Berbagai Strategi Promosi Bisnis yang Jitu

promosi bisnis

Berbagai promosi bisnis saat ini beroperasi, dari makanan ringan hingga minuman hingga layanan transportasi penumpang. Tentunya agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan diminati maka diperlukan strategi promosi penjualan yang tepat. Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa strategi pemasaran modern yang cocok untuk bisnis yang berbeda.

Strategi Promosi Bisnis 20222

1. Social Media Marketing

Strategi pertam promosi bisnis melalui Social Media. Perkembangan internet di dunia termasuk Indonesia membuat banyak orang menggunakan media sosial untuk strategi promosi penjualannya, mulai dari mencari teman hingga mempromosikan bisnisnya. Medsos adalah cara paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan apa pun.

Bacaan Lainnya
promosi bisnis

Fitur-fitur yang tersedia di media sosial saat ini mendukung pemasaran berbagai macam perusahaan. Contoh media sosial yang sering menjadi langganan bisnis adalah Instagram.

Media sosial yang di dedikasikan untuk mengunggah gambar dan video sangat bagus untuk bisnis. Selain itu, penggunaan hashtag di Instagram dapat menarik konsumen baru. Dengan bantuan media sosial, pemasaran produk menjadi lebih mudah, efisien dan murah.

2. Dengan Membuat Website

Website Selain menggunakan media sosial, membuat website kini menjadi strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis. Keberadaan website ini membuat promosi bisnis yang di iklankan lebih layak dan profesional. sederhananya adalah seseorang yang telah memiliki bisnis dekorasi pernikahan.

Untuk lebih profesional, seorang wirausahawan tidak hanya menggunakan media sosial tetapi juga dapat menggunakan website. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan tempat orang tersebut terlibat dikenal banyak orang dan dapat di temukan di mesin pencari seperti Google. Membuat website sebagai strategi pemasaran bisa dibilang mudah dan sulit.

3. Berjualan via marketplace

Tidak hanya media sosial yang sering di kunjungi oleh perkembangan Internet, kemunculan marketplace juga merupakan konsekuensi dari perkembangan Internet. Tidak hanya satu situs yang di kembangkan di Indonesia, ada puluhan bahkan ratusan tempat jual beli.

Setiap marketplace juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Menggunakan marketplace merupakan strategi promosi yang tepat karena promosi  bisnis yang beroperasi di marketplace dapat di pasarkan dengan kategori tertentu.

Misalnya seseorang memiliki usaha jual beli sepeda motor, maka sepeda motor yang di pasarkan di marketplace tersebut tergolong sepeda motor. Dengan pemasaran berdasarkan kategori, orang dapat menemukan barang dengan mudah.

4. Membuat Video Promosi Tentang Youtube

Ketika Anda mendengar kata Youtube, Anda memikirkan sebuah platform yang berisi banyak video dalam berbagai kategori. Misalnya game, horor, vlog dan kategori lainnya. Youtube bukan hanya alat pembuatan konten, itu adalah alat yang tepat untuk promosi bisnis sebagai strategi promosi. Ini di karenakan video lebih mudah menarik perhatian orang daripada teks.

Video promosi juga dapat menggunakan metode yang berbeda untuk durasi yang lama, video promosi dengan animasi dan metode lainnya. Hal terpenting dalam pemasaran video promosi ini adalah bagaimana video yang dibuat dapat menarik perhatian orang.

5. Pemasaran dengan Meme Memasarkan

bisnis di media sosial memang sangat efektif, namun pernahkah Anda memasarkan produk dengan meme? Jika bisnis Anda menyasar anak muda, akan lebih tepat menggunakan meme. Strategi periklanan ini termasuk strategi periklanan saat ini dan juga mudah di ingat oleh banyak orang.

Promosi produk melalui meme juga lebih mudah di sebarluaskan, mengingat banyak sekali akun media sosial yang menyajikan meme kepada pengikutnya. Perusahaan yang di dukung oleh meme dengan strategi periklanan dimungkinkan untuk dibagikan di akun meme media sosial.

6. promosi bisnis Selebriti Dengan

berkembangnya internet dan Instagram, orang yang memiliki banyak pengikut di Instagram menjadi pusat perhatian. Istilah saat ini untuk individu tersebut adalah selebriti atau selebriti Instagram. Keberadaan para selebriti ini sangat memudahkan untuk di jadikan strategi promosi produk melalui endorsement.

Selebriti ini dapat dihubungi melalui pesan Instagram atau pesan langsung untuk mengajukan pertanyaan tentang tarif konfirmasi. Instagram endorsement juga memiliki nama lain yaitu paid advertising atau promosi berbayar. Dengan konfirmasi tersebut, perusahaan yang dikelola menjadi semakin dikenal banyak orang karena selebriti yang mempromosikannya.

7. Buat spanduk atau pamflet yang menarik

Tentu saja di jalan bebas hambatan Anda sering menemukan spanduk menarik yang dapat menggelitik seseorang atau membuat mereka bertanya-tanya tentang spanduk tersebut. Ada juga spanduk yang dikibarkan di jalanan dalam jumlah banyak per meter. Ini merupakan contoh strategi periklanan yang unik namun menjengkelkan. Metode ini seperti pedang bermata dua, bisa menguntungkan dan merugikan.

8. Memahami target pasar produk

Sebelum menerapkan strategi periklanan di atas, para pengusaha tentunya harus memahami produk apa saja yang dipromosikan. Misalnya, jika anak muda adalah target audiens produk, pemasaran di media sosial seperti Instagram bisa menjadi pilihan.

9. Masuk Ke Komunitas Sesama Pebisnis

Bergabung dengan komunitas pengusaha Tentu saja Anda tidak bisa menjalankan bisnis sendirian, setidaknya seorang pengusaha membutuhkan pengusaha. Keberadaan pengusaha lain ini cenderung saling berbagi bisnis yang dijalankan, bertukar tips promosi dan sering bekerja sama untuk memulai bisnis baru.

10. Mengembangkan hubungan dengan media

Selain mengembangkan hubungan dengan pelaku bisnis lain, para pelaku bisnis juga dapat mengembangkan hubungan dengan media. Media pemasaran juga bisa menjadi solusi bisnis Anda untuk menarik banyak konsumen.

Saat ini banyak perusahaan yang dijalankan oleh banyak orang dan juga banyak menerapkan strategi pemasaran. Tidak ada

salahnya bagi para pebisnis pemula untuk mencoba strategi promosi di atas untuk menarik minat konsumen. Satu hal lagi, jika cara di atas tidak terlalu menarik, jangan menyerah. Jalan menuju sukses masih ada.

Kesimpulan

Ini adalah 10 strategi periklanan yang harus Anda ketahui jika Anda ingin memulai bisnis. Promosi bisnis merupakan hal yang penting dalam bisnis. Jika Anda menginginkan bisnis yang sejahtera dan makmur, Anda perlu mengetahui strategi bisnis terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga akuntansi yang tepat dan optimal dengan menggunakan software akuntansi yang dapat mengelola keuangan Anda dengan baik tanpa takut penipuan keuangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *