8 Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh Tanpa Obat Kimia

Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh
encrypted-tbn0.gstatic.com

Tifus, istilah medis untuk tifus atau tifus, adalah infeksi bakteri yang menyerang sistem pencernaan melalui konsumsi air dan makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi (S. typhi). Berikut mimin akan bagian 8 Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh Tanpa obat kimia, simak penjelasannya

Demam tifoid tersebar luas di daerah dengan sanitasi yang tidak memadai, seperti Asia (Selatan dan Tenggara), Amerika Selatan dan Afrika. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat melalui feses dan urin. Jika makanan atau minuman tidak ditangani dengan bersih dan terkontaminasi S. typhi, gejala akan muncul selama 1-2 minggu.

Bacaan Lainnya

Menurut National ccHealth Service (NHS), anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terkena tifus karena sistem kekebalannya masih berkembang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa penderita tifus dapat mengalami demam hingga 100-104 derajat Fahrenheit (39-40 derajat Celcius) sebelum ruam merah muda muncul.

Selain itu, gejala tifus umum muncul dalam waktu 1-2 minggu, seperti:

  • Sedikit longgar
  • sakit perut
  • sakit kepala
  • diare atau sembelit
  • untuk batuk
  • kehilangan nafsu makan

Jika Anda menduga Anda menderita tifus, Anda harus segera menemui dokter. Karena dapat menyebabkan komplikasi dan membunuh 1 dari 5 orang, NHS memperingatkan bahwa penyakit ini dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar.

Orang yang terkena tipus biasanya tidak langsung dirawat di rumah sakit kecuali gejalanya parah. Selama masa rawat jalan, dokter meresepkan obat agar kondisi pasien tidak memburuk.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu pengobatan cepat sembuh. Apa saja cara-cara ini? Berikut beberapa Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh Tanpa Obat Kimia.

8 Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh Tanpa Obat Kimia

1. Minum banyak cairan atau oralit

Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh adalah minum banyak cairan, Gejala diare akibat tifus dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan berujung pada dehidrasi. Jadi, Anda perlu menjaga tubuh Anda terhidrasi sepanjang waktu. Cairan tersebut bisa berasal dari jus buah atau minuman elektrolit untuk menjaga kadar cairan tetap seimbang. Namun, jadikan air sebagai prioritas.

Penting untuk menjaga tingkat cairan stabil untuk menghilangkan partikel beracun dari tubuh. Selain itu, menjaga kadar cairan membuat nutrisi tetap mengalir untuk membantu sistem kekebalan tubuh menyingkirkan demam tifoid secepat mungkin. Jika kadar cairan dalam tubuh Anda rendah, kemungkinan Anda akan membutuhkan cairan infus di kemudian hari. Jadi berhentilah sebelum terlambat!

Dilansir dari Pharmaeasy, minumlah oral rehydration solution (ORS) atau oralit dan pastikan oralit tersebut bersertifikat World Health Organization (WHO). Atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan garam dan gula ke dalam air panas lalu meminumnya saat masih panas.

2. Konsumsi Bawang Putih

Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh selanjunya yaitu Bawang putih diketahui mengandung senyawa antioksidan untuk membantu melawan peradangan (radang) di dalam tubuh. Seperti dilansir NDTV, bawang putih yang dikonsumsi mentah atau setengah matang berperan sebagai “pemurni darah” dan membantu ginjal mengeluarkan zat asing dari tubuh.

Menurut studi bersama tahun 2012 di Pakistan dan Arab Saudi dalam African Journal of Microbiology Research, bawang putih mungkin berperan dalam mengobati tifus setelah menunjukkan efektivitasnya terhadap 50 spesies S. typhi, termasuk 30 kultivar tahan dan 20 kultivar rentan, telah terlihat.

Namun, konsumsi bawang putih saat demam tifoid tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan anak-anak.

Baca juga: 13 Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Tipes Simak Penjelasannya!

3. Kompres dingin untuk mengurangi panas

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu gejala demam tifoid adalah suhu tubuh 39-40 derajat Celcius. Mempertahankan suhu tubuh yang stabil adalah salah satu kunci penyembuhan. Nah, salah satu cara untuk menurunkan demam adalah dengan kompres dingin.

Anda dapat menggunakan spons atau kain yang dicuci dengan air dingin dan diletakkan di dahi, ketiak, tangan dan kaki Anda untuk menurunkan suhu tubuh. Air yang digunakan untuk kompres tidak boleh terlalu dingin. Ganti kompres secara teratur untuk hasil terbaik.

4. konsumsi cuka sari apel

Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh berikutnya Cuka sari apel dikenal sebagai minuman penurun berat badan dan juga dapat digunakan untuk mengobati demam tifoid. Cuka sari apel dapat menggantikan mineral dan cairan yang hilang. Cuka sari apel juga dikatakan dapat meredakan demam.

Cara Penggunaan Campurkan setengah sendok makan cuka sari apel dalam air hangat (dan sedikit gula jika Anda tidak memiliki rasa asam yang kuat) dan minum sebelum makan malam.

Baca juga: 5 Penyakit Kulit Karena Bakteri dan Cara Mengatasinya!

5. Asupan daun kemangi

Kemangi, yang dipercaya sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan dalam pengobatan tradisional India, Ayurveda, dikatakan memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Daun rempah ini dipercaya dapat membantu mengobati tifus karena mengandung senyawa antibiotik dan antimikroba.

Anda dapat menyeduh daun kemangi dengan teh atau minum hingga 4 cangkir sehari dengan madu. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi daun kemangi dengan perasan jahe atau lada hitam untuk membunuh bakteri S. typhi.

6. Makan pisang

Selain diare, tifus juga bisa menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, pisang yang kaya akan serat pektin dapat meredakan gejala tersebut.

Selain sembelit, pisang juga dikatakan dapat menurunkan demam akibat demam tifoid, dan kandungan potasium dalam pisang berfungsi sebagai elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca juga: 5 Pantangan Makanan Untuk Penyakit Liver Yang Perlu Dihindari!

7. Daun kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengobati penyakit tifus. Daun ini memiliki sifat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi.

Cara meraciknya cukup sederhana, siapkan 20 lembar daun kemangi, 1 sendok teh jahe cincang dan 1 gelas air. Kemudian masak semua bahan sampai larutan berkurang setengahnya. Tambahkan sedikit madu untuk rasa manis ekstra. Minum larutan tersebut 2-3 kali sehari sampai masa pemulihan.

8. Antibiotik

Jika Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh di atas tidak berhasil, Anda mungkin memerlukan antibiotik dari dokter karena penyakit ini sebenarnya adalah infeksi bakteri.

Rujukan Mayo Clinic meliputi beberapa antibiotik yang biasa diberikan kepada pasien tifus:

  • Ciprofloxacin: Selain antibiotik ini, dokter biasanya memberikan ofoxlacin ketika S. typhi resisten.
  • Azitromisin: Diberikan ketika ciprofloxacin dan ofoxlacin tidak efektif.
  • Ceftriaxone: Biasanya digunakan pada anak-anak dan tidak dapat dikombinasikan dengan antibiotik lain.

Ingatlah bahwa antibiotik harus diminum dan diminum sesuai petunjuk dan petunjuk dokter.

Menurut NHS, gejala biasanya mereda setelah 2-3 hari minum antibiotik. Namun, antibiotik harus diminum sesuai petunjuk dokter sampai dehidrasi.

Representasi bakteri Salmonella typhi (flickr.com/Sanofi Pasteur)

Karena demam tifoid disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi S. typhi, maka kita harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat disertai vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyakit yang paling sederhana.

Selain itu, karena penyakit ini dapat menyebar dengan cepat, pasien harus menghindari kontak dengan orang lain, terutama anak-anak, orang tua, atau mereka yang bekerja di bidang kuliner. Yang pasti, tiga sampel tinja harus diuji dengan selang waktu 48 jam sebelum dinyatakan sembuh.

Baca juga: 21 Makanan Penghilang Gatal Pada Kulit Yang Dijamin Ampuh!

Ada beberapa Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Cepat Sembuh. Namun, jika kondisinya tidak berubah atau Anda merasa kondisinya semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *