Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Aman dan Paling Ampuh

Obat Sakit Tenggorokan

Banyak orang ingin menghindari risiko radang tenggorokan karena cukup mengganggu. Namun, jika Anda sudah terlanjur menderita kondisi tersebut, Anda bisa menggunakan Obat Sakit Tenggorokan alami sebagai langkah pengobatannya.

Obat Sakit Tenggorokan

Air garam adalah salah satu obat alami untuk Radang tenggorokan. Karena air garam di kenal sebagai antiseptik alami yang dapat mengurangi risiko infeksi. Selain itu, ada beberapa rekomendasi obat alami yang bisa di jadikan alternatif pengobatan Radang tenggorokan lainnya yang di anggap aman.

Bacaan Lainnya

Jenis – Jenis Sakit Tenggorokan

Sebelum membahas obat sakit tenggorokan yang paling mujarab, Anda harus tahu dulu jenisnya. Radang tenggorokan dapat terjadi karena berbagai alasan, mulai dari infeksi bakteri hingga polusi udara. Simak uraiannya berikut ini:

1. Sakit Tenggorokan di Sebabkan Oleh Virus

Radang tenggorokan yang di sebabkan oleh virus biasanya di sertai gejala mirip flu seperti pilek, mata berair dan batuk. Radang tenggorokan jenis ini tidak bisa di sembuhkan dengan antibiotik.

2. Disebabkan oleh Bakteri

Radang tenggorokan yang di sebabkan oleh bakteri biasanya di sebabkan oleh bakteri Streptococcus pyrogenes atau radang tenggorokan. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun di bandingkan pada orang dewasa. Radang tenggorokan merupakan jenis yang paling parah di bandingkan jenis lainnya dan berlangsung paling lama. Biasanya di sertai dengan kesulitan menelan makanan, amandel merah dan bengkak atau bintik-bintik merah kecil di langit-langit mulut.

Kadang di sertai demam dan sakit kepala. Anak-anak bisa menjadi mual atau bahkan muntah. Jika Anda merasa menderita radang tenggorokan, Anda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan perawatan.

3. Alergi

Radang tenggorokan akibat alergi biasanya di sertai gejala seperti bersin-bersin, mata merah dan langit-langit terasa gatal.

4. Disebabkan Oleh Pulusi Udara

Radang tenggorokan yang di sebabkan oleh polusi udara, seperti rokok atau udara kotor, biasanya sembuh segera setelah meninggalkan area tersebut.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis radang tenggorokan berdasarkan penyebabnya, berikut jenis-jenis Obat Radang Tenggorokan paling ampuh yang harus Anda coba!

8 Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan Secara Tradisional

Obat alami merupakan cara mengobati Radang tenggorokan yang umumnya aman jika gejalanya tidak terlalu parah.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengonsumsi obat alami ini di rumah. Karena bahan-bahannya tidak sulit di temukan. Anda bisa mengambilnya di supermarket terdekat.

Beberapa obat sakit tenggorokan alami ini termasuk madu, air garam, air lemon, dll.

1. Madu

Radang tenggorokan adalah suatu kondisi yang bisa menjadi gejala GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan.

Oleh karena itu, madu dapat di pilih sebagai obat sakit tenggorokan alami karena di anggap aman untuk saluran pencernaan.

Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi yang di kenal efektif mengobati Radang tenggorokan.

Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh dan minuman sehat lainnya.

2. Berkumur Dengan Air garam

Air garam merupakan obat alami untuk Radang tenggorokan berikut ini.

Ya, air putih yang dilarutkan dengan garam adalah larutan antiseptik, sehingga bisa memperlambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Selain itu, air garam juga bisa mengencerkan lendir yang menumpuk akibat hidung tersumbat atau lendir agar tidak membuat sakit tenggorokan semakin sakit.

Anda bisa melarutkan satu sendok teh garam beryodium dalam segelas air hangat. Kemudian bilas mulut Anda dengan air garam hangat selama 30 detik.

Lakukan ini 3-4 kali sehari sampai sakit tenggorokan hilang.

3. Obat Sakit Tenggorokan dengan Air lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Selain vitamin C, jus lemon juga mengandung senyawa astringent yang dapat meredakan peradangan dan pembengkakan di tenggorokan.

4. Kunyit

Karena mengandung senyawa antibakteri, kunyit dapat di gunakan sebagai obat sakit tenggorokan alami.

Anda dapat menghancurkan 1 ruas bumbu kuning dalam air, lalu merebusnya untuk mendapatkan sarinya.

Kemudian minum ramuan herbal tersebut sehari sekali.

Anda juga bisa mencampurkan madu dan jus lemon ke dalam larutan jus kunyit untuk hasil yang lebih baik.

5. Obat Sakit Tenggorokan Cuka Sari Apel

Obat alami sakit tenggorokan selanjutnya adalah cuka sari apel.

Cuka sari apel mengandung senyawa antimikroba yang dapat meredakan rasa sakit yang di sebabkan oleh sakit tenggorokan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa melarutkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air.

Kemudian berkumurlah secara teratur dengan larutan cuka sari apel setiap 3 hingga 4 jam.

6. Sari Akar Licorice

Akar licorice atau yang biasa di kenal dengan akar licorice merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki beberapa manfaat.

Pastinya, ekstrak akar licorice ini bisa di gunakan sebagai obat sakit tenggorokan alami.

Hal ini karena minuman herbal membantu mengencerkan sekresi lendir sehingga tenggorokan bisa terasa lebih lega.

Selain itu, ekstrak akar licorice juga dapat mengurangi peradangan tenggorokan.

7. Teh Jahe

Obat alami sakit tenggorokan selanjutnya yang di rekomendasikan adalah teh jahe.

Teh jahe mengandung gingerol yang bersifat antiinflamasi dan analgesik sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat sakit tenggorokan.

Di sarankan untuk minum teh jahe saat masih panas agar bisa meredakan sakit tenggorokan dengan lebih baik.

8. Bawang Putih

Selain sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi, bawang putih juga dapat membantu mengatasi Radang tenggorokan.

Bawang putih di ketahui mengandung senyawa allicin yang bersifat antimikroba sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri.

Anda bisa mengunyah bawang putih langsung untuk di gunakan sebagai obat sakit tenggorokan alami.

3 Obat Sakit Tenggorokan yang Tersedia di Apotek

Meskipun kondisi ini biasanya tidak memerlukan perawatan khusus, terkadang perlu minum obat sakit tenggorokan untuk meredakan gejalanya.

Berikut beberapa obat radang tenggorokan yang penting untuk Anda ketahui, antara lain:

1. Obat Pelega Tenggorokan Efisol

Efisol adalah obat untuk mengobati infeksi atau masalah peradangan yang terjadi pada mukosa mulut, amandel dan tenggorokan.

Permen efisol mengandung 0,25 mg dequalinium dan 25 mg vitamin C, yaitu maksimal 1 tablet setiap 3 jam, tetapi tidak lebih dari 8 tablet per hari.

Bentuk cair Efisol atau Efisol Liquide mengandung dequalinium 5 mg dan vitamin C 2,5 mg. Obat ini dapat digunakan 2-4 kali sehari, larutkan 10-20 tetes dalam segelas air.

2. Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray adalah obat dalam bentuk semprotan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, iritasi ringan pada mulut dan tenggorokan serta nyeri akibat sariawan. Obat sakit tenggorokan ini mengandung 1,4% fenol.

Kandungan tersebut dapat berperan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman, bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Penggunaan obat ini cukup sederhana, cukup semprotkan di tenggorokan setiap 3 jam sampai gejalanya hilang.

3. SP Troches Meiji

SP Troches Meiji adalah obat pelega tenggorokan yang bisa Anda coba. Obat yang mengandung 0,25 mg dequalinium chloride ini berguna untuk pengobatan sakit tenggorokan akibat peradangan, radang laring, radang gusi, infeksi pada selaput lendir mulut seperti stomatitis.

Obat ini tersedia dalam dua rasa yaitu melon dan strawberry. Penggunaan obat ini tidak melebihi 8 tablet per hari.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan alami yang aman dan mudah ditemukan. Perlu diketahui bahwa penggunaan obat alami ini hanya bisa digunakan jika gejalanya tidak parah. Jika gejalanya cukup parah dan penggunaan obat alami tidak efektif, Anda bisa segera berkonsultasi ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *