13 Peluang Bisnis Rumahan di Desa yang Bisa Kamu Rintis

- Penulis Berita

Rabu, 18 Januari 2023 - 14:05

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ada banyak peluang Bisnis Rumahan di Desa yang bisa Anda garap sesuai potensinya. Apa saja peluang bisnis rumahan di desa yang bisa Anda coba? Kehidupan desa mungkin tampak membosankan. Sangat umum untuk mendengar cerita tentang anak muda yang meninggalkan desa untuk mencari pekerjaan lain di kota.

Bisnis Rumahan di Desa

Namun, harus disadari bahwa sebagian besar yang di terima masyarakat perkotaan berasal dari desa. Mulai dari makanan, dari kayu untuk furniture, hingga berbagai bahan baku lainnya.

Di desa, kami cukup dekat dengan berbagai bahan mentah yang bisa kami olah menjadi produk akhir. Kita juga bisa menjual produk tersebut ke pasar yang lebih luas dengan mendirikan toko online.

Keuntungannya adalah kita bisa mendapatkan bahan baku ini lebih murah di pedesaan daripada di perkotaan. Hal ini karena tidak ada biaya distribusi yang di tambahkan pada harga jual.

Selain itu, masyarakat desa bukan hanya sebagai produsen. Mereka juga punya kebutuhan yang bisa kita penuhi jika kita pandai membaca permintaan pasar.

Ide Bisnis Rumahan di Desa yang Sangat Menguntungkan

Mengingat desa mempunyai potensi yang besar, Tidak perlu takut tinggal di desa karena ada banyak peluang bisnis rumahan di desa.

Berikut adalah daftar peluang bisnis rumahan di desa yang mungkin bisa menginspirasi Anda!

1. Bisnis Rumahan Produk Makanan Olahan

Daerah pedesaan identik dengan berbagai hasil pertanian. Makanan hangat ini sangat dekat dengan Anda.

Peluang usaha rumahan di desa ini dapat berkembang menjadi peluang usaha rumahan di desa dengan menghasilkan produk makanan olahan, seperti keripik, asinan, manisan dan berbagai olahan lainnya.

Selain menawarkannya ke tetangga Anda, Anda juga bisa menjualnya secara online.

2. Produk Hasil Ternak

Selain pertanian, desa juga identik dengan peternakan. Padahal, pertanian dan peternakan terkadang menjadi dua hal yang tak terpisahkan.

Baca juga  Karakteristik Perusahaan Dagang : Pengertian, Contoh dan Jenisnya

Anda dapat mulai memeriksa peternakan di sekitar rumah Anda. Jenis ternak apa yang ada dan produk akhir apa yang dapat Anda proses. Seperti daging, telur, susu, keju, yogurt dan sebagainya.

Peluang bisnis rumahan di desa ini sangat menarik untuk dicoba.

3. Pupuk dan Pestisida Organik

Tahukah Anda bahwa pupuk dan pestisida organik dapat dibuat dari limbah pertanian dan peternakan? Ya benar sekali, dan bahan bakunya bisa banyak di desa.

Peluang kerja rumah tangga di desa ini bisa bekerja dengan petani. Ajak petani dan peternak di daerah Anda untuk berkolaborasi. Tawarkan diri Anda sebagai pengumpul limbah pertanian dan peternakan mereka.

Mereka dengan senang hati akan memberikannya kepada Anda. Produk Anda nantinya bisa ditawarkan lagi ke petani.

4. Bisnis Rumahan Membuka Warung Sembako

Manfaatkan koneksi Anda dengan petani dan peternak di daerah tempat tinggal Anda untuk membuka usaha lain yaitu warung sembako.

Mulai dari nasi, sayur, buah, hingga telur. Anda dapat mengumpulkan semua barang ini dari petani dan peternak.

5. Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hias

Desa bisa menjadi kawasan terbaik saat Anda ingin mengembangkan hobi berkebun. Untuk bisnis rumahan, budidaya tanaman hias bisa menjadi peluang bisnis yang tepat.

Anda tinggal memilih tanaman hias seperti apa yang akan menjadi fokus bisnis Anda. Pastikan iklim tempat tinggal Anda cocok untuk menanamnya.

Anda juga bisa menjualnya secara online lho. Asalkan Anda menguasai teknik pengemasan yang tepat agar tanaman hias bisa tetap utuh sampai di tangan pembeli Anda.

6. Bisnis Rumahan Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang yang dikenal dengan ikan aduan juga diminati sebagai ikan hias. Banyak manfaat yang dimiliki ikan ini sehingga menjadikannya sebagai peluang bisnis rumahan desa yang relatif mudah berkembang.

Baca juga  20 Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan yang Tak Ada Matinya

Ikan cupang merupakan ikan yang mudah berkembang biak, sepasang ikan cupang dapat menghasilkan sekitar 500 anak ikan. Pemeliharaannya juga mudah karena ikan cupang tangguh sehingga tidak membutuhkan tangki oksigen.

Untuk makanannya, ikan cupang bisa mendapatkan cacing dan jentik nyamuk. Nah yang paling lucu dari ikan cupang adalah harga jualnya yang relatif tinggi.

Harga paling murah mulai dari Rp. 200.000,- paling mahal mencapai Rp. 10 juta jika warna ikannya bagus.

7. Warung Internet

Jaringan internet cenderung sulit masuk ke pedesaan. Tidak banyak ISP yang sampai ke desa-desa. Kalaupun ada, tidak banyak keluarga yang mau berlangganan internet.

Namun, dengan adanya Industri 4.0, kesadaran akan kebutuhan internet semakin meningkat. Jika Anda memiliki garasi atau ruang kosong yang tidak terpakai di rumah Anda, Anda dapat mengubahnya menjadi bilik komputer dengan jaringan internet.

8. Woodworking

Anda dapat mengubah garasi Anda menjadi bengkel pertukangan kayu. Maksimalkan kreativitas Anda, mulai dari membuat dekorasi kayu hingga membuat furnitur.

Pastikan Anda memiliki keterampilan untuk bekerja dengan kayu sebagai peluang bisnis rumahan di desa.

9. Bengkel Motor

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan di desa ini. Jika anda tertarik dengan otomotif khususnya sepeda motor, ini bisa menjadi peluang bisnis rumahan anda di desa.

Selain membuka bengkel, Anda juga bisa mencari variasi lain dengan membuka toko onderdil motor, ban, dan jok motor.

10. Toko Suvenir

Ini bisa menjadi peluang menarik jika desa tempat Anda tinggal adalah kawasan wisata. Traveler sudah pasti menjadi target pasar produk oleh-oleh Anda.

Namun, meski daerah Anda tidak ramai turis, Anda tetap bisa menjual oleh-oleh.

Buatlah berbagai kreasi unik dengan tangan Anda sendiri untuk membuat souvenir acara, seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun dan lain sebagainya.

Baca juga  15 Contoh Etika Bisnis dalam Kehidupan Sehari hari

11. Pulsa dan Kebutuhan Internet Lainnya

Anda juga dapat membuat kacang-kacangan dan kebutuhan internet lainnya, seperti kuota, seperti ide bisnis rumahan di desa.

Berbeda dengan kota besar yang masyarakatnya dapat dengan mudah membeli pulsa dan kuota di minimarket atau online, masyarakat desa cenderung mengabaikan masalah ini.

Oleh karena itu, penjualan legum dan kuota bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Selain itu, internet telah menjadi salah satu kebutuhan penting untuk berkomunikasi.

12. Agen Pengiriman Barang

Peluang usaha rumahan di desa lainnya yang bisa Anda garap adalah agen ekspedisi barang. Hal ini sangat penting untuk menunjang mobilitas barang, baik dari desa ke kota maupun sebaliknya.

Selain itu, dengan semakin berkembangnya tren belanja online di masyarakat, ide bisnis ini terlihat sangat menjanjikan.

Oleh karena itu, jasa pelayaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan untuk mendukung perekonomian setempat.

13. Kios Token Listrik

Sekarang banyak rumah tangga yang menggunakan listrik pascabayar. Dengan cara ini, Anda juga bisa membuka kios yang menjual token listrik untuk mendapatkan keuntungan.

14. Perdagangan telur online

Siapa yang tidak tahu telur? Produk hewani ini banyak yang mengkonsumsinya dan menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan olahan hingga pembuatan kue, pembuatan roti, dan olahan lainnya. Pastinya banyak yang membutuhkannya setiap hari, apalagi dijual online memang laris.

Selain produk pertanian, produk hewani juga sangat dibutuhkan masyarakat. Maka carilah bisnis yang mudah ditemukan dan dibutuhkan masyarakat agar hasil yang disampaikan dalam penjualan bisa maksimal. Hasil ternak ini sangat diminati saat ramai.

Itulah berbagai peluang Bisnis Rumahan di Desa yang bisa Anda mulai. Semoga bisa menginspirasi Anda!

Berita Terkait

Potensi Bisnis Telur untuk Pemula Modal Kecil
Varian Rasa untuk Bisnis Kopi Kekinian
Karakteristik Perusahaan Dagang : Pengertian, Contoh dan Jenisnya
Jenis Jenis Usaha Perseorangan Beserta Contohnya
8 Ide Bisnis Makanan di Rumah yang Menguntungkan
11 Cara Tepat Analisis Peluang Usaha Agar Bisnis Berkembang!
15 Inspirasi Bisnis Kecil Kecilan Yang Menguntungkan
10 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Dijamin Untung Besar

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 08:08

Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:57

Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 16 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:29

Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:04

Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:42

Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 11 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:38

Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 20 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:10

Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:29

Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Berita Terbaru