11 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial. Banyak orang menganggap platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram hanya sebagai saluran untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Namun nyatanya, Manfaat Media Sosial untuk Bisnis juga banyak di rasakan di berbagai jenis industri.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Lantas apa saja manfaat media sosial bagi bisnis yang bisa diraih? Berikut ulasan Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya!

Bacaan Lainnya

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya

Sebelum kita membahas cara menggunakan media sosial untuk bisnis. Ada baiknya untuk mengetahui bagaimana media sosial dapat menguntungkan bisnis, berikut beberapa poinnya:

1. Mengumpulkan data pelanggan

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dapat di gunakan untuk mengumpulkan data pelanggan. Setiap hari ada lebih dari 500 juta tweet, 4,5 miliar suka di Facebook dan 95 juta foto dan video di unggah di Instagram. Di balik jumlah yang sangat besar ini terdapat banyak informasi tentang pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka sukai, dan apa yang mereka pikirkan tentang merek tersebut.

Melalui pendekatan aktif dan mendengarkan apa yang terjadi di media sosial, Anda dapat mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Misalnya, dengan mengumpulkan informasi dari semua jejaring sosial secara real time, Anda dapat menemukan percakapan yang terjadi seputar merek dan menghasilkan laporan real-time.

2. Meningkatkan loyalitas dan kesadaran merek

Ketika kehadiran sebuah merek terlihat di media sosial, akan lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan dan terhubung dengan merek tersebut. Terhubung dengan pelanggan di media sosial membuat Anda lebih mungkin untuk meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas merek.

Ini adalah salah satu manfaat penting dari media sosial untuk bisnis. Sebuah studi menemukan bahwa 53 persen orang Amerika yang mengikuti sebuah merek di media sosial lebih setia pada merek tersebut.

3. Menjalankan iklan dengan hasil real time

Iklan media sosial tidak mahal dan merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda dan mendistribusikan konten Anda. Iklan ini juga menawarkan opsi penargetan yang kuat sehingga Anda dapat menjangkau audiens yang tepat.

Misalnya, bila Kamu melaksanakan kampanye iklan di LinkedIn, Kamu bisa membuat segmen semacam posisi, tipe kelamin, serta umur. Dikala Kamu melaksanakan iklan Facebook, Kamu bisa menargetkannya bersumber pada posisi, demografi, atensi, sikap, serta koneksi. Anda juga dapat melacak dan mengukur efektivitas iklan media sosial secara real time.

4. Memperoleh lead dengan konversi lebih tinggi

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan melalui interaksi reguler dan layanan pelanggan berbasis waktu. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa perusahaan kelas dunia menilai media sosial sebagai cara paling efektif untuk mengidentifikasi pengambil keputusan utama dan peluang bisnis baru.

Mendapatkan prospek adalah salah satu manfaat media sosial untuk bisnis. Hampir 75 persen bisnis yang terkait dengan penjualan media sosial melaporkan peningkatan penjualan dalam 12 bulan, menurut data dari tahun 2015.

5. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Lebih dari 67 persen konsumen saat ini menggunakan media sosial untuk layanan pelanggan. Mereka mengharapkan respon yang cepat, dukungan layanan 24 jam dan perusahaan yang dapat memberikan solusi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa perusahaan yang terlibat dalam layanan pelanggan di media sosial mengalami keuntungan finansial tahunan 7,5 persen lebih besar daripada yang tidak (2,9 persen).

6. Meningkatkan Traffic Situs dan Peringkat Pencarian

Salah satu Manfaat Media Sosial untuk Bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan lalu lintas situs web. Media sosial tidak hanya membantu Anda mengarahkan orang ke situs web Anda, tetapi semakin banyak share yang Anda terima di media sosial, semakin tinggi peringkat pencarian Anda.

Misalnya, jika setiap orang yang mengikuti kemudian me-retweet postingan tersebut, postingan tersebut memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google.

7. Mengetahui apa yang kompetitor lakukan

Dengan memantau media sosial, Anda dapat memperoleh informasi penting tentang pesaing bisnis. Metode ini memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis yang strategis untuk tetap unggul. Misalnya, Anda dapat membuat aliran pencarian untuk memantau kata kunci industri dan menyebutkan nama dan produk pesaing. Berdasarkan hasil pencarian, Anda dapat mempromosikan produk, layanan, dan konten yang tidak di miliki pesaing.

8. Berbagi konten lebih cepat dan mudah

Inilah keunggulan media sosial untuk bisnis yang bisa langsung di rasakan. Hal ini karena berbagi konten sekarang dapat di lakukan dengan cepat dan mudah dengan audiens hanya dengan memposting di media sosial

Di masa lalu, tim pemasaran menghadapi tantangan untuk memastikan bahwa konten mereka mencapai pelanggan dalam waktu secepat mungkin. Menggunakan media sosial, terutama ketika berbagi konten tentang bisnis atau untuk kurasi konten, Anda hanya perlu membagikannya ke akun jejaring sosial merek.

9. Konten geo target

Geografis Penargetan geografis adalah cara efektif untuk mengirim pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka. Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki alat yang memungkinkan Anda mengomunikasikan jenis konten yang tepat kepada audiens Anda.

Misalnya, Anda dapat menargetkan pesan ke pengikut di negara tertentu atau mengirim pesan dari halaman Facebook dan LinkedIn ke grup tertentu berdasarkan parameter geografis dan demografis. Anda juga dapat menggunakan penargetan geografis untuk menemukan percakapan yang relevan dengan merek Anda.

10. Membina relasi

Media sosial tidak hanya tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media sosial, tetapi juga menjadi saluran dua arah di mana Anda memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan pelanggan.

Misalnya, Manfaat Media Sosial untuk Bisnis memberi merek pariwisata kesempatan untuk berdialog dengan wisatawan dan dengan demikian menciptakan hubungan dengan pelanggan sebelum, selama, dan setelah mereka memesan akomodasi perjalanan dengan perusahaan. Dialog semacam ini di media sosial antara merek dan pelanggan adalah sesuatu yang tidak dapat di capai dari periklanan tradisional.

11. Meningkatkan posisi di mesin pencari

Ketika seseorang ingin membeli suatu produk, biasanya mereka akan membuka internet dan memasukkan kata kunci tertentu. Manfaat Media Sosial untuk Bisnis selanjutnya adalah meningkatkan peringkat mesin pencari. Berada di posisi teratas tentunya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Tentu saja, peringkat ini juga sangat bergantung pada berapa banyak pengikut yang Anda miliki di media sosial. NoLimit Online Loyalty bisa menambah followers media sosial dengan cara yang menyenangkan. Ini juga dapat menciptakan keterlibatan yang lebih besar dan tentu saja menguntungkan bisnis Anda.

Apakah Anda Sudah Mengetahui Manfaat Media Sosial untuk Bisnis?

Demikian informasi mengenai Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan tips menggunakannya. Baik bisnis bergantung pada Facebook, Snapchat, Twitter, atau kombinasi semuanya, dengan memilih platform yang tepat, mengidentifikasi tujuan utama, dan merencanakan konten, Anda dapat yakin bahwa Anda menggunakan media sosial untuk mendorong strategi bisnis lebih cepat. Semoga ini bisa membantu dan semoga sukses di web!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *