10 Cara Sukses Trading Saham Harian Bagi Trader Pemula

Cara Sukses Trading Saham Harian
mncsekuritas

Cara sukses trading saham harian adalah aktivitas di mana instrumen keuangan membeli dan menjual pada hari yang sama atau beberapa kali dalam sehari. Jika dimainkan dengan benar, memanfaatkan perdagangan hari bisa sangat bermanfaat meskipun harganya kecil.

Cara Sukses Trading Saham Harian
beritasatu

Sementara itu, jika Anda seorang pemula dan langsung terjun ke perdagangan hari, itu adalah permainan yang berisiko. Jangan khawatir, beberapa broker dirancang untuk perdagangan harian. Satu hal yang perlu diingat pedagang adalah bahwa perdagangan hari adalah pekerjaan, bukan hobi. Pedagang harus rajin, penuh perhatian, objektif dan dijauhi oleh emosi. 

Bacaan Lainnya

10 Cara Sukses Trading Saham Harian

1. Pengetahuan Adalah Kekuatan 

Selain mengetahui metode dasar trading, day investor harus mengikuti berita pasar saham dan peristiwa terbaru yang mempengaruhi saham, Misalnya rencana suku bunga Bank Sentral, prospek ekonomi, dll. Jadi lakukan pekerjaan rumah Anda. Buat daftar keinginan saham yang ingin Anda perdagangkan dan pelajari tentang perusahaan yang dipilih dan pasar umum. Lihat berita bisnis dan kunjungi situs web keuangan tepercaya.

2. Sisihkan Dana 

Cara sukses trading saham harian, perkirakan berapa banyak modal yang bersedia Anda pertaruhkan pada setiap perdagangan. Banyak pedagang hari yang sukses mengambil risiko kurang dari 1-2% dari akun mereka pada setiap perdagangan.

Jika Anda memiliki dana Rp 4.000.000 dan bersedia mengambil risiko 0,5 persen dari modal Anda pada setiap perdagangan, kerugian maksimum per perdagangan Anda adalah Rp 20.000 (0,5 persen x Rp 4.000.000). Cadangan sejumlah dana ekstra yang dapat Anda perdagangkan dan bersiaplah untuk kehilangan. Ingat, itu mungkin atau mungkin tidak terjadi. 

3. Sisihkan Waktu

Perdagangan harian memakan waktu, tidak semudah yang Anda pikirkan. Itulah sebabnya kegiatan ini disebut day trading. Pada kenyataannya, Anda harus menyerahkan sebagian besar hari Anda. Jangan mempertimbangkannya jika Anda memiliki waktu terbatas. Cara sukses trading saham harian ini mengharuskan pedagang untuk melacak pasar dan melihat peluang yang mungkin muncul setiap saat selama perdagangan. Gerakan cepat adalah kuncinya. Dengan kata lain, Anda harus siap setiap kali saham diluncurkan agar Anda tidak melewatkan kesempatan. 

4. Mulai Dari Yang Kecil

 Sebagai pemula, fokuslah pada tidak lebih dari satu atau dua saham per sesi. Melacak dan menemukan peluang itu mudah hanya dengan beberapa saham. 

5. Hindari Penny Stock

Cara sukses trading saham harian Anda dapat mencari penawaran dan penawaran, tetapi jauhi saham penny. Saham-saham ini biasanya tidak likuid dan dapat menyebabkan seringnya jackpot yang mengguncang hati Anda.

6. Tentukan Waktu Trading

Banyak pesanan yang ditempatkan oleh investor dan pedagang mulai dieksekusi segera setelah pasar dibuka di pagi hari, yang meningkatkan volatilitas harga. Pemain berpengalaman dapat mengenali pola dan memilih kemenangan yang sesuai.

Namun, untuk pemula, lebih baik membaca pasar tanpa melakukan gerakan apa pun selama 15-20 menit pertama. Jam tengah kurang stabil, kemudian pergerakan mulai mendatar lagi menjelang jam tutup. Meskipun waktu puncak menawarkan peluang, aman bagi pemula untuk menghindarinya pada awalnya. 

7. Tentukan Cut Loss Dengan Limit Order

Tentukan jenis pesanan yang akan Anda gunakan untuk masuk dan keluar dari perdagangan. Apakah Anda menggunakan market order atau limit order? Sedangkan limit order hanya menjamin harga, bukan eksekusi.

Limit order membantu Anda berdagang dengan lebih tepat, menetapkan harga Anda (tidak realistis tetapi dapat dilakukan) untuk membeli dan menjual. Pedagang hari yang lebih maju dan berpengalaman dapat menggunakan strategi opsi untuk melindungi posisi mereka. 

8. Bersikaplah Realistis Tentang Keuntungan

Strategi tidak harus selalu menang untuk menjadi menguntungkan. Banyak pedagang hanya memenangkan 50-60 persen dari perdagangan mereka. Namun, dia mendapatkan lebih banyak daripada kehilangannya. Pastikan bahwa risiko setiap perdagangan terbatas pada persentase tertentu dari akun dan bahwa metode masuk dan keluar didefinisikan dan ditulis dengan jelas. 

9. Tetap Tenang

Terkadang pasar saham menguji saraf Anda. Sebagai seorang day trader, cara sukses trading saham harian Anda harus belajar untuk menjaga keserakahan, harapan, dan ketakutan Anda. Keputusan harus didasarkan pada logika, bukan emosi. 

10. Tetap Berpegang Pada Rencana

Trader yang sukses perlu bergerak cepat, tetapi mereka tidak perlu berpikir cepat. Mengapa? Karena mereka sebelumnya telah mengembangkan strategi trading, serta kedisiplinan untuk mengikuti strategi tersebut. Penting untuk mengikuti pola Anda dengan cermat daripada mencoba mengejar keuntungan. Jangan biarkan emosi mengendalikan strategi Anda.

Penutup

Seperti itulah ulasan mengenai cara sukses trading saham harian. Ayo, bagikan pendapat serta komentar Kamu di kolom yang telah ada. Mudah- mudahan postingan ini bermanfaat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *