Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi? Simak Selengkapnya ya

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi.
gambar:https://1.bp.blogspot.com/

Hai guys kali ini kita akan membahas seputar ekonomi ya,,ada yang tau apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?Mungkin sudah banyak yang sudah paham ya,karena pelajaran ini seing kali di ulang di sekolah kita.
Tidak usah lama-lama mari kita ulas mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi.

Dikutip dari sisi Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada yang bisa hidup sendiri.

Bacaan Lainnya

Masih dijelaskan oleh pihak yang sama bahwa tidak ada yang bisa melakukan semua yang mereka butuhkan. Orang selalu membutuhkan orang lain. Itulah sebabnya ada kerjasama antara satu orang dengan orang lain. Kerjasama itu saling melengkapi.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?Inilah ulasanlengkapnya

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi
gambar:bahassemua.com

apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi manusia terdiri dari tiga kegiatan yang berkelanjutan, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan ekonomi itu sendiri adalah operator ekonoomi. Kebutuhan manusia setiap hari sangat banyak. Dari saat Anda bangun hingga malam Anda kembali tidur, semua kebutuhan ini tidak dapat dipisahkan darinya.

Kebutuhan ekonomi tersebut meliputi sandang, pangan, papan, perawatan kesehatan, pendidikan, informasi, dan lain-lain. Semua kebutuhan ini diperlukan bagi orang untuk menerima jaminan kesejahteraan, kepuasan dan kesejahteraan.

Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, agar seseorang memiliki penghasilan, maka diperlukan suatu kegiatan yang disebut kegiatan ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi.

Pengertian lain dari kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi. Hampir semua kegiatan manusia berkaitan dengan kegiatan ekonomi.

Sejarah kegiatan ekonomi

Mari bergabung dengan majoo sejenak untuk membayangkan apa yang terjadi pada awal peradaban manusia di muka bumi ini dan bagaimana mereka bertahan hidup.

Periode nomaden

Ini adalah usia di mana orang tidak tinggal di satu tempat. Saat itu, orang hidup berpindah ke gua atau ke laut dengan menyalakan api digunakan sebagai kompor.

Untuk membayangkan penampilannya, kulit binatang biasa digunakan sebagai pakaian. Kegiatan ekonomi manusia masih terbatas pada berburu hewan dan mengumpulkan makanan dari alam.

Inilah mengapa mereka disebut nomaden karena mereka sering berpindah-pindah ketika sumber daya alam mereka tinggali mulai berkurang. Mereka juga melakukan perjalanan jauh untuk menemukan tempat-tempat baru dengan sumber daya alam melimpah.

Masa pertumbuhan dan perkembangbiakan

Setelah sekian lama hidup secara nomaden atau nomaden, peradaban manusia semakin berkembang. Lambat laun, manusia pertama mulai mengetahui cara bertani dan memelihara hewan.

Berdasarkan sisa-sisa artefak prasejarah, para sejarawan sepakat bahwa kegiatan pertanian pertama kali dilakukan di Mesopotamia (dikenal sebagai bulan sabit yang subur) sekitar tahun 8000 SM.

Diketahui juga bahwa pada waktu itu tanaman pertama yang dibudidayakan untuk kegiatan ekonomi sederhana adalah gandum, buncis, buncis, dan rami.

Dari kebutuhan untuk memelihara hewan digunakan sesuai fungsinya dalam kegiatan peternakan. Contohnya termasuk sapi tumbuh di ladang, kuda liar digunakan sebagai penunggang, anjing digunakan sebagai predator untuk hewan tidak sedap dipandang, dan lain-lain.

Pada saat itulah aktivitas ekonomi manusia mulai menggunakan sistem barter, yaitu pertukaran barang pada tingkat sesuai.

Itu adalah Perundagian

Waktu semakin menipis dan masyarakat mulai menggunakan alat-alat berbahan logam untuk memperlancar aktivitas ekonominya.

Sebagai akibat dari perkembangan manusia dan tuntutan ekonomi berkembang pesat, tuntutan manusia juga meningkat. Pada era inilah senjata berburu, peralatan, dan peralatan dapur sederhana mulai bermunculan.

Karena kebutuhan manusia yang semakin meningkat, perdagangan pun mulai dilakukan oleh para pedagang daratan.

Jenis kegiatan ekonomi

Pelaku kegiatan ekonomi dibagi menjadi lima bagian: keluarga, masyarakat, dunia usaha, koperasi dan negara.

Lima sektor pelaku ekonomi tersebut antara lain produsen, distributor, dan konsumen.

Produksi

aktivitas ekonomi menghasilkan barang disebut produksi. Dalam istilah ekonomi, produksi adalah setiap aktivitas atau usaha manusia dimaksudkan untuk menghasilkan atau meningkatkan nilai barang dan jasa. aktivitas produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan bagi produsen.

Contohnya menanam jagung (produksi), membawa udang ke laut (menambah ruang), menjahit pakaian menjadi kebaya (menambah bentuk).

Hasil dari proses produksi komoditas dibagi menjadi tiga bagian, produksi bahan baku, produksi produk setengah jadi dan produksi produk jadi.

Dalam berlangsungnya aktivitas ekonomi, produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam prosesnya. Faktor-faktor tersebut antara lain kondisi alam, ketersediaan tenaga kerja, modal cukup dan kewirausahaan.

Tujuan seseorang melakukan kegiatan ekonomi adalah

  • Anda mencari untung atau untung
  • Memenuhi kebutuhan manusia
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan
  • Ganti barang yang sudah rusak karena pemakaian atau bencana alam

Jenis kegiatan produksi menurut lini usaha

  • Ladang ekstraktif, yaitu produksi langsung menyerap hasil diberikan oleh alam tanpa pengolahan lebih lanjut. Misalnya pertambangan dan perikanan.
  • Sektor industri, yaitu produksi bahan mentah menjadi barang jadi, bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Misalnya dari benang yang disulap menjadi kain.
  • Sektor komersial, yaitu produksi kumpulan hasil produksi dan penjualannya kembali ke mata pelajaran lain untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya antara lain kios, warung, toko, supermarket, dan lain-lain.
  • Sektor pertanian, yaitu produksi proses alami untuk pemeliharaan tumbuhan dan hewan, seperti pertanian, perkebunan dan peternakan.
  • Sektor jasa, yaitu produksi membantu dan mempercepat produksi tanpa terlibat dalam produksi barang. Produksi jasa tidak menghasilkan barang tetapi jasa. Misalnya sekolah dan rumah sakit.

Difusi

Distribusi adalah proses dimana barang diproduksi oleh produsen didistribusikan kepada konsumen. Orang atau pihak melakukan aktivitas distribusi disebut distributor.

Proses distribusi sangat penting karena pada tahap ini produk dapat didistribusikan secara luas dan diapresiasi oleh konsumen. Tanpa adanya proses distribusi, sulit bagi masyarakat dan konsumen untuk mengakses barang atau jasa mereka butuhkan.

Tujuan distribusi

  • Barang atau jasa yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi konsumen;
  • Konsumen memiliki akses yang lebih mudah terhadap barang yang mereka butuhkan;
  • Kelangsungan hidup aktivitas produktif terjamin.
  • Distribusi merupakan aktivitas yang paling aktif di antara aktivitas ekonomi lainnya. Di bawah ini adalah tiga jenis saluran distribusi dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

Saluran distribusi

Distribusi langsung : pendistribusian barang atau jasa melalui perantara, sehingga barang terdistribusi langsung dari produsen ke konsumen. Misalnya, pedagang nasi goreng menjual barang ke pelanggan.
Saat ini, produsen dapat menggunakan teknologi yang disebut pasar untuk menjual produknya kepada konsumen.

Distribusi semi langsung: sistem distribusi melalui perantara dari produsen ke konsumen. Produsen dapat mengontrol distributor, namun aktivitasdistribusi tetap dilakukan oleh distributor.
aktivitas ini biasanya dilakukan untuk pendistribusian barang-barang mahal dan mewah. Misalnya, pabrik tekstil mendistribusikan kainnya melalui transformator.

Distribusi tidak langsung: proses distribusi dari produsen ke konsumen melalui pedagang besar, agen, pengecer, agen atau perantara yang bertindak sebagai perantara. Misalnya, PT Pertamina mendistribusikan GPL melalui agen di masing-masing wilayah.
Pada umumnya barang yang diperdagangkan secara tidak langsung sangat besar dan nilai transaksinya tidak kecil.

Konsumsi

Kegiatan ekonomi konsumen adalah kegiatan mengkonsumsi barang dan/atau jasa dari produsen atau distributor untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penulis kegiatan ini disebut konsumen.

Contoh kegiatan ekonomi konsumen antara lain membeli makanan, memeriksakan kesehatan bokong, dan lainnya.

Tujuan konsumsi

  • Habiskan nilai item pada saat yang sama
  • Memenuhi kebutuhan rohani
  • Memenuhi kebutuhan fisik
  • Secara bertahap kurangi nilai penggunaan barang atau jasa Anda

Kesimpulan

Kegiatan ekonomi telah berlangsung sejak zaman prasejarah. Karena kebutuhan manusia sudah ada sejak manusia lahir dan terhubung dengan bumi. Karena kebutuhan manusia selama ini hanya berkaitan dengan berburu dan berkembang biak, mereka berdagang dan melakukan berbagai transaksi yang lebih kompleks.Jenis kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga kelompok dan tidak semua orang terlibat dalam ketiga kegiatan tersebut. Tetapi setiap orang harus terlibat dalam kegiatan ekonomi konsumen.

Demikian guys ulasan mengenai seputar apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi,semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan wawasan untuk kalian ya,,,terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *