7 Contoh Business Model Canvas Terbaik dan Sukses di Berbagai Bidang

Contoh Business Model Canvas

Dengan kemajuan teknologi, semua pelaku bisnis cenderung menginginkan segalanya menjadi mudah dan praktis. Termasuk menyiapkan rencana bisnis yang sederhana namun memberikan hasil yang efektif untuk pertumbuhan bisnis. Salah satu contohnya adalah membuat model kanvas bisnis (BMC). Memang, ada banyak Contoh Business Model Canvas dari berbagai sektor bisnis yang menunjukkan efektivitas dan keberhasilannya.

Pada hakikatnya business model canvas adalah kerangka kerja yang berguna untuk mendukung efektivitas proses bisnis dan implementasinya secara cepat dan berkelanjutan (business continuity). Jadi daripada merancang business plan yang rumit, membangun BMC akan jauh lebih ringkas dengan visualisasi yang mudah dipahami.

Bacaan Lainnya
Contoh Business Model Canvas

Business Model Canvas akan memvisualisasikan proses bisnis secara komprehensif berdasarkan 9 elemen utama yang mewakili pengelolaan proses bisnis secara keseluruhan. Yakni segmentasi pelanggan (segmentation), proposisi nilai, saluran (marketing channels), hubungan pelanggan, aliran pendapatan (income streams), kegiatan utama, sumber daya utama (aset), mitra utama dan struktur biaya (pembiayaan).

Kesembilan elemen tersebut saling berhubungan untuk mendukung keberhasilan dan perkembangan bisnis. Dimana masing-masing elemen tersebut akan direpresentasikan dalam sebuah kolom atau dalam sebuah kotak. Inilah mengapa kita sering mengenal BMC sebagai model bisnis.

Anda dapat menerapkan kerangka kerja ini ke berbagai skala bisnis dan ceruk bisnis. Baik perusahaan besar maupun UKM dan startup.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh kanvas model bisnis terbaik dari berbagai sektor bisnis pada artikel berikut ini.

Contoh Business Model Canvas di Berbagai Bidang Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BMC berguna sebagai framework dengan visualisasi yang lebih mudah dipahami, sekaligus menggambarkan bagaimana aspek-aspek bisnis saling berhubungan.

Selain itu, BMC juga membantu pelaku bisnis untuk memberikan gambaran singkat mengenai model proses bisnis. Jadi BMC cenderung jauh lebih ringkas dan sederhana daripada rencana bisnis tradisional.

Maka tidak heran jika saat ini beberapa perusahaan telah menggunakan BMC untuk membantu efektifitas proses bisnisnya. Berikut beberapa contoh business model canvas terbaik di berbagai bidang yang bisa Anda pelajari dan pahami:

1. Contoh BMC Bidang Transportasi Online

Yang pertama adalah contoh business model canvas di bidang transportasi online. Bisnis ini melayani segmen pelanggan dan target pasarnya adalah generasi yang memahami internet atau menyukai layanan praktis. Terutama mahasiswa dan pekerja kantoran.

Proposisi nilai yang mereka tawarkan berupa kemudahan dan kecepatan akses transportasi dimanapun dan kapanpun. Sedangkan untuk elemen saluran, perusahaan transportasi online juga menggunakan internet sebagai saluran pemasaran. Mulai dari aplikasi transportasi online yang sama, iklan berbayar (paid marketing), media berbayar, hingga media sosial.

Sedangkan untuk aset kunci, bisnis ini tidak membutuhkan aset perusahaan berupa kendaraan dan tempat parkir yang luas seperti kebanyakan industri transportasi. Tapi itu hanya membutuhkan satu aplikasi, Google Maps, untuk infrastruktur server yang tepat.

2. Contoh Business Model Canvas Bidang Fashion

Yang kedua adalah perusahaan di industri fashion yang terus mengalami perkembangan pesat, sejalan dengan perkembangan zaman yang baru. trend dunia fashion. Salah satunya adalah bisnis sepatu Nike yang terkenal.

Sebagai salah satu merek terkenal, Nike pasti memiliki metode penjualan dan pemasaran yang unik untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau menarik prospek (prospek) penjualan baru. Mereka juga terus berinovasi untuk mempertahankan brand image dan reputasinya.

Dalam model BMC yang mereka gunakan, Nike menyasar semua segmen pelanggan usia, dengan saluran pemasaran melalui toko offline dan online. Soal proposisi nilai, Nike mengklaim “Siapa pun bisa menjadi atlet”, mengingat bisnis mereka berkembang menjadi produksi sepatu olahraga.

Sementara itu, kegiatan inti mereka berpusat pada proses penjualan serta pengembangan dan desain produk. Untuk mitra utama, Nike bekerja sama dengan pabrik dan tim penelitian di bidang olahraga dan sains.

3. Contoh Business Model Canvas Bidang Makanan

Berikut adalah contoh model bisnis kanvas di industri makanan. Contoh yang bisa Anda pelajari adalah bisnis makanan cepat saji McDonald’s. Sebagai salah satu merek makanan terpopuler, McDonald’s melayani dua jenis segmen pelanggan. Yakni konsumen langsung (B2C), serta franchisee yang ingin menjadi mitra bisnisnya.

Jadi untuk proposisi nilai, McDonald’s membaginya menjadi dua. Yaitu menyediakan makanan yang murah, enak dan cepat saji bagi konsumen. Serta membangun bisnis yang menghasilkan keuntungan lebih melalui nama McDonald’s untuk waralaba.

Oleh karena itu, aliran pendapatan Mc Donald juga berasal dari penjualan makanan serta biaya lisensi dan royalti dari waralaba yang tersebar di seluruh dunia. Berikut ini adalah contoh BMC McDonald’s:

4. Bisnis di Bidang Penginapan

Di industri penginapan, model bisnis yang bisa Anda coba adalah Airbnb. Ini adalah layanan online yang menyediakan layanan sewa rumah, apartemen, atau hotel di seluruh dunia.

Mirip dengan McDonald’s, Airbnb juga membagi segmen pelanggannya menjadi dua jenis. Yakni tuan rumah (penginapan) dan pelanggan yang menggunakan jasa mereka. Oleh karena itu, Airbnb akan mendapatkan aliran pendapatan dari tuan rumah dan pelancong atau pelanggan.

5. Contoh Business Model Canvas Bidang Retail

Di industri retail, salah satu contoh BMC yang bisa Anda pelajari adalah Walmart. Ini adalah salah satu rantai toko kelontong terbesar yang berbasis di Amerika Serikat. Walmart adalah perusahaan retail terlaris di dunia berdasarkan data Fortune Global pada tahun 2008.

Menurut Business Model Analyst, Walmart saat ini memiliki lebih dari 11.500 toko (termasuk hypermarket, supermarket, dan department store) yang tersebar di 27 negara dan situs web e-commerce di 10 negara. Walmart mempekerjakan sekitar 2,2 juta orang di seluruh dunia.

Dalam model bisnis kanvasnya, Walmart melayani pasar massal dan audiens berpenghasilan rendah. Hal ini sesuai dengan value proposition mereka yaitu menyediakan berbagai jenis kebutuhan sehari-hari dengan harga termurah dan terjangkau. Mengingat luasnya cakupan bisnis Walmart, mereka juga menjadikan pemasok dari seluruh dunia sebagai mitra utama mereka.

6. Bisnis di Bidang E-Commerce

Tidak bisa dipungkiri bahwa Alibaba adalah salah satu situs e-commerce terbesar di dunia. Alibaba berspesialisasi dalam bisnis ke bisnis (B2B). Dimana bisnis ini menghubungkan pembeli dan pemasok di seluruh dunia, lebih cepat dan lebih mudah. Kegiatan ini ditujukan bagi perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan grosir baik jumlah maupun nilainya.

Selama bertahun-tahun, Alibaba telah berkembang menjadi merek terbesar keenam di dunia berdasarkan pendapatan. Pertumbuhan bisnis yang relatif cepat ini berasal dari banyaknya partner bisnis serta strategi pertumbuhan dan business model canvas yang efektif.

Alibaba menargetkan 3 segmen pelanggan dalam model bisnis mereka. Artinya konsumen, penjual dan toko yang ingin menjual produknya melalui Alibaba.

Selain berfokus pada B2B, bisnis inti Alibaba juga mengarah ke B2C dan C2C. Dengan demikian, Alibaba mendapatkan aliran pendapatan dari penjualan, komisi, iklan, dan langganan. Berikut adalah contoh model bisnis kanvas Alibaba:

7. Contoh Business Model Canvas Bidang industri hiburan

Di industri hiburan, Netflix merupakan salah satu raksasa streaming dengan perkembangan bisnis yang sangat pesat. Platform yang menawarkan video on demand ini memiliki model bisnis berbasis langganan. Artinya, aliran pendapatan utama adalah komisi bulanan.

Netflix sendiri adalah salah satu perusahaan yang menggunakan pertumbuhan berbasis produk sebagai magnet penuntun. Dimana layanan streaming ini akan memberikan masa percobaan gratis kepada calon pelanggan, kemudian membuat mereka tertarik untuk berlangganan setelah mengetahui keunggulan dari layanan yang ditawarkan.

Saat ini Netflix memiliki lebih dari 180 juta pelanggan yang tersebar di seluruh dunia dan terbagi dalam tiga paket. Yaitu paket basic, standar dan premium. Netflix menjadikan pengalaman pelanggan sebagai proposisi nilai, di mana pelanggan dapat mengakses film, serial, dan acara lain yang menarik sesuai dengan preferensi mereka kapan saja.

Akhir Kata

Ini adalah 7 contoh business model canvas dari berbagai sektor bisnis. Selain mengisi BMC untuk pengembangan bisnis, Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency untuk mengembangkan bisnis Anda. Beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah growth hack marketing, inbound marketing, digital 360 marketing, dan data-driven marketing agar bisnis dapat berkembang pesat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *