8 Ide Bisnis Berbasis Teknologi Yang Paling Menjanjikan

Membangun Bisnis Berbasis Teknologi memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda bisa menemukan ide bisnis digital yang tepat dan mengeksekusinya dengan kecepatan yang tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Bisnis Berbasis Teknologi

Lantas apa saja bisnis yang menjanjikan di era digital di tahun 2023? Pilihannya tidak terbatas, tetapi Anda tidak perlu melakukan riset sendiri. Kami telah merangkumnya untuk Anda dalam artikel ini.

Bacaan Lainnya

Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, mari kita pelajari dulu apa itu bisnis digital dan juga manfaatnya.

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang menggunakan kecanggihan teknologi digital untuk menciptakan atau memasarkan suatu produk.

Oh iya, bisnis digital bukan hanya tentang produk digital seperti software atau produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik).

Oleh karena itu, semua jenis bisnis yang menjual produknya secara online, baik melalui website maupun aplikasi, termasuk dalam kategori bisnis digital. E-commerce adalah salah satu contoh bisnis digital.

Produk bisnis digital bisa berupa barang atau jasa. Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan memotivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti dari bisnis digital yang Anda geluti.

8 Bisnis Berbasis Teknologi yang Menguntungkan

Bagus. Yuk masuk ke daftar 8 ide Bisnis Berbasis Teknologi yang bisa kamu coba di tahun 2023:

1. Membangun Toko Online

Bisnis Berbasis Teknologi Menyiapkan toko online adalah pembuatan website atau platform sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online.

Karena besarnya potensi bisnis e-commerce di Indonesia, penjualan online menjadi salah satu contoh terbaik bisnis digital.

Anda mungkin langsung membayangkan platform e-commerce seperti Tokopedia, bukan? Kamu tidak salah. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: membangun toko online Anda adalah pilihan yang bijak. Apa manfaatnya?

Toko online Anda akan terlihat berbeda.

Baik dari segi branding maupun customer experience yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Anda bisa leluasa mengatur bagaimana produk akan ditampilkan. Selain itu, kemampuan menjalankan toko online dengan baik menunjukkan bahwa Anda adalah tenaga penjualan yang ahli. Kesan ini cenderung tidak muncul saat memasuki pasar.

Anda tidak bergantung pada pihak lain.

Dengan memiliki toko online sendiri, Anda memegang kendali penuh untuk menyelesaikan setiap masalah yang mungkin timbul. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan cara memulai bisnis dari nol sesuai rencana untuk mengembangkan bisnis Anda.

 Membuat toko online Anda mudah.

Bahkan tanpa keahlian coding, Anda dapat membuat toko online profesional. Saat ini sudah banyak platform manajemen konten yang menggunakan hosting WordPress yang membuat pembuatan website menjadi mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang membangun situs web toko online, panduan ini dapat membantu Anda.

2. Menekuni Bisnis Afiliasi

Affiliate marketing adalah bisnis untuk memasarkan barang orang lain dengan imbalan komisi.

Singkatnya, cara kerja afiliasi dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar untuk program afiliasi dan kemudian Anda mendapatkan kode atau tautan rujukan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, saat pembeli menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda akan mendapatkan bagi hasil.

Jika Anda menekuni contoh bisnis digital ini dengan baik, Anda bisa meraih kesuksesan seperti Hadi Hartono dan Pat Flynn. Di halaman webnya, Pat Flynn mengklaim bahwa pendapatan dari bisnis digitalnya telah mencapai $2 juta. Luar biasa!

Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti, seperti Amazon Affiliate yang menjual produk internasional untuk pelanggan global. Niagahoster sendiri memiliki program afiliasi yang bisa Anda pelajari lebih lanjut di panduan ini.

3. Menjadi Youtuber

Apakah Anda tahu berapa penghasilan YouTuber? Rp. 43 miliar setahun!

Ya, Anda tidak salah dengar. Ria Ricis adalah nama seorang YouTuber dengan penghasilan sebesar itu. Kegigihannya dalam menampilkan konten-konten menarik di akun YouTubenya telah membuatnya mendapatkan hingga 17 juta subscriber.

Mengelola akun YouTube dengan berbagai konten unik terbukti bisa menjadi contoh bisnis digital yang menjanjikan.

Hal yang menarik dari YouTube adalah setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Cara menjadi Youtuber yang perlu Anda pikirkan adalah seperti apa pengalaman Anda dan menariknya membuat konten untuk apa.

Dari mana Anda mendapatkan penghasilan? Itu bisa berasal dari iklan atau paid review yang Anda lakukan.

4. Bisnis Berbasis Teknologi Dropship

Bisnis Berbasis Teknologi Dropship adalah contoh bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman. Jadi, Anda hanya perlu mengandalkan keterampilan penjualan Anda.

Inilah yang paling membedakan antara dropship dan reseller.

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Dalam bisnis afiliasi, pekerjaan Anda adalah seorang pemasar yang menawarkan produk, dalam bisnis dropship, Anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli.

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dan jumlah yang Anda bayarkan ke produsen barang.

Satu hal yang lebih unik dari dropshipping adalah produsen yang mengurus pengiriman barang ke konsumen.

Singkatnya, dropshipper berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

Alasan dropshipping bisa menjadi bisnis digital yang menarik adalah karena Anda bisa memulainya tanpa modal dan memutuskan sendiri produk mana yang ingin Anda jual.

5. Bisnis Berbasis Teknologi Menjadi Blogger Terkenal

Pasti kamu tahu sosok Raditya Dika, seorang penulis buku dan aktris film. Perjalanan menuju suksesnya dimulai dengan menulis di blog pribadinya kala itu: goatjantan.com.

Jika Anda sudah memiliki blog, pastikan Anda memiliki konten menarik yang dapat menarik pengunjung. Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan lengkap membuat blog.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan blog Anda sebagai sumber penghasilan. Metode? Anda dapat menyewa ruang di blog Anda untuk beriklan seperti yang dilakukan oleh blogger terkenal Iwan Banaran.

Jika Anda tidak yakin apakah blogging adalah bisnis digital Anda, kisah sukses para blogger Indonesia ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

6. Menjadi Instagram Influencer

Jika Anda adalah pengguna Instagram dengan jumlah pengikut yang banyak, menjadi influencer bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Mari kita lihat sosok MgdalenaF. Rajin membuat konten Instagram sambil mencicipi makanan di restoran. Cara penyajian yang menarik dan pilihan makanan yang super pedas membuat banyak orang tertarik. Hasilnya, jumlah pengikut mencapai 1,4 juta pengguna.

Pada tahap awal, Anda hanya fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Jika jumlah follower Anda bertambah, tawaran kerjasama bisa datang dari memposting iklan produk atau melakukan paid review.

7. Bisnis Berbasis Teknologi Menulis Konten Digital

Apakah Anda memiliki keterampilan menulis? Dengan ide Bisnis Berbasis Teknologi ini, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital sekarang ini.

Banyak situs web bersedia membayar Anda untuk artikel berkualitas. Untuk level global yang menggunakan bahasa Inggris, pilihannya antara lain Writers Weekly. Untuk Indonesia, portal berita seperti BaBe menawarkan kesempatan serupa.

Namun, jika Anda memiliki blog yang memiliki banyak pengunjung, Anda bisa menawarkan pengalaman Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan untuk ditawarkan pekerjaan menulis konten.

Manakah Bisnis Digital Anda?

Kami juga menampilkan berbagai pilihan contoh bisnis digital untuk Anda pertimbangkan. Tentu saja Anda dapat memulai bisnis Anda sendiri. Kuncinya adalah menentukan bisnis yang sesuai dengan keahlian Anda dan memiliki prospek bisnis yang bagus.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengambil keputusan, bukan? Mari kita mulai dengan langkah pertama untuk membangun Bisnis Berbasis Teknologi Anda. Sukses untukmu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *