Berikut ini yang Tidak Termasuk Alat Ekskresi Adalah

Berikut ini yang Tidak Termasuk Alat Ekskresi Adalah….
a. Hati
b. Kulit
c. Ginjal
d. Usus besar​

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat yaitu d. Usus Besar

Bacaan Lainnya

Pembahasan

Salah satu sistem penting yang berperan vital dalam tubuh manusia adalah sistem ekskresi. Jadi apa itu sistem ekskresi dan apa fungsinya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan Berikut ini yang Tidak Termasuk Alat Ekskresi berikut ini!

Apa itu Sistem Ekskresi?

Sistem ekskresi adalah sistem yang memiliki tugas mengolah sisa metabolisme dan toksin, kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Hal ini karena limbah dan racun ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak di keluarkan dari tubuh.

Dalam sistem ekskresi manusia, ada sejumlah organ yang berfungsi untuk tujuan ini. Organ-organ tersebut adalah kulit, paru-paru, hati dan ginjal. Setiap organ memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda untuk menghilangkan sisa metabolisme dan racun dari tubuh Anda.

Berikut ini yang Tidak Termasuk Alat Ekskresi

Sistem Ekskresi Pada Manusia

1. Ginjal

Ginjal adalah organ utama dari sistem ekskresi yang terletak di bagian belakang rongga perut dan terletak di kedua sisi tulang belakang manusia. Bentuk ginjal mirip dengan kacang dan warnanya merah-coklat.

Setiap orang memiliki sepasang ginjal, namun posisi ginjal kanan sedikit lebih rendah di bandingkan dengan ginjal kiri karena terletak di dekat hati.

Fungsi ginjal adalah menyaring produk limbah dari makanan, obat-obatan dan racun ke dalam darah. Selain itu, fungsi ginjal juga termasuk mengontrol keseimbangan kadar elektrolit dan cairan dalam tubuh. Jika tubuh manusia memiliki kelebihan mineral atau garam, organ ini akan bekerja untuk menghilangkan kelebihan tersebut.

Ginjal mengubah akumulasi limbah metabolisme menjadi urin atau urin (kencing). Urin kemudian mengalir melalui ureter ke kandung kemih, di mana ia di keluarkan saat Anda buang air kecil.

2. Kulit

Tahukah Anda bahwa ada 3-4 juta kelenjar keringat di kulit manusia? Semua kelenjar ini tersebar di seluruh kulit, namun ada beberapa bagian tubuh yang memiliki kelenjar keringat lebih banyak di bandingkan bagian lainnya, yaitu kaki, wajah, telapak tangan, dan ketiak.

Ada 2 jenis kelenjar keringat, yaitu:

  • Kelenjar eksentrik, yang berhubungan langsung dengan permukaan kulit dan menghasilkan keringat yang encer dan tidak berbau.
  • Kelenjar apokrin, yang terdapat pada folikel rambut seperti kulit kepala dan ketiak, dan menghasilkan keringat yang kental dengan kandungan lemak.

Tubuh memproduksi keringat untuk mengontrol suhu tubuh dan melumasi kulit dan rambut. Namun kelenjar keringat juga berperan dalam membuang racun melalui keringat yang di hasilkan.

3. Paru-paru

Meskipun fungsi utama paru-paru adalah organ utama sistem pernapasan, organ ini juga berperan dalam Sistem Alat Ekskresi. Ketika proses pernapasan berlangsung dan oksigen telah di distribusikan ke seluruh organ dan jaringan, sel-sel akan menghasilkan karbon dioksida yang merupakan zat sisa metabolisme.

Jika karbon dioksida di biarkan menumpuk, itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, karbon dioksida akan dikeluarkan dan di kembalikan ke paru-paru oleh darah. Kemudian, gas akan di keluarkan dari paru-paru melalui rongga hidung selama pernafasan.

4. Hati

Tahukah Anda bahwa hati manusia adalah organ yang besar? Beratnya juga mencapai 1 kg lho! Hati itu sendiri terletak tepat di bawah diafragma atau di bagian kanan atas rongga perut.

Dalam sistem ekskresi, hati bertanggung jawab untuk membuang amonia, yang merupakan produk limbah dari proses pemecahan protein. Ketika amonia menumpuk di dalam tubuh, masalah kesehatan seperti masalah pernapasan dan masalah ginjal dapat terjadi.

Hati memproses amonia menjadi urea, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh dengan bantuan ginjal, terutama melalui urin. Selain amonia, hati juga berperan dalam membuang racun dan zat limbah lainnya di dalam darah. Misalnya karena obat-obatan atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Selain itu, hati juga berfungsi untuk membuang sel darah merah yang telah rusak dan kelebihan bilirubin. Nah, kelebihan bilirubin adalah penyebab penyakit kuning alias penyakit kuning.

Jadi untuk pertannyaan di atas “Berikut ini yang Tidak Termasuk Alat Ekskresi” jawaban yang tepat adalah d. Usus Besar yaa Soat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *