Cara Bisnis di Alibaba Untuk Pemula Agar Banyak Cuan!

Cara Bisnis di Alibaba

Buat kamu yang suka belanja online, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Alibaba. Ternyata banyak sekali Cara Bisnis di Alibaba, lho. Perusahaan yang beroperasi di pasar ini pertama kali didirikan oleh seorang pengusaha sukses bernama Jack Ma pada tahun 1999.

Cara Bisnis di Alibaba

Dengan total 251.462 karyawan per Maret 2021, kinerja Alibaba memang tak terbantahkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin bergabung sebagai penjual, Anda perlu mengetahui informasi tentang cara berjualan di Alibaba.

Bacaan Lainnya

Di era pandemi Covid-19 ini, banyak pengusaha muda dan belum berpengalaman mulai merambah dunia online. Mereka mulai memanfaatkan marketplace yang sedang digemari masyarakat, salah satunya Alibaba.

Apa itu Alibaba?

Seperti yang telah disebutkan, Alibaba adalah perusahaan komersial besar yang telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di China. Alibaba.com kini dipimpin oleh Daniel Zhang sebagai chairman. Perusahaan ini juga memberikan dukungan permodalan kepada perusahaan sejenis lainnya seperti Lazada dan Tokopedia.

Hal ini dilakukan Jack Ma untuk menghindari persaingan bisnis dengan perusahaan sejenis Alibaba. Hingga saat ini, Alibaba.com diklaim sebagai bisnis jual beli yang telah melebarkan sayapnya ke 190 negara. Pengusaha di Alibaba tidak hanya pengecer kecil, tetapi juga perusahaan manufaktur, grosir, dan ekspor dan impor antar negara.

Perusahaan ini juga merupakan perusahaan induk dari 11 perusahaan online populer lainnya. Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya terlibat dalam jual beli online, seperti Alibaba, tetapi juga dalam pengiriman barang, periklanan, pembiayaan, studi, dll.

Oleh karena itu, Alibaba adalah perusahaan besar yang sudah dikenal banyak orang.

Alasan Berjualan di Alibaba

Jika Anda seorang pebisnis pemula yang ingin Cara Bisnis di Alibaba dan masih ragu untuk memasarkan barang Anda di Alibaba.com. Berikut ini, kami akan memberi tahu Anda apa keuntungan Anda jika Anda berjualan di Alibaba? Anda dapat menggunakan ini sebagai alasan utama Anda.

1. Skala Penjualan Terbesar di Dunia

Alibaba adalah marketplace untuk jual beli dengan skala penjualan terbesar di dunia. Website yang memiliki hampir jutaan pengguna di setiap negara ini juga membuka peluang bagi Anda yang ingin mengirimkan barang Anda ke luar negeri. Ini karena Alibaba sendiri memiliki anak perusahaan yang bisa mengirim paket Anda ke luar negeri.

2. Sistem Cost per Inquiry Paling Mudah

Alibaba juga merupakan salah satu situs online yang memiliki biaya per permintaan termudah jika kita bandingkan dengan situs jual beli online lainnya. Bagi Anda yang bingung, price per query adalah harga yang Anda butuhkan untuk mendapatkan feedback dari orang lain tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan. Ini juga merupakan bagian dari iklan langsung. Jika kita menarik banyak minat dari pembeli, produk kita juga akan lebih populer dan diminati.

3. Tersedia Fitur Canggih

Di website Alibaba juga memiliki banyak sekali fitur dan fungsi yang sangat canggih dan tentunya sangat berguna untuk meningkatkan jadwal penjualan anda. Ada teknologi kecerdasan buatan, penyimpanan cloud, untuk mesin pencari yang sangat akurat. Fitur-fitur canggih tersebut selain memudahkan pembeli tentunya juga memudahkan Anda. Karena kemungkinan produk Anda muncul di website pembeli akan lebih tinggi.

Sistem Berjualan Alibaba

Namanya perusahaan online, tentunya sistem penjualan di Alibaba adalah online. Sebagai calon penjual, Anda harus memasarkan dan mendaftarkan produk Anda pada menu khusus yang tersedia di Alibaba. Hal ini agar produk dapat diposting dan terlihat di website akun pembeli.

Seperti jual beli online website pada umumnya. Anda tidak akan merasa ribet dan sulit untuk memasarkan barang Anda karena Alibaba adalah bisnis online yang bergerak seharian tanpa henti.

Bisa jadi saat Anda memasukkan barang-barang Anda di malam hari sebelum tidur, sudah ada pembeli yang tertarik dengan barang Anda saat Anda bangun tidur. Menjual di Alibaba juga cukup fleksibel. Ini berarti Anda dapat bernegosiasi dengan pelanggan kapan saja sesuai pilihan Anda.

Di Alibaba, ada dua jenis sistem penjualan yang tersedia, yaitu:

1. Penjual Gratis

Cara Bisnis di Alibaba Jika Anda seorang penjual pemula yang ingin mencoba berjualan di Alibaba.com, Anda bisa menggunakan fitur gratis yang tersedia di Alibaba. Tentunya fitur free seller ini menggunakan cara yang biasa dan fitur yang biasa untuk menjual barang-barangnya.

2. Gold Supplier

Bagi pebisnis yang ingin meningkatkan kinerja penjualan di Alibaba, Anda dapat menggunakan fitur Pemasok Emas. Menjadi pemasok emas berarti Anda harus membayar Alibaba untuk menjual barang. Namun jangan salah, fitur ini memang memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah item Anda masuk dalam daftar teratas sistem pencarian Alibaba. Menjadi salah satu daftar teratas membuat pembeli yang melewati situs Alibaba lebih tertarik dengan toko Anda.

Menjadi pemasok emas berarti membuktikan bahwa Anda adalah toko terpercaya yang membuat pelanggan pasti lebih memilih Anda daripada yang lain. Kasus penipuan adalah salah satu kasus yang rentan ditemukan di Alibaba.com, penipuan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ini bertujuan untuk mendiskreditkan Alibaba.com

Cara Bisnis di Alibaba Dengan Mudah dan Banyak Cuan

Cara Bisnis di Alibaba ada 2 cara. Langkah-langkahnya cukup mudah, yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Daftarkan Usaha Kamu

Cara Bisnis di Alibaba yang pertama adalah mendaftarkan. Buka Alibaba dari web atau ponsel Anda, lalu daftarkan nama bisnis Anda di menu “Sign Up Free” seperti terlihat pada gambar berikut. Anda akan menerima pemberitahuan dari Alibaba untuk meningkatkan akun Anda menjadi pemasok emas. Jika tidak mau, abaikan saja.

Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa Anda diharuskan untuk mengisi data pribadi Anda, seperti kewarganegaraan, email, kata sandi yang akan Anda gunakan setiap kali Anda memasukkan akun, nama Anda dan nama perusahaan Anda. Maka Anda harus membaca dan menyetujui kebijakan dan aturan Alibaba. Untuk cara cepat, Anda juga dapat mendaftarkan akun Anda dari facebook, gmail, twitter atau linkedin.

2. Mengisi Profil Perusahaan

Cara Bisnis di Alibaba mengharuskan Anda memiliki nama bisnis atau ritel Anda sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penipuan oleh individu yang berdiri sendiri. Tentunya sebagai pebisnis, Anda perlu memikirkan nama akun Anda agar lebih mudah populer di mata pembeli.

3. Lengkapi Informasi Produk

Cara Bisnis di Alibaba Setelah Anda mendaftarkan biodata pribadi dan perusahaan Anda, Anda dapat memasarkan produk Anda di menu “Tampilkan produk baru”. Pada menu tersebut Anda bisa memasukkan jenis barang atau jasa yang ingin Anda tawarkan, harganya, dan jangan lupa untuk memasukkan informasi yang lengkap. Informasi yang lengkap dapat membantu produk Anda menjadi lebih menarik karena memiliki informasi yang jelas.

Tips Sukses Berjualan di Alibaba

Bagi Anda yang tidak puas dengan fitur gratis yang ditawarkan Alibaba, Anda bisa menjadi pemasok emas. Triknya adalah mengupgrade akun Anda terlebih dahulu. Pada menu utama akun Anda, tepat di sebelah tulisan “Akun Saya” Anda akan melihat tombol “Tingkatkan ke Pemasok Emas”. Jika Anda memilih tombol, Anda akan terhubung ke menu seperti berikut. Cara Bisnis di Alibaba

Anda dapat memilih jenis yang Anda inginkan dan melakukan pembayaran melalui rekening atau pembayaran lain yang dapat Anda pilih. Anda kemudian dapat menjual barang seperti biasa.

Cara Bisnis di Alibaba Ingin sukses berjualan? Tentunya ada tips yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

1. Buatlah deskripsi produk Anda semenarik mungkin

Produk yang dapat menarik perhatian pembeli adalah produk yang memiliki “iklan” yang baik. Gambar yang Anda edit sedemikian rupa juga dapat meningkatkan keinginan pembeli untuk membeli produk Anda.

2. Selalu cepat merespon pembeli

sifatnya selalu ingin cepat. Jika Anda dinilai kurang efisien dan ketat, Anda akan tertipu oleh penjual lain yang menjual barang serupa dengan milik Anda.

3. Manfaatkan Fitur Alibaba

Selalu mencoba memanfaatkan fitur yang tersedia di Alibaba. Caranya adalah dengan mengisi keseluruhan kuesioner dan pertanyaan yang diajukan Alibaba kepada Anda. Tentunya hal ini dapat meningkatkan promosi barang Anda kepada pembeli.

Cara Bisnis di Alibaba beserta trik suksesnya. Anda dapat memulai bisnis Anda dengan cerdas dan hati-hati. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menjadi pebisnis sukses menggunakan Alibaba. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *