15 Cara Bisnis Online Untuk Pemula agar Jualan Sukses

Cara Bisnis Online Untuk Pemula

Banyak orang memilih berbisnis atau berbisnis online karena di yakini bisa menekan modal tapi memberikan keuntungan lebih besar. Jualan online bisa di lakukan oleh remaja maupun dewasa, dan bisa di lakukan baik untuk pemula maupun ahli. Memulai bisnis online tidak harus di mulai tanpa persiapan yang tepat. Agar bisnis online bisa berkelanjutan, ada baiknya Anda memahami Cara Bisnis Online Untuk Pemula yang akan Anda geluti.

15 Cara Bisnis Online Untuk Pemula Agar Tidak Merugi

Berikut adalah panduan pemula cara memulai bisnis online untuk pemula agar bisnis Anda sukses.

Bacaan Lainnya

1. Temukan ide bisnis

Secara umum, hampir setiap bisnis online yang hebat di mulai dengan ide kreatif. Sekalipun produk atau jasa yang di tawarkan sama, ada kelebihan yang membedakan.

Untuk mendapatkan ide, Anda bisa memulainya dengan melihat skill, keahlian, hobi dan pengetahuan yang Anda miliki, dengan merujuk Fiverr.

Anda bisa mendiskusikan ide tersebut dengan kerabat atau anggota keluarga. Jika merasa masih kurang, jangan ragu belajar untuk menambah ilmu dan keterampilan.

2. Pikir dengan matang produk yang di jual online

Cara Bisnis Online Untuk Pemula bagi pemula adalah dengan memikirkan baik-baik produk yang akan di jual (Foto: Startup Stock Photo via StockSnap)

Setelah brainstorming ide bisnis online, langkah selanjutnya adalah menentukan produk mana yang akan di jual secara online dan konsepnya seperti apa.

Khusus untuk beberapa produk seperti baju, tas, perhiasan, jeans, furniture dan sebagainya, Anda akan membuatnya sendiri berdasarkan pesanan, rekanan atau kerjasama, atau dropshipping.

3. Pahami kondisi pasar dan segmentasinya

Barang atau jasa yang akan Anda jual sebagai bisnis online pasti memiliki pangsa pasar tersendiri.

Pertama, selami detail barang atau jasa yang akan Anda jual. Jadi perhatikan sedikit apa yang di butuhkan pasar.

Untuk memahami bidang minat bisnis Anda, pelajari juga karakteristik pasar seperti jenis kelamin, status sosial, dan usia dominan calon pembeli produk Anda.

Pahami juga cara memasarkan produk Anda sehingga fokus pada pangsa pasar target Anda.

4. Cara Bisnis Online Buat riset harga pasaran produk

Anda bukanlah pemain tunggal dalam bisnis online yang akan Anda geluti. Hari demi hari persaingan akan sangat ketat.

Cara Bisnis Online Untuk Pemula agar tidak cepat mati adalah dengan melakukan riset harga pasar atau harga umum dari produk atau jasa tersebut.

Berhati-hatilah terhadap penjual yang mengenakan harga tinggi untuk produk atau layanan Anda. Keuntungan apa yang di tawarkan oleh harga tinggi.

Dari riset ini, Anda juga bisa belajar tentang strategi yang di lakukan pesaing Anda.

5. Cara Bisnis Online Pilih platform atau media jual yang tepat

Cara Bisnis Online Untuk Pemula adalah dengan memanfaatkan berbagai platform untuk berjualan lapak (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Penjualan online dapat di lakukan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram.

Atau, jika ingin lebih serius dan memiliki pangsa pasar yang lebih besar, cobalah bergabung dengan perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Saat memasarkan produk, pastikan Anda telah membuat konten produk atau layanan yang baik.

Karena di pasarkan melalui media online yang jangkauannya sangat luas, pastikan aspek produk atau jasa yang di tawarkan menarik untuk melengkapi branding Anda.

6. Cara Bisnis Online Jaga konsistensi pemasaran

Rutin memposting produk dengan berbagai tampilan menarik atau meminta teman untuk memberikan banyak like dan komentar merupakan bentuk pemasaran produk yang tidak boleh dianggap remeh.

Tetapi untuk menjadi sukses Anda harus melakukannya secara konsisten. Konsisten membangun citra nama produk Anda sehingga di kenal lebih luas dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi.

7. Buat promosi yang menarik

Cara Bisnis Online Untuk Pemula adalah dengan melakukan promosi yang menarik (Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek)

Pembeli menyukai promosi, apalagi jika harga yang Anda tawarkan cukup murah di bandingkan kompetitor lainnya. Cari tahu cara membuat promosi yang valid dan menarik dari media apa pun, seperti YouTube.

Hindari melakukan promosi terlalu sering karena akan berdampak kurang baik pada citra merek Anda.

8. Cara Bisnis Online Evaluasi produk

Anda pasti akan menemukan kesulitan dan kekurangan dari metode yang telah Anda teliti dan terapkan.

Catat dan evaluasi apa yang menyebabkan produk Anda tidak sampai ke target pasar dengan baik, bagaimana cara meningkatkan performa penjualan dan lain sebagainya.

9. Mulai pilih model bisnis

Berikut adalah beberapa model bisnis yang dapat Anda pertimbangkan:

Jual produk Anda sendiri

Jenis ini bisa Anda lakukan jika memiliki modal dan peralatan yang memadai untuk pembuatannya. Produk Anda dapat di jual melalui berbagai platform penjualan online. Perhatikan juga penyimpanan dan perhitungan bahan produksi atau stok barang yang siap di jual.

Menjadi pengiklan melalui website

Jika Anda tidak ingin repot meng-hosting produk atau karena budget Anda terbatas, manfaatkan websitenya. Bermitra dengan produk atau merek yang relevan, lalu promosikan produknya di artikel yang mengarah ke produk mitra dengan menggunakan kode voucher khusus.

Setelah itu, keuntungan Anda akan datang dari jumlah kode voucher yang di gunakan. Inilah yang biasa di sebut sebagai affiliate marketing.

Saya menjual dengan sistem dropship

Meski sama-sama tidak menyimpan produk yang di jual, sistem dropship berbeda dengan affiliate marketing. Pasalnya dengan adanya sistem dropship berarti Anda berinteraksi langsung dengan calon pembeli dan supplier. Setelah itu, produk akan di kirim menggunakan nama Anda. Seolah-olah Anda adalah jembatan antara kedua sisi ini.

Menjadi reseller

Tidak berbeda dengan dropshipping, menjadi reseller juga berhubungan langsung dengan pembeli dan supplier. Perbedaannya adalah jika Anda menjadi reseller Anda harus menjaga stok barang dagangan Anda.

Sistem ini bisa anda jalankan jika anda memiliki modal banyak tapi tidak ada produk, jadi anda membeli produk dari supplier dengan harga grosir dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Cara Bisnis Online Untuk Pemula

Namun, apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda tetap perlu memahami cara memasarkan produk Anda secara digital agar dapat meluncurkan bisnis online dengan lebih efektif.

10. Pertahankan pelanggan

Membangun loyalitas pelanggan adalah salah satu tips berbisnis. Memang, strategi mempertahankan pelanggan efektif untuk meningkatkan keuntungan.

Menurut penelitian, 25% – 40% dari total pendapatan bisnis yang stabil di peroleh dari pelanggan tetap dan pesanan berulang dari pelanggan setia. Bahkan, pelanggan lama akan cenderung melakukan konversi 9 kali di bandingkan pelanggan baru.

11. Gunakan media sosial

Memasarkan produk Anda melalui media sosial adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan. Saat ini hampir semua pengguna internet menggunakan media sosial. Untuk itu, Anda harus mengambil kesempatan ini sebagai sarana promosi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Buat Website Bisnis Onlinemu Sekarang

Demikian penjelasan Cara Bisnis Online Untuk Pemula yang dapat mimin berikan. Ikuti panduan di atas agar Anda berhasil membangun bisnis online di bidang yang Anda minati. Semoga artikel ini membantu Anda, senang berbisnis!

Berikut Cara Bisnis Online Untuk Pemula untuk pemula. Di masa pandemi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencari peluang dan menambah pundi-pundi rupiah. Semoga beruntung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *