cara membuat website bisnis

Panduan Tata Cara Membuat Website Bisnis

Para pelaku bisnis perlu mengetahui cara membuat website bisnis agar bisnisnya lebih menguntungkan dan berkembang. Proses pembuatan website itu mudah dan tidak perlu takut.

Anda bisa membaca artikel ini untuk lebih memahami bagaimana cara membuat website serta proses pembuatannya. Ingin tahu? Yuk, baca bacaan ini sampai selesai.

Cara membuat website yang baik dapat membuat bisnis Anda lebih berkelanjutan dalam persaingan bisnis. Selain itu, website ini memiliki beberapa tahapan dalam pembuatannya.

cara membuat website bisnis

Berikut 8 cara membuat website bisnis yang bagus untuk bisnis:

1. Membuat

Langkah pertama adalah membuat desain (yang juga membantu membuat template). Desain yang dipilih bisa dari orang lain atau Anda juga ikut menentukannya. Kemudia Setelah memilih  desain website yang sesuai dengan gaya brand bisnis Anda. Agar orang yang datang tidak merasa asing setelahnya.

2. Membuat template website untuk bisnis

Langkah kedua cara membuat website bisnis adalah membuat template dari desain yang dipilih. Jadi jika nantinya ada perubahan situs, tidak perlu mengulang dari awal. Karena perubahan situs web harus terjadi seiring waktu dan seiring perkembangan bisnis Anda. Jadi pastikan desain web yang Anda buat dapat diubah dengan mudah tanpa harus mengulang dari awal!

3. Buat

fitur website untuk bisnis Fitur website perlu diperhatikan saat Anda membuat website untuk bisnis. Fitur yang dipilih harus memenuhi kebutuhan pembeli.

Misalnya, menambahkan fitur shopping cart di website agar pembeli bisa langsung membeli di website tanpa perlu repot bolak-balik.

Ada juga fitur kontak WhatsApp yang biasanya berguna bagi pembeli untuk menghubungi brand. Sehingga pembeli dapat berbicara langsung ke toko merek.

4. Membuat nama domain untuk web

Cara keempat cara membuat website bisnis membuat website adalah menentukan domain. Domain di situs web itu seperti jiwa. Karena domain dianggap sebagai alamat website Anda sekaligus brand Anda.

Anda tidak ingin nama domain website Anda terlihat aneh seperti jacketkerendanunik[dot]com? Domain seperti ini sangat populer tetapi menghilang seiring waktu.

Sekilas tips memilih nama domain:

  • Pilih nama yang mudah diingat.
  • Cek hak cipta nama brand
  • Pilih kata sesuai

5. Buat daftar hosting untuk website

Buat daftar nama penyedia layanan web hosting di Indonesia. Temukan host yang tepat untuk situs web bisnis Anda.

Karena web hosting adalah tempat Anda menyimpan data bisnis secara online. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan web hosting.

Mulai dari harga yang di tawarkan, fasilitas, kelebihan dan kekurangannya. Semuanya harus di pertimbangkan saat memilih web hosting.

Hosting pada website dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

  • Shared hosting

Jenis web hosting ini paling banyak di kenal di kalangan masyarakat. Web hosting ini mudah di gunakan dan memiliki harga yang murah.

Jenis layanan hosting web ini memudahkan pengelolaannya. Karena di kelola oleh pihak ketiga.

  • VPS Hosting

adalah singkatan dari Virtual Private Server yang menawarkan kinerja jauh lebih baik, yaitu untuk lalu lintas publik .

VPS bersifat pribadi sehingga penyedia layanan tidak dapat mengaksesnya tanpa izin dari penyewa. Selain itu, penyewa dapat menghubungi penyedia hosting untuk meminta layanan teknis jika di perlukan.

  • Cloud Hosting

Hosting pada ini merupakan gabungan dari shared hosting dan virtual private server. Kemudian nantinya Anda mendapatkan kemudahan berupa pengelolaan shared hosting dan kapasitas penyimpanan yang besar seperti VPS.

6. Buat katalog produk

katalog produk atau layanan Katalog produk di situs web dapat di bandingkan dengan bagian depan toko di toko. Anda bisa menjual produk yang Anda jual. Apakah itu produk fisik atau layanan.

Pembeli merasa sangat terbantu saat melihat produk Anda dalam bentuk katalog. Karena ingin berbelanja di toko langsung.

Salah satu tips definitif yang di laporkan oleh Creative Live tentang katalog adalah mereka menulis deskripsi yang menyeluruh. Mulai dari bahan yang digunakan hingga ukuran produk yang di jual. Ini membuat situs web sangat berguna bagi pembeli.

7. Membuat Informasi Kontak Bisnis

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat website, salah satu langkahnya tentu dengan membuat informasi kontak. Informasi kontak pada website bisnis sangat berguna dalam kelangsungan nafas perusahaan dan sebuah bisnis.

Dari informasi kontak bisnis tersebut akan terbentuk rasa percaya pada pembeli. Karena informasi kontak menunjukkan siapa Anda, di mana Anda berada, dan seberapa nyata Anda di luar dunia online.

Pastikan nomor kontak di tulis dengan jelas. Alamat yang bisa di kunjungi jelas. Juga ditampilkan dalam tampilan yang menarik di website.

8. Membuat Affiliate Link Cara

terakhir membuat website adalah affiliate link. Situs web yang Anda miliki menciptakan banyak peluang untuk bisnis. Ini bukan hanya tentang mendatangkan pembeli. Namun, itu juga menghubungkan bisnis lain.

Misalnya, jika Anda memiliki toko online di Tokopedia dan Shopee, Anda dapat menautkannya ke situs web Anda. Inilah keindahan internet marketing yang bisa menghubungkan bisnis online.

Sekalipun Anda memiliki akun media sosial untuk bisnis, kini saatnya menghubungkan website Anda dengan media sosial bisnis Anda. Agar orang-orang di Internet selalu mengingat bisnis Anda.

Pembuatan Website

Setelah melihat cara dan langkah-langkah membuat website. Maka Anda perlu mengetahui garis besar proses pembuatan website.

Di bawah ini adalah proses cara membuat website bisnis :

? Perencanaan sebagai proses awal

Planning, artinya perencanaan adalah proses awal pembuatan website. Karena website yang bagus adalah hasil dari perencanaan yang matang.

Pada tahap ini, Anda mulai membuat konsep dan arsitektur website. Selain itu, ini mencatat item apa saja yang di butuhkan untuk mengisi situs nantinya.

Tiga hal yang perlu di perhatikan saat merencanakan website:

  1. Kesan yang di tampilkan
  2. tujuan kegunaan website
  3. website
  4. timeline

? Desain 

proses kedua Desain yang baik mengandung informasi yang jelas yang juga mengesankan pengunjung website. Tidak harus terlalu seru atau terlalu ramai, yang penting sesuai dengan penonton.

Agar website memiliki kesan yang baik karena berhubungan dengan audience atau pengunjung website Keinginan untuk membeli produk dan jasa juga meningkat.

Fase desain situs web ini menentukan apa yang tampak mengesankan. Termasuk tata letak yang di pilih harus membuat pengunjung situs web nyaman.

Tata letak yang baik di dukung oleh kategori data yang di pisahkan dengan benar. Jangan sampai data informasi produk malah tertukar dengan visi dan misi perusahaan.

Pastikan dalam proses pembuatan website ini, desain yang di buat membuat betah pengunjung. Namun di sisi lain, itu juga harus memudahkan pengunjung situs web untuk bernavigasi.

? Scripting menjadi proses ketiga

Scripting berarti memprogram pada sebuah platform. Dalam konteks tulisan ini adalah pemrograman website.

 

Dalam proses pembuatan website ini, pemrograman berfungsi untuk merealisasikan ide yang ada pada tahap sebelumnya saat Anda menjalani proses pembuatan website yaitu desain.

Desain yang di realisasikan di tulis dengan bahasa web, sehingga dapat meluncurkan situs web bisnis yang sesuai.

? Test Jangan lupa

Proses pembuatan website ini adalah test alias tes. Jika semua halaman terhubung dengan benar satu sama lain dan tautan eksternal dipertahankan, pengujian situs web dapat dilakukan.

Jangan sampai form pembayaran online mengalami error karena website belum teruji saat diluncurkan.

Proses ini memberi tahu kami apakah situs web Anda memenuhi syarat untuk aktif 24 jam sehari dan menerima kunjungan dari calon pembeli. Sehingga digital marketing yang Anda harapkan dapat berjalan dengan baik.

? Peluncuran Akhirnya Tiba

Proses pembuatan website ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh pemilik bisnis. Terakhir, sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki situs web untuk startup Anda.

Jangan lupa untuk menautkan situs web Anda ke mesin pencari seperti Google. Sehingga calon pembeli produk Anda lebih mudah menemukan Anda.

? Promosi juga diperlukan

Setelah Anda meluncurkan website di dunia online, jangan lupa atur alamat website Anda di tempat yang seharusnya. Seperti surat, brosur, kartu nama dan lain-lain.

Sehingga semakin banyak orang yang mengetahui website bisnis Anda. Maka kesempatan untuk membeli produk menjadi lebih banyak.

? Jaring Pemeliharaan

. Maintenance merupakan tahap terakhir dalam proses pembuatan website. Maintenance adalah perawatan pada website yang sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh.

Situs web harus selalu segar agar lebih banyak orang dapat melihat bisnis Anda. Juga lebih bersahabat dengan mesin pencari Google.

Selalu perbarui website setiap bulan dengan konten yang segar dan tidak membosankan. Untuk mendatangkan audiens yang besar dan Google menyukai situs tersebut.

Selain itu, server website juga menjadi perhatian dalam proses ini. Jangan biarkan peretas berhasil meretas situs web Anda.

Jadi perawatan website ini tidak boleh dianggap remeh. Selain itu, bisnis Anda siap berkembang setelah situs web aktif dan berjalan.

Contoh website bisnis di Indonesia

Ada beberapa bisnis yang bisa kita lakukan sebagai contoh referensi cara membuat website bisnis. Sehingga apa yang telah Anda persiapkan bersama tim menjadi lebih terukur.

Kedua website bisnis di atas berasal dari brand sepatu lokal dan brand pasta gigi yang sukses menerapkan digital marketing dan didukung oleh website untuk para pembelinya.

Website sebelah kiri memudahkan orang untuk membeli sepatu melalui website. Sedangkan website di sebelah kanan memudahkan masyarakat untuk berbelanja perawatan gigi. Bahkan ada layanan perawatan gigi melalui website.

Kesimpulan

Pada akhirnya, setelah Anda mengetahui cara membuat website bisnis, Anda akan lebih memahami tentang pentingnya pemasaran digital. Apalagi jika Anda memiliki bisnis.