Apa Itu Investasi Saham? Keuntungan dan Risiko Investasi Saham

Investasi Saham

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang menjadi pilihan banyak orang adalah investasi saham. Sejak usia muda Anda mulai belajar tentang investasi ini. Apa yang dimaksud dengan berinvestasi saham? Apakah seperti berinvestasi emas misalnya?

Investasi menjadi pilihan orang untuk mempersiapkan keuangan di masa depan. Sementara saham lebih likuid daripada emas, potensi pengembaliannya sama bagusnya. Banyak orang kaya di Indonesia karena memiliki investasi saham yang besar. Apa sebenarnya keuntungan dari investasi ini?

Bacaan Lainnya
Investasi Saham

Apa itu Investasi Saham

Saham adalah kepentingan ekuitas seseorang atau entitas dalam suatu perusahaan. Lalu apa itu investasi saham? Investasi ekuitas adalah salah satu bentuk investasi ekuitas. Investor memiliki hak atas aset perusahaan dan berhak menghadiri rapat perusahaan yang relevan.

Penyertaan modal ini bertujuan untuk menyiapkan dana di masa depan. Penghasilan jangka panjang yang bisa Anda persiapkan untuk modal usaha nantinya.

Kapan Anda siap berinvestasi di saham? Ciri-cirinya adalah jika saat ini Anda memiliki lebih banyak pendapatan daripada pengeluaran, tidak memiliki utang konsumtif atau bisnis, dan terbiasa memiliki dana tabungan darurat.

Jenis-Jenis Investasi Saham

Secara umum, ada dua jenis investasi saham, yaitu:

1. Investasi Jangka Panjang

Investasi saham jangka panjang membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan. Biasanya dari usia 3 hingga 15 tahun.

2. Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi ini bisa Anda dapatkan dengan lebih cepat. Biasanya dalam 1 sampai 3 tahun ke depan.

Sedangkan sektor investasi pada saham ini meliputi pertanian, keuangan, industri, properti, infrastruktur, transportasi, konstruksi dan sebagainya.

Keuntungan Investasi Saham

Penting untuk Anda ketahui bahwa jika Anda berinvestasi saham, Anda bisa mendapatkan keuntungan berinvestasi saham dengan beberapa cara, yaitu:

1. Dividen

Dividen adalah keuntungan dari perusahaan yang kemudian dapat Anda terima sebagai pemegang saham. Anda biasanya dapat menerimanya dalam bentuk uang tunai atau saham tambahan di perusahaan untuk pemegang saham. Pembagian dividen ini berdasarkan kesepakatan mayoritas pemegang saham.

2. Potensi Capital Gain

lain bagi investor berasal dari selisih harga beli dan harga jual saham. Istilahnya capital gain. Investor saham jangka pendek biasanya mengincar keuntungan dengan cara ini.

3. Saham Bonus

Tidak semua perusahaan memberikan saham bonus kepada investor. Saham bonus ini biasanya berasal dari premi saham. Premi ini merupakan selisih antara harga jual dengan harga normal saham pada saat perusahaan melakukan penawaran.

4. Likuid dan Transparan

Investasi saham ini memang lebih transparan dan memiliki likuiditas yang lebih tinggi. Cair artinya mudah dilikuidasi. Namun, masing-masing saham tetap memiliki tingkat likuiditas yang berbeda.

Risiko Investasi Saham

Jika Anda seorang pemula, Anda perlu mengetahui risiko investasi saham. Seperti halnya usaha bisnis lainnya, resiko mengalami kerugian juga sangat mungkin terjadi. Apa saja risiko dari investasi ini?

1. Gagal mendapatkan dividen

Investasi Anda tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya bisnis mengalami kerugian dan Anda pasti tidak akan mendapatkan dividen. Jika ini terjadi, jangan panik. Hal ini perlu dicegah dengan melakukan diversifikasi tindakan yang lebih beragam.

2. Capital Loss

Capital loss adalah kondisi dimana harga jual saham Anda lebih rendah dari harga pada saat pembelian. Kebalikan dari capital gain. Jadi bisa dipastikan anda akan merugi disini karena harga sahamnya lebih rendah dari modal yang anda keluarkan.

3. Likuidasi

Kebangkrutan perusahaan sangat mungkin terjadi. Pemegang saham memiliki hak untuk memperoleh aset, tetapi jika dalam kondisi di mana semua aset perusahaan habis, pemegang saham mungkin tidak mendapatkan apa-apa. Ini adalah risiko terburuk yang perlu Anda waspadai.

4. Penghapusan Saham dari BEI

Untuk alasan tertentu, saham perseroan dapat dihapus pencatatannya dari bursa. Ya, akibatnya saham yang Anda miliki di perusahaan terkait tidak lagi likuid. Ini juga merupakan risiko buruk yang sangat mungkin terjadi.

Jadi kok bisa belajar investasi saham sejak dini untuk pemula. Dimulai dari pelajar misalnya, sudah bisa belajar berinvestasi saham jangka panjang.

Sekarang lebih mudah untuk berinvestasi di saham. Berbagai portofolio digital kini dapat dikaitkan langsung dengan saham yang mungkin menarik untuk diinvestasikan.

Tips Memulai Investasi Saham untuk Mempersiapkan Masa Depan

Banyak orang ingin hidup sejahtera di masa depan. Jika Anda salah satunya, jelas investasi mungkin jawabannya. Tapi bagaimana, ya, bagaimana cara memulai investasi? Apa saja hal yang harus diperhatikan? Yuk, simak 10 tips yang bisa membantu kamu, investor pemula, untuk mulai berinvestasi!

1. Mulai sedini mungkin

Waktu berperan penting dalam berinvestasi. Semakin muda usia Anda saat mulai berinvestasi, semakin mudah mempersiapkan kebutuhan Anda dan mencapai tujuan Anda di masa depan

2. Tentukan tujuan investasi secara spesifik

Setiap investasi harus memiliki tujuan yang pasti. Beberapa tujuan investasi yang umum dilakukan antara lain menyiapkan dana untuk pendidikan, dana pensiun, pembelian rumah/apartemen, pembelian kendaraan, renovasi properti, perjalanan wisata, percepatan pelunasan KPR/KPA atau penyiapan dana pensiun. Jika Anda memiliki jasa perencana atau penasihat keuangan, Anda dapat berkonsultasi dengan rencana ini untuk membahas waktu dan alat investasi. Jika Anda tidak memiliki penasihat keuangan, tidak apa-apa kok, pilih saja mimpi atau tujuan yang menurut Anda penting dan yang membuat Anda bersemangat untuk mulai berinvestasi.

3. Tentukan jangka waktu dan target dana yang diperlukan

Penentuan jangka waktu investasi akan mempengaruhi nilai nominal investasi dan jenis instrumen yang dipilih untuk memperoleh dana yang dibutuhkan. Semakin pendek jangka waktu investasi maka nominal yang harus dialokasikan biasanya relatif lebih besar, pilihan instrumen juga akan jatuh pada sesuatu yang lebih aman/stabil atau dengan volatilitas yang rendah. Contoh: Teman Mandy, 25 tahun, menentukan target investasi umrah sebesar Rp 30 juta. Jika Mandy ingin mencapainya dalam 5 tahun, misalnya melalui Reksa Dana Pasar Uang, Mandy bisa mulai menyisihkan kurang dari Rp 500.000 setiap bulan. Namun, jika ingin umrah lebih cepat, katakanlah dalam 3 tahun, Mandy harus rela mengalokasikan lebih dari Rp 500.000 menggunakan alat yang sama.

4. Alokasikan dana untuk investasi secara konsisten

Idealnya, Anda bisa mengalokasikan 10% hingga 30% penghasilan bulanan Anda untuk investasi. Pastikan uang yang Anda gunakan untuk investasi tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari, pelunasan utang, atau dana darurat. Selalu ingat bahwa berinvestasi tidak hanya menawarkan keuntungan, tetapi juga melibatkan risiko. Jangan biarkan risiko terjadi, kelangsungan hidup Anda akan dipersingkat.

5. Mulai berinvestasi dengan cara investasi tidak langsung bagi investor pemula

Pasar modal identik dengan produk ekuitas. Namun, tahukah Anda bahwa ada dua pilihan produk pasar modal lainnya, yaitu obligasi dan reksadana?

Bagi investor pemula yang masih ragu dengan transaksi saham, solusi memulai investasi di pasar modal bisa dilakukan secara tidak langsung, yakni dengan membeli produk reksa dana. Melalui Manajer Investasi, investor memiliki beragam pilihan mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, reksa dana campuran hingga yang lebih berisiko yaitu reksa dana saham.

Akhir Kata

Mari mulai belajar tentang investasi saham sekarang. Investasi ini akan melatih kesabaran Anda dalam berbisnis. Mulai dari investasi jangka pendek hingga jangka panjang.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti apa itu investasi saham bukan? Anda bisa memilih saham mana yang paling potensial saat ini dan mulai dari yang paling stabil. Jangan lupa gunakan LinkAja untuk mempermudah investasi kapanpun dan dimanapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *