Gmail bisnis

Mengenal Gmail Bisnis dan Manfaatnya

Apa itu gmail bisnis?

Gmail for Business, juga di kenal sebagai G Suite, adalah versi berbayar dari Gmail bisnis. Alih-alih memiliki alamat email biasa seperti [email protected], alamat email Anda menyertakan nama domain Anda ([email protected]).

Memiliki alamat email yang sesuai dengan nama perusahaan dan situs web Anda menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda adalah perusahaan yang sah dan dapat di percaya.

Selain nama domain di email Anda, perbedaan utamanya adalah dasbor tempat Anda dapat mengelola semua karyawan, melacak laporan, dan mentransfer data.

Apa manfaat menggunakan GMAIL bisnis?

gmail bisnis

Gmail bisnis tidak hanya memungkinkan Anda memiliki alamat email dengan nama domain Anda, tetapi juga mencakup banyak fitur yang berguna untuk bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat gmail bisnis yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal:

Memiliki akun email. Anda memiliki kendali penuh atas semua email dari karyawan Anda. Jadi, jika seseorang keluar dari perusahaan Anda, Anda dapat memblokir aksesnya sehingga mereka tidak dapat mengakses kontak, email, informasi pribadi, dan lainnya.

Kepemilikan file – Anda juga mengelola semua file yang dibuat di G Suite, seperti Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Anda juga dapat melihatnya setelah seorang karyawan meninggalkan perusahaan.
Berbagi File – Sangat mudah untuk berbagi file dalam suatu organisasi. Pembuat file dapat memberikan akses ke pengguna yang berbeda dan memilih jenis izin pengeditan yang mereka miliki.
Alamat Email Grup – Anda dapat membuat alamat email seperti info@perusahaan secara gratis. Anda dapat memilih pengguna mana yang memiliki akses ke grup ini.
Penyimpanan File Lebih Banyak – Versi berbayar memiliki ruang penyimpanan 2x lebih banyak daripada versi gratis dengan 30GB per pengguna.
Keamanan ekstra dengan verifikasi 2 langkah – Jika Anda ingin menerapkan tindakan keamanan tambahan, Anda dapat meminta karyawan Anda untuk melakukan verifikasi 2 langkah. Mereka perlu mengirim kode ke ponsel mereka saat masuk dari perangkat yang tidak dikenal.
Bantuan – gmail bisnis memberi Anda akses 24/7 ke dukungan telepon, email, dan chat. Dengan Gmail gratis, Anda hanya memiliki akses ke file bantuan sendiri.
Semua manfaat ini sudah termasuk dalam biaya $5 per bulan atau Rp. 70.000 G Suite. Namun, jika manfaat di atas tidak penting bagi Anda, Anda dapat menghemat uang dengan menyiapkan alamat email bisnis gratis melalui penyedia hosting web Anda.

Cara menyiapkan GMAIL Bisnis dalam 5 langkah

Langkah 1: Daftar atau masukkan nama domain
Anda Jika Anda belum memiliki nama domain, memilih nama domain adalah langkah pertama dalam membuat email Anda sendiri. Gunakan widget pencarian nama Bluehost di bawah ini untuk menemukan dan mendaftarkan domain. Anda mungkin perlu menelusuri beberapa nama yang sudah di ambil sebelum mencari nama yang tersedia.

Jika Anda sudah memiliki nama domain dan situs web, sebaiknya tanyakan kepada pemilik situs web Anda untuk melihat apakah alamat email gratis disertakan dalam proyek Anda. Jika demikian, Anda dapat mengikuti petunjuk ini untuk menyiapkan alamat email bisnis melalui penyedia hosting web Anda.

Opsi lainnya adalah mendaftarkan nama domain Anda langsung ke Google saat Anda mendaftar ke gmail bisnis. Ini membuat prosesnya lebih mudah (karena Anda dapat melewati langkah 3); Namun, itu akan sedikit lebih mahal ($12 per tahun). Lihat panduan kami tentang tempat terbaik untuk mendaftarkan nama domain untuk mempelajari lebih lanjut tentang di mana Anda dapat menemukan pendaftar nama domain yang lebih murah.

Setelah Anda memiliki nama domain, buka situs web G Suite, klik tombol Mulai di kanan atas, jawab beberapa pertanyaan tentang bisnis Anda, lalu masukkan nama domain Anda.

Langkah 2: Pilih profil alamat email Anda dan tambahkan pengguna

. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda dapat menambahkan semua karyawan Anda yang membutuhkan alamat email profesional. Anda dapat mengaturnya sekarang, tetapi Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan kolaborator setelah Anda menyelesaikan prosesnya.

Saat memilih profil alamat email, pertimbangkan untuk menggunakan profil default untuk semua pengguna. Lihat contoh format alamat email yang berbeda dan pelajari kapan waktunya menggunakan setiap kategori untuk menentukan profil mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Langkah 3: Verifikasi nama domain
Anda Jika Anda belum mendaftarkan nama domain Anda melalui Google, Anda perlu memverifikasi bahwa Anda memiliki domain yang ingin Anda gunakan di alamat email Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memasukkan data MX yang disediakan oleh aplikasi Google ke DNS Anda.

Langkah 4: Pilih
paket Anda Anda telah selesai membuat akun Gmail, tetapi uji coba gratis hanya berlangsung 14 hari. Jadi jika Anda ingin tetap mengakses akun Anda, Anda harus memilih dan membayar proyek Anda.

Perhatikan bahwa biaya berlaku untuk pengguna. Pengguna didefinisikan sebagai alamat email pribadi. Contoh: jack @ nama perusahaan Anda dan jill @ nama kerja adalah dua pengguna yang berbeda. Anda dapat mengatur alamat email grup seperti info@perusahaananda tanpa biaya tambahan.

Klik G Suite > Gmail > Setelan Lanjutan. Kemudian masukkan bidang di sebelah unggahan email pengguna. Anda kemudian dapat pergi ke Gmail > Preferences untuk memulai proses impor.