Manfaat Naik Turun Tangga Yang Baik Untuk Kesehatan

Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan bagi tubuh. Aktivitas fisik ini seringkali membuat orang membayangkan kondisi tubuh yang berkeringat dan berbagai olahraga. Padahal, ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda mainkan. Bahkan mungkin tanpa disadari, Anda bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda sebagai media olahraga. Anda tidak perlu banyak ruang untuk berlatih, tergantung pada tujuan dan kebutuhan Anda. Salah satunya Manfaat Naik Turun Tangga Yang Baik Untuk Kesehatan

asset.kompas.com2
asset.kompas.com

Olahraga yang memiliki manfaat besar dan mudah di lakukan adalah olahraga tangga coklat. Ya, Manfaat Naik Turun Tangga mungkin merupakan hal yang sering kamu lakukan. Namun jika di lakukan dengan benar dan teratur dapat menjadi solusi berbagai masalah kesehatan. Di kutip brilio.net Senin (8/6) dari Times of India, naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga yang efektif untuk meningkatkan energi tubuh, otot dan keseimbangan tubuh. Kegiatan ini dapat membantu menjaga kebugaran tubuh.

Bacaan Lainnya

Mempraktikkan olahraga ini juga tidak rumit. Anda dapat melakukan latihan ini sebanyak yang Anda inginkan masing-masing selama 30 detik. langkah, lalu istirahat selama 30 detik dan ulangi beberapa kali selama 5 menit. Dengan melakukan olahraga naik turun tangga akan mempengaruhi otot betis, paha dan bokong, sehingga menjadi terlatih dan tertarik serta menghilangkan lemak dan selulit. Manfaat Naik Turun Tangga

Apakah Anda ingin berlatih olahraga ini tetapi tidak memiliki tangga? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan kotak atau kursi kecil setinggi lutut dengan permukaan rata. Kemudian berdiri di depannya, lakukan gerakan naik turun dari kursi selama 30 detik dan ulangi selama lima langkah. Tapi jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan tepat sebelum dan sesudah latihan. Hal ini untuk menghindari risiko selama pelatihan.

10 Manfaat Naik Turun Tangga Yang Baik Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui betapa mudahnya melakukan olahraga naik turun tangga, sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa manfaat dari olahraga ini. Mulai dari membakar kalori hingga bisa mengatasi masalah insomnia lho. Jadi simak ulasan Manfaat Naik Turun Tangga berikut.

1. Membakar kalori.

Anda mungkin sudah tahu bahwa olahraga akan membawa banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah manfaat pembakaran kalorinya. Karena berolahraga naik turun tangga cukup efektif membakar kalori dalam jumlah besar.

Saat melakukan aktivitas menuruni tangga, kalori yang terbakar bisa mencapai antara 175 hingga 275 kalori per jam (tergantung berat badan). Saat melakukan aktivitas menaiki tangga, tubuh membakar kalori 530 hingga 830 kalori per jam. Selain meningkatkan metabolisme, naik turun tangga juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

2. Langsingkan pinggul.

Manfaat Naik Turun Tangga Bentuk pinggul ramping merupakan dambaan bagi sebagian orang. Bahkan berbagai cara di lakukan untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Di mulai dengan mengambil agen pelangsing yang berbeda dan melakukan perawatan yang berbeda. Meski bisa mendapatkannya dengan melakukan olahraga naik turun tangga secara rutin, lho.

Triknya praktis, Anda bisa melakukan latihan ini sebanyak mungkin selama 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik dan ulangi selama 5 menit. Jadi otot betis, paha, pinggul, hingga bokong di latih.

3. Meningkatkan kinerja otak.

Selain melatih kekuatan otot, latihan naik turun tangga juga baik untuk kesehatan otak. Hal ini di nyatakan dalam hasil penelitian dalam Journal of Neurobiology of Aging, yang mengungkapkan bahwa rajin berjalan naik turun tangga dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, kebiasaan naik turun tangga dapat menurunkan risiko penuaan otak lebih lambat di bandingkan orang yang jarang naik turun tangga. Nah, jadi tidak ada salahnya Anda memasukkan latihan naik turun tangga dalam rencana latihan Anda.

4. Meningkatkan kekuatan otot.

Tidak hanya berolahraga, naik turun tangga juga bisa memperkuat otot. Saat naik turun tangga, sistem otot dan tulang di seluruh tubuh secara otomatis akan bergerak aktif. Mulai dari otot lengan, punggung, hingga otot kaki. Dengan peningkatan massa otot ini, Anda juga bisa menurunkan berat badan secara bersamaan. Selain itu, tubuh tentu saja akan menjadi lebih bugar meski hanya berolahraga sederhana.

5. Menurunkan risiko osteoporosis.

Manfaat Naik Turun Tangga juga akan melibatkan kekuatan tulang dalam prosesnya. Bukan hanya kaki, tapi juga tulang belakang hingga lengan. Proses ini akan berdampak baik pada kesehatan tulang Anda. Dengan cara ini, dapat mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. Semakin intens pergerakan otot dan tulang, semakin kecil risiko keropos tulang.

6. Periksa kadar gula darah.

Berolahraga naik turun tangga di anjurkan untuk penderita di abetes. Gerakan otot berperan dalam mengontrol gula darah agar lebih stabil. Kadar gula darah yang stabil akan membuat seseorang terhindar dari penyakit di abetes. Namun perlu di ingat bahwa Anda juga perlu mengatur pola makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Baik untuk ibu hamil.

Adapun manfaat naik turun tangga yang baik bagi penderita diabetes, olahraga ini juga berkaitan dengan kesehatan ibu hamil. Olahraga naik turun baik untuk melindungi ibu hamil dari diabetes gestasional. Namun perlu di perhatikan bahwa seseorang tidak boleh naik turun tangga saat usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Selain itu, ibu hamil juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran terbaik.

8. Mencegah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Naik Turun Tangga tangga juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Sejumlah penelitian menemukan bahwa manfaat berjalan naik turun tangga dapat menjaga kesehatan jantung secara optimal. Berolahraga naik turun tangga akan memperlancar aliran darah yang membawa oksigen ke jantung.

Jantung yang sehat dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan diabetes, mengurangi stres dan meningkatkan mobilitas. Selain itu, olahraga yang satu ini juga mampu menurunkan risiko stroke. Naik turun tangga secara rutin tiga hingga lima kali seminggu dapat mengurangi risiko stroke dalam jangka panjang.

9. Mengurangi stres.

Yap, buat kamu yang sering merasa bosan dengan rutinitas, mencoba naik turun tangga wajib banget. Saat naik turun tangga, tubuh akan memacu darah, yang akan mendapat suntikan adrenalin. Keadaan ini akan membuat Anda merasa lebih baik. Dengan cara ini, naik turun tangga sangat berguna untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Sekali lagi, jangan lupa untuk melakukan persiapan terlebih dahulu agar tubuh tidak ‘kaget’. Kenakan pakaian dan sepatu olahraga saat naik turun tangga. Lakukan juga pemanasan dan pendinginan serta jangan memaksakan tubuh dengan gerakan yang terlalu cepat. Lakukan perubahan gerakan secara perlahan selama proses berlangsung.

10. Membantu mengatasi insomnia.

Insomnia adalah salah satu penyakit paling umum yang di alami banyak orang. Keadaan insomnia ini membuat banyak orang merasa lelah dan sensitif. Jika Anda sudah mencoba berbagai jenis solusi tetapi tidak berhasil, coba naik turun tangga.

Manfaat Naik Turun Tangga bisa di lakukan di pagi hari saat matahari belum terik. Hal ini bertujuan untuk menyehatkan paru-paru karena menghirup udara segar. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *