Pengertian Pasar Bisnis dan Karakternya

Secara umum, sebagian besar orang memahami pasar sebagai tempat dimana penjual dan pembeli berkumpul untuk berdagang untuk membeli dan menjual barang. Namun dari sudut pandang ilmiah, istilah pasar dapat diartikan lebih luas. Sebut saja pasar bisnis dan pasar konsumen, tahukah Anda dua istilah itu?

Ya, dalam dunia ekonomi, khususnya dalam transaksi bisnis, ada dua jenis pasar, yaitu pasar bisnis dan pasar konsumen. Jadi apa perbedaan di antara mereka? Faktor-faktor yang mempengaruhi setiap jenis pasar bisnis

Bacaan Lainnya

Untuk menjawabnya, berikut ini akan dijelaskan merek dagang dan merek konsumen agar kita tahu perbedaannya.

Pengertian Pasar Bisnis

Merek bisnisadalahsetiap organisasi yang membeli barang dan jasa untuk digunakan dalam produksi produk atau dengan tujuan untuk dijual kembali atau disewakan kepada pihak lain untuk mendapatkan keuntungan. Artinya pembeli tidak akan menggunakan barang yang dibeli secara langsung, tetapi akan menggunakannya untuk membuat produk baru yang akan dijual, disewakan atau diserahkan kepada pihak lain.

Industri utama yang membentuk keberadaan pasar bisnis adalah pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, perusahaan manufaktur dan konstruksi, transportasi, komunikasi, fasilitas umum, perbankan, keuangan dan asuransi, distribusi, dll.

pasar bisnis

Berdasarkan pengertian dan contoh industri, dapat diketahui bahwa pasar bisnis adalah pasar yang besar dan melibatkan uang dan barang dalam jumlah besar. Misalnya, perusahaan ban pasti akan membeli karet dari petani besar dan peralatan pendukung lainnya. Kemudian, setelah selesai, ban akan dikirim ke dealer atau dealer pabrik perakitan mobil. Di pabrik perakitan mobil, ban akan dipasang untuk menghasilkan produk baru berupa mobil.

Bagaimana Karakteristik Pasar Perdagangan

Karakteristik Pasar Perdagangan Untuk membedakannya dari jenis pasar lainnya, pasar perdagangan memiliki sejumlah karakteristik, termasuk: Umumnya melibatkan lebih sedikit penjual dan pembeli daripada pasar konsumen. Pelanggan mereka sering dipengaruhi oleh tujuan bisnis daripada tujuan pribadi. Perusahaan yang berada di pasar ini cenderung memiliki daya tawar atau tingkat daya tawar yang lebih tinggi dibandingkan konsumen di pasar lain. Transaksi yang ada lebih banyak dilakukan melalui transaksi kredit daripada tunai. Ini melibatkan upaya pelanggan yang lebih profesional (usaha pelanggan).

Ini lebih kompleks daripada pasar konsumen karena ada banyak jenis pembeli bisnis yang berbeda. Misalnya organisasi pemerintah, pemasok dan lain-lain. Dapat mempermudah proses bisnis antar perusahaan yang berjauhan. Permintaan pasar tetap konsisten dan tidak terpengaruh oleh perubahan harga pasar (market prices). Ini memiliki kemungkinan pertumbuhan dan penurunan bisnis, yang tergantung pada jumlah pelanggan yang membeli versi final produk.

Anda membutuhkan strategi periklanan dan penjualan yang paling efisien dan efektif. Mewakili dan mendorong keputusan pembelian yang lebih kompleks daripada pasar konsumen. Memfasilitasi hubungan profesional jangka panjang atau berkelanjutan antara pembeli dan penjual (manajemen keberlanjutan).

Definisi pasar

konsumen Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi sendiri dan tidak untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Artinya, jenis merek ini adalah jenis merek yang biasa ditemui dalam kehidupan domestik (non-bisnis).

Di pasar konsumen, perilaku membeli dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Diantara keempat hal tersebut, faktor yang dianggap paling berpengaruh adalah faktor budaya. Budaya adalah hal penentu paling mendasar dari keinginan dan perilaku bisnis. Dalam suatu budaya, terdapat subkultur yang menunjukkan identifikasi dan sosialisasi yang lebih besar, termasuk agama, kebangsaan, ras, dan wilayah geografis.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah faktor sosial, antara lain yang berkaitan dengan keluarga, kelompok referensi, serta peran dan status sosial. Ada juga faktor pribadi yang meliputi usia, pekerjaan, lingkungan ekonomi dan gaya hidup. Hal-hal ini penting dalam pemasaran karena membentuk perilaku konsumen.

Perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen

Untuk perbedaan yang lebih detail, berikut adalah beberapa elemen yang menjadi acuan perbedaan tersebut.

Struktur Pasar

Sebuah pasar perdagangan biasanya dikaitkan dengan sejumlah kecil pembeli tetapi kapasitasnya besar dibandingkan dengan pasar konsumen. Bahkan di pasar perdagangan besar, sebagian besar pembelian sering kali didominasi oleh beberapa pembeli.

Segmentasi Pasar Segmentasi pasar

antara pasar bisnis dan konsumen pada dasarnya sama. Merek biasanya dilakukan secara bertahap dengan urutan tahapan yang sistematis.

permintaan

Ciri-ciri permintaan yang membedakan pasar bisnis dan pasar konsumen adalah sifat permintaan, stabilitas permintaan dan elastisitasnya. Berdasarkan sifat permintaan, pasar bisnis termasuk permintaan turunan dari konsumen. Artinya naik turunnya permintaan produk bisnis dipengaruhi oleh besarnya permintaan konsumen terhadap sesuatu.

Dari sisi stabilitas permintaan, pasar bisnis lebih mudah terganggu daripada pasar konsumen. Ini terjadi karena pembeli di pasar perdagangan lebih sedikit, tetapi volume pembeliannya besar. Ini berarti bahwa penjual bergantung pada penjualan mereka kepada sejumlah pembeli yang terbatas.

Sedangkan unsur elastisitas ditentukan oleh bagaimana harga mempengaruhi pembelian. Di pasar perdagangan, total permintaan berbagai barang dan jasa tidak banyak dipengaruhi oleh perubahan harga. Misalnya, produsen ban tidak segera meningkatkan pembelian karet ketika harga karet turun.

Tingkat hubungan pemasok dan pelanggan

Berbeda dengan pasar konsumen, hubungan antara pemasok atau penjual dan pelanggan akan lebih erat di pasar perdagangan karena tidak banyak pemain. Selain itu, nilai bisnis yang tinggi membutuhkan interaksi yang lebih dekat untuk menghindari konflik.

Selain itu, pelaku pasar biasanya memiliki hubungan timbal balik dalam transaksinya. Misalnya, pabrik kertas yang membeli bahan kimia dari perusahaan A, perusahaan A juga akan membeli kertas dari pabrik kertas.

Proses Transaksi

Di pasar konsumen, pengambilan keputusan dalam proses transaksi tentu tidak akan rumit. Ini berbeda dari pasar di mana transaksi multi-langkah karena ada kebijakan, batasan dan persyaratan atau alat untuk dipertimbangkan.

Trade-in biasanya melibatkan pihak lain. Pengambilan keputusan dilakukan secara profesional, sehingga pembelian tidak sesederhana di pasar konsumen.

Karakteristik Pemasaran

Elemen lain yang juga membedakan pasar bisnis dari pasar konsumen adalah karakteristik pemasaran. Faktor-faktor yang terlibat dalam karakteristik pemasaran tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.

PembedaKarakteristikPerusahaanKonsumen
PemasaranSegmentasiEmporografiDemografis
 Perspektif PasarGlobalRegional/Nasional
 PemasaranKinerja BagiHasil
 Interaksi Penjual-PembeliKemitraanTransaksi
 PelangganPenting PentingTidak
 Perlu PengetahuanLemahnyaProduk
/JasaBrandingPerusahaanIndividu
 PencampuranPerencanaan KuatPenggunaan Saat Ini
 ProdukPemrosesan Lebih LanjutProduk Akhir Umum/ siap pakai
 Jenis KemasanProtektifPromosi
 LayananLuar BiasaNon
 KualitasPentingKritis
PromosiPenekanan Panjang SaluranPenjualan PribadiIklan
 TargetPenjualanPenempatan
DistribusiSaluran Campuran KompleksitasLangsungTidak
 Pengetahuan PasarSederhanadan
 ProdukKuatLemah
 Ketersediaan PengirimanEsensialNon
HargaNegosiasiUmumJarang
 TerjadiJarangNego

Hal-hal inilah yang membedakan antara komersial dan spot fly market . Adapun konsep, sangat jelas bahwa keduanya memiliki perbedaan yang berbeda. Khusus untuk pasar bisnis, karena lebih kompleks, biasanya membutuhkan akuntansi bisnis. Banyak hal yang mempengaruhi fakta bahwa keputusan tidak dapat diambil secara acak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *