13 Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat dan Ampuh

Cara Menghilangkan Sariawan
asset.kompas.com

Hampir semua orang sepertinya pernah mengalami sariawan. Masalah gusi dan mulut bisa muncul di pipi bagian dalam, bibir, atau lidah. Sariawan bisa sangat menyakitkan hingga membuat Anda malas makan dan berbicara. Anda sedang mencari obat sariawan tapi bingung menentukannya? Berikut mimin berikan Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat dan Ampuh

Cara Menghilangkan Sariawan
news.unair.ac.id

Tidak hanya obat resep, Anda juga bisa menggunakan obat sariawan alami yang ampuh baik untuk orang dewasa maupun anak-anak seperti di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Apa Saja Penyebab Sariawan?

Di kutip oleh American Dental Association, sariawan adalah luka kecil, dangkal, menyakitkan yang muncul di jaringan lunak mulut, seperti di dasar gusi, di bawah lidah, atau di sepanjang sisi rongga mulut. Cara Menghilangkan Sariawan

Sariawan sering di sebut juga dengan sariawan, stomatitis aftosa, sariawan, atau sariawan. Luka hanya dapat muncul pada satu atau lebih buah pada satu waktu, tetapi sariawan tidak menular seperti herpes mulut atau luka dingin.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah sistem kekebalan yang melemah, kekurangan vitamin B12 dan / atau asam folat, dan beberapa infeksi bakteri atau virus. Terkadang, perubahan hormon tubuh, seperti saat menstruasi atau hamil, juga bisa menyebabkan sariawan.

Dalam beberapa kasus, trauma pada jaringan lunak mulut dapat menyebabkan sariawan. Misalnya saat lidah atau bibir tergigit saat mengunyah makanan, lidah tergores oleh makanan tajam seperti keripik kentang, atau saat terjadi kesalahan saat menyikat gigi, misalnya jika terlalu keras melukai gusi.

13 Cara Menghilangkan Sariawan Dengan Cepat dan Ampuh

Meski sariawan tidak berbahaya, sensasi terbakar bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, yaitu sekitar satu atau dua minggu. Waktu pemulihan yang cukup lama, bukan tidak mungkin membuat Anda malas bicara bahkan makan.

Cobalah atasi sariawan yang membandel dengan pilihan obat sariawan alami, di antaranya sebagai berikut Cara Menghilangkan Sariawan.

1. Madu

Salah satu manfaat madu adalah sebagai obat sariawan alami yang cukup ampuh. Cara Menghilangkan Sariawan cukup dengan mengoleskan madu pada sariawan. Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Kesimpulan itu di dapat dari penelitian di Arab Saudi terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan selama empat hari berturut-turut.

2. Air asin

Anda bisa menggunakan obat kumur air garam selama kurang lebih 1-2 menit sebagai obat alami untuk mengobati sariawan. Hal ini karena garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri untuk mencegah sariawan memburuk.

Selain itu, garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya sebagai obat sariawan alami, garam juga membantu mencegah infeksi pada mulut.

Untuk membuat larutan air garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Aduk rata, lalu berkumurlah dengan air yang ada di mulut Anda dan jangan ditelan.

Buang segera setelah Anda selesai dan bilas dengan air minum. Ulangi kumur air garam beberapa kali sehari sampai sariawan tampak mengempis.

3. Kelapa

buah Kelapa dipercaya mampu menjadi obat alami sariawan di area lidah atau bibir. Kelapa bekerja untuk mencegah peradangan luka memburuk dengan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Makanya, manfaat lain dari kelapa juga di percaya bisa membantu mendinginkan suhu tubuh. Di mana dalam beberapa kasus di percaya bahwa panas dalam menjadi salah satu penyebab sariawan.

Cara Menghilangkan Sariawan menggunakan kelapa sebagai obat alami sariawan sebenarnya cukup sederhana. Campurkan madu dengan santan atau minyak kelapa, lalu oleskan campuran tersebut pada sariawan. Ulangi 3-4 kali sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

4. Kantong teh bekas

Anda juga bisa menggunakan perasan teh celup yang di gunakan sebagai obat alami sariawan. Teh celup alkali dapat menetralkan daerah asam pada mulut sehingga tidak membuat rasa sakit akibat sariawan semakin parah.

Tak hanya itu, daun teh juga mampu melawan infeksi dan peradangan penyebab sariawan. Selain itu, menurut American Academy of Periodontology, kandungan teh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi (periodontitis).

Cara Menghilangkan Sariawan juga cukup sederhana karena cukup menempelkan teh celup bekas selama kurang lebih lima menit pada sariawan Anda.

Selain teh hitam biasa, Anda juga bisa menggunakan teh chamomile karena juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

5. Lidah buaya

Luka di lidah atau di area lain bisa membuat seluruh mulut terasa tidak nyaman dan hangat. Obat alami lain untuk sariawan yang bisa Anda gunakan adalah lidah buaya.

Untuk ini, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci bersih. Kemudian, oleskan getah atau ampas lidah buaya pilihan Anda langsung ke sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua atau tiga kali sehari.

Lidah buaya efektif menghilangkan sariawan di lidah berkat fungsinya sebagai antiradang dan pereda nyeri alami.

6. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di daerah mulut bisa membengkak dan terasa nyeri. Agar sariawan cepat kempes dan sembuh, cobalah mengompres lidah dengan es batu yang di bungkus kain lembut.

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi sakit kanker alami karena bisa menghilangkan rasa sakit. Jika sulit, isap es batu dari sisi lidah tempat sariawan sampai benar-benar meleleh di mulut.

7. Hindari makanan pedas dan asam

Makanan pedas atau asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan pada permukaan jaringan lunak tubuh. Jadi, batasi dulu porsi makanan yang terlalu pedas atau asam saat Anda menderita sariawan.

Untuk mengobati sariawan secara alami, pilihlah makanan dengan sayuran hijau yang memiliki rasa netral atau manis, susu, air kelapa, dan teh. Pilihan makanan dan minuman ini tidak bersifat asam, sehingga aman untuk sariawan Anda.

8. Makan yogurt

Salah satu penyebab sariawan adalah adanya bakteri yang berkembang biak di rongga mulut. Oleh karena itu Anda bisa menjadikan yoghurt sebagai Cara Menghilangkan Sariawan menyembuhkan sariawan secara alami. Hal ini karena salah satu manfaat yoghurt adalah menjaga keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh.

Yogurt, yang merupakan sumber probiotik yang baik, seperti lactobacillus, dapat membantu menghilangkan bakteri jahat dalam tubuh Anda. Sebagai tindakan pencegahan dan juga untuk mempercepat proses penyembuhan, cukup mengkonsumsi yogurt di pagi hari dalam jumlah sedang.

9. Gunakan soda kue

Biasanya digunakan untuk membuat kue, Anda juga bisa menggunakan baking soda atau soda kue sebagai obat sariawan alami yang tersedia di rumah. Soda kue dikatakan dapat membantu menghilangkan rasa sakit, menetralkan asam dan masalah iritasi.

Selain itu, mulut memiliki kandungan asam sehingga luka akibat sariawan bisa lebih menyakitkan. Cukup campurkan soda kue dengan air hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan pada sariawan menggunakan kapas atau cotton bud. Selain itu, Anda juga bisa berkumur dengan larutan soda kue dengan air hangat.

10. Gunakan echinacea

Echinacea merupakan tanaman yang akar atau daunnya dapat digunakan sebagai obat. Sebagai obat herbal, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengobatan sariawan.

Hal ini dikarenakan kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan dapat menjaga kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi echinacea dengan membuatnya seperti teh. Bermanfaat sebagai tindakan pencegahan dan penyembuhan luka akibat sariawan.

Itulah 10 Cara Menghilangkan Sariawan dengan cepat dan ampuh yang bisa dilakukan dirumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *