Bisnis Rumahan Di Desa Yang Berpotensi Meraih Kesusksesan

bisnis rumahan di desa

Ada banyak peluang bisnis rumahan di desa yang bisa Anda garap potensinya.apa Peluang bisnis di kota yang bisa kamu coba? Kehidupan desa mungkin terdengar membosankan. Sangat umum mendengar cerita tentang anak muda yang meninggalkan desa untuk mencari pekerjaan lain di kota.

Namun, Anda harus menyadari bahwa sebagian besar yang diterima masyarakat perkotaan berasal dari desa. Mulai dari bahan makanan, kayu untuk furniture, dan berbagai bahan mentah lainnya.

Bacaan Lainnya

Di kota, kami cukup dekat dengan berbagai bahan mentah yang bisa kami gunakan untuk membuat produk akhir. Kita juga dapat menjual barang tersebut ke pasar yang lebih luas dengan membuka toko online.

Nilai plusnya adalah kami mendapatkan bahan baku ini dengan harga yang lebih murah di pedesaan daripada di perkotaan. Hal ini karena tidak ada biaya distribusi yang dibebankan pada harga jual.

Apalagi masyarakat desa tidak hanya sebagai produsen. Mereka juga punya kebutuhan yang bisa kita penuhi jika kita pandai membaca permintaan pasar.

bisnis rumahan di desa

Bisnis Rumahan di Desa yang Menjanjikan

Karena kota memiliki potensi yang besar, Anda tidak perlu takut tinggal di kota. Ada sangat banyak bisnis rumahan di desa ini.

Berikut adalah daftar peluang bisnis rumahan di desa yang akan menjadi inspirasi bagi Anda!

1. Produk makanan olahan

Pedesaan identik dengan berbagai hasil pertanian. Makanan berlimpah ini sangat dekat dengan Anda.

Peluang usaha rumahan di desa ini bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa dengan membuat produk makanan olahan, seperti keripik, asinan, manisan dan berbagai olahan lainnya.

Selain menawarkannya ke tetangga, Anda juga bisa melakukannya secara online.

2. Penjualan Hasil Peternakan

Hasil ternak Selain pertanian merupakan bisnis rumahan di desa yang baik. Desa juga identik dengan kesejahteraan hewan. Padahal, pertanian dan peternakan terkadang menjadi dua hal yang tak terpisahkan.

Anda dapat memeriksa ladang di sekitar rumah Anda. Ternak apa yang ada di sana, dan produk akhir apa yang dapat Anda proses. Seperti telur ,daging,, susu, keju, yogurt, dll.

Peluang usaha rumahan di desa ini sangat menarik untuk anda coba.

3. Pupuk dan pestisida organik

Tahukah Anda bahwa pupuk dan pestisida organik dapat dibuat dari limbah pertanian dan peternakan? Ya benar, dan Anda bisa mendapatkan banyak bahan mentah di kota.

Peluang usaha rumahan di desa ini bisa bekerja sama dengan petani. Ajak petani dan petani di daerah Anda untuk bekerja sama. Tawarkan diri Anda sebagai pengumpul limbah pertanian dan peternakan mereka.

Mereka menyukaimu. Produk Anda nantinya bisa ditawarkan lagi ke petani.

4. Warung

Sembako Gunakan koneksi Anda dengan petani dan peternak di daerah tempat tinggal Anda untuk membuka usaha lain yaitu warung sembako.

Mulai dari nasi, sayuran, buah-buahan, hingga telur. Anda bisa mengumpulkan semua barang ini dari petani dan peternak.

5. Menanam tanaman hias

Desa bisa menjadi tempat terbaik jika Anda ingin mengembangkan hobi berkebun. Untuk bisnis rumahan, membudidayakan tanaman hias bisa menjadi peluang bisnis yang tepat.

Anda tinggal memilih jenis tanaman hias mana yang akan menjadi fokus bisnis Anda. Pastikan iklim tempat tinggal Anda cocok untuk menanamnya.

Bisa dilakukan secara onlinejuga lho. Asalkan Anda menguasai teknik pengemasan yang tepat, agar tanaman hias tersebut tetap utuh di tangan pembeli Anda.

6. Ternak Ikan Hias

Pembiakan Ikan Cupang Ikan cupang yang dikenal dengan ikan aduan juga diminati sebagai ikan hias. Banyak kelebihan ikan ini yang menjadikannya sebagai peluang usaha rumahan di desa yang relatif mudah dibudidayakan.

Ikan cupang merupakan ikan yang mudah berkembang biak, setiap pasang ikan cupang dapat menghasilkan sekitar 500 ekor ikan baru. Perawatannya juga mudah karena ikan cupang tangguh sehingga tidak membutuhkan tabung oksigen.

Untuk makanannya, ikan cupang bisa berupa cacing dan jentik nyamuk. Kemudian bagian terbaik dari ikan cupang adalah harga jualnya yang relatif tinggi.

Harga termurah mulai dari Rp200.000,- hingga yang termahal mencapai Rp10 juta jika warna ikannya bagus.

7. Warnet Jaringan internet

cenderung sulit masuk ke wilayah pedesaan. Tidak banyak provider internet yang bisa menjangkau desa-desa. Kalaupun ada, tidak banyak rumah tangga yang mau berlangganan internet.

Namun, dengan adanya Industri 4.0, kesadaran akan kebutuhan internet semakin meningkat. Jika Anda memiliki garasi atau ruang kosong yang tidak terpakai di rumah, Anda dapat mengubahnya menjadi kabin komputer dengan jaringan internet.

8. Kayu

Anda bisa mengubah garasi Anda menjadi bengkel untuk kreasi kayu. Maksimalkan kreativitas Anda, mulai dari membuat ornamen kayu hingga furnitur.

Pastikan Anda memiliki keterampilan untuk memiliki woodworking sebagai peluang bisnis rumahan di kota.

9. Bengkel Sepeda Motor Sepeda motor

merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan di kota ini. Jika Anda memiliki minat pada mobil, khususnya sepeda motor, ini bisa menjadi peluang bisnis rumahan Anda di kota.

Selain membuka bengkel, Anda juga bisa mencari variasi lain dengan membuka toko suku cadang sepeda motor , ban, dan jok sepeda motor.

10. Toko

Ini bisa menjadi peluang menarik jika desa yang Anda tinggali merupakan kawasan wisata. Traveler sudah pasti menjadi target pasar produk oleh-oleh Anda.

Namun, meski daerah Anda bukan kawasan wisata, Anda tetap bisa menjual oleh-oleh.

Buatlah berbagai kreasi unik dengan tangan Anda untuk membuat souvenir acara, seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, dll.

11. Pulsa dan

kebutuhan internet lainnya Anda juga bisa melakukan pulsa dan kebutuhan internet lainnya seperti kuota sebagai ide bisnis rumahan di kota.

Berbeda dengan kota besar yang masyarakatnya dengan mudahnya pulsa kuota di mini market atau online, masyarakat desa cenderung cuek dengan masalah ini.

Oleh karena itu, jual pulsa dan kuota bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Selain itu, internet telah menjadi salah satu kebutuhan penting untuk berkomunikasi.

12. Freight Forwarder

Peluang bisnis rumahan lain di kota yang bisa Anda kerjakan dengan menjadi freight forwarder. Hal ini sangat penting untuk menunjang mobilitas barang, baik dari kota ke kota maupun sebaliknya.

Apalagi dengan tren online di masyarakat, ide bisnis ini terlihat sangat menjanjikan.

Oleh karena itu, jasa ekspedisi sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan untuk mendukung perekonomian setempat.

13. Jasa Jual Pulsa

Kios Token Listrik Saat ini banyak rumah tangga yang menggunakan listrik pascabayar. Jadi anda juga bisa membuka kios yang menjual voucher listrik untuk mendapatkan keuntungan. Ini merupakan bisnis rumahan di desa yang sangat simpel dan sangat di cari penduduk di desa.

Itulah beberapa peluang bisnis rumahan di desa yang bisa Anda mulai. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *