13 Contoh Bisnis Digital Marketing Yang Dapat Menjadi Inspirasi

Contoh Bisnis Digital Marketing
gruender

Seiring kemajuan teknologi, disadari atau tidak, contoh bisnis digital marketing kini banyak dicari para kalangan remaja untuk menghasilkan uang. Jika 10 tahun yang lalu tidak banyak orang yang mengunggah video musiknya ke platform online seperti YouTube dan mendapat penghasilan. Namun, kini banyak orang yang memulai karir musiknya dari nol melalui platform YouTube dan memiliki banyak penggemar.

Contoh Bisnis Digital Marketing
dreambox

Kondisi ini merupakan salah satu contoh manfaat pemanfaatan teknologi secara positif dan bisa menjadi ide bisnis digital bagi sobat ispace. Dalam berbisnis secara digital, jarak dan waktu bukanlah halangan yang besar. Anda dapat menikmati produk kue luar kota secara online di tangan Anda dalam beberapa hari, atau tidak perlu mengantri untuk membeli tiket bioskop karena dapat dipesan dari mana saja melalui aplikasi seluler!

Bacaan Lainnya

Tentu masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dan dipelajari dari fenomena maraknya bisnis digital ini. Jadi jika Anda ingin memulai bisnis digital, kali ini tim uspace memberikan 13 ide bisnis digital yang bisa Anda mulai. Beberapa jenis bisnis membutuhkan keahlian khusus, tetapi tidak ada salahnya untuk mulai belajar sekarang! Yuk, simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

13 Contoh Bisnis Digital Marketing

1. Toko online

Ide bisnis digital pertama adalah membuka toko online melalui platform e-commerce atau tidak. Jika Anda memiliki merek, Anda dapat memasarkan produk atau layanannya dari media sosial seperti Instagram atau Facebook. Jika brand Anda sudah memiliki banyak pelanggan, Anda bisa mulai menjajaki aset digital lainnya, seperti website dan mendaftarkan bisnis Anda di platform e-commerce.

Tentunya keuntungan dari bisnis online ini tergantung dari jenis dan keunikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda gigih dan konsisten, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk menghasilkan penjualan puluhan juta rupee dari toko online ini.

2. Bisnis Afiliasi

Berkembangnya teknologi maka semakin banyak pula sumber pendapatan yang bisa didapatkan. Contoh bisnis digital marketing salah satunya melalui program afiliasi ini. Ide bisnis digital selanjutnya pada dasarnya adalah menjual barang atau produk kepada orang lain dengan imbalan komisi jika produk tersebut dijual oleh tangan Anda. Biasanya, Anda akan menerima kode rujukan yang digunakan saat calon pelanggan membeli produk yang Anda jual. Sudah banyak platform e-commerce yang menjalankan program afiliasi, misalnya e-Bay dan Amazon.

3. Jasa Desain Grafis

Ide bisnis digital yang ketiga adalah menjalankan bisnis desain grafis. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, Anda bisa mencoba mengakses layanan tersebut. Dengan keahlian desain grafis Anda, Anda dapat membuat layanan untuk membuat logo perusahaan, poster, spanduk, dan lainnya. Dunia bisnis yang selalu berubah selalu menghadirkan peluang positif bagi jasa desain grafis ini. Jika Anda belum memiliki keterampilan tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai belajar sekarang!

4. Dropshipping

Ide bisnis digital selanjutnya adalah menjadi dropshipper. Bisnis dropshipping ini bisa dijalankan tanpa modal sepeser pun. Sistem pengiriman ini mengharuskan Anda untuk menjual barang tanpa harus menjadi produsen dan jasa pengiriman produk. Dengan kata lain, menjadi dropshipper berfungsi sebagai penghubung antara produsen dan pelanggan. Keterampilan penjualan yang baik diperlukan untuk bisnis dropshipping ini. Apakah Anda tertarik untuk mencoba? Dilihat dari kebutuhan modalnya, bisnis dropshipping ini tergolong memiliki modal kerja 1 juta atau kurang tergantung berapa banyak barang yang Anda jual.

5. Thrift Shop

Barang bekas atau bisnis pakaian dan aksesoris bekas adalah contoh bisnis digital marketing berikutnya yang bisa Anda jalankan. Perusahaan ini mungkin cocok jika Anda menyukai dunia fashion, sobat BFI. Jika Anda merasa memiliki pakaian atau aksesori yang masih layak pakai, Anda bisa menjualnya kepada pihak kedua. Anda bisa menjualnya melalui platform Instagram, Facebook atau website. Manfaat yang bisa didapat dari thrift store cukup menjanjikan jika Anda serius dan konsisten melakukannya.

6. Instagram Influencer

Siapa di antara teman BFI Anda yang setiap hari tidak bisa lepas dari Instagram? Tidak hanya sebagai sarana hiburan, Instagram juga bisa menjadi sarana pembelajaran. Jika Anda memiliki konten menarik di feed Anda, pengikut yang banyak, dan tingkat engagement yang tinggi, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan kesempatan menjadi Influencer Instagram! Jika Anda memenuhi kriteria ini, Anda berkesempatan untuk menerima rekomendasi atau bentuk kolaborasi lainnya dari brand yang menjalankan kampanye digital. Wah, menarik bukan?

7. Content Writer

Jika Anda suka menulis, ide bisnis digital berikut mungkin cocok untuk Anda. Menjadi penulis konten adalah keterampilan yang sangat diminati saat ini. Penulis konten yang menulis hasil diperlukan untuk berkontribusi pada lalu lintas situs web. Traffic diharapkan dapat meningkatkan brand awareness suatu perusahaan dan mengubahnya menjadi calon pelanggan atau prospek di masa yang akan datang. Ada juga banyak perusahaan yang saat ini menawarkan layanan penulisan konten lepas. Peluang bisnis ini tentunya bisa menjadi side income anda Sobat BFI.

8. Pengajar Online

Contoh bisnis digital marketing selanjutnya adalah mengajar secara online melalui platform tertentu. Saat ini, jarak bukanlah halangan untuk belajar. Menggunakan platform online, Anda dapat belajar ratusan mil dari rumah Anda dari orang yang lebih berpengalaman. Misalnya, jika Anda aktif berbicara bahasa Inggris, Anda dapat mengubah peluang ini dengan menjadi guru bahasa Inggris di platform Italki atau Duolingo. Selain menambah penghasilan, menjadi guru online tentunya akan menciptakan lebih banyak lagi silaturahim antar daerah. Itu menyenangkan!

9. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis digital ini cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan coding atau bahasa pemrograman. Saat ini, website merupakan aset penting bagi para pengusaha, baik digital maupun non-digital. Karena website merupakan “home base” bagi brand yang dikenal banyak orang melalui media online.

Jika melihat peluang ini, memulai jasa pembuatan website tentu bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk bisnis digital. Satu jasa pembuatan website bisa dikenakan biaya mulai dari Rp 1.000.000 lho. Besaran ganti rugi tergantung dari kesulitan dan kebutuhan website.

10. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Penggunaan aplikasi mobile saat ini sangat diminati. Aplikasi mobile dapat membuat proses bisnis menjadi lebih singkat dan cepat. Keterampilan yang perlu Anda miliki jika ingin menjalankan ide bisnis digital ini adalah bahasa pemrograman atau coding. Pendapatan pengembangan aplikasi seluler menjanjikan mengingat kesulitannya.

11. Podcaster

Podcaster media juga sangat diminati saat ini. Podcast adalah konten audio yang mencakup berbagai topik sesuai permintaan dan dapat diakses secara online. Dengan dukungan platform yang memadai seperti Spotify, pembuatan konten podcast memiliki banyak penggemar aktif.

Nah, jika kamu orang yang cerewet dan menyukai percakapan kecil dan serius dengan lawan bicaramu, contoh bisnis digital marketing menjadi podcaster bisa menjadi ide bisnis digitalmu, lho. Membuat topik podcast semenarik mungkin, menarik sumber terpercaya dan memiliki infrastruktur yang mumpuni adalah modal terpenting untuk mendukung konten podcast.

12. Youtuber

Seberapa sering Anda menonton konten YouTube? Setiap hari, dua kali sehari atau bahkan tanpa batas waktu? Ya benar, karena kebiasaan orang menonton YouTube sering kali menjadikan YouTube sebagai platform atau situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia! Hai! Tidak dapat disangkal bahwa kita dapat benar-benar belajar sesuatu yang positif melalui Youtube.

Nah, jika Anda merasa tertantang sebagai pembuat konten YouTube, lakukanlah! Banyak sekali Youtuber yang memulai karir dari nol dan berhasil memiliki ribuan hingga jutaan subscriber lho sobat BFI. Jadi, jika kamu merasa memiliki kreativitas dan pengetahuan tinggi yang bisa dibagikan kepada banyak orang, maka menjadi Youtuber sudah pasti merupakan ide bisnis digital yang unggul!

13. Blogger

Layaknya seorang content writer, ide bisnis digital ini cocok untuk Anda yang gemar menulis. Jika Anda senang berbagi pengalaman melalui tulisan, Anda bisa mencoba menjadi blogger profesional lho, teman-teman BFI! Jika blog yang Anda jalankan memiliki banyak trafik dan pengaruh, maka kemungkinan besar blog Anda bisa menjadi sumber penghasilan. Anda memiliki opsi untuk mendapatkan dukungan dari perusahaan yang memiliki kampanye digital melalui blog atau situs web. Menarik bukan?

Penutup

Nah itulah 13 contoh bisnis digital marketing yang bisa menjadi inspirasi sobat uspace semua. Beberapa jenis bisnis bahkan tidak membutuhkan banyak modal untuk menjalankannya. Ayo, bagikan pendapat serta komentar Kamu di kolom yang telah ada. Mudah- mudahan postingan ini dapat bermafaat. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *