Bisnis Kuliner yang Tidak Akan Pernah Sepi

bisnis kuliner.

Bisnis makanan selalu laris dan sudah teruji oleh banyak pelaku bisnis. Ide bisnis makanan bisa mendatangkan keuntungan besar. Tentunya faktor rasa adalah nomor satu agar bisnis makanan yang Anda jalankan bisa terus berkembang.

Peluang bisnis makanan di Indonesia cukup tinggi, menurut hasil riset Statista, pendapatan bisnis makanan di prediksi meningkat 10,79% pada tahun 2025. Terlihat banyak bisnis, industri makanan baru bermunculan dan bisa terus berkembang.

Bacaan Lainnya

Ide Bisnis Kuliner Menghasilkan Uang

bisnis kuliner

Semakin kreatif Anda, semakin banyak ide bisnis makanan yang bisa Anda coba. Coba lihat beberapa ide bisnis makanan di bawah ini yang bisa menghasilkan keuntungan besar tanpa harus memiliki modal yang besar.

junk food Pertama, mari kita bahas beberapa ide bisnis makanan ringan atau snack yang bisa Anda coba.

Bruule Bomb Cemilan kekinian

yang sedang trend, Bruule Bomb bisa jadi ide bisnis yang tepat. Anda juga bisa membuat makanan ringan ini beku. Cemilan dengan rasa yang nikmat ini berbentuk seperti bola pahit.

Ide bisnis snack Brulee Bomb mulai meledak saat Nagita Slavina memulai bisnis Brulee Bomb yang membuat banyak orang penasaran. Di buat dengan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, smoked beef atau sosis, margarin, tepung terigu, susu cair dan keju mozzarella untuk paduan rasa yang nikmat.

Dessert Box

Jika Anda memiliki bakat membuat aneka kue basah mulai dari brownies, tiramisu hingga regal tart, Anda bisa mencoba ide bisnis dessert box, mengemas kue dalam wadah kaca atau plastik. Camilan ini merupakan suguhan kekinian yang banyak di minati.

Jajanan ini bisa Anda buat semenarik mungkin dan memberikan keuntungan yang menjanjikan dengan pendekatan periklanan yang tepat. Anda dapat memanfaatkan medsos hingga e-commerce untuk membantu menjual produk dessert box.

Makaroni, Basreng dan French Fries

Jajanan seperti pasta pedas, basreng pedas atau aneka keripik bisa sangat menjanjikan. Pasalnya, ide bisnis makanan ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Target pasarnya banyak, karena makanan ini di gandrungi oleh berbagai kalangan. Anda dapat membuat dan menjualnya dengan mudah.

bisnis kuliner Jajanan di Pasar

Meski zaman sudah berkembang, jajanan di pasar tradisional masih sangat populer dan banyak di minati. Bahkan kita sering melihat wadah junk food di pasaran. Hal ini masih bisa di manfaatkan untuk mengembangkan bisnis kuliner ini.

Anda bisa membuka tempat yang menjual aneka jajanan di pasar dengan cara membuat sendiri atau mencarinya di pasar terdekat lalu menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Bomboloni

Ide bisnis makanan selanjutnya adalah menjual bomboloni seperti donat. Bedanya, bomboloni tidak berlubang di tengah. Sebagai gantinya, diisi dengan berbagai pilihan rasa vla atau es krim yang sangat disukai.

Donat asal Italia ini bisa menjadi ide bisnis kuliner yang mendatangkan penghasilan besar. Caranya hampir sama dengan donat. Anda bisa menjual jajanan ini dengan cara sekreatif mungkin. Seperti menerima pesanan untuk ulang tahun dan lain lain.

Dimsum

Dimsum merupakan makanan ringan dari China yang sangat terkenal di Indonesia dan banyak disajikan dalam menu-menu restoran. Anda dapat mengubahnya menjadi ide bisnis makanan Anda sendiri. Anda bisa membuat dimsum untuk dijual langsung atau membuat makanan beku. Ada beberapa jenis dimsum yang dijual dan populer di Indonesia:

  • Siomai atau Siu Mai
  • Bakpao atau Bao Zi
  • Dumpling Soup atau Xiao Long Bao
  • Angsio Ceker atau Zheng Feng Zhua
  • Har Gao
  • Mantau atau Mantou
  • Lumpia atau Chun Juan

Hakau

ataupandemi dan dengan penutupan atau pembatasan regional, banyak orang yang bereksperimen dengan ide bisnis makanan yang antara lain membuat cookies atau cake. Namun, ternyata proses pembuatannya cukup rumit untuk seorang pemula.

Faktanya, kue lunak terlihat seperti kue biasa. Namun, bagian dalam kuenya memiliki tekstur yang lembut dan memiliki campuran saus cokelat atau vanilla.

Salad Buah

Selanjutnya, Anda bisa mencoba membuat salad buah segar. Penting bagi Anda untuk menyajikannya dengan buah segar untuk memberikan kepercayaan pelanggan Anda ditambah mayones dan keju parut.

Anda bisa memasarkannya melalui media sosial dan memamerkan keunikan produk yang akan Anda jual. Misalnya salad buah untuk diet sehat, dll.

Ide bisnis kuliner berat atau pokok

Selanjutnya, mari kita beralih ke ide bisnis makanan berat yang bisa Anda jelajahi. Silahkan lihat rangkuman ide bisnis kuliner di bawah ini.

Brule Bomb

Makanan beku rumahan Bentuk usaha makanan rumahan beku ini dapat membantu ibu rumah tangga yang sudah berangkat kerja, atau sekelompok orang dengan jadwal padat, bahkan yang tidak tahu masak tapi tetap ingin menikmati makanan buatan sendiri.

Kegelisahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat ide bisnis makanan beku di rumah. Jadi pembeli tinggal memanaskannya di microwave atau alat masak lainnya.

Hidangan rumahan yang disajikan bisa menjadi berbagai macam masakan khas Indonesia. Misalnya, cumi asin, lidah cabai hijau, teri, nasi goreng, terong goreng, cakalang dan menu buatan sendiri lainnya yang digemari masyarakat.

bisnis kuliner Bekal Makan Siang Para

pekerja kantoran hingga anak muda seringkali memilih hidangan yang lebih praktis dan hemat. Jadi kotak makan siang bisa menjadi pilihan ide bisnis makanan cepat saji.

Anda bebas menentukan lauk pauk mana yang akan disajikan. Contohnya seperti nasi kotak ayam krispi dengan sambal matah, dori hingga daging dengan aneka sambal. Anda dapat menambahkan opsi  menu tambahan seperti telur

Ide bisnis kuliner seperti catering sangat cocok untuk lokasi kantor, tempat tinggal karyawan atau kos-kosan.

Secara keseluruhan, kelompok ini merupakan masyarakat yang sibuk dan cenderung tidak memiliki waktu untuk memasak. Ada juga beberapa catering yang mendaftar ke sebuah perusahaan untuk menyajikan menu makan siang kepada karyawan atau tamu kantor.

Tak kalah penjual makanan juga merambah ke dunia kesehatan. Banyak orang mulai memahami asupan makanan. Maka lahirlah catering atau katering sehat. Untuk memulainya , tentunya Anda akan mengeluarkan modal yang lebih banyak. Tapi keuntungannya juga bisa jauh lebih banyak.

Makanan BBQ

Saat ini makanan All You Can Eat atau AYCE BBQ sedang bertahta di dunia kuliner. Dengan sistem ini, pelanggan bisa makan daging sepuasnya dalam waktu terbatas sekitar 90 menit. Bisnis ini menjamur dimana-mana. Ada banyak toko AYCE yang bisa Anda temukan.

Jika ingin tampil beda, Anda bisa membuka usaha BBQ tanpa konsep AYCE. Anda dapat memberikan paket daging kepada pelanggan untuk menentukan menu daging yang akan dimakan. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir dengan waktu yang terbatas dan cenderung lebih hemat.

Sambal Buatan Sendiri

Berbicara mengenai target pasar di Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa menu sambal yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat tidak bisa dipisahkan. Ini tentu saja peluang bisnis yang bagus dan berpotensi untung besar.

Anda bisa menjual berbagai macam chutney Indonesia yang dikemas mulai dari botol liter hingga botol kecil.

Makanan Khas Daerah

Mengingat Indonesia memiliki banyak ras dan suku yang berbeda, tentu juga mengandung beragam makanan khas daerah. Jika Anda bisa fokus pada bisnis makanan khas suatu daerah di Indonesia, tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Pasalnya, banyak makanan khas daerah yang menjadi menu favorit di nusantara ini. Anda bisa mencoba bisnis makanan Jogja seperti Gudeg, makanan sunda, rumah makan Padang atau sate padang, makanan khas Aceh seperti Mie Aceh dan masih banyak lagi.

Soft Cookies

Masakan khas mancanegara Selain masakan lokal, Anda bisa mencoba membuka ide usaha makanan mancanegara. Orang Indonesia dikenal mudah beradaptasi dengan makanan yang baru  asing. Inilah mengapa masakan asing sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Seperti makanan ringan Korea (K-Food Street), sushi Jepang, pizza Italia, pasta seperti Mac and Cheese khas Inggris, Tom Yum Thailand, nasi kebuli Arab dan lain-lain.

Itulah ide bisnis kuliner yang bisa Anda gali untuk mendapatkan keuntungan besar. Tentunya Anda harus memastikan bahwa kualitas makanan yang dijual baik, bersih dan enak untuk disantap. Lakukan juga social media marketing dan penjualan online untuk membantu mendobrak bisnis kuliner yang akan Anda jalankan. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *