Keuntungan Investasi Emas & Kerugiannya yang Wajib Anda Ketahui

- Penulis Berita

Sabtu, 7 Januari 2023 - 11:44

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Emas merupakan salah satu aset yang di kenal sebagai instrumen investasi paling menarik. Tentu Keuntungan Investasi Emas sangat berbeda. Selain sebagai cara mengatasi inflasi, keuntungan berinvestasi emas juga membantu Anda melindungi kekayaan, bebas pajak, mudah dilikuidasi, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda memiliki keinginan untuk menjadi investor? Investor adalah pekerjaan yang sangat di inginkan banyak orang. Bagaimana tidak, karena pekerjaannya hanya menunggu untung atau untung, tidak banyak berbuat.

Keuntungan Investasi Emas

Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa berinvestasi atau menjadi investor adalah hal yang mudah untuk di lakukan. Anda harus memiliki pengetahuan tentang bisnis, selain itu Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang keuangan dan analitik. Anda juga harus bisa menganalisa situasi yang sedang terjadi.

Ada banyak jenis investasi yang bisa di lakukan. Salah satunya adalah investasi emas. Belakangan ini bahkan investasi emas menjadi investasi yang sering dilakukan oleh para investor karena memiliki banyak keuntungan. Namun, berinvestasi emas juga memiliki kekurangan.

Artikel ini akan membahas Keuntungan Investasi Emas dan kekurangan investasi emas.

10 Keuntungan Investasi Emas

kelebihan dan kekurangan investasi emas Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih berinvestasi emas, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jadi alat tukar

Hal buruk adalah hal yang datang tiba-tiba dan tidak bisa di hindari. Contohnya adalah krisis keuangan. Setiap negara pasti pernah mengalami krisis keuangan. Keadaan ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama atau dalam waktu yang singkat.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi pada ibu, itu keuntungan bagi Anda. Saat terjadi situasi krisis, Keuntungan Investasi Emas Anda bisa menggunakan emas sebagai alat tukar. Anda dapat menggunakannya saat situasi menjadi tidak terkendali.

Biasanya, emas adalah hal yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Oleh karena itu, akan lebih terkendali. Saat ini banyak orang berinvestasi emas. Hal ini terjadi karena mempertimbangkan risiko ketika krisis keuangan terjadi. Jadi emas tidak akan terpengaruh.

2. Menjadi dana darurat

Keuntungan Investasi Emas adalah dapat di gunakan untuk data darurat. Selain emas tidak terpengaruh inflasi, emas juga bisa impas. Saat inflasi terjadi, emas dan uang bisa di setarakan. Ini akan memudahkan Anda.

Menabung atau berinvestasi emas juga akan lebih mudah digunakan sebagai alat pembayaran saat terjadi krisis ekonomi.

4. Tidak memiliki bunga

Keuntungan Investasi Emas selanjutnya adalah tidak adanya bunga. Meskipun ada beberapa tabungan emas yang menggunakan sistem bunga, ada juga yang tidak menggunakan bunga. Misalnya, di pegadaian, orang yang memiliki simpanan emas tidak akan di potong karena bunga. Hanya ada biaya administrasi.

Baca juga  Cara HSB Investasi Dengan Mudah Dan Aman

5. Keamanan lebih tinggi

Keuntungan Investasi Emas lain yang Anda miliki saat berinvestasi emas menyangkut keamanan. Orang yang berinvestasi emas memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi di bandingkan investasi lainnya. Di katakan lebih aman karena dapat menghindari inflasi dan suku bunga yang relatif tinggi. Fluktuasi emas tidak akan separah fluktuasi saham atau investasi mata uang kripto.

Harianto, Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran Pegadaian, menyarankan Anda jika ingin melakukan investasi. Menurutnya, jika aset yang dimiliki ingin lebih aman maka mereka berinvestasi di emas. Namun, tidak disarankan untuk menginvestasikan semua aset Anda dalam bentuk emas. Sekitar 10% dapat di investasikan dalam bentuk emas.

6. Mudah dicairkan

Keuntungan berinvestasi emas tentunya menjadi keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi emas. Keunggulan ini cukup menarik karena emas mudah di cairkan. Berbeda dengan investasi lain yang cenderung lebih sulit di likuidasi, atau bahkan mungkin hanya di perlukan dalam situasi tertentu.

Ini adalah keuntungan yang sangat menarik bagi investor emas. Investasi emas menawarkan fleksibilitas kepada investor atau pemegang investasi. Karena emas bisa di cairkan secara tunai dengan lebih mudah. Waktu yang di butuhkan juga sedikit lebih singkat. Investasi emas juga lebih fleksibel di bandingkan investasi lainnya.

7. Bebas Pajak

Manfaat selanjutnya yang mungkin Anda rasakan jika berinvestasi emas adalah tidak harus membayar pajak. Ini berbeda dengan berinvestasi, seperti saham, di perusahaan tertentu. Manfaat atau keuntungan yang akan di peroleh dari suatu investasi yang baik pada suatu perusahaan tidak perlu di miliki secara langsung oleh investor atau pemegang saham perusahaan tersebut.

Ini karena terkadang manfaat ini di ikuti dengan biaya. Selain itu, terkadang bentuk keuntungan yang di peroleh dalam bisnis bukanlah uang tunai. Ada beberapa perusahaan yang memberikan tambahan saham sebagai bonus.

Jika Anda ingin bebas pajak dari investasi, cobalah berinvestasi di emas. Berinvestasi dalam emas adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin berinvestasi dalam sesuatu tanpa membayar pajak.

8. Melindungi nilai kekayaan

Investasi emas bisa di katakan melindungi nilai kekayaan. Ini karena nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan yang di miliki seseorang dapat tercermin dari harganya yang selalu cukup stabil. Bahkan cenderung meningkat, sehingga ketika ingin menjualnya kembali, mereka yang berinvestasi emas akan cenderung memperoleh return yang baik bahkan lebih tinggi dari pada saat membelinya.

9. Dapat dibeli sesuai keinginan

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh saat berinvestasi emas adalah Anda dapat membelinya sesuka hati. Artinya, Anda tidak perlu membeli dalam jumlah banyak. Ini seperti membeli emas dalam bentuk perhiasan. Anda juga dapat memilih emas yang ingin Anda investasikan. Seperti emas muda atau emas tua.

Baca juga  Beberapa Perbedaan Trading Saham Dan Investasi Saham

Saat ini, banyak toko emas yang berbondong-bondong memberikan penawaran menggiurkan untuk menarik pelanggan. Banyak orang yang hidup dengan pendapatan menengah ke bawah tertarik. Mereka menjual emas muda dengan harga yang cukup terjangkau di bandingkan emas tua.

5 Kerugian Investasi Emas

Selain memiliki kelebihan, berinvestasi emas juga memiliki kelemahan yang bisa menimbulkan kerugian. Berikut kerugian berinvestasi emas:

1. Risiko kehilangan

Kelemahan pertama yang di hadapi investor emas adalah risiko kerugian. Risiko ini merupakan risiko terbesar yang perlu di waspadai. Apalagi jika emas yang di gunakan sebagai investasi berupa perhiasan dan di gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Akibat dari risiko kerugian tersebut adalah tindak pidana berupa pencurian atau perampokan. Hal ini biasanya terjadi karena emas atau perhiasan yang digunakan cukup banyak dan terlihat mengagumkan.

Tidak hanya emas dalam bentuk perhiasan, resiko ini juga dimiliki oleh investor emas dalam bentuk bullion. Emas batangan juga rentan dan berisiko rugi. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa investor saham yang memilih mengeluarkan dana lebih untuk menyewa safe deposit box. Safety deposit box merupakan fasilitas milik bank. Fungsi ini untuk mengarsipkan file atau artikel yang memiliki nilai tinggi.

2. Harga fluktuatif

Kelemahan berikutnya yang di mhadapi investor emas adalah harga yang berfluktuasi. Meski harga emas memiliki kecenderungan untuk selalu naik, namun yang harus di ingat kenaikan ini tidak terjadi setiap hari. Apalagi, kenaikan harga emas belum terjadi secara cepat.

Terkadang, emas pun akan mengalami penurunan harga jualnya. Perubahan harga emas ini seringkali berdampak pada kesulitan investor emas dalam menghitung nilai investasi emasnya di masa depan.

Mungkin ada sebagian investor yang akan mengambil nilai tengah fluktuasi harga emas per gram. Hal ini di lakukan untuk menghitung nilai investasi di masa yang akan datang. Tentunya dengan tingkat bunga tertentu.

Namun, hal ini mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi investor emas yang nilai investasi emasnya tidak terlalu fantastis. Tapi pertimbangan yang berat, terkait dengan fluktuasi harga, sudah cukup. Hal ini di alami oleh investor emas yang bisa dibilang banyak.

Oleh karena itu, jika Anda memilih untuk berinvestasi menggunakan emas, Anda perlu memikirkan segala sesuatunya dengan matang. Termasuk mempertimbangkan faktor fluktuasi harga emas.

3. Dampak kecil terhadap ekonomi riil

Kelemahan berikutnya yang Anda dapatkan jika memilih berinvestasi melalui emas adalah Anda tidak bisa memberikan kontribusi yang positif. Jika Anda telah berinvestasi melalui emas, Anda tidak dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara riil. Hal ini disebabkan keuntungan yang dimiliki investasi emas karena cenderung digunakan untuk keuntungan pribadi. Meski ada beberapa investor emas yang menggunakan keuntungan dari investasi ini untuk kebutuhan pembelian. Pengeluaran ini merupakan indikator pertumbuhan ekonomi.

Baca juga  10 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Hal ini berbeda jika Anda adalah investor saham suatu perusahaan. Laba yang di peroleh merupakan akar dari laba perusahaan. Laba ini nantinya akan di gunakan kembali oleh perusahaan sebagai investasi. Selain itu, juga dapat di gunakan untuk membiayai operasional perusahaan. Seperti mengembangkan produk yang lebih baik.

4. Investasi jangka panjang

Investasi emas merupakan investasi yang tidak cocok jika ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Fluktuasi harga yang relatif besar bukanlah jaminan seorang investor akan memperoleh keuntungan dengan cepat. Tren kenaikan harga emas adalah proses yang sangat memakan waktu. Artinya, keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak dapat di peroleh dalam waktu singkat.

5. Harga lambat

Kelemahan dari investasi emas selanjutnya adalah harga emas yang murah. Harga cenderung naik ketika situasi ekonomi tidak stabil; Namun, ada kemungkinan terjadi inflasi pada saat itu yang menyebabkan naik dan turunnya harga emas.

Ketika kondisi inflasi jauh lebih tinggi dari ekspektasi masyarakat, kemungkinan harga emas juga akan jauh lebih tinggi. Tapi sebaliknya. Ketika kondisi ekonomi stabil, maka akan mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi segala sesuatu secara wajar. Jika terjadi situasi ekonomi yang di katakan tidak stabil, emas menjadi salah satu alternatif yang aman untuk menyelamatkan kekayaan investor.

6. Biaya lainnya

Kelemahan berinvestasi emas adalah ada biaya lain yang harus di keluarkan. Jika Anda ingin membuka rekening deposito emas atau berinvestasi emas, Anda perlu memperhatikan transaksi yang Anda lakukan pertama kali. Pada saat itu, Anda akan di kenakan biaya penitipan emas. Biaya Penitipan Emas ini juga memiliki batas waktu tertentu.

Apabila masa berlaku hak asuh telah habis, secara otomatis akan terjadi perpanjangan hak asuh. Perpanjangannya dengan memangkas saldo di rekening tabungan emas.

Selain itu, setiap pembelian emas juga akan di kenakan biaya lagi. Biaya tersebut merupakan biaya administrasi. Penjual jasa emas akan meminta mereka komisi berupa biaya administrasi sebagai jasa.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Keuntungan Investasi Emas dan kerugian berinvestasi emas. Jika Anda memilih untuk berinvestasi emas, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang hal-hal yang terkait dengannya

Berita Terkait

Aplikasi Pinjam Uang Bunga Rendah
Car Insurance in Peoria
Compare All Car Insurance Quotes at Once: A Guide to Finding the Best Deal
Pengertian, Tujuan, dan Contoh Investasi Jangka Panjang
9 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Wajib Diketahui
15 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil
Keuntungan Investasi Saham dan Tips Investasi Agar Untung!
Apa itu Investasi Properti? Cara, Tips dan Keuntungannya

Berita Terkait

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:29

Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:04

Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:42

Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 11 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:54

Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 10 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:38

Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 20 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:29

Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:25

Kecamatan Banyumas lengkap peta dan 11 Desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:05

Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah lengkap pembagian wilayah

Berita Terbaru