15 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

- Penulis Berita

Senin, 9 Januari 2023 - 13:46

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banyak yang mengatakan berinvestasi itu sulit. Modalnya harus besar, dan resikonya juga besar, apalagi kalau sampai kehilangan uang. Padahal, berinvestasi adalah cara paling tepat untuk menumbuhkan uang, bisa di mulai dengan modal kecil dan bisa di pilih berdasarkan profil risiko masing-masing. Berikut ini adalah Investasi yang Menguntungkan dengan modal kecil:

Investasi yang Menguntungkan

15 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Simak Investasi yang Menguntungkan yang bisa anda coba dengan modal kecil.

1. Investasi properti online

yang pertama Investasi yang Menguntungkan real estat identik dengan modal besar atau setumpuk uang tunai. Investasi real estate seperti rumah, tanah, ruko, apartemen, kondominium dan lain-lain dapat di lakukan dengan dana Rp 100.000.

Investasi real estat online adalah cara modal kecil untuk berinvestasi real estat. Contoh investasi real estat online yang menguntungkan dengan modal kecil adalah crowdfunding ekuitas real estat

Urun dana ekuitas real estat adalah investasi real estat bersama dengan investor lain pada platform atau aplikasi yang menyediakan layanan ini. Ini adalah investasi real estate online yang murah karena Anda tidak memerlukan modal besar seperti membeli properti offline.

Misalnya, Anda ingin berinvestasi properti dengan membeli rumah seharga Rp 1 miliar. Investasikan saja 1% dari harga properti atau Rp 10 juta. Sisa investasi akan datang dari investor lain. Murah kan?

2. Investasi perabotan rumah

Siapa sangka perabot rumah tangga seperti furniture juga bisa di jadikan sebagai investasi yang menguntungkan. Furnitur yang Anda beli harus bisa berfungsi sebagai investasi jangka panjang.

Oleh karena itu, pembelian harus di pertimbangkan dan di rencanakan, seperti saat memilih berlian dan mobil mewah. Misalnya mebel kayu jati karena kualitasnya bagus banget.

Bahkan jika di gunakan selama 10-15 tahun, tidak akan rusak. Jika tertarik, Anda bisa berinvestasi satu set meja dan kursi.

Keduanya tentu akan laris manis, apalagi harga kayu jati semakin tinggi. Bisa di pastikan harga furnitur akan naik saat Anda menjualnya.

3. Investasi peternakan

Bukan hanya sampingan, ternak juga bisa di jadikan investasi yang tak kalah menguntungkan. Modal untuk memulai juga terjangkau, sekitar Rp 5 juta.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis dapat di kelola untuk ekspansi. Contoh Investasi yang Menguntungkan antara lain lele, ayam, burung, sapi, kambing, udang, itik, belut, jangkrik, kroto (telur semut), dan ternak lebah.

Baca juga  9 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Wajib Diketahui

4. Investasi saham

Jika Anda menyukai risiko dan tantangan, investasi saham sangat cocok. Anda bisa membeli beberapa lot saham perusahaan, kemudian menyimpannya dan menjualnya saat harga naik. Dengan cara ini, pengembalian investasi dapat di maksimalkan.

Jika ingin investasi saham yang menguntungkan, belilah saham dengan fundamental yang bagus. Di lihat dari neraca, prospek bisnis ke depan, kredibilitas dan track record manajemen.

Namun, perhatikan risikonya. Pantau terus kinerja harga saham dan pasar saham, agar Anda tahu kondisinya dan bertindak cepat jika turun atau naik.

5. Investasi pada reksa dana

Selanjutnya Investasi reksa dana adalah alat investasi berisiko rendah yang sangat ramah bagi pemula. Ada empat jenis reksa dana yang dapat di pilih berdasarkan profil risikonya, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Jika Anda ingin berinvestasi reksa dana yang aman dan menguntungkan, Anda bisa berinvestasi reksa dana secara online. Modal mulai Rp 10.000, beli reksa dana di situs belanja online dan aplikasi sekuritas yang menjual reksa dana.

6. Berinvestasi dalam emas

Investasi emas yang menguntungkan saat ini adalah emas online. Beli emas di marketplace atau e-commerce atau simpan emas online di aplikasi investasi emas seperti Antam dan Pegadaian.

Investasi dalam modal online emas kecil. Mulai dari Rp. 5.000, bahkan ada yang menawarkan 0,0001 gram emas per Rp. 100. Jika merupakan investasi emas jangka panjang, maka dapat memberikan return hingga 12% per tahun.

7. Berinvestasi dalam barang antik

Barang antik memang lebih tepat jika di jadikan sebagai koleksi, namun sebagian orang menjadikannya sebagai investasi. Apalagi sekarang banyak kolektor barang antik.

Hal ini membuat harga barang antik menjadi mahal. Satu hal yang perlu di perhatikan, yaitu pemeliharaan barang antik.

Anda harus menjaga kebersihan dan memperhatikan tempat penyimpanannya agar barang antik bisa awet hingga bertahun-tahun.

8. Investasi Forex

Investasi mata uang asing adalah kegiatan penanaman modal melalui pembelian mata uang asing (valas/valas). Beli saat harga rendah dan jual saat harga naik.

Selisih harga ini bisa menjadi keuntungan Anda dari investasi valuta asing. Investasi yang Menguntungkan dalam mata uang asing, seperti Dolar AS, Euro, British Pound, Dolar Singapura, Dolar Australia, Dolar Hong Kong, Yen Jepang, Rial Oman, dan Dinar Kuwait.

Baca juga  Strategi Pemasaran Bank yang Perlu Diketahui

9. Investasi deposito

Deposito merupakan produk simpanan bank. Namun bisa di jadikan sarana investasi yang menguntungkan di bank, karena bunganya lebih tinggi dari tabungan, sekitar 5%-6% per tahun.

Berinvestasi dalam deposito memiliki risiko minimal. Pasalnya, simpanan di jamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) jika simpanan Anda mencapai Rp2 miliar.

Saat ini ada penawaran depo minimal deposit mulai dari Rp. 1 juta. Sedangkan jangka waktu deposit bervariasi mulai dari satu hingga 24 bulan.

10. Investasi pakaian

Fungsi utamanya adalah untuk memakainya, namun pakaian juga bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Baju yang di tabrak tentunya bukan kaos oblong, blouse atau kemeja biasa, melainkan baju vintage yang di pakai di tahun 80an atau 90an atau di jaman orang tua.

Karena baju lama meledak lagi sekarang. Beberapa rumah mode ternama juga kembali memproduksi pakaian vintage. Berinvestasi pada pakaian lebih cocok bagi mereka yang menyukai fashion karena lebih mengetahuinya.

11. Investasi karya seni

Di lihat dari fungsinya, karya seni memang lebih cocok sebagai barang untuk mempercantik ruangan. Tapi, untuk beberapa karya seni, seperti lukisan, guci dan kaligrafi juga bisa di jadikan sebagai investasi yang menggiurkan.

Apalagi jika lukisan itu di kerjakan oleh seorang pelukis ternama. Untuk memaksimalkan keuntungan Anda, Anda dapat melelangnya.

Anda bisa membuka lelang dengan harga tinggi, lalu biarkan kolektor menawar hingga harga tertinggi. Orang yang berani menawar dengan harga tinggi berhak memiliki lukisan itu.

12. Berinvestasi dalam crypto

Investasi crypto adalah investasi mata uang digital yang hanya ada di dunia maya, seperti bitcoin ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dashcoin dan lain sebagainya. Trading Cryptocurrency bisa di mulai dengan modal Rp 10.000.

Berinvestasi dalam cryptocurrency adalah yang paling menguntungkan karena harganya bisa tinggi, yang menghasilkan banyak uang bagi pemiliknya. Tapi resikonya juga worth it, di mana anda bisa rugi dalam sekejap karena fluktuasi yang sangat cepat.

Perdagangan Cryptocurrency di Bursa Berjangka Indonesia adalah sah dengan izin dari Bappebti. Artinya, aset kripto diklasifikasikan sebagai komoditas, sama seperti karet, teh, kopi, dan lainnya.

Baca juga  Aplikasi Robot Trading Saham Membantu Cepat Kaya

13. Investasi fintech lending

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di fintech peer to peer (P2P) lending. Prospeknya cerah. Modalnya juga kecil, mulai dari Rp. 100 ribu.

Ingat, berinvestasi dalam pinjaman P2P memiliki risiko, meskipun perusahaan fintech lending dapat meminimalkannya. Perseroan akan melakukan screening secara ketat terhadap calon debitur, agar tidak terjadi gagal bayar atau kredit macet yang dapat merugikan investor.

Oleh karena itu, investor atau pemberi pinjaman memiliki risiko minimal dengan investasi ini. Apalagi jika berinvestasi di fintech lending legal dan terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

14. Investasi bisnis sayuran

Bisnis sayuran dapat dianggap sebagai bisnis yang menguntungkan. Hal ini karena setiap orang membutuhkan sayuran dalam menu makanan yang lengkap. Oleh karena itu, bisnis ini tidak akan pernah mati.

Investasi usaha sayuran yang paling menguntungkan antara lain ketimun atau ketimun, buncis, buncis, tomat, cabe, bayam, kangkung, jagung manis, daun bawang dan lain-lain.

Misalnya, jika Anda seorang pemetik sayuran. Pembelian mentimun seharga Rp 2.000 per kg dari petani. Dijual ke pedagang pasar seharga Rp 3.000 per kg.

Setelah dikurangi biaya-biaya, keuntungan bersihnya adalah Rp 700 per kg. Jika Anda membeli 5 kwintal (500 kg) mentimun, berarti penghasilan Anda adalah Rp350.000. Dengan modal Rp 1 juta sudah untung. Tidak buruk kan? Ini hanya salah satu jenis sayuran.

15. Investasi pengalaman

Investasi tidak hanya dalam bentuk portofolio, seperti saham, obligasi, obligasi, reksa dana, emas, atau deposito. Anda dapat menginvestasikan uang Anda untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin.

Misalnya mengikuti kursus, mengikuti seminar kewirausahaan, magang atau investasi pendidikan dengan melanjutkan studi ke luar negeri.

Anda akan merasakan bagaimana rasanya belajar di negara asing, bekerja di dunia kerja yang sebenarnya, meningkatkan keterampilan dan kemampuan Anda, menambah relasi yang lebih luas, mendapatkan pekerjaan impian Anda dan banyak lagi. Pengalaman ini lebih berharga daripada benda apa pun.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Itulah artikel tentang Investasi yang Menguntungkan dengan modal kecil yang bisa anda coba. Mengingat modal Anda terbatas, sebaiknya pilih satu atau dua investasi yang menurut Anda paling sesuai dengan kemampuan finansial dan profil risiko Anda. Gunakan uang dingin untuk investasi, bukan hutang untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Berita Terkait

Aplikasi Pinjam Uang Bunga Rendah
Car Insurance in Peoria
Compare All Car Insurance Quotes at Once: A Guide to Finding the Best Deal
Pengertian, Tujuan, dan Contoh Investasi Jangka Panjang
9 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Wajib Diketahui
Keuntungan Investasi Saham dan Tips Investasi Agar Untung!
Keuntungan Investasi Emas & Kerugiannya yang Wajib Anda Ketahui
Apa itu Investasi Properti? Cara, Tips dan Keuntungannya

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 08:08

Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:57

Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 16 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:29

Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:04

Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:42

Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 11 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:38

Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 20 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:10

Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:29

Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Berita Terbaru