10 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan di Tahun 2023

bisnis tanpa modal

Siapa bilang harus punya modal besar untuk memulai bisnis? Buktinya banyak Bisnis Tanpa Modal yang bisa Anda coba dan pasti menjanjikan keuntungan besar.

Cara berbisnis tanpa modal sebenarnya tidak sulit. Menjual jasa keahlian Anda, bisa jadi contohnya. Atau kamu pernah menggunakan barang-barang yang layak jual? Ini juga bisa menjadi potensi keuntungan lho.

Bacaan Lainnya
bisnis tanpa modal

Masih bingung ingin melakukan aktivitas apa? Tenang, pada artikel kali ini kami akan memberikan lebih dari 10 ide bisnis tanpa modal lengkap dengan tips cara memulainya.

Sudah penasaran kan? Yuk, temukan inspirasi bisnis tanpa modal Anda di bawah ini!

10 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Potensial Cuan

Berikut lebih dari 10 ide bisnis tanpa modal untuk inspirasi Anda:

1. Buka Toko Pakaian Preloved

Menjual pakaian bekas atau preloved bisa menjadi ide bisnis tanpa modal yang menjanjikan lho. Buktinya ada peningkatan 53,3% dari tahun 2018 ke 2022 di pasar barang bekas. Artinya, menjual baju bekas adalah bisnis bebas modal yang layak untuk dicoba.

Jika Anda tertarik, memulai bisnis ini cukup sederhana. Anda bisa menjualnya melalui media sosial. Kemudian, Anda hanya perlu memfoto kaos tersebut semenarik mungkin, menulis deskripsi dan informasi harga, lalu mengunggahnya ke media sosial.

Anda bisa mengikuti kesuksesan Skirtizen yang mendapatkan omzet Rp 3-5 juta per bulan dengan menjual baju bekas di Instagram saja.

Jadi, jika bisnis Anda sudah berkembang, Anda juga bisa mulai mendirikan toko online untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

2. Bisnis Tanpa Modal dengan Memulai Bisnis Dropship

Menjadi dropshipper juga merupakan ide bisnis menarik tanpa modal. Karena Anda cukup menjual produk orang lain tanpa perlu menimbun barang terlebih dahulu.

Dengan sistem bisnis dropship, ketika ada yang membeli produk, Anda menghubungi supplier untuk mengirimkan barang ke konsumen. Artinya, Anda belum perlu membeli produk tersebut.

Jadi, keuntungan yang Anda peroleh berasal dari selisih harga yang Anda tetapkan dengan harga jual produk dari supplier.

3. Bisnis Tanpa Modal dengan melakukan Join Program Afiliasi

Bisnis tanpa modal lain yang bisa menjadi inspirasi Anda adalah affiliate. Affiliate adalah program yang memberi Anda komisi setelah Anda berhasil menjual suatu produk.

Semakin banyak produk terjual, semakin tinggi komisi yang diterima. Jadi agar bisnis afiliasi Anda menghasilkan banyak komisi, Anda harus rajin mempromosikan kode afiliasi Anda dengan cara yang mendorong orang untuk membeli.

Nah, promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membuat review di blog atau berpromosi di jejaring sosial.

Contoh program afiliasi yang bisa Anda coba adalah Program Afiliasi Niagahoster. Pada setiap penjualan hosting dan domain yang sukses, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 70% lho.

Dari bisnis tanpa modal ini Anda bisa mendapat untung besar seperti yang dialami oleh Kukuh Aldy, seorang web designer.

4. Bisnis Tanpa Modal denagn Membuka Jasa Titipan

Kalau ditanya, usaha apa yang bisa dilakukan dengan modal 50 ribu? Jawabannya adalah anda bisa membuka usaha jasa simpanan (jastip). Ini karena Anda hanya membutuhkan modal untuk biaya perjalanan saat membeli pesanan konsumen.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda tinggal mencari event yang sedang berlangsung di kota Anda, seperti bazaar buku atau diskon beberapa brand fashion. Kemudian, Anda bisa mulai mempromosikan bisnis jasa pengiriman Anda melalui media sosial.

Untuk mendapatkan keuntungan, Anda dapat menetapkan tarif untuk setiap item yang dipesan konsumen.

5. Membuka Usaha Rental Kaset Game

Apakah Anda memiliki setumpuk koleksi kaset video game di rumah? Jika iya, ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan tanpa modal. Karena Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menyewakan koleksi game Anda.

Saat ini, kaset konsol game semakin mahal. Bagi pemain yang hanya ingin bermain sekali saja, harus membeli game seharga ratusan ribu.

Di sinilah muncul celah dalam industri persewaan game crate. Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal dengan cara menyewa kaset permainan anda untuk durasi harian atau mingguan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menawarkannya langsung ke teman dan tetangga atau mempromosikan bisnis Anda di media sosial.

Ada juga skema sewa dengan jaminan lebih dari biaya sewa, untuk mencegah kaset dikembalikan setelah dipinjam konsumen.

6. Menjadi Menjadi Guru Les Privat

Jadi tutor privat bisa menjadi salah satu ide bisnis tanpa modal untuk Anda. Utamanya bagi Anda yang memiliki kemampuan akademik yang baik atau kemampuan lainnya seperti berenang, memasak dan lainnya.

Bisnis ini bisa dijalankan secara online maupun offline tergantung sistem bisnis pilihan Anda. Misalnya, kamu bisa mengajar dengan mendatangi rumah siswa. Atau bisa juga menggunakan alternatif lain yaitu aplikasi seperti WhatsApp, Zoom atau Google Meet.

7. Membuka Usaha Persewaan Perlengkapan Bayi

Banyak orang tua yang enggan membeli pernak-pernik bayi. Selain mahal, masa pakainya pun cukup singkat.

Nah, ini bisa menjadi bisnis tanpa modal berupa persewaan perlengkapan bayi. Utamanya, bagi Anda yang memiliki banyak perlengkapan bayi tak terpakai,

cara berbisnis tanpa modal yang menjanjikan ini patut dicoba. Buktinya, Zaida Rental yang menyewakan dipan, pompa asi, car seat dan stroller mampu meraih omzet sekitar Rp 30 juta per bulan. Menarik kan?

8. Membuka Jasa Pembuatan Website

Perkembangan bisnis digital membuat semakin banyak orang yang membutuhkan website, namun belum banyak yang mampu membuat website sendiri.

Itulah mengapa perusahaan tanpa modal seperti jasa pembuatan Website menjanjikan penghasilan yang besar.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan coding yang mumpuni, Anda harus mencoba ide bisnis tanpa modal ini. Selain itu, Anda bisa memulai bisnis jasa pembuatan website dengan harga terjangkau hanya dengan laptop dan koneksi internet.

Lalu bagaimana cara menarik pelanggan? Cukup promosikan jasa pembuatan website Anda melalui media sosial, website atau situs freelance.

9. Menjadi Penulis Lepas

Apakah Anda memiliki keterampilan menulis yang baik? Jika iya, menjadi penulis lepas mungkin merupakan ide bisnis bebas modal yang tepat untuk Anda.

Ada berbagai jenis pekerjaan menulis yang bisa Anda kejar berdasarkan minat Anda. Mulai dari penulis artikel, makalah, caption di media sosial dan lainnya.

Nah, untuk menjadi penulis lepas, Anda bisa mendaftar sebagai member di berbagai situs freelancer seperti Freelancer Indonesia, Upwork, dan Sribulancer. Setelah itu, Anda dapat memilih tawaran pekerjaan yang tepat dengan mengajukan penawaran.

10. Menjadi Translator

Aplikasi terjemahan mesin seperti Google Translate atau Papago sudah banyak tersedia. Meski begitu, jasa penerjemah manusia masih banyak diminati, lho.

Ini karena tingkat akurasi Google Translate masih 85%. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan untuk teks yang memerlukan ketelitian tinggi seperti dokumen hukum. Itulah sebabnya diperlukan penerjemah manusia untuk menerjemahkan teks ke dalam konteks yang tepat.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal, cukup dengan laptop dan koneksi internet Anda sudah bisa mulai membangun ide bisnis jasa Anda. Jadi, Anda bisa bergabung dengan platform freelance atau menawarkan jasa Anda di media sosial.

11. Menawarkan Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah salah satu ide bisnis paling populer tanpa modal. Cakupan kegiatan ini juga cukup besar. Mulai dari membuat logo, ilustrasi, kemasan produk, desain postingan media sosial dan masih banyak lagi.

Tertarik dengan kegiatan ini? Mulailah dengan membagikan portofolio Anda secara online dengan membuat situs web. Untuk upaya promosi, Anda bisa mendaftar ke situs freelance agar klien bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Akhir Kata

Nah, sudah tahu berbagai ide bisnis tanpa modal kan? Jadi bagaimana Anda melakukan bisnis tanpa modal yang tepat? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *