Karakteristik Perusahaan Dagang : Pengertian, Contoh dan Jenisnya

Karakteristik Perusahaan Dagang

Hai sobat mimin, kali ini mimin akan membahas artikel tentang Karakteristik Perusahaan Dagang : Pengertian, Contoh dan Jenisnya. Berikut simak penjelasannya.

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utamanya tidak mengubah bentuk barang. Misalnya, kita biasanya menjumpai toko kelontong dan supermarket. Kedua jenis bisnis membeli bahan makanan dari pemasok dan menjualnya kembali ke konsumen.

Bacaan Lainnya
Karakteristik Perusahaan Dagang

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utamanya adalah membeli, menyimpan, dan menjual kembali barang tanpa menambah nilai atau mengubah bentuk.

Dalam menjalankan proses bisnisnya, perusahaan komersial mengenal siklus bisnis. Pernah mendengar istilah duty cycle?

Siklus operasi merupakan kegiatan yang di lakukan oleh perusahaan untuk memperoleh laba. Tentu saja, siklus operasi perusahaan dagang dan perusahaan jasa sangat berbeda.

Dari siklus inilah dapat di lihat hal-hal krusial yang perlu di perhatikan dalam menjalankan bisnis di bidang perusahaan dagang.

Ada empat siklus operasi utama dalam Karakteristik Perusahaan Dagang yaitu pembelian, penjualan, arus kas dan persediaan (stok). Dalam semua siklus operasi yang terjadi, ada baiknya kita memperhatikan 5 hal penting dalam pengelolaannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, artikel ini akan membahasnya lebih detail.

Berikut ini adalah bagian dari grup perusahaan komersial ini:

  • Distributor
  • Agen tunggal
  • Pengecer
  • Toko swalayan
  • Pusat barang-barang grosir
  • Toko serba ada (toserba)

Karakteristik Perusahaan Dagang

Ciri khas yang di miliki Karakteristik Perusahaan Dagang adalah:

  • Ini melakukan kegiatan utama membeli, menjual, pergudangan dan di jual kembali.
  • Itu tidak melakukan proses produksi barang
  • Perhitungan total keuntungan di dasarkan pada total hasil penjualan di kurangi biaya pembelian dan biaya operasional.
  • Perusahaan tidak melakukan proses produksi terhadap barang yang di jual.
  • Barang yang di jual langsung di jual tanpa mengalami pengolahan atau modifikasi sedikit pun.
  • Kegiatan akuntansi di dasarkan pada akun persediaan, yaitu perhitungan harga pokok penjualan dan laba rugi menggunakan formulir satu langkah dan multi langkah.

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang

Secara umum, Karakteristik Perusahaan Dagang terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan

Perusahaan Dagang Barang Produksi : Perusahaan yang memperdagangkan hasil produksi berupa bahan baku seperti bahan baku untuk membuat produk atau alat produksi untuk menghasilkan produk lain. Contoh: kayu gelondongan dan mesin bubut.
Perusahaan Dagang Barang Jadi: Perusahaan yang memperdagangkan produk akhir dari barang jadi. Contoh: ransel, baju, kulkas.

2. Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat

Wholesaler : Perusahaan yang membeli produk langsung dari pabrik dalam jumlah besar dan menjualnya dalam volume besar. Contoh: grosir.
Perusahaan Dagang Perantara (Perantara): Perusahaan yang membeli dalam jumlah besar untuk di jual kembali kepada pengecer dalam jumlah sedang. Contoh: pedagang makanan.
Dagang Pengecer : Perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Konsumen dapat membeli eceran atau produk yang di tawarkan. Reseller sering kita jumpai di lingkungan kita. Contoh: warung, kios dan pasar swalayan.

Kegiatan Perusahaan Dagang

Dalam hal pencatatan dan prosedur akuntansi, perusahaan komersial tidak berbeda dengan perusahaan jasa.

Laba atau rugi perusahaan dagang di hitung dengan mengurangi biaya perolehan pendapatan dari penjualan selama periode yang relevan.

Biaya ini termasuk biaya penjualan dan biaya operasi yang terjadi pada periode laporan.

Harga pokok penjualan di sebut harga pokok penjualan, misalnya pada toko elektronik, yang di sebut harga pokok penjualan meliputi semua biaya yang di keluarkan untuk membeli televisi, radio, lemari es, mesin cuci dan lain-lain yang telah terjual dalam satu periode.

Biaya operasional toko elektronik mencakup semua biaya yang terkait dengan penjualan dan administrasi toko seperti sewa, gaji karyawan, biaya promosi, biaya listrik, dan biaya telepon.

Dalam melakukan perhitungan akuntansi untuk jenis perusahaan ini terdapat empat komponen penting yaitu barang masuk (pembelian), kuitansi (pengeluaran), barang keluar (penjualan), dan juga kuitansi (pendapatan).

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Perusahaan Dagang

Berikut hal-hal penting yang harus di perhatikan oleh perusahaan dagang:

1. Inventory Control

Pencatatan persediaan atau pengendalian persediaan dalam bidang akuntansi terbagi menjadi 2 yaitu metode persediaan periodik dan perpetual.

Dengan metode periodik, transaksi pembelian tidak di bebankan ke rekening gudang melainkan ke rekening pembelian.

Begitu juga dengan transaksi penjualan, tidak di kreditkan ke akun persediaan tetapi ke akun penjualan. Sedangkan pada metode perpetual, baik jumlah penjualan maupun harga pokok penjualan akan dicatat untuk setiap barang yang terjual.

Dengan cara ini entri akuntansi akan terus melaporkan jumlah stok yang ada.

Untuk itu sebaiknya gunakan jurnal khusus perusahaan dagang yang akan mencatat transaksi dalam jumlah besar dan bersifat berulang.

2. Cash Flow (Arus Kas)

Inti dari menjalankan perusahaan perdagangan adalah arus kas. Dengan dana kas yang dikelola dengan baik, semua aset bisnis dapat selalu terjaga.

Apakah itu dana operasional perusahaan, tunggakan hutang atau jika perusahaan ingin berinvestasi.

Oleh karena itu, laporan keuangan khususnya kas masuk dan kas keluar sangat penting dalam menentukan kondisi keuangan suatu perusahaan baik atau tidak.

3. Profit Perusahaan

Keuntungan perusahaan adalah kata kunci untuk mengembangkan bisnis. Tanpa laba, perusahaan akan kesulitan memperoleh laba sehingga perusahaan tidak berkembang.

Ketika perusahaan dagang mengalami hal tersebut maka perusahaan tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lain dan dapat menyebabkan perusahaan tersebut gulung tikar.

Mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan adalah tantangan konstan. Untuk itu, Anda diharapkan terus berinovasi untuk berkembang di era pertumbuhan ekonomi ini.

4. Kelancaran Utang-Piutang

Hutang dagang reguler adalah poin kuat untuk selalu memiliki persediaan di perusahaan dagang.

Pada dasarnya supplier akan dengan senang hati mengirimkan barangnya karena hutang yang kita miliki selalu terbayar dengan lancar dan tepat waktu. Karakteristik Perusahaan Dagang

Dalam membantu arus kas, umur kredit sangat menentukan karena penghasil kas berasal dari konsumen. Semakin tua kredit, semakin sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan uang tunai.

5. Rekening Akuntansi yang Digunakan

Rekening yang dapat digunakan untuk perusahaan dagang lebih bervariasi dibandingkan jenis usaha jasa atau jenis usaha manufaktur.

Perusahaan akan terbantu jika menggunakan program akuntansi.

Biasanya, perangkat lunak sudah menyediakan akun yang sesuai dengan standar akuntansi.

Setelah mempelajari hal-hal penting dalam akuntansi, kini saatnya Anda mulai memperhatikan kembali siklus operasional bisnis Anda.

Seringkali kendala yang muncul adalah kurangnya sumber daya manusia yang kompeten untuk memantau siklus ini.

Saat ini, software akuntansi dapat digunakan untuk membantu produktivitas dan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Kelola Keuangan Perusahaan Dagang Anda dengan Software Akuntasi Jurnal

Pencatatan entri ini sangat penting dan menjadi pusat sistem akuntansi perusahaan karena data dalam akun ini sangat mempengaruhi akun lain dalam perhitungan.

Proses akuntansi sangat penting untuk menyimpan catatan rinci transaksi keuangan perusahaan.

Untuk melakukan proses akuntansi perusahaan bisnis dengan mudah, Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi bisnis ritel Jurnal.

Ini akan membantu Anda dalam proses akuntansi dari sudut pandang pencatatan hingga menjadi laporan keuangan.

Itulah artikel tentang Karakteristik Perusahaan Dagang : Pengertian, Contoh dan Jenisnya. Semoga bermanfaat yaa sobat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *