Cara Investasi Saham di Indonesia

cara investasi saham di indonesia

 Saat ini menguntungkan dan mudah di lakukan, yang menjadikan alasan investasi semakin prima di kalangan milenial dan Generasi Z. Di sini saya kan menyajikan cara investasi saham di indonesia yang bisa kalian pelajari.

Seiring dengan hadirnya berbagai aplikasi online yang memberikan akses investasi antrean, menambah peminat investasi. Dan dari berbagai investasi yang ada saat ini, bisa di bilang saham adalah primadonanya.

Bacaan Lainnya

Seperti yang akhir-akhir ini sangat populer, berinvestasi saham bukan lagi sebagai alat tabungan jangka panjang, bahkan sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai bisnis atau trading saham.

Nah, popularitas saham sebagai wahana investasi tentunya di pengaruhi oleh beberapa hal, termasuk tentunya potensi keuntungan yang besar bahkan berlipat ganda. Namun, mendapatkan untung besar dengan bermain saham ternyata tidak selama itu cukup sulit.

Tertarik mencoba investasi saham?

Bingung mencari kartu kredit terbaik? Cermati punya solusinya!

Cara berinvestasi saham untuk pemula

Bagi yang ingin mencoba berinvestasi saham, ada dua cara berinvestasi saham, yaitu investasi saham online dan investasi saham di perusahaan saham. Berikut cara berinvestasi

cara investasi saham di indonesia

saham untuk keduanya: Memulai Investasi Saham Online Berinvestasi saham online

adalah pilihan paling populer untuk berinvestasi saham saat ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapan

yang harus di siapkan adalah:

  • ID: KTP/KITAS/paspor, ID merupakan syarat wajib bagi yang ingin membuka rekening perantara. Kartu identitas wajib bagi warga negara Indonesia, tidak dapat diganti dengan kartu SIM atau paspor. Sedangkan untuk WNA, persyaratan KITAS/Paspor juga merupakan persyaratan wajib.
  • TIN juga diperlukan saat membuka akun pialang. Jika Anda tidak memiliki NPWP, Anda dapat mengajukan surat dari kantor pendaftaran efek tempat Anda mendaftarkan rekening Anda untuk membuat pernyataan bahwa Anda tidak memiliki NPWP, ditandatangani
  • pada stempel sampul buku tabungan. Adanya buku besar memudahkan sekuritas untuk mengontrol rekening bank nasabah. Jika nantinya nasabah ingin menarik uang dari rekening saham, rekening ini akan menjadi pegangan bank setiap kali ia menarik uang. Anda juga dapat mengintegrasikan rekening bank Anda ke dalam RDI dengan berkonsultasi dengan perantara.
  • Tidak ada identitas KSEI, persyaratan ini hanya berlaku jika Anda sudah memiliki rekening perantara dan ingin membuka rekening kedua.
  • Salinan DNI suami untuk ibu rumah tangga, fotokopi NIF suami dan fotokopi kartu keluarga juga biasanya harus dilampirkan.
  • Perangko Rp 6.000, Anda juga bisa membawa uang untuk membeli perangko. Stempel yang dibutuhkan antara 2-8 stempel, tergantung kebutuhan.

2. Tentukan perusahaan sekuritas online yang diinginkan

. Selanjutnya, Anda perlu menentukan perusahaan saham online. Perusahaan saham gabungan bertindak sebagai perantara dalam negosiasi efek dan bertanggung jawab atas 2 hal, yaitu:

  • Melaksanakan kegiatan pembelian dan penjualan efek untuk kepentingan sendiri atau pihak ketiga.
  • Saham dan obligasi dibeli dan dijual melalui pasar saham atau over the counter.

3. Mengisi formulir pendaftaran investasi saham online yang

disediakan. Lengkapi formulir pembukaan rekening, termasuk rekening saham dan reksa dana. Mengisi formulir mirip dengan membuka rekening bank. Silahkan Anda Isi setiap kolom formulir pembukaan rekening dengan benar.

Jangan lupa sertakan juga persyaratan pembukaan rekening berupa kumpulan dokumen pribadi seperti yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya.

4. Pembukaan RDI (Rekening Dana Investor)

Setelah menyelesaikan rumus untuk membuka rekening saham. Anda juga mengisi formulir lain untuk membuka RDI (Rekening Dana Investor). RDI adalah rekening uang Anda, yang ditempatkan di bank, terpisah dari rekening perusahaan efek.

Fitur utama RDI adalah Anda memiliki rekening bank sendiri untuk semua transaksi saham. RDI ini sendiri dimaksudkan untuk menyimpan dana klien yang bukan saham yang dibeli.

5. Tunggu proses pembukaan rekening selesai.

Durasi pembukaan ini tergantung pada RDI yang dipilih. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk membuka rekening. Setelah pembukaan akun selesai, investor dikonfirmasi dengan nomor RDI yang dibuka.

6. Download Aplikasi Trading Terpercaya

Setelah Anda mendapatkan ID, Password dan PIN, berarti Anda sudah siap untuk berinvestasi saham. Anda dapat mengunduh aplikasi perdagangan pialang dari AppStore atau PlayStore atau langsung dari situs web pialang tempat Anda mendaftar untuk membuka akun pialang.

7. Masukkan setoran awal Setoran

pertama akan disetorkan saat proses pembukaan RDI selesai. Tujuan melakukan deposit awal juga untuk mengaktifkan akun trading yang telah Anda buka. Anda dapat menyetor uang tunai atau mentransfer dari akun pribadi Anda ke RDI.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan uang tabungan dan setorkan ke nomor RDN Anda.
  • Deposit dapat dilakukan melalui ATM, Mobile Banking atau Internet Banking.
  • Harap tunggu beberapa saat setelah transfer ke RDN.
  • Kemudian cek dana yang masuk di aplikasi online trading yang terinstall.

Setelah melakukan deposit pertama Anda, tunggu saja ID, password dan PIN Anda di kirim untuk masuk ke akun saham online Anda. Anda akan mendapatkan kartu akses KSEI.

8. Anda bisa mulai jual beli saham

Pembelian minimal saham adalah 1 lot. Pembelian 1 lot saham setara dengan pembelian 100 saham. Hal yang sama berlaku untuk penjualan saham. Saham di jual minimal 1 lot.

Setiap transaksi pembelian dan penjualan saham dikenakan biaya transaksi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan efek. Saham BEI memiliki harga yang berbeda-beda. Harga mencerminkan nilai perusahaan.

9. Memesan Saham Secara Online

Setelah Anda berhasil menyelesaikan transaksi saham, Anda dapat mengubah harga beli atau jual saham tersebut. Pada aplikasi saham online, fitur ini tersedia saat Anda melakukan trading saham.

Jika posisi yang Anda tempatkan tidak ada, Anda dapat melihat posisi yang tersedia di pasar saat itu. Setelah itu, Anda bisa menyesuaikan harga dengan kondisi pasar modal.

10. Likuidasi saham Transaksi jual beli

Dengan beroperasinya saham, likuidasi dilakukan dua hari setelah transaksi. Harga tersebut sejalan dengan perdagangan yang di lakukan dua hari sebelumnya. Jika Anda tidak melakukan pelunasan dalam jangka waktu yang di tentukan, Anda akan dikenakan denda sebesar 45 persen per tahun.

Bisa Beli/Simpan Saham di Bank?

Banyak yang salah paham bahwa membeli/menyimpan saham di bank tidak berarti langsung di bank, tetapi di bank dengan perusahaan sekuritas. Ini berarti Anda tidak dapat membeli saham di bank, tetapi di perusahaan saham, Anda memilih di antara bank itu.

Daftar bank dengan perusahaan sekuritas yang dapat Anda konsultasikan adalah:

dariwebsite
Sekuritas BCA Sekuritasbcasekuritas.co.id/account-opening/retail
BNI Sekuritasbnisekuritas.co.id/onlinetrading/registrasi/
CGS-CIMB Sekuritasregister .cgs – cimb .co.id Swarna
Sekuritasie-registration.ekuator.co.id
Indo Premier Sekuritasindopremier.com/lpregister
Jasa Utama Capital Sekuritasregister.juc.co.id
Mandiri Sekuritasregister.most.co.id
MNC Sekuritasmncsekuritas . id/opening_account /2
Mirae Asset Sekuritasopen.miraeasset.co.id/id
Panin Sekuritasregister.pans.co.id
Phillip Sekuritaspuisi.co.id/Home/OpenAccount
Sinarmas Sekuritasfinancial.sinarmassekuritas.co.id/simas.net /reginternet/ reginternet.asp?digisign=DGS
Trimegah Sekuritastrima.trimegah.id/register

Meskipun Anda dapat mendaftarkan investasi saham Anda secara langsung melalui perusahaan sekuritas. Semua proses masih online. Namun, untuk pertanyaan langsung atau offline mengenai proses pendaftaran dan hal-hal lain yang terkait dengan proses pendaftaran, silakan hubungi kantor perusahaan sekuritas terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Tetapi sekali lagi, Anda perlu mengingat ini bahkan jika Anda melakukan kunjungan langsung. Proses pendaftaran, penyetoran dan terakhir transaksi jual beli saham masih dilakukan secara online. Jadi pastikan smartphone Anda dalam kondisi baik dan memiliki kuota internet yang cukup untuk melakukan seluruh proses secara online.

Berinvestasi di Saham Berhasil Membutuhkan Pengetahuan Teknologi Internet

Hampir 100% dari seluruh proses investasi saham dilakukan secara online. Untuk mempelajari cara memulai investasi saham yang tepat, mulailah dengan mempelajari cara menggunakan aplikasi perdagangan/investasi saham online. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *