Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Dan Tujuannya

studi kelayakan bisnis.

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis, ide cemerlang saja tidak cukup untuk membuat bisnis sukses. Ada beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan. Oleh karena itu, studi kelayakan bisnis harus dilakukan.

Meskipun penting untuk dilakukan, banyak pengusaha sering mengabaikan studi kelayakan ini. Akibatnya, beberapa upaya terkadang terhenti atau bahkan gagal.

Bacaan Lainnya

Namun, apa sebenarnya studi kelayakan bisnis itu? Apa perannya dalam mengantarkan bisnis menuju kesuksesan?

studi kelayakan bisnis

Pengertian studi kelayakan bisnis

Bagi sebagian orang awam atau profesional bisnis, studi kelayakan mungkin terdengar asing. Padahal, penelitian ini memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Oleh karena itu, ada baiknya pebisnis pemula terlebih dahulu memahami seluk beluk kegiatan ini.

Berdasarkan Investopedia, studi kelayakan bisnis adalah kegiatan yang di lakukan untuk menentukan layak atau tidaknya suatu bisnis. Kegiatan ini meliputi mengidentifikasi masalah, peluang, menetapkan tujuan, menggambarkan situasi bisnis dan mengevaluasi berbagai keuntungan yang akan dihasilkan.

Dalam kaitannya dengan bisnis, penelitian ini dapat di gunakan untuk membantu para pengusaha membuat keputusan yang tepat. Bagi seorang pemula, kajian ini sangat penting, karena bisa menghindarkan pebisnis dari kerugian.

Saat melakukan penelitian ini, ada lima area yang akan di teliti dan di analisis. Kelima area tersebut adalah:

  1. deskripsi pasar
  2. , deskripsi bisnis,
  3. teknologi yang di butuhkan,
  4. detail mengenai struktur keuangan dan organisasi bisnis,
  5. kesimpulan tentang bagaimana bisnis dapat berkembang.

Aspek 

Studi Kelayakan Bisnis Dalam melakukan studi kelayakan, ada banyak aspek yang perlu di kaji. Pada dasarnya aspek-aspek tersebut bersifat fleksibel, sehingga dapat di tambah atau di kurangi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Namun demikian, ada beberapa aspek dasar yang pasti di teliti ketika melakukan analisis studi kelayakan, antara lain:

1. Aspek hukum atau legal

Salah satu aspek yang pasti di teliti ketika melakukan studi kelayakan adalah aspek hukum atau legal. aspek hukum. Ini mencakup semua masalah yang berkaitan dengan legalitas atau ketentuan hukum dalam mendirikan perusahaan.

Dalam aspek hukum, poin-poin yang di analisis adalah izin lokasi, tanda daftar perusahaan, NPWP, akta pendirian perusahaan dari notaris, surat izin usaha dagang (SIUP) dan lain-lain.

2. Aspek ekonomi dan budaya

Mengenai aspek ekonomi dan budaya, studi kelayakan menganalisis dampak yang ditimbulkan perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Dari perspektif budaya, studi kelayakan akan menganalisis bagaimana pengaruh perusahaan terhadap adat istiadat setempat.

Sedangkan dari segi ekonomi di lakukan analisis bagaimana perusahaan tersebut berdampak pada tingkat pendapatan per penduduk di wilayah dimana perusahaan didirikan.

3. Aspek Pasar dan Pemasaran Pasar

dan pemasaran merupakan aspek dasar yang di kaji dalam studi kelayakan. Analisis yang di lakukan pada aspek ini akan menjawab pertanyaan apakah produk yang di hasilkan perusahaan memiliki peluang pasar.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, yaitu potensi pasar, jumlah konsumen, daya beli masyarakat, segmentasi, situasi persaingan dalam industri, dan lain-lain.

4. Dalam Aspek Manajemen

Aspek Manajemen Studi kelayakan juga memasukkan aspek manajemen sebagai aspek dasar yang akan di analisis. Aspek ini berkaitan erat dengan operasional perusahaan, baik pembangunan maupun pengembangan. Dari semua aspek yang di analisis, aspek manajemen memiliki cakupan yang sangat luas.

Sebab, semua persoalan yang berkaitan dengan operasional perusahaan masuk dalam kategori aspek manajemen, mulai dari pengelolaan sumber daya hingga keuangan perusahaan.

5. Aspek Finansial

Bagi beberapa bisnis, modal merupakan hal terpenting sebelum membangun bisnis. Oleh karena itu, aspek keuanganlah yang menentukan apakah bisnis Anda akan berjalan lancar atau tidak di masa mendatang. Proses penganggaran adalah suatu keharusan jika Anda ingin membuat rencana bisnis yang menyeluruh.

Untuk memudahkan proses penganggaran dan perencanaan keuangan secara keseluruhan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan proses bisnis yang di rencanakan. Tepat online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis online yang memiliki fitur terlengkap untuk memudahkan proses perencanaan keuangan bisnis Anda. Salah satu fitur yang akan membantu Anda merencanakan keuangan bisnis adalah fitur anggaran.

Fungsi ini berfungsi untuk membuat perencanaan berupa angka-angka untuk kelompok akun L/R (pendapatan dan pengeluaran) untuk waktu tertentu di masa yang akan datang. 

Tujuan dilakukannya studi kelayakan bisnis

Seperti di ketahui, studi kelayakan bisnis merupakan penelitian yang harus di lakukan sebelum mengelola suatu bisnis atau proyek. Hal ini di lakukan untuk mengurangi ancaman kerugian yang di terima pelaku usaha. Studi kelayakan dapat di katakan sebagai rencana sebelum realisasi suatu peristiwa atau tindakan. Studi kelayakan sebagai ilmu tentunya memiliki tujuan yang perlu di ketahui oleh penggunanya. Tidak perlu berlama-lama, berikut beberapa tujuan studi kelayakan dari pendapat Kamsir dan Jakfar (2007):

1.Menghindari resiko kerugian

Seharusnya sudah Anda ketahui karena studi kelayakan merupakan konsep perencanaan dan penelitian Ide bisnis di mulai. Dari sini dapat di ketahui bahwa studi kelayakan di lakukan sebelum bisnis di realisasikan. Apapun bentuk bisnisnya, jika di lakukan perencanaan yang tepat, tentunya pengembalian atas kerugian kecil yang di terima oleh pemilik bisnis. Inilah tujuan awal dari studi kelayakan yang selalu menjadi pertimbangan bagi perusahaan bisnis.

2.Memfasilitasi perencanaan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, studi kelayakan di lakukan untuk menyelidiki apakah ide bisnis yang di ajukan layak, atau lebih baik di tunda. Nah, dari penelitian ini, seorang pebisnis di berikan banyak pilihan untuk memikirkan bisnis seperti apa yang sebenarnya cocok dan menguntungkan untuk dijalankan. Dari sekian banyak pilihan tersebut muncul keuntungan lain yaitu kemudahan para pelaku bisnis untuk merancang business plan yang sesuai dengan pasar dan aspek bisnis lainnya yang secara otomatis akan membuat bisnis berjalan lancar di kemudian hari.

3.Mempermudah pelaksanaan pekerjaan

Tujuan selanjutnya masih berkaitan dengan tujuan kedua yang baru saja dibahas. Apa? karena Anda telah membuat rencana menjadi mudah, maka dengan sendirinya Anda akan mudah menerapkan kinerja yang harus di lakukan untuk mencapai apa yang di rencanakan. Anda sebagai pebisnis yang memiliki bisnis jangan hanya seenaknya membiarkan karyawan mengurus masalah kinerja. Sekarang itu salah. Anda perlu tahu, dan ingin tahu, tentang semua rencana yang di kelola.

4.menonton pengawasan

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Anda pasti akan lega dalam hal pengawasan. Jadi mengapa pemantauan diperlukan? Jawabannya tidak lain, kecuali memastikan bahwa semua rancangan rencana yang disusun sejak awal masih aman dan tidak menyimpang. Apakah itu penting? TENTU SAJA, karena dari situlah Anda bisa mengukur keberhasilan bisnis yang di jalankan. Posisi perencanaan sangat penting, sehingga posisi harus selalu di pantau dengan baik.

5.Kemudahan kontrol

Tujuan terakhir membuat kesimpulan yang masuk akal untuk mengakhiri niat baik studi kelayakan bisnis. Tujuan ini akan memudahkan Anda untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi di lapangan. Pengecekan ini dilakukan untuk mengulang kinerja sesuai dengan yang di rencanakan dari awal. Kontrol ini sangat-sangat penting karena akan berdampak langsung pada bisnis yang masih Anda jalankan. Jika seorang pebisnis keluar jalur, tidak ada toleransi ketika bisnis terpaksa gagal (runtuh) Bukankah itu yang Anda hindari?

Nah, beberapa tujuan yang baik dari studi kelayakan bisnis yang harus Anda lakukan. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, karena yang Anda jalankan melibatkan banyak modal. Tidak hanya secara finansial, tetapi yang demikian juga secara spiritual. Ada baiknya, kenali medan pertempuran terlebih dahulu dan kemudian bertarunglah dengan prajurit lain di dalamnya. Nah, di sini semua orang akan bermain sportif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *