Cara Menghilangkan Kudis
mhomecare.co.id

10 Cara Menghilangkan Kudis Dalam 1 Hari Paling Ampuh

Kudis adalah kondisi ruam kulit yang disertai dengan bintik-bintik seperti jerawat dan disertai dengan lepuh kecil dan gatal, terutama pada malam hari. Jika tidak diobati, jutaan tungau ini dapat menyebar ke bagian kulit lainnya, menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu penampilan kulit. Oleh karena itu mimin akan berikan 10 Cara Menghilangkan Kudis Dalam 1 Hari Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Kudis
assets.pikiran-rakyat.com

Apa Itu Penyakit Kudis

Kudis bukanlah infeksi tetapi penyakit kulit yang di serang oleh makhluk hidup kecil yang di sebut tungau Sarcoptes scabiei. Hewan ini dapat memasuki lapisan kulit dan berkembang biak.

Pada awalnya, tungau hanya terhitung sedikit kurang lebih 10-15 ekor, namun setelah berkembang biak, tungau dapat berhitung hingga jutaan. Kudis sangat menular

Tungau penyebab kudis sangat mudah berpindah dan menyebar ke orang lain. Ada dua cara penularan skabies, yaitu secara langsung dan tidak langsung.

Perpindahan skabies secara langsung. Kontak langsung dengan benda yang terkena kudis, seperti berjabat tangan, berpelukan atau berhubungan seks.
Penularan skabies tidak langsung. Gunakan benda atau tempat dengan penderita kudis, seperti handuk, tempat tidur atau pakaian.

Kudis tidak akan sembuh tanpa pengobatan, sehingga penderita di haruskan menjalani pengobatan sesegera mungkin setelah kulit mulai menunjukkan gejala kudis.

Obat kudis tradisional sering di pilih sebagai alternatif sebelum menggunakan obat kudis di apotek.

Karena merupakan alternatif, obat kudis yang terbuat dari bahan alami atau ramuan herbal biasanya ‘cocok’, artinya pengobatan tersebut terkadang efektif untuk satu orang tetapi belum tentu cocok untuk orang lain.

Meski demikian, pengobatan kudis dengan bahan alami di nilai lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping dan tidak menimbulkan resistensi.

10 Cara Menghilangkan Kudis Dalam 1 Hari

Agar kudis hilang dalam 1 hari, bahan alami berikut ini Cara Menghilangkan Kudis paling ampuh , yaitu:

1. Lidah Buaya

Bahan alami Cara Menghilangkan Kudis tungau kudis ini sering di gunakan sebagai tanaman hias, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Jika Anda tidak menemukan lidah buaya, Anda bisa membeli produk berbahan dasar lidah buaya di apotek, pastikan produk tersebut adalah gel lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

Gel lidah buaya dapat membantu meringankan gejala kudis seperti gatal dan ruam, lecet, kulit kering dan sebagainya secara alami.

Berdasarkan penelitian, gel lidah buaya sama efektifnya dengan benzil benzoat atau bahan obat untuk mengobati kudis.

Selain itu, pengobatan kudis dengan menggunakan gel lidah buaya tidak memberikan efek samping sama sekali.

2. Minyak Pohon Teh

Tea tree oil atau minyak pohon teh merupakan minyak atsiri yang di ketahui memiliki khasiat untuk Cara Menghilangkan Kudis berbagai masalah kulit, salah satunya untuk mengobati kudis.

Ada beberapa kandungan minyak pohon teh, yang memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi dan antibakteri. Senyawa atau zat tersebut di duga ampuh membasmi parasit, termasuk tungau Sarcoptes scabiei.

Jadi gejala seperti gatal, ruam, kulit kering dan lecet bisa langsung hilang.

Meski demikian, penggunaan tea tree oil untuk mengobati kudis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami alergi, hentikan pengobatan jika merasa tidak nyaman.

3. Cabai rawit

Tidak terdengar ekstrim dan menakutkan? Bayangkan saja cabai rawit sudah panas dan pedas, bagaimana jika cabai rawit di gunakan untuk mengobati kudis? Meski menakutkan, ternyata mengobati kudis dengan cabai rawit cukup menjanjikan.

Cabai rawit dapat membantu meredakan nyeri sekaligus meredakan gejala gatal yang sering di alami oleh penderita kudis. Cabai rawit mengandung capsaicin, yang dapat mengurangi sensitivitas neuron di kulit.

Dalam penelitian, telah terbukti bahwa krim capsaicin efektif dalam mengurangi nyeri jaringan lunak. Namun, tidak semua orang cocok untuk pengobatan ini, dan belum banyak penelitian yang membahas cabai sebagai obat kudis.

4. Fedolie

Cara Menghilangkan Kudis adalah dengan menggunakan fedolie. Obat alternatif ini bisa di andalkan untuk mengobati kudis karena minyak cengkeh memiliki sifat antimikroba sekaligus sebagai obat bius. Selain itu, ada juga kandungan yang tidak kalah penting dalam minyak cengkeh, yaitu antioksidan.

Kandungan dalam minyak cengkeh inilah yang akan bekerja untuk mengobati kudis secara alami tanpa efek samping. Pada penelitian laboratorium skabies pada babi dan kelinci menunjukkan bahwa pengobatan dengan minyak skabies berhasil dalam pengobatan skabies.

5. Kunyit

Meskipun belum banyak penelitian tentang efektivitas kunyit dalam mengobati kudis, beberapa orang mengklaim bahwa kunyit dapat meredakan gejala kudis. Cara mengobati kudis dengan kunyit bisa dengan cara merobek kunyit secukupnya dan mengoleskannya pada kulit yang terkena tungau.

Lakukan ini secara teratur dua hingga tiga kali sehari. Pastikan kulit Anda selalu bersih saat menjalani perawatan ini. Mengurangi gejala skabies tidak akan menyembuhkan masalah utama, sehingga masih di perlukan pengobatan lain.

6. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau Melaleuca Alternifolia di gunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati memar, gigitan serangga dan infeksi kulit. Bahan ini efektif menghilangkan ruam dan mengurangi rasa gatal akibat kudis. Banyak orang percaya bahwa minyak pohon teh sangat efektif dalam mengobati kudis ketika pengobatan lain belum dapat mengobatinya. Ini mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri dan acaricidal yang efektif dalam membunuh tungau.

7. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Kudis selanjuntnya yaitu lidah buaya. Lidah buaya di kenal karena efek pendinginannya pada kulit yang terbakar sinar matahari dan kondisi kulit lainnya. Bahan ini di anggap aman digunakan dengan efek samping minimal dan memiliki kemampuan mengobati kudis seefektif obat benzil benzoat.

8. Cabai rawit

Cabai rawit dapat di gunakan untuk meredakan rasa sakit dan gatal akibat kudis. Beberapa orang percaya bahwa ramuan ini membunuh tungau penyebab penyakit kudis yang mengganggu. Meski demikian, masih di perlukan kajian ilmiah yang dapat menjamin keefektifan cabai rawit sebagai obat kudis. Cara Menghilangkan Kudis

9. Solusi boneset

Eupatorium adenophorum merupakan tumbuhan herba yang banyak di temukan di Amerika Tengah dan Latin dengan sebaran di daerah tropis dan beriklim sedang lainnya. Ekstrak ini telah digunakan secara tradisional di seluruh Vietnam selama bertahun-tahun untuk mengobati infeksi kulit.

10. Kunyit

Kunyit di anggap bisa mengatasi kudis, banyak orang yang percaya bahwa rempah yang satu ini ampuh untuk mengurangi gejala. Namun, mengobati gejalanya tidak menjamin kudis berhenti tumbuh dan Anda di nyatakan sembuh, sehingga masih di perlukan pengobatan lain.

11. Fedolie

Sebuah studi tunggal yang dilakukan oleh Cielo Pasay, et al. berjudul Aktivitas Acaricidal Senyawa Berbasis Eugenol Terhadap Scabies Mides tahun 2010 menunjukkan bahwa minyak cengkeh efektif dalam Cara Menghilangkan Kudis pada kelompok kelinci. Studi lain masih di perlukan untuk mengkonfirmasi pendapat Cielo tentang efektivitas minyak ini dalam pengobatan kudis, khususnya tes pada manusia.

12. Ambil Lembar

Daun mimba banyak di gunakan sebagai bahan dalam krim dan salep. tanaman ini memiliki sifat anti-analgesik, antibakteri dan anti-inflamasi. Daun ini di anggap efektif untuk mengobati kudis karena dapat membunuh tungau. Penelitian yang dil akukan masih terbatas pada pengujian pada hewan, sehingga di perlukan penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan neemblade untuk pengujian langsung pada manusia.

Itulah 12 Cara Menghilangkan Kudis dalam 1 hari yang sudah terbukti ampuh sejak dahulu