15 Ide Bisnis Online untuk Pelajar, Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Bisnis Online untuk Pelajar

Memulai dan menjalankan bisnis di usia muda bisa terasa menantang. Juga, jika Anda masih seorang pelajar. Berikut mimin akan bahas artikel tentang 15 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Kewajiban utama sebagai mahasiswa adalah belajar untuk masa depan, namun jika Anda tertarik dengan bisnis atau ingin mencoba menjalankan bisnis sendiri, Anda bisa kok melakukannya. Bisa jadi, ini adalah tanda bahwa Anda memiliki jiwa wirausaha.

Bacaan Lainnya
Bisnis Online untuk Pelajar

Selagi masih muda, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar berbisnis secara mandiri. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman saat memasuki bidang bisnis yang lebih serius.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba belajar berbisnis, berikut 11 ide bisnis online untuk pelajar yang mudah dan bisa dilakukan sendiri.

1. Bisnis Online Menjadi reseller

Salah satu ide bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu coba adalah menjadi reseller. Konsep reseller adalah penjualan produk yang Anda peroleh dari tangan pertama atau supplier kepada konsumen atau pembeli. Keuntungan menjadi reseller adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan proses pembuatannya.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi reseller, Anda harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin Anda jual. Yang terbaik adalah memilih produk yang umum, nyaman, dan sering digunakan oleh siswa.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui atau sering menggunakan produk tersebut. Beberapa contohnya meliputi pakaian jadi, kaus sepak bola, figur aksi, produk perawatan kulit, serta makanan dan minuman ringan.

Setelah Anda mengetahui produk apa yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang tepat. Kriteria supplier yang bisa Anda pilih adalah supplier yang sudah memiliki jaringan reseller dan harga bersaing.

Untuk menjadi reseller anda harus memiliki modal terlebih dahulu. Namun, jika kesulitan dengan modal, Anda bisa mengakalinya dengan menjualnya menggunakan sistem pre-order. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memiliki modal di muka. Karena pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu, barulah Anda memesan produk dari supplier.

2. Bisnis Online Menjadi dropshipper

Jika Anda masih kesulitan menjadi reseller karena masalah modal, maka Anda bisa menjadi dropshipper. Sekilas konsepnya tidak jauh berbeda, hanya saja Anda tidak perlu membeli atau menimbun produk terlebih dahulu.

Anda tinggal fokus pada pemasaran, karena supplier akan mengurus packing dan pengiriman. Sepertinya lebih mudah, bukan?

Sama seperti reseller, keuntungan menjadi dropshipper berasal dari selisih atau markup harga. Hanya saja, Anda perlu intens berkomunikasi dengan supplier, terutama dalam hal stok produk.

Karena Anda tidak tahu stok mana yang sudah habis atau masih tersedia kecuali Anda bertanya terlebih dahulu kepada pemasoknya.

3. Menjual barang yang tidak terpakai atau preloved

Oleh karena itu, ide bisnis online untuk pelajar dapat berasal dari lemari atau gudang rumah Anda. Apalagi jika tidak menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai atau yang biasa disebut preloved. Anda bisa mencari semua barang yang tidak terpakai di rumah Anda, misalnya dulu dari lemari.

Pisahkan pakaian yang tidak lagi Anda gunakan, yang terlalu kecil, atau yang menurut Anda tidak dapat dipakai lagi. Pastikan pakaian tersebut masih bagus dan pas untuk dipakai.

Selain baju, kamu bisa mencari barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti mainan atau action figure yang kamu punya waktu kecil. Bisa juga berupa barang-barang unik yang memiliki basis penggemar cukup besar, seperti poster artis dan band idola, hingga koleksi kaset musik atau CD.

Jenis barang lain yang sangat digemari para pemburu adalah favorit seperti parfum, kosmetik, buku dan novel. Setelah terkumpul, Anda bisa menjualnya melalui media sosial atau marketplace.

4. Bisnis Online Menjadi penerjemah

Tidak harus jual beli, Anda bisa membuat ide bisnis online untuk calon mahasiswa dengan menjadi penerjemah.

Ada banyak platform untuk pekerja lepas yang memiliki kemampuan bahasa asing, seperti penerjemah.

Jika Anda mahir dalam bahasa tertentu, seperti bahasa Inggris, Anda bisa menjadi penerjemah lepas di Platform Freelance.

5. Bisnis Online Menjual foto

Meski hanya sekedar memotret menggunakan smartphone, hobi ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik lho. Anda yang memiliki hobi dan memiliki skill di bidang ini juga bisa menjual hasil jepretannya di platform trading fotografi.

Salah satu platform microstock yang paling terkenal adalah Shutterstock. Di sana Anda bisa menjual foto-foto terbaik Anda. Foto Anda akan dilihat oleh pengunjung platform. Jika mereka tertarik, mereka akan membeli salah satu foto Anda.

6. Bisnis Online Menjual desain

Ide bisnis online untuk pelajar ini cocok untuk kamu yang memiliki skill desain grafis yang mumpuni, seperti desain logo, template brosur, desain kaos dan lainnya. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan siswa di sekolah kejuruan jurusan desain atau grafis.

Selain bisa menjual proyek Anda di platform microstock, seperti Shutterstock dan Freepik, Anda juga bisa bekerja sebagai freelancer di platform khusus freelance seperti Fiverr atau platform lokal seperti Sribulancer.

Keterampilan yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang desainer grafis adalah Adobe Illustrator atau CorelDraw dan Adobe Photoshop.

7. Buka Layanan Admin Media Sosial

Generasi muda pasti identik dengan media sosial. Selain sebagai sarana interaksi, media sosial juga digunakan sebagai sarana berekspresi. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial masing-masing, begitu juga dengan rekan-rekan Anda yang merupakan bagian dari generasi muda.

Jika Anda berinteraksi secara intensif di berbagai platform media sosial, seperti membagikan hal-hal unik yang Anda sukai, atau mengetahui berbagai berita viral yang sedang hits, mungkin Anda bisa mencoba menjadi pengelola media sosial. Selain itu, kini banyak brand dan UMKM baru yang ingin merambah pemasaran online melalui media sosial.

8. Bisnis Online Menjadi blogger

Hobi menulis dan berbagi informasi di platform blog sudah pasti menjadi hal yang lumrah. Tapi tahukah Anda, jika Anda menjadi seorang blogger itu bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan yang lumayan. Salah satu blogger sukses yang memulai blognya sejak muda yaitu Raditya Dika.

Hobi ngeblognya berhasil menarik minat banyak pembaca. Wajar jika banyak pengiklan yang tertarik untuk bekerja sama dengannya. Memang, blog harian yang ia tulis mengantarkannya menjadi seorang penulis hebat.

9. Bisnis Online Menjadi freelance penulis artikel

Selain menjadi blogger, Anda juga bisa menjadi penulis artikel lepas. Jika blog pada umumnya berisi tema keseharian, maka topik atau tema yang ditulis oleh penulis artikel lepas lebih spesifik, tergantung klien atau brand yang mempekerjakan Anda. Setidaknya, Anda mengetahui atau memahami ceruk atau topik yang terkait dengan pelanggan atau merek tersebut.

Misalnya, jika Anda menyukai dunia gadget dan teknologi, Anda bisa memilih topik teknologi. Jika Anda suka bepergian, Anda dapat memilih topik yang berkaitan dengan perjalanan.

Nah, untuk menjual jasa Anda sebagai penulis artikel, Anda bisa membangun gigs di platform freelance seperti Fiverr atau platform lokal seperti Sribulancer dan Projects.co.id.

10. Bisnis Online Menjadi vlogger

Ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang suka dan jago ngomong di depan kamera. Vlogger sekilas sama dengan blogger, hanya saja medianya yang berbeda. Jika blogger berbagi cerita menggunakan tulisan, maka vlogger menggunakan video.

Anda dapat berbagi banyak hal menarik. Tidak hanya kehidupan sehari-hari Anda, tetapi juga hobi dan keterampilan Anda seperti bermain bola, bermain kubus Rubik, bermain skateboard, memasak, bepergian, atau berbagi tips dan tutorial unik lainnya. Penghasilan vloggers biasanya berasal dari iklan, advertorial, dan kerja sama.

Selain kemampuan berbicara di depan kamera, Anda juga harus bisa menggunakan alat edit video. Dengan cara ini, video yang Anda bagikan memiliki transisi yang mulus dan tekstur yang jelas.

11. Menjadi streamer

Siapa bilang bermain hanya buang-buang waktu? Ternyata, bisnis ini bisa memberi Anda penghasilan yang lumayan. Anda bisa memainkannya dan streaming secara live atau yang biasa disebut dengan streamer.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari donasi yang diberikan pemirsa hingga kerjasama dalam bentuk iklan.

Tetapi Anda harus tetap fokus pada kewajiban inti Anda sebagai siswa. Istirahatkan mata Anda jika Anda merasa lelah. Perhatikan juga kesehatan dan waktu tidur Anda agar tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah 11 ide Bisnis Online untuk Pelajar yang mudah dan bisa Anda coba sendiri. Anda bisa memilih sesuai dengan minat dan hobi Anda. Mumpung masih muda, jadikan ini kesempatan Anda untuk belajar dan mengembangkan jiwa wirausaha dalam diri Anda

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *