang amandel cukup sederhana. Campur madu dalam teh, jahe atau air hangat. Lalu minum selagi panas.

Minuman madu panas dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan saat tonsilitis terjadi lagi.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami dan Cepat

4. Lemon

Sebagai larutan garam dan madu, Sakit Amandel Obatnya selanjutna adalah lemon. Lemon juga bisa membantu meredakan nyeri saat amandel meradang dan bengkak.

Dengan diluncurkannya PennMedicine, lemon juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi.

Cara merawat almond dengan lemon cukup praktis. Campurkan satu sendok teh jus lemon dalam minuman panas. Lalu minum selagi panas.

5. Minum banyak cairan

Asupan cairan yang cukup sangat membantu dalam menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah dehidrasi. Minumlah 2 liter air atau 8 gelas sehari.

6. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup akan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus atau bakteri. Jangan memaksa anak Anda untuk terus bekerja atau pergi ke sekolah, karena aktivitas normal selama periode peradangan ini hanya akan memperlambat penyembuhan.

Baca juga: 15 Penyebab Sakit Tenggorokan Hingga ke Telinga dan Cara Ampuh Mengobatinya

7. Makan makanan dan minuman yang melegakan tenggorokan

Makanan panas seperti sup, kaldu, dan bubur dapat meredakan iritasi dan membantu nyeri menelan yang disebabkan oleh amandel yang membengkak. Teh panas yang dicampur dengan jus lemon, jahe atau madu juga dianggap dapat membantu mengurangi rasa sakit dan dapat melawan infeksi pada tonsilitis.

8. Konsumsi rempah-rempah

Rempah-rempah yang biasa kita temukan di dapur ternyata juga bisa membantu mengobati sakit tenggorokan. Berikut jenis rempah-rempah seperti radang amandel alami:

  • Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa antioksidan, antibakteri dan antivirus. Oleh karena itu, tanaman ini dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyebab radang amandel.

  • Kayu manis

Kayu manis berperan sebagai agen antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain yang menempel pada amandel.

  • Kunyit

Kunyit dipercaya bermanfaat sebagai antiradang yang ampuh dan antiseptik alami untuk meredakan gejala radang amandel. Untuk meminumnya sebagai obat radang amandel, Anda bisa meminumnya langsung atau dicampur dengan minuman panas, seperti teh atau susu.

9. Berkumur dengan air garam

Sakit Amandel Obatnya yang trakhir adalah berkumur air garam, Berkumur dengan garam dapat meredakan nyeri akibat peradangan atau gatal-gatal di bagian belakang tenggorokan. Kandungan garamnya juga dapat mengurangi peradangan, juga dapat membantu mengobati infeksi.

Baca juga: Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Aman dan Paling Ampuh

Akhir Kata

Selain mencoba Sakit Amandel Obatnya secara alami di atas, pasien juga disarankan untuk banyak minum air putih dan istirahat saat penyakitnya kambuh.

Hindari terpapar asap rokok, segala jenis gorengan, keripik atau makanan keras yang dapat merusak tenggorokan.

Jika sudah lebih dari seminggu yang lalu peradangan dan pembengkakan amandel tidak kunjung hilang, segera hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *