7 Ide Bisnis Rice Bowl Rumahan Kekiniasn yang Menjanjikan

- Author

Sabtu, 31 Desember 2022 - 12:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Memasak merupakan bisnis yang banyak di pilih karena di anggap menjanjikan. Selain itu, makanan juga termasuk kebutuhan semua manusia yang harus di penuhi. Dunia kuliner juga mengalami perkembangan pesat. Bisnis Rice Bowl Rumahan buatan sendiri bisa Anda jadikan pilihan yang menjanjikan dan termasuk bisnis memasak kekinian.

Bisnis Rice Bowl Rumahan

Kenapa Harus Usaha Kuliner Rice Bowl?

Berikut adalah alasan mengapa kita harus berbisnis kuliner rice bowl.

1. Target Market Anak Muda

Bisa di bilang bisnis rice bowl adalah bisnis yang bisa bertahan, seperti bisnis nasi, meski di masa pandemi. Hal ini di karenakan semangkuk nasi menjadi cita-cita kuliner anak muda. Saat ini, banyak yang memiliki gaya hidup sederhana dan tidak mau ribet. Maka dari itu rice bowl banyak menjadi pilihan para pekerja, pelajar dan mahasiswa.

Dalam mangkok atau mangkok, Anda sudah bisa menikmati nasi dengan lauk pauk yang nikmat. Cara memakannya juga tidak ribet, membuat rice bowl begitu di gemari. Makanan sederhana ini juga di percaya memiliki nutrisi yang cukup. Rice bowl sendiri merupakan kuliner asal Jepang dan kini begitu mudah di temui di negara lain, dan ternyata bisa di jadikan bisnis rice bowl rumahan.

Beberapa sumber mengklaim bahwa mangkuk nasi tersebut berasal dari Korea. Di Korea di sebut bibimbap, sedangkan orang Jepang menyebutnya donburi rice bowl. Makanan lezat ini identik dengan nasi putih dengan tambahan sayuran yang di masak dengan berbagai bumbu.

2. Memiliki Banyak Variasi

Mendirikan usaha rice bowl rumahan juga tidak sulit, karena sekarang sudah banyak variasi olahan nasi ini. Termasuk dalam masakan sederhana, karena anda tinggal membuat nasi dengan berbagai lauk pauk. Tidak hanya menggunakan menu dari luar negeri, Anda juga bisa menggunakan rice bowl dengan lauk pauk khas Indonesia.

Misalnya ayam rica rica, rendang, cumi tumis cabe hijau, olahan ikan teri sambal balado jengkol. Pada dasarnya rice bowl mirip dengan nasi bungkus atau nasi kaleng, hanya saja dikemas dengan cara yang lebih modern. Dengan banyaknya variasi yang bisa dipilih, tidak sulit bagi Anda untuk mencoba kreasi lain agar berbeda dari yang lain.

3. Modal yang Tidak Banyak

Untuk membuka usaha rice bowl di rumah pun tidak membutuhkan modal yang banyak. Apalagi jika membukanya di rumah, tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan. Bahan-bahan untuk membuat rice bowl juga cukup sederhana sehingga mudah di dapat. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan banyak perubahan di awal untuk membukanya.

4. Keuntungan yang Menggiurkan

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah keuntungan yang berlipat. Selain itu, mangkuk nasi termasuk dalam rangkaian kenyamanan yang dapat di nikmati semua kelompok. Dengan modal yang tidak terlalu banyak. Harga jual rice bowl biasanya tidak terlalu tinggi, sehingga bisa di jangkau oleh semua kalangan.

Jika Anda menjual sekitar Rp. 12.000 atau Rp. 15.000, maka setiap hari anda mampu menjual 20 box maka penghasilannya bisa mencapai Rp. 8,4 juta. Jelas penghasilan dari bisnis nasi mangkok rumahan ini sangat menggiurkan. Anda hanya perlu mencari supplier bahan agar bisa lebih murah namun tidak mengurangi kualitas maupun rasa.

5. Bisa Dilakukan Siapa saja dan Dimana Saja

Karena ini adalah bisnis yang mudah untuk di dirikan, tidak di perlukan keahlian khusus untuk memulai bisnis ini. Siapapun bisa membuka usaha rice bowl ini, bahkan ada yang baru berhenti menjadi pengusaha. Anda bahkan tidak perlu membuka outlet, Anda bisa membangun bisnis ini di rumah. Namun Anda tetap perlu memastikan rasanya enak dan layak jual.

Baca juga  8 Ide Bisnis Makanan di Rumah yang Menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

1. Buat Konsep yang Matang

Sebelum memulai membuka usaha apapun, konsep sangatlah penting. dengan konsep yang matang anda sebagai pendatang baru dapat bertahan di tengah persaingan. Konsep ini akan membedakan produk Anda dengan produk yang sudah ada. Mulai dari konsep apa yang ingin ditonjolkan pada rice box Anda.

Apakah Anda ingin membangun bisnis nasi mangkuk rumahan dengan menu ala lokal, Indonesia, Barat atau Asia? Masing-masing menu tersebut harus disesuaikan dengan target konsumen. Anda juga perlu mulai merencanakan dan juga menyusun strategi untuk mempresentasikan produk Anda.

Konsep bisnis yang matang juga harus sempit dan jelas. Nantinya konsep ini akan menjadi pedoman untuk melanjutkan bisnis Anda. Konsep yang matang juga akan membantunya bertahan di tengah ketatnya persaingan. Konsep dalam bisnis juga tidak boleh hanya di udara, ada baiknya menuliskannya secara mendetail.

2. Bisnis Rice Bowl Perlu Membangun Brand

Setelah membentuk konsep Bisnis Rice Bowl Rumahan ini, langkah selanjutnya adalah membangun brand. Jika konsepnya di buat mengerucut, maka akan mudah bagi Anda untuk membangun brand. Branding di mulai dengan membuat nama dan membuat logo. Logo dan nama harus mudah di ingat konsumen.

Tidak hanya nama merek dan logo, Anda juga perlu membuat konsep kemasan yang tepat. Kemasan merupakan bagian yang tidak bisa di abaikan. karena konsumen akan melihat kemasan terlebih dahulu sebelum menikmati rasanya. Tak hanya desain, Anda juga perlu memikirkan bahan kemasan dalam Bisnis Rice Bowl Rumahan Anda.

Sebaiknya pilih kemasan yang tahan air agar tidak merusak rasanya. Kotak rice bowl saat ini juga hadir dalam berbagai bentuk, tidak hanya kotak. Belum lagi ukuran yang juga harus sesuai dengan perkiraan penyajian. Anda juga bisa memilih mangkuk yang tahan panas di microwave untuk usaha rice bowl Anda.

3. Bisnis Rice Bowl Harus Membuat Menu yang Menarik

Saat ini memang banyak pengusaha kuliner yang mencari nasi mangkok untuk masuk ke dalam menunya. Maka dari itu di butuhkan inovasi untuk menarik minat konsumen terhadap Bisnis Rice Bowl Rumahan anda. Menu yang banyak dan beragam akan menawarkan banyak pilihan kepada konsumen. Tapi pastikan makanannya bisa di terima untuk bahasa orang Indonesia.

Padahal, selera setiap orang akan berbeda-beda, sehingga di perlukan menu yang variatif. Anda tetap perlu membuat menu yang sesuai dengan tema yang sedang Anda usung. Anda juga bisa menyediakan banyak variasi bumbu untuk pilihan konsumen. Untuk menarik lebih banyak perhatian, Anda bisa memberi menu Anda nama yang unik.

Nama menu ini di perusahaan rice bowl unik dalam negeri akan membuat orang penasaran. Dan saat membuat menu, jangan lupa buat signature dishnya. Selanjutnya signature dish ini akan menampilkan karakter yang sesuai dengan tema yang Anda usung. Tentunya dalam membuat sebuah menu, Anda harus mencoba rasa terlebih dahulu.

4. Memilih Bahan yang Berkualitas

Selain rasa, Anda juga perlu memastikan bahwa bahan yang di gunakan adalah bahan yang berkualitas. Untuk menyiapkan makanan yang lezat, bahan-bahan berkualitas tidak boleh di lewatkan. Dalam membuat rice bowl, bahan utama yang di butuhkan adalah nasi dan lauk pauk. Anda perlu memilih beras yang berkualitas agar nasi yang di hasilkan enak.

Tidak hanya pulen, nasi untuk membuat nasi kotak juga tidak cepat basi. Di Indonesia tidak sulit menemukan beras berkualitas. Untuk aktivitas rice bowl buatan sendiri, Anda bisa memilih lauk berupa daging atau ikan. Jika ingin menambahkan bumbu yang berkualitas, jangan lupa untuk memperhatikan bumbu dan saus pendukungnya.

Baca juga  20 Ide Bisnis Makanan dengan Modal Kecil dan Terbukti Laris

5. Bisnis Rice Bowl Dengan Modal Untuk Usaha

Sebenarnya semua hal di atas akan sia-sia jika Anda tidak memiliki modal untuk membangun usaha. Modal usaha tidak harus besar, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Lagi pula, Anda sedang membangun bisnis di rumah, Anda tidak perlu dana untuk menyewa tempat yang strategis. Tentunya Anda harus pandai mengelola modal yang bisa di dukung oleh aplikasi keuangan terbaik.

Modal tersebut di gunakan untuk membeli bahan baku berkualitas tinggi. Juga sesuai kebutuhan untuk membangun brand. Anda perlu membuat logo, desain spanduk, pengemasan, dan lainnya. Anda tidak harus melakukannya dalam jumlah banyak terlebih dahulu, sebaiknya lakukan sebanyak mungkin. Dengan cara ini modal yang di butuhkan bisa bertahap, tidak langsung banyak.

6. Menentukan Harga Jual

Selanjutnya untuk memulai bisnis nasi mangkok rumahan adalah menentukan harga jual. Harga jual dapat di tentukan dari modal yang di keluarkan. Anda juga harus membuat perhitungan untuk tenaga yang di keluarkan dan juga keuntungan yang di inginkan. Saat ini, harga rice bowl bisa di katakan ramah di kantong, hanya sekitar puluhan ribu saja.

Meski begitu, Anda tetap tidak bisa memberikan harga yang sama dengan yang ada di pasaran. Anda tidak bisa menjual harga yang terlalu jauh dari pesaing. Anda harus menyesuaikan harga yang pas dan sesuai dengan modal usaha. umumnya konsumen akan tetap repeat order jika rasa tidak menghianati harga.

7. Buat strategi yang menarik

Dalam memulai ibisnis nasi box, Anda juga perlu membuat strategi penjualan yang menarik. Tidak hanya bisa di pasarkan secara offline, Anda juga bisa memasarkannya secara online. Anda bisa mulai membuat media sosial khusus untuk memasarkannya. Anda juga dapat membuka pesanan pembelian jika ingin lebih aman, karena Anda hanya dapat melakukannya berdasarkan pesanan Anda.

Untuk memasarkan produk bisnis delivery rice bowl, Anda juga bisa menjadi mitra transportasi online yang melayani pesan antar makanan secara online. Cara ini di nilai efektif dalam meningkatkan penjualan Anda. Selama periode tertentu, Anda juga dapat menawarkan promosi khusus. Dengan begitu, bisnis rice bowl rumahan Anda bisa lebih mudah di kenali.

Ide Menu Rice Bowl untuk Usaha Anda

Berikut beberapa Bisnis Rice Bowl yang sangat menjajikan untuk sekarang.

1. Bisnis Rice Bowl Chicken

Olahan ayam tidak pernah mengecewakan banyak sekali penikmatnya. Ayam bisa di olah dengan berbagai bumbu yang lezat. Di mulai dengan ayam krispi biasa dengan saus spesial yang di tambahkan ayam berbumbu seperti ayam teriyaki. Anda tinggal menambahkan beberapa variasi topping agar tampilannya lebih cantik.

Mendapatkan bahan ayam juga tidak sulit di Indonesia. Jika ingin lebih kekinian, Anda bisa menambahkan rasa salted egg yang sedang populer saat ini. Telur ayam asin juga cocok di sajikan dengan saus atau sayuran seperti wortel atau tomat. Anda juga bisa membuat ayam geprek namun dengan tampilan rice bowl yang kekinian.

2. Bisnis Rice Bowl Crazy

Untuk ide bisnis semangkuk nasi di rumah selanjutnya yaitu Crazy Rice Bowl atau nasi gila. Nasi gila bukanlah makanan baru di dunia kuliner. Namun umumnya akan di sajikan dalam piring biasa dan Anda bisa berinovasi dengan mengemasnya seperti semangkuk nasi pada umumnya. Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah menambahkan selada atau mentimun untuk merapikannya.

Agar semangkuk nasi gila ini semakin unik, Anda juga bisa menjualnya dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Kuliner yang nikmat dengan cita rasa pedas sangat di gemari para pecinta kuliner akhir-akhir ini. Anda juga bisa menambahkan topping seperti telur atau nugget telur mata sapi. Dengan cara ini Anda bisa menyajikan menu yang sebenarnya biasa saja menjadi lebih istimewa.

Baca juga  Ide Bisnis Makanan Kekinian Dengan Modal Kecil

3. Veggie Rice Bowl

Ide ini di tujukan untuk konsumen vegetarian. Saat ini banyak orang yang sadar akan hidup sehat, sehingga beralih menjadi vegetarian. Selanjutnya bisnis rice bowl rumahan ini akan lebih fokus pada bahan berupa sayuran. Anda bisa menjual semangkuk nasi vegetarian sepenuhnya atau Anda bisa menambahkan sayuran juga.

Untuk rice bowl vegetarian tentunya harus belajar dulu cara membuat makanan dengan sayuran, tapi rasanya seperti daging. Sedangkan jika Anda bukan vegetarian murni, Anda bisa menambahkan ayam bakar dengan salad sayuran. Bahan-bahan yang di gunakan juga bisa lebih sehat, misalnya dengan menggunakan beras merah atau sayuran organik.

4. Bisnis Rice Bowl ala Korea

Masakan Korea juga sangat digemari oleh para penikmat kuliner saat ini. Anda bisa membuat menu bertema Korea, namun memiliki cita rasa yang sesuai dengan bahasa masyarakat Indonesia. Bisa sebagai nasi ayam goreng dengan bumbu gochujang atau olahan lainnya. Tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu resep pembuatannya.

5. Bisnis Rice Bowl Olahan Ikan

Ide memulai bisnis rice bowl rumahan yang bisa dijadikan alternatif nantinya adalah Seafood Rice Bowl. Selain olahan ayam, Anda juga bisa memilih ikan sebagai pilihan. Ada banyak ikan yang bisa dibuat menjadi sajian nasi yang enak. Seperti Teriyaki Salmon Rice Bowl dimana menu ini menjadi idola.

Sebenarnya selain bumbu teriyaki, Anda juga bisa memilih bumbu lada hitam. Jika menggunakan salmon akan memberikan kesan eksklusif. Cara membuatnya juga tidak sulit, jadi disajikan dengan lalapan, nasi dan telur. Ikan lain yang bisa dipilih selain salmon, seperti ikan mas atau ikan dory, sebaiknya yang berdaging tebal.

6. Rice Bowl dengan Banyak Pilihan Sambal

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak jenis sambal yang enak. Jika Anda memiliki tema Indonesia yang rumit, saus sambal dapat digunakan sebagai fitur. Salah satu sambal yang paling populer adalah sambal matah. Sambal matah bisa dipadukan dengan berbagai lauk pauk, seperti ayam, sapi, dan olahan ikan.

Dalam industri rice bowl rumahan, Anda memiliki banyak peluang untuk berinovasi. Untuk saus sambal, Anda bisa memberikan pilihan level untuk menarik konsumen. Butuh usaha lebih untuk membuat sambal dari yang paling tidak pedas sampai yang paling pedas. Namun umumnya disukai, karena konsumen bisa memilih sesuai selera.

7. Rice Bowl Sesuai Selera Pembeli

Dan bagi Anda yang ingin lebih fleksibel, Anda bisa memilih tema sesuai selera pembelanja. Ide menu ini akan memberi pelanggan kebebasan untuk mencampur dan mencocokkan menu sesuka mereka. Mulai dari memilih jenis nasi yang diinginkan, dari lauk pauk hingga bumbu tambahan. Untuk nasi bisa disediakan nasi putih, nasi kari, nasi uduk, dan nasi goreng.

Jadi lauknya bisa berupa ayam, olahan seafood, daging sapi hingga tambahan seperti tahu, tempe, telur dan olahan lainnya. Untuk saus, Anda juga bisa bebas memilih mulai dari saus teriyaki, lada hitam, saus padang, saus mentega, telur asin, dan lain-lain. Ide ini akan sangat membantu bisnis rice bowl rumahan Anda diperhatikan oleh pelanggan.

Cara Bertahan di Industri Kuliner

Saat ini Bisnis Rice Bowl tidak sedikit, banyak juga merek-merek ternama. Oleh karena itu, Anda harus memiliki cara untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Langkahnya bisa dengan menjaga kualitas rasa. Agar konsumen tetap repeat order dan tidak kecewa setelahnya

Berita Terkait

Peta Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah
Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh
Cara Melatih Kelincahan di Rumah dengan Mudah
Bagaimana Cara Kerja Sistem GPS
Fungsi Musik Sebagai Promosi Dagang
10 Makanan Sumber Protein Nabati yang Baik Untuk Tubuh
Perbedaan Malaikat, Nabi, dan Rasul
Tempat Wisata di Sydney yang Paling Ramai Dikunjungi
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 09:00 WIB

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:47 WIB

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:25 WIB

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 April 2024 - 17:10 WIB

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 10:13 WIB

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 09:51 WIB

Peta Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:56 WIB

Peta Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:40 WIB

Peta Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah

Berita Terbaru

Gambar Peta

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 09:00 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:47 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:25 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 Apr 2024 - 17:10 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 Apr 2024 - 10:13 WIB