bisnis modal kecil

Bisnis Modal Kecil Dengan Keuntungan dan Potensi Besar

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha, hal pertama yang harus di pahami adalah memahami kondisi pasar dan kompetitor. Tidak hanya tentang modal dan juga tentang analisa resiko, seorang pebisnis juga harus mengetahui semua faktor yang akan mempengaruhi usahanya dari segala sisi. Dengan strategi yang tepat, sebuah bisnis akan mampu tumbuh dan mencapai tujuan dan potensi tertingginya. Selain itu, modal yang Anda miliki juga akan sangat mempengaruhi jenis usaha yang Anda jalankan. Semakin banyak modal yang di miliki, tentu akan semakin terbuka peluang bisnis di berbagai bidang. Namun, bagi Anda yang hanya memiliki Bisnis Modal Kecil tidak perlu khawatir, karena ada berbagai jenis usaha yang hanya membutuhkan modal kecil.

bisnis modal kecil

Namun, Anda hanya perlu mencari perusahaan yang memiliki permintaan konsumen yang tinggi, namun tidak memiliki banyak kompetitor atau kompetitor. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi bisnis yang Anda buat nantinya untuk menonjol dan menguasai pasar. Terlebih lagi jika Anda mendapatkan bantuan keuangan. Dalam berbisnis di era modern ini, jangan pernah lupa untuk memanfaatkan peran teknologi dalam bisnis Anda. Manfaatkan semua login dari berbagai platform media sosial untuk mendongkrak branding dan juga awareness terhadap bisnis yang Anda miliki.

Contoh Bisnis Modal Kecil ynag Cocok bagi Pemula

Jika menyangkut perusahaan ekuitas kecil, langkah pertama yang perlu di sederhanakan adalah memikirkan lokasi bisnis. Jangan pernah berpikir untuk menyewa atau bahkan membeli outlet untuk memulai bisnis. Anda bisa memulai bisnis dengan membangun bisnis rumahan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa atau membeli tempat duduk. Anda dapat memaksimalkan dana untuk produk dan juga untuk pemasaran.

Karena lokasi usaha di lakukan di rumah, maka pastikan terlebih dahulu bahwa usaha yang hendak Anda bangun sesuai dengan kebutuhan orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda berniat untuk memperluas jangkauan pasar Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bisnis online yang sedang populer saat ini. Lantas, kira-kira jenis usaha apa saja yang membutuhkan modal kecil namun bisa memberikan banyak keuntungan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Bisnis Modal Kecil Makanan Ringan

Di era pasca pandemi ini, berbagai jenis usaha dan kegiatan masyarakat sudah mulai cenderung di lakukan dari rumah. Oleh karena itu, peluang untuk membuka Bisnis Modal Kecil makanan ringan atau snack terbuka lebar. Hal ini karena semakin sering seseorang memilih untuk menghabiskan waktunya di dalam ruangan, maka semakin besar pula kebutuhan akan asupan makanan yang hambar, seperti keripik, makaroni kering, basreng, stik pedas dan sebagainya. Nah, usaha makanan ringan yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan yang patut Anda coba.

Namun, perlu di pahami bahwa bisnis ini mengikuti tren. Maka solusinya adalah Anda bisa mencari jajanan yang bisa di nikmati dari waktu ke waktu, misalnya keripik singkong atau keripik pisang. Bisnis ini adalah contoh perusahaan ekuitas kecil yang tidak memiliki banyak orang yang mengerjakannya, sehingga hanya ada sedikit pesaing dan hal ini berlaku untuk setiap wilayah.

2. Bisnis Frozen Food

Contoh lain dari Bisnis Modal Kecil yang tidak memiliki banyak pesaing adalah bisnis makanan beku. Hampir sama dengan bisnis makanan ringan, permintaan produk makanan beku juga meningkat di era pandemi. Hal ini terjadi karena semakin banyak orang yang membutuhkan makanan praktis yang dapat di simpan lama di lemari es. Tak heran jika bisnis makanan beku semakin populer. Produk yang bisa Anda suplai antara lain sosis, nugget, kentang goreng dan sebagainya.

Terbukti di berbagai negara di dunia, seperti negara-negara Eropa, ditemukan bahwa seiring dengan berkembangnya bisnis pesan-antar makanan, permintaan akan menu kentang goreng juga semakin meningkat. Berkaca pada pasar Eropa, tidak menutup kemungkinan terjadi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

3. Bisnis Katering Sehat

Saat ini masyarakat mulai mengikuti tren gaya hidup sehat. Oleh karena itu, tren ini sudah mulai berkembang di semua lapisan masyarakat. Tak heran jika peminat kuliner semakin meningkat. Semakin banyak orang yang mulai sadar akan kebutuhan gizi dan juga kesehatan tubuh, maka hal ini dapat menjadi peluang untuk membuka usaha rumah makan makanan sehat. Apalagi di era pasca pandemi ini, masyarakat mulai mengutamakan kebersihan dan juga kualitas makanan yang akan mereka konsumsi.

4. Bisnis Modal Kecil Minuman Kesehatan

Kekebalan tubuh memang salah satu hal yang harus kita jaga. Oleh karena itu, kebutuhan masyarakat akan vitamin dan nutrisi semakin meningkat setiap harinya. Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha untuk mensuplai minuman sehat seperti jamu atau empon-empon. Dengan modal yang sedikit, Anda bisa membangun bisnis minuman sehat ini di rumah. Saat ini, produk olahan herbal sudah terbukti mampu memberikan manfaat bagi sebagian besar masyarakat. Modal yang dibutuhkan untuk membuat jamu hanya 1 sampai 2 juta, namun hasil yang akan anda dapatkan bisa dua kali lipat dari modal yang anda keluarkan.

5. Bisnis Air Galon dan LPG

Seperti yang kita tahu, saat ini hampir semua orang menggunakan elpiji untuk memasak. Dengan mencoba bisnis pemasok elpiji dan juga mengisi galon air, Anda tidak perlu lagi menyewa tempat usaha atau menyiapkan modal yang terlalu besar. Dengan modal usaha yang kecil, anda sudah bisa membuka usaha elpiji dan juga air minum isi ulang liter. Bisa dipastikan produk yang Anda berikan akan laku setiap hari.

6. Bisnis Dropship

Contoh bisnis modal kecil yang mulai populer dan belum banyak pesaingnya adalah bisnis dropship. Namun, Anda harus pandai menebak tren dan juga kebutuhan yang ada di masyarakat. Dropship ini merupakan konsep bisnis dimana Anda bisa menjual produk tanpa perlu memiliki modal. Anda bisa menjual produk milik orang lain tanpa perlu menyetok atau membeli produk tersebut terlebih dahulu.

Bisnis ini memang cukup menarik untuk dilakukan namun Anda perlu mencermati dan juga memilih toko yang layak untuk dijadikan tempat membeli barang. Namun harus dipahami bahwa bisnis ini cukup terbatas dari segi peluang dan pasar, sehingga tidak cocok untuk dijadikan bisnis jangka panjang.

7. Bisnis Online

Seperti yang kita tahu, toko online banyak diminati dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dengan adanya pandemi, tren belanja online meningkat. Banyak orang beralih ke belanja online, baik untuk berbelanja maupun untuk membeli kebutuhan pokok. Oleh karena itu, peluang bisnis ini memiliki banyak potensi. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini.

8. Bisnis Modal Kecil Cloud Kitchen

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cloud kitchen. Salah satu konsep bisnis yang sedang populer saat ini memang sangat diminati karena menawarkan dapur yang dapat digunakan untuk mengolah dan menyajikan berbagai makanan untuk dijual nanti. Ini bisa menjadi contoh perusahaan ekuitas kecil yang tidak memiliki banyak pesaing. Anda dapat memaksimalkan waktu Anda dan tidak menghabiskan terlalu banyak modal. Saat ini, bisnis cloud kitchen sudah mulai bekerja sama dengan berbagai layanan pesan antar makanan. Sehingga tentunya akan lebih mudah menjangkau berbagai jenis konsumen.

9. Bisnis Reseller

Bagi Anda yang memiliki modal kecil dan terbatas, bisnis dealer mungkin merupakan pilihan yang tepat. Dengan membuka bisnis reseller, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya produksi barang atau sewa tempat. Oleh karena itu keuntungan yang bisa didapat juga cukup luas bahkan untuk pemula sekalipun.

10. Bisnis Affiliate Marketing

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis online, tentu Anda belum familiar dengan istilah yang satu ini. Jadi, bisnis affiliate marketing adalah cara memasarkan produk tertentu yang nantinya akan mendapatkan imbalan berupa komisi. Karena jumlah komisi yang bisa Anda dapatkan sebagai affiliate marketer cukup besar hanya dengan memasarkan atau mempromosikan produk.

11. Bisnis Modal Kecil Kursus Online

Bagi Anda yang memiliki keahlian atau kemampuan khusus dan suka berbicara di depan umum, bisnis kursus online ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya dengan bermodalkan ilmu networking dan internet, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Apalagi di era pandemi seperti ini, keinginan masyarakat untuk mempelajari berbagai macam ilmu baru semakin meningkat setiap harinya. Anda dapat memulai kursus online ini menggunakan smartphone atau laptop. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan topik yang menarik sebelum memulai kursus online.

12. Bisnis Modal Kecil Layanan Online

Dengan perkembangan dunia bisnis online yang sedang naik daun. Kebutuhan akan berbagai jenis jasa juga semakin meningkat setiap harinya. Mulai dari kebutuhan digital marketing, content writer, designer dan juga jasa pembuatan website. Bisnis ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki modal kecil namun berpengalaman di bidang digital.

13. Bisnis Waralaba

Salah satu Bisnis Modal Kecil yang sedang naik daun akhir-akhir ini adalah bisnis waralaba. Dengan menggunakan konsep franchise, Anda tidak perlu lagi khawatir memikirkan sistem bisnis yang cenderung rumit. Dimana anda hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli franchise dan umumnya sudah termasuk dalam berbagai paket bisnis, perlengkapan dan juga bahan untuk produksi.

14. Bisnis Modal Kecil Financial Planner

Perkembangan zaman yang semakin maju, menyebabkan sebagian besar masyarakat mulai terdidik secara finansial. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai menyadari pentingnya manajemen keuangan. Salah satu Bisnis Modal Kecil yang bisa Anda coba adalah perencana keuangan. Jasa financial advisory ini pada umumnya akan berfungsi sebagai pemberi bimbingan kepada klien dalam mengelola keuangan dan juga investasi agar sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing. Bagi Anda yang memiliki skill dan pengetahuan di bidang ini, bisnis ini akan sangat menjanjikan karena tidak membutuhkan modal yang besar.

15. Bisnis Budidaya

Pembudidaya masyarakat maupun UMKM jangan hanya fokus pada usaha umum dan kecil. Kegiatan budidaya dan pertanian tergolong kegiatan yang tidak menarik bagi masyarakat umum. Namun, sadarkah Anda bahwa potensi bisnis budidaya ini cukup besar? Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa penelitian pangan di berbagai negara saat ini sedang memikirkan masa depan ketahanan pangan dalam jangka panjang. Karena pangan akan selalu menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat dunia. Oleh karena itu, beternak merupakan usaha yang memiliki potensi besar dan cocok digunakan sebagai usaha jangka panjang.

Akhir Kata

Ini adalah beberapa contoh Bisnis Modal Kecil yang tidak memiliki banyak pesaing yang layak untuk dicoba, baik untuk usaha utama maupun usaha sampingan. Semua jenis bisnis tersebut memiliki peluang suksesnya masing-masing, tergantung dari strategi yang diterapkan. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah jika usaha Anda tidak berhasil. Coba pikirkan kembali dan temukan strategi yang tepat untuk masa depan bisnis Anda.