16 Contoh Blog Bisnis Inspirasi Untuk Pengusaha

Contoh Blog Bisnis
fastwork

Hallo sobat uspace semua, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa contoh blog bisnis yang telah kami rangkum sebelumnya. Blogging diperkenalkan ke Indonesia oleh Enda Nasution yang juga dikenal sebagai bapak blogger Indonesia. Julukan itu bukan tanpa alasan. Enda tercatat sebagai blogger pertama di Indonesia dan memperkenalkan blogging kepada masyarakat Indonesia dalam artikel “Apa itu blog” pada tahun 2001.

Contoh Blog Bisnis
lummoshop

Pada tanggal 27 Oktober 2007, Enda bersama beberapa blogger nasional lainnya mengadakan Pesta Blogger yang juga diprakarsai oleh perusahaan konsultan komunikasi Maverick. Tujuan dari acara ini adalah menjadi wadah berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang blogging.

Bacaan Lainnya

Perayaan blogger ini menjadi cikal bakal Hari Blogger Nasional. Saat itu, sambutan pembukaan disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh yang berinisiatif mencanangkan 27 Oktober sebagai hari blogger nasional.

Pada tahun 2015, Antara melaporkan bahwa 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia adalah blogger, atau sekitar 3 juta blogger. Jumlah ini kecil mengingat jumlah penduduk Indonesia lebih dari 200 juta. Meski jumlah blogger di Indonesia masih relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk, namun minat untuk ngeblog tetap ada, terutama di kalangan anak muda dan ibu-ibu.

Yang sudah punya blog bisa terinspirasi untuk membuat blog yang lebih baik lagi. Bagi yang belum memiliki blog, contoh blog di bawah ini dapat mendorong Anda untuk memulai blogging.

16 Contoh Blog Bisnis

1. Trinity Traveler

Contoh blog bisnis ini mungkin sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Trinity terkenal karena cerita perjalanan luar negeri beranggaran rendah, yang dia bagikan di blognya. Ia juga dikenal sebagai travel blogger pertama di Indonesia.

Trinity Traveler mulai menulis catatan setiap kali dia bepergian dan mulai membagikan cerita perjalanannya di blognya pada tahun 2005. Sejak saat itu, cerita perjalanan nya menjadi populer dan menginspirasi banyak orang untuk mengabadikan kisah perjalanannya dengan menulis.

2. Gari Cruze

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, blog bisa menjadi salah satu cara untuk “mempromosikan” diri Anda atau personal brand Anda. Gari Cruze menggunakan blognya sebagai portofolio sehingga ketika seseorang ingin menggunakan jasanya, dia tahu kualitas pekerjaannya. Dia adalah seorang copywriter Amerika. Dia memiliki blog yang menampilkan karyanya sebagai copywriter untuk produk seperti Slack, P&G, dan US Xpress Shipping.

3. Snack Kids

Terkadang orang Indonesia mencarinya di Google terlebih dahulu saat ingin memutuskan ingin makan apa. Ini merupakan peluang bagi Anda yang tertarik dengan dunia kuliner. Anda dapat membuat blog yang berisi ulasan makanan dan restoran.

Salah satu food blogger yang terkenal di Indonesia adalah Anak Snack. Blog ini dijalankan oleh pasangan Julia Veronica dan Marius Tendera. Blog berbahasa Inggris ini juga telah memenangkan banyak penghargaan seperti Influence Asia 2017, RCTI Socmed Awards 2016 dan Dreamer Radio Celegram Award

4. Robbie Leonardi

Kreativitas selalu dibutuhkan untuk menonjol dari kerumunan orang dengan bakat yang sama. Robbie Leonardi adalah seorang desainer ilustrasi yang menggunakan situs web pribadinya sebagai resume dan portofolio dengan cara yang kreatif. Pengunjung situs web dapat melihat resume dan portofolio Robbie melalui permainan sederhana di situs webnya.

5. Gary Sheng

Situs web pribadi Gary Sheng mencakup riwayat pelatihan, proyek, dan pengalaman kerjanya. Gary berhasil menunjukkan keahlian rekayasa perangkat lunak dan pengembangan webnya dengan baik dalam desain situs web. Jika Anda ingin membuat situs pribadi sederhana, Anda dapat mengikuti situs web pribadi Gary Sheng.

6. Viewpoint (Nukman Luthfie)

Nukman adalah salah satu blogger yang memulai Pesta Blogger 2007 bersama Enda Nasution. Ia dikenal sebagai pakar media sosial dan pemasaran digital di Indonesia. Di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan diri untuk menulis di blog pribadinya Angle of View. 

7. Kendra Shafer

Kendra tidak hanya menampilkan resume dan portofolio di website pribadinya. Dia juga aktif menulis artikel perjalanan dan teknologi untuk saluran blognya. Selain melihat proyek-proyek profesional Kendra, pengunjung juga dapat membaca tentang kehidupan pribadinya melalui artikel blognya.

8. Diana Ricasari

Menjadi seorang blogger membutuhkan konsistensi. Salah satunya sesuai dengan topik yang akan kita bahas. Salah satu topik yang paling populer di Indonesia adalah fashion. Jika Anda tertarik dengan dunia fashion, Anda bisa menggunakan blog Diana Rikasar sebagai inspirasi. Dengan melihat blognya, Anda tahu blognya adalah blog fashion. Selain blog, Diana juga aktif membuat vlog di channel YouTube dan menulis buku.

9. Everywhereist

Butuh lebih banyak contoh blog bisnis ? Everywhereist bisa menjadi contoh seorang blogger sebagai sumber inspirasi. Dia adalah blog perjalanan Geraldine DeRuiter, yang dipilih oleh majalah TIME sebagai blog terbaik tahun 2011.

Blognya kebanyakan berisi cerita tentang berkeliling dunia bersama suaminya. Ia juga menerbitkan buku berdasarkan kisah perjalanannya yang berjudul “Di Seluruh Tempat”

10. Minimalist Baker

Jika blog Anak Jajanan lebih banyak tentang makanan dan restoran, blog makanan ini menawarkan lebih banyak konten resep. Minimalist Baker dijalankan oleh Dana, seorang pengembang resep, produser konten, dan fotografer makanan. Dana telah menjalankan blog ini sejak 2010 dan juga aktif sebagai penulis buku masak.

11. Christopher Lee

Desainer grafis biasanya memajang karyanya di Dribbble. Selain Dribbble, desainer grafis juga dapat memamerkan karya mereka di situs web pribadi mereka. Seperti Christopher Lee.

Christopher Lee memamerkan karya profesionalnya di situs web pribadinya, mendesain untuk Wendy’s, Line Corp, Honda Canada, dan Nickelodeon.

12. Blog mobil Nick

Penggemar mobil juga dapat memulai blog tentang topik ini. Anda dapat mengisi blog Anda dengan konten terkait mobil, perawatan mobil, berita mobil terbaru, dan banyak lagi.

Contoh blog bisnis mobil yang bagus adalah blog mobil Nick. Blog Nick Rochon terutama berisi artikel tentang mobil Audi. Ia juga berbagi tips memilih mobil dan pengalaman dalam memodifikasi beberapa mobil.

13. Mira Sahid

Orangtua juga bisa memulai blog parenting. Mira Sahid adalah salah satu parenting blogger paling terkenal di Indonesia. Ia juga merupakan pendiri Blogger Emak Collection, yang kini memiliki sekitar 1000 anggota.

14. Agus Mulyadi

Selain bekerja sebagai pemimpin redaksi Mojok, Agus Mulyadi juga aktif menulis di blog pribadinya. Blog pribadi Gus Mul kebanyakan berisi cerita tentang kesehariannya. Blog ini juga membuat Gus Mull menjadi pembicara di BBC Indonesia Ask and Question #TrenSocial.

15. Sugeng.id

Blog ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sering belajar tentang blogging, WordPress, Blogspot dan SEO. Banyak artikel yang masuk 3 besar hasil pencarian Google, jadi bisa dipastikan blognya juga banyak pengunjungnya.  

16. Quinton Harris

Bagi Anda yang membutuhkan inspirasi untuk membuat website pribadi untuk resume yang menarik, Anda bisa menggunakan website Quinton Harris sebagai contoh. Halaman beranda situs webnya memiliki 11 sorotan dari hidupnya, mulai dari riwayat keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja hingga keterampilan.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh blog bisnis yang kami rekomendasikan untuk sobat uspace semua. Membuat blog sekarang lebih mudah dari sebelumnya. Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar dengan penyedia hosting blog seperti Blogspot atau WordPress, ikuti petunjuk dan blog Anda siap. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *