15 Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

15 cara menyembuhkan batu ginjal tanpa operasi 1522

Ada banyak Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah, mulai dari mengonsumsi jus daun kemangi, jus lemon, dan cuka sari apel. Bahan-bahan alami tersebut mengandung komponen yang dapat menghancurkan atau mencegah terbentuknya batu ginjal. Namun perlu diingat bahwa metode ini tidak berarti dapat menggantikan terapi yang diberikan oleh dokter.

"Cara

15 Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi Secara Alami

Batu ginjal bisa muncul di salah satu atau kedua ginjal. Umumnya, penyakit ini menyerang orang berusia antara 30 dan 60 tahun. Selain di ginjal, batu ini juga terdapat di ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih). Batu ginjal dapat timbul  rasa sakit dan komplikasi jika tidak segera ditangani.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, kami mengidentifikasi berbagai Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi di bawah ini.

1. Air

Minum lebih banyak air dari biasanya adalah Cara Menyembuhkan Batu Ginjal yang efektif untuk mengeluarkan batu ginjal dari tubuh. Jika biasanya Anda di sarankan untuk minum air putih 8 gelas sehari, Anda bisa menambah porsinya menjadi 12 gelas sehari.

Jika batu ginjal sudah berhasil di keluarkan, sebaiknya tetap minum air putih secara rutin. Pasalnya, dehidrasi (tubuh kekurangan cairan) merupakan salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

2. Jus lemon

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal yaitu Anda bisa memeras lemon dan meminum airnya untuk menghilangkan batu ginjal secara alami. Meskipun bersifat asam, jus lemon ternyata mengandung asam sitrat yang menurut penelitian dapat menghancurkan batu ginjal kecil. Batu ginjal yang sudah terhimpit akan lebih mudah di keluarkan.

Selain itu, jus lemon mengandung vitamin C tingkat tinggi dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

3. Jus daun kemangi

Sama seperti jus lemon, jus kemangi memiliki komponen yang di sebut asam asetat yang dapat menghancurkan batu ginjal dan mengurangi rasa sakit yang di timbulkannya. Selain itu, jus ini juga mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Gunakan daun kemangi segar atau kering untuk teh. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan daun kemangi segar ke dalam blender dan membuat jus.

Ingat, jangan pernah mengonsumsi jus kemangi selama lebih dari enam minggu karena dapat menimbulkan efek samping, seperti hipoglikemia, tekanan darah rendah, dan memperparah perdarahan.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam sitrat yang dapat menghancurkan batu ginjal. Sebuah penelitian yang melibatkan 9.000 peserta menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi cuka sari apel memiliki penurunan risiko batu ginjal.

Namun, di perlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan cuka sari apel sebagai metode alami menghilangkan batu ginjal.

5. Menjaga berat badan ideal

Menurut penelitian yang melibatkan 146 penderita batu ginjal, 43,8% di antaranya kelebihan berat badan (obesitas). Para peneliti percaya obesitas merupakan faktor dalam pembentukan batu ginjal.

Karena obesitas akan meningkatkan risiko kolesterol dan hipertensi. Kedua kondisi medis ini di yakini dapat menyebabkan batu ginjal. Obesitas dapat dicegah dengan menjaga berat badan ideal melalui olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

6. Hindari minuman berkafein dan manis

Minuman yang mengandung gula, kafein dan alkohol di percaya dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Satu studi juga menunjukkan bahwa minuman berkafein dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Plus, minuman dengan pemanis buatan juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari semua minuman yang mengandung kafein, gula dan alkohol.

7. Jus seledri

Jus seledri di anggap mampu mengeluarkan racun yang sering menyebabkan batu ginjal. Dalam pengobatan tradisional, jus ini di percaya sebagai cara alami yang efektif untuk menghilangkan batu ginjal. Jus seledri juga bisa membantu tubuh mengeluarkan cairan berlebih sehingga batu ginjal bisa di keluarkan.

Namun, jangan pernah mengonsumsi jus seledri jika Anda memiliki gangguan pendarahan, tekanan darah rendah, dan akan menjalani operasi. Juga, jangan pernah minum jus ini jika Anda menggunakan levothyroxine, lithium, isotretinoin, obat penenang seperti alprazolam.

8. Kaldu kacang merah

Mengkonsumsi kaldu kacang merah bisa menjadi salah satu Cara Menyembuhkan Batu Ginjal secara alami. Orang India percaya kaldu kacang merah dapat menjaga kesehatan saluran kemih dan ginjal.

Berdasarkan sebuah penelitian, kaldu kacang merah juga di percaya mampu menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari tubuh.

9. Jus akar dandelion

Jus akar dandelion dipercaya dapat menghasilkan empedu dan membantu tubuh mengeluarkan limbah, meningkatkan produksi urin, dan menyehatkan sistem pencernaan. Satu studi juga menunjukkan bahwa jus akar dandelion dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Namun, hindari mengonsumsi jus akar dandelion jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah, antasida, antibiotik, litium, dan diuretik. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum jus akar dandelion karena dapat mengganggu kinerja obat di dalam tubuh.

10. Jus rumput gandum

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal ialah Jus rumput gandum kaya akan nutrisi dan dapat membantu tubuh meningkatkan aliran urin sehingga batu ginjal dapat di keluarkan. Jus ini juga memiliki berbagai nutrisi yang dapat menyehatkan ginjal.

Sebelum mengkonsumsinya, ada baiknya makan terlebih dahulu karena minuman ini dapat meningkatkan risiko diare, sembelit dan mengurangi nafsu makan jika di konsumsi saat perut kosong.

11. Batasi konsumsi makanan yang kaya oksalat

Beberapa batu ginjal terbuat dari oksalat, senyawa alami yang di temukan dalam makanan yang mengikat kalsium dalam urin untuk membentuk batu ginjal.

Membatasi makanan kaya oksalat di yakini dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Cara Menyembuhkan Batu Ginjal

Oksalat dan kalsium mengikat bersama di saluran pencernaan sebelum mencapai ginjal, sehingga batu lebih sulit terbentuk jika Anda makan makanan kaya oksalat dan kalsium secara bersamaan.

12. Kurangi konsumsi protein hewani

Daging merah, unggas dan kerang merupakan makanan yang kaya akan protein hewani. Berbagai makanan ini dapat melakukan dua hal pada tubuh yang dapat memicu batu ginjal.

Pertama, makanan berprotein hewani dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak asam urat. Kedua, makanan ini dapat merampok sistem sitrat, zat yang membantu menjaga batu ginjal keluar dan mencegah batu yang ada tumbuh.

Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan berprotein hewani untuk kesehatan yang lebih baik.

Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, sesekali tukar daging merah, unggas, atau daging kering dengan beberapa hal berikut:

13. Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu menjaga agar batu tetap bergerak dan membuatnya lebih mudah untuk di keluarkan bersama urin. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, istirahat sejenak jika mulai merasakan nyeri akibat batu bergerak di saluran kemih.
Selain obat herbal di atas, Anda bisa membeli obat batu ginjal di apotek yang lebih mudah dan efektif. Namun sebelumnya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Cara Menyembuhkan Batu Ginjal

Kata terakhir

Meski bermanfaat, berbagai Cara Menyembuhkan Batu Ginjal secara alami di atas belum bisa di jadikan pengobatan utama karena keefektifannya belum sepenuhnya terbukti. Temui dokter Anda untuk masalah batu ginjal Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *