Perbedaan Trading Haham dan Investasi Saham

- Penulis Berita

Selasa, 16 Agustus 2022 - 14:11

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dalam dunia saham, ada banyak istilah yang masih bisa di salahpahami oleh orang awam. Oleh karena itu, investor pemula harus rajin belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mulai berinvestasi.

Salah satu istilah yang paling sering ditemui pada awal menabung saham adalah istilah investasi saham dan perdagangan saham. Apa yang di maksud dengan investasi saham dan perdagangan saham? Dan apa perbedaan antara keduanya? Mari kita lihat bersama di bawah ini.

Apa itu saham?

Sebelum kita memahami pengertian investasi saham dan perdagangan saham, mari kita mulai terlebih dahulu dengan memahami saham itu sendiri. Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan tuntutan atas penghasilan dan kekayaan perusahaan. Artinya, ketika Anda membeli saham, Anda secara otomatis menjadi salah satu pemilik perusahaan dan Anda juga mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan.

Apa itu Investasi Saham?

Dengan demikian, investasi saham dapat di artikan sebagai suatu kegiatan menanamkan modal pada perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memperdagangkan sahamnya. Investasi bersifat pasif. Dengan kata lain, Anda sebagai investor tidak mengelola bisnis secara langsung, Anda hanya menginvestasikan beberapa sumber daya untuk kemudian mengelola perusahaan di perusahaan.

Sama halnya dengan berbisnis, selain peluang untung, berinvestasi saham juga tidak mendatangkan keuntungan bagi Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan memahami informasi perusahaan tempat Anda berinvestasi sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena dengan mengelola faktor risiko Anda dengan baik, Anda akan lebih berpeluang mendapatkan keuntungan dari investasi Anda.

Apa itu Perbedaan Trading Haham dan Investasi Saham?

Perdagangan saham memiliki arti sebagai kegiatan jual beli saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar sehari-hari. Jika Anda lebih pasif dalam investasi saham, dalam perdagangan saham Anda lebih aktif. Itu karena sebagai pedagang saham, Anda memberi diri Anda waktu untuk menganalisis pasar dan memutuskan waktu dan harga terbaik untuk berdagang saham.

Baca juga  Strategi Pemasaran Asuransi Untuk Meningkatkan Penjualan

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan capital gain terbaik dari selisih harga yang terjadi saat Anda membeli saham dan saat Anda menjualnya.

Perbedaan investasi saham dan perdagangan saham
Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan apa yang membedakan investasi saham dan perdagangan saham:

1. Prinsip: beli dan tahan versus beli dan jual

Seorang investor saham cenderung menganut prinsip beli dan tahan saat berinvestasi di saham. Hal ini karena umumnya investor saham berinvestasi dalam rencana jangka panjang.

Jadi, investor saham cenderung kurang peduli dengan naik turunnya harga saham sehari-hari. Durasi waktunya tidak pasti, semua tergantung investor masing-masing. Namun pada umumnya seorang investor akan menjual sahamnya ketika tujuan investasinya terpenuhi.

Sementara itu, seorang pialang saham menganut prinsip jual beli. Trader membeli saham pada harga tertentu dan menjualnya dalam waktu yang cukup singkat, selama harga saham tersebut berada dalam kisaran yang diinginkan trader. Pedagang umumnya mengharapkan pengembalian yang lebih tinggi daripada melalui investasi reguler.

2. Analisis Fundamental vs Analisis Teknikal

Perbedaan Trading Haham dan Investasi Saham selanjutnya Sebagai investor saham cenderung berinvestasi dalam jangka panjang, analisis investor adalah analisis fundamental perusahaan.

Fundamental perusahaan adalah informasi dasar dan penting tentang perusahaan, seperti laporan keuangan perusahaan, kinerja perusahaan, tingkat evolusi sahamnya dalam periode waktu tertentu dan lain-lain, yang digunakan sebagai referensi dapat digunakan dalam kinerja. Evaluasi perusahaan dalam mengelola usahanya.

Berinvestasi pada perusahaan dengan fundamental yang baik mengurangi risiko kerugian bagi investor.

Sementara, pedagang saham lebih sering melakukan analisis teknis. Analisis tersebut dapat membantu trader melihat pergerakan saham dalam jangka pendek.

Ini karenakan perdagangan lebih sensitif terhadap sentimen dan kondisi pasar daripada fundamental perusahaan. Oleh karena itu, analisis yang dilakukan harus lebih lengkap dan rinci tentang semua faktor risiko.

Baca juga  7 Daftar Asuransi Mobil Murah dan Tips Cara Memilihnya

3. Risiko

Perbedaan Trading Haham dan Investasi Saham selanjutnya adalah risiko. Jika kita melihat risiko keduanya, risiko berinvestasi saham jauh lebih rendah dibandingkan dengan trading saham. Karena risikonya lebih rendah, hasilnya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan perdagangan saham.

Investor ekuitas cenderung lebih selektif dalam memilih perusahaan yang menerima investasinya, investor umumnya lebih memilih perusahaan blue chip yang sudah dikenal dan memiliki fundamental yang baik.

Sementara itu, pedagang saham cenderung lebih berisiko, pedagang sering memilih saham kelas tiga atau saham yang baru saja tercatat di pasar modal. Trader memilih perusahaan tersebut karena harga sahamnya cenderung lebih murah dibandingkan saham blue chip, namun berpotensi mengalami fluktuasi yang tinggi tergantung sentimen pasar.

Dengan cara ini, harapannya para pedagang akan dapat membeli dan menjual saham dalam jumlah besar ketika saham mengalami kenaikan yang signifikan.

Hal-hal tersebut di atas adalah beberapa hal yang membedakan antara investasi saham dan perdagangan saham. Sekarang, sebagai pemula pasar saham, Anda dapat menentukan apa yang tepat untuk Anda.

Salah satu aturan dalam dunia pasar saham adalah high risk high return, semakin besar resiko yang berani anda ambil, semakin besar kemungkinan profit yang anda terima. Kini, dengan memilih sekuritas yang tepat, Anda akan banyak terbantu dalam mengelola risiko yang akan Anda ambil.

Salah satu judul yang menawarkan fitur keren yang bisa membantu Anda dalam trading saham adalah RHB Tradesmart ID. Dengan aplikasi pintar Anda dapat belajar tentang perdagangan saham dan menjadi lebih mahir dalam dunia saham.

Untuk mulai berinvestasi saham secara online, Anda dapat menggunakan aplikasi perdagangan saat ini RHBTRADESMARTID, yang memfasilitasi investasi di mana saja dan kapan saja. Nikmati berbagai fitur menarik yang membantu Anda berinvestasi. Download aplikasinya sekarang secara gratis di Playstore dan Appstore!

Baca juga  Cara Investasi Saham di Indonesia

Berita Terkait

Cara Investasi Saham di Indonesia
8 Strategi Marketing Asuransi Yang Tepat
10 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya 2022
Strategi Pemasaran Asuransi Untuk Meningkatkan Penjualan
Cara Perpanjang Asuransi Mobil ACA Gampang Banget Lhoo!
7 Daftar Asuransi Mobil Murah dan Tips Cara Memilihnya
10 Cara Klaim Asuransi HP Samsung yang Benar Secara Online

Berita Terkait

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:29

Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:04

Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:42

Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 11 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:54

Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 10 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:38

Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 20 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:29

Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:25

Kecamatan Banyumas lengkap peta dan 11 Desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:05

Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah lengkap pembagian wilayah

Berita Terbaru