10 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami bisa di lakukan di rumah dengan bahan yang mudah di temukan. Tonsilitis adalah istilah umum untuk pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening kanan dan kiri di belakang rongga mulut.

Amandel sering membuat anak terus-menerus kedinginan, sulit makan, mudah sakit. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui cara mengobati amandel secara alami. Amandel yang membengkak biasanya di sebabkan oleh infeksi virus dan/atau bakteri.

Bacaan Lainnya
Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami

Dalam istilah medis, amandel di sebut “tonsil”, yang berperan dalam melindungi dan melawan kuman penyebab penyakit agar tidak masuk ke saluran pencernaan. Amandel adalah sepasang kelenjar getah bening di bagian belakang tenggorokan. Peradangan sehari-hari di kenal sebagai “radang amandel” atau tonsilitis.

Sering kali, orang tua kewalahan ketika anak mereka mulai ribut tentang infeksi yang mempengaruhi aktivitas anak mereka. Pembengkakan mempengaruhi daya tahan tubuh anak, anak mengalami demam tinggi, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, sulit makan, lesu, sulit bernafas dan sakit telinga. Selain langsung mengunjungi dokter, Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami juga bisa di lakukan di rumah.

Padahal, amandel bisa sembuh sendiri tanpa operasi asalkan daya tahan tubuh pasien kuat dan menjaga pola hidup, terutama pola makan. Pembedahan dapat di gunakan sebagai upaya terakhir jika tonsilitis sering kambuh atau karena kedua amandel membesar dan menutupi kerongkongan sepenuhnya.

Selain hemat tenaga dan biaya, jenis pengobatan amandel alami ini bermanfaat sebagai alternatif sebelum kunjungan dokter. Ini adalah artikel dari berbagai sumber tentang Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

10 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami

1. Istirahat Yang Cukup

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami yang pertama adalah dengan memberikan diri Anda istirahat yang cukup. Orang dengan tonsilitis harus banyak istirahat karena ini dapat membantu tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Anda tidak perlu memaksakan diri dengan berbagai aktivitas berat dan sebaiknya tidur nyenyak di siang hari dan cukup tidur di malam hari.

2. Hindari merokok

Bagi Anda yang merokok, sebaiknya kurangi kebiasaan merokok jika Anda menderita tonsilitis. Untuk penderita lain yang merokok, hindari paparan asap rokok atau zat lain yang dapat semakin mengiritasi saluran udara Anda.

3. Banyak minum.

Perawatan Amandel alami juga dapat meningkatkan asupan cairan, mungkin melalui konsumsi minuman hangat, sup, kaldu, dan teh hangat. Jika Anda menderita radang amandel, Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami yaitu minumlah air hangat secara teratur. Sediakan air minum dalam botol besar untuk menemani Anda saat menonton TV atau di tempat tidur sehingga Anda ingat untuk meningkatkan hidrasi.

4. Gunakan humidifier

Udara kering di dalam ruangan memperlambat proses penyembuhan sakit tenggorokan dan memperparah iritasi. Cara Mengobati Amandel Secara Alami Gunakan humidifier sebagai pelembab ruangan. Ini akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada amandel, terutama jika digunakan pada malam hari. Tidur dengan pelembap sangat bagus untuk meredakan nyeri amandel.

5. Berkumur dengan air garam

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami yang sederhana untuk mengobati amandel adalah dengan berkumur dengan air garam. Anda bisa melarutkan garam dalam segelas air hangat, lalu berkumur dengan memiringkan kepala sejenak lalu meludahkannya. Lakukan ini beberapa kali untuk sementara meredakan rasa sakit pada amandel.

6. Konsumsi Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk limau merupakan bahan alami dan buahnya mudah ditemukan. Dikenal karena sifat antivirus, antibakteri dan anti-inflamasi, jeruk nipis dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengobati amandel.

Kandungan vitamin C yang melimpah membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara pembuatannya juga sangat mudah:

  • Air hangat, pastikan tidak panas atau dingin
  • Kemudian tambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis (bila perlu)
  • 2 sendok teh madu dan sedikit garam
  • Minum ramuan sederhana ini 2 kali sehari hari. Hari

7. Makan Buah Tin (Ara)

buah ara berwarna ungu-merah ini dikenal sebagai “buah surga”, memiliki manfaat khusus dalam Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami. Mengapa buah ara atau buah ara dapat membantu? Karena memiliki kandungan lendir yang tinggi, dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh radang amandel atau tonsilitis.

  • Cara menggunakan buah ara untuk penyembuhan Amandel alami:
  • Rebus 3 buah ara, segar atau kering
  • Ambil saat matang dan haluskan seperti bubur
  • Campur dengan 1 sendok makan madu
  • Makan ramuan ini 2 atau 3 kali sehari

8. Minum jus jambu biji

Selain enak dan menyegarkan, jus jambu biji juga ada dalam daftar penggunaan penyembuhan alami kacang Amandel. Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi dan dikatakan dapat membantu mempercepat penyembuhan. Minum jus jambu biji setiap hari untuk meredakan nyeri amandel.

9. Berkumur dan Minum Cuka Sari Apel

Tidak hanya memiliki efek menjaga kesehatan jantung, namun cuka sari apel juga membantu menyembuhkan radang amandel. Cara sederhananya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan air hangat, lalu berkumur sambil memiringkan kepala, lalu telan perlahan.

Jika Anda tidak terbiasa dengan rasa asam cuka sari apel, Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu untuk membuat hidangan lebih nikmat.

10. Makan Bawang Putih

Bawang putih telah dikenal selama ribuan tahun sebagai antioksidan, antibakteri dan penguat kekebalan tubuh. Itu sebabnya bawang putih layak mendapatkan pengobatan alami untuk amandel. Cara membuatnya:

  • Anda bisa memakan seluruh cengkehnya
  • Jika Anda khawatir dengan rasa bawang putih yang pedas, Anda bisa memakan 1 siungnya langsung dengan air seperti meminum pil
  • Cara lainnya, Anda bisa menghancurkannya dan merebusnya hingga mendidih. 2 siung bawang putih 5 Marinasi beberapa menit
  • Lalu saring air perasan bawang putihnya
  • Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu dan sedikit air jeruk lemon untuk menambah rasa manis dan mengurangi kepedasan bawang putih.

11. Obat pelega tenggorokan

Beberapa pelega tenggorokan mengandung obat bius untuk membuat mati rasa dan melegakan tenggorokan. Banyak juga yang mengandung obat anti inflamasi untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Salah satu manfaat pelega tenggorokan adalah menghilangkan rasa sakit tepat di tempat peradangan.

Beberapa tablet hisap juga mengandung agen antiseptik. Ini membantu untuk menyerang bakteri yang menyebabkan tonsilitis bakteri.

Namun, permen pelega tenggorokan tidak cocok untuk anak kecil karena dapat menimbulkan bahaya tersedak. Beberapa juga mengandung benzokain, yang dapat menyebabkan efek samping.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar orang tua dan pengasuh tidak memberikan produk yang mengandung benzokain kepada anak di bawah usia 2 tahun kecuali direkomendasikan oleh dokter.

12. Semprotan Tenggorokan dan Obat Kumur

Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami yang trakhir adalah dengan menyemprotkan tenggorokan dan obat kumur adalah cara lain untuk memberikan obat anestesi, anti-inflamasi, dan antiseptik langsung ke tenggorokan.

Seseorang dapat mencari semprotan tenggorokan dengan salah satu bahan aktif berikut:

  • benzidamin
  • fenol
  • dibucaine
  • benzokain, hanya untuk anak-anak dan orang dewasa
  • benzil alkohol
  • setilpiridinium klorida
  • klorheksidin glukonat

Itulah artikel tentang 10 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami dan Cepat yang bisa dilakukan di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *