15 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal, Bantu Bayar Kos!

Bisnis Untuk Mahasiswa

Sebagai seorang pelajar, tentunya Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain menerima uang saku dari orang tua. Sayangnya, banyak siswa yang bingung mencari tambahan dari mana. Bahkan jika Anda lebih jeli, ada beberapa peluang Bisnis Untuk Mahasiswa dengan modal kecil namun tetap menguntungkan.

Bisnis Untuk Mahasiswa

Bahkan ada juga contoh bisnis untuk mahasiswa tanpa modal seperti jasa penerjemah. Menarik kan? Nah, jika ingin tahu ide bisnis lainnya, yuk simak daftarnya di bawah ini.

Bacaan Lainnya

15 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Di bawah ini adalah rekomendasi ide bisnis untuk mahasiswa pemula dengan modal kecil. Dengarkan baik-baik.

1. Bisnis menjual barang bekas (preloved)

Yang pertama Bisnis Untuk Mahasiswa dengan Penjualan barang bekas saat ini menjadi kegiatan yang sedang tren. Yang di utamakan adalah kegiatan jual beli barang bekas. Karena pada beberapa barang, orang cenderung memilih membeli barang bekas karena harganya lebih murah.

Peluang bisnis ini bisa Anda manfaatkan jika memiliki barang yang sedang trend dan banyak di cari. Hanya dengan pemasaran melalui media sosial atau teman-teman di kampus bisnis favorit Anda bisa berkembang pesat.

2. Bisnis jasa Penerjemah

Sebagian besar siswa fasih berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jika Anda memiliki kemampuan ini, jangan ragu untuk mengubahnya menjadi ladang uang. Bisnis jasa terjemahan merupakan bisnis yang menggiurkan bagi mahasiswa.

Apalagi jika Anda seorang mahasiswa jurusan bahasa, Anda bisa menghasilkan peluang dengan membuka jasa terjemahan. Ide bisnis ini tidak membutuhkan modal apapun. Sehingga cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah penghasilan dengan berbisnis.

3. Bisnis Untuk Mahasiswa Membuka usaha les-lesan

Sebagai mahasiswa, tentu saja ada peluang untuk membimbing bisnis. Anda bisa mengajar anak SD, SMP dan SMA melalui bimbingan belajar. Selain itu, membuka usaha bimbingan belajar bagi mahasiswa lain juga membuka peluang yang luas. Hal ini di karenakan masih ada siswa yang membutuhkan bantuan orang lain untuk menguasai mata pelajaran tertentu.

Anda juga bisa menjalankan bisnis bimbingan belajar di luar akademisi. Jika Anda memiliki keterampilan tertentu seperti bernyanyi, bermain gitar, berenang dan sejenisnya. Pengalaman ini bisa di manfaatkan untuk menghasilkan pendapatan dengan membuka kursus di bidang tersebut.

6. Menjual buku bekas

Siswa pasti membutuhkan buku-buku akademik untuk mendukung kegiatan kelas. Kondisi ini bisa di jadikan peluang bisnis dengan menjual buku bekas. Siswa cenderung membeli barang dengan harga murah. Sehingga penjualan buku bekas dengan harga lebih murah tanpa mempengaruhi fungsinya di minati kalangan pelajar.

Anda bisa mendapatkan buku bekas melalui kolektor buku atau kakak yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian menjual kembali buku-buku bekas tersebut kepada siswa yang membutuhkannya.

7. Bisnis pulsa dan paket data internet

Smartphone merupakan kebutuhan bagi hampir setiap manusia. Selain itu, siswa sangat membutuhkan handphone dan paket data untuk menunjang pembelajaran. Kebutuhan mahasiswa akan impuls dan paket data dapat di jadikan sebagai ide bisnis bagi mahasiswa dengan modal kecil.

Menjual kacang-kacangan dan paket data di kalangan siswa berpotensi menguntungkan. Bisnis Untuk Mahasiswa ini tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya bermodalkan smartphone dan paket data yang bagus, Anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis yang menggiurkan bagi mahasiswa ini.

8. Bisnis Untuk Mahasiswa Membuka Online shop (Olshop)

Belanja online juga di minati di kalangan pelajar. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka toko online. Caranya tidak rumit. Pemasaran produk dapat di lakukan melalui media sosial dan marketplace. Membuka usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar karena Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper.

9. Bisnis Untuk Mahasiswa Menjual pakaian

Siswa juga mengikuti perkembangan trend fashion. Apalagi ketika mereka pergi ke kampus, mereka memperhatikan pakaian. Anda bisa menjual berbagai desain baju kekinian yang sering di gunakan oleh mahasiswa. Jual baju dengan harga murah tapi tetap berkualitas. Di jamin bisnis pakaian Anda akan laris manis.

10. Penjualan sarapan

Bagi siswa yang harus belajar di pagi hari biasanya tidak sempat untuk sarapan. Anda bisa berjualan sarapan di dekat kampus atau kelas. Juga, kantin kampus belum buka di pagi hari. Menjual sarapan kepada mahasiswa adalah bisnis yang cocok.

11. Bisnis print online

Mahasiswa selalu di sibukkan dengan kegiatan dan tugas kampus. Terkadang mereka tidak punya waktu untuk mencetak tugas. Jika Anda sebagai mahasiswa memiliki printer, ada baiknya mencoba membuka jasa percetakan online di kalangan mahasiswa.

Bisnis percetakan online cukup menjanjikan mengingat mahasiswa tidak memiliki waktu untuk datang ke percetakan. Sediakan juga jasa pengiriman agar siswa lebih tertarik menggunakan jasa percetakan online Anda.

12. Membuka jasa foto dan video

Jika Anda memiliki hobi dan pengalaman di bidang fotografi dan videografi, keterampilan tersebut kami ubah menjadi penghasilan tambahan. Industri kreatif semakin berkembang sehingga banyak bisnis atau kebutuhan saat ini membutuhkan jasa foto dan video. Misalnya, acara pernikahan, foto produk perusahaan, dll.

Sebagai mahasiswa, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjadi peluang bisnis. Modal yang di butuhkan hanyalah kamera dan laptop untuk keperluan editing. Memulai bisnis ini dengan kamera handphone juga tidak masalah karena banyak aplikasi edit handphone yang bisa di gunakan untuk mempercantik hasil foto.

13. Bisnis Untuk Mahasiswa Jasa Desain

Contoh Bisnis Untuk Mahasiswa selanjutnya untuk mahasiswa adalah jasa desain. Jika Anda seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komputer, ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak desain yang di butuhkan di perusahaan atau event. Maka membuka jasa desain merupakan ide bisnis mahasiswa yang patut untuk di coba.

14. Bisnis katering

Banyak mahasiswa mengadakan acara. Pada setiap acara biasanya siswa membutuhkan konsumsi makanan. Anda dapat menawarkan layanan katering kepada siswa yang menyelenggarakan acara.

Bisnis ini bisa di lakukan tanpa modal. Anda bisa berkolaborasi dengan restoran tempat Anda menjadi bagian pemasaran, kemudian restoran tersebut memproduksi. Bisnis ini sangat menjanjikan apalagi dengan tidak mengeluarkan modal.

15. Jasa penulis lepas

Jika Anda sebagai mahasiswa memiliki kemampuan menulis, menjadi penulis lepas bisa menghasilkan keuntungan. Jenis usaha ini mudah di lakukan dan tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun.

Anda hanya memiliki kemampuan menulis, imajinasi dan kreativitas. Selain itu, jasa penulisan lepas dapat di lakukan di mana saja, kapan saja.

16. Menjadi asisten dosen

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang saku tambahan, menjadi asisten pengajar dapat di anggap sebagai penawaran siswa. Biasanya fakultas akan membayarkan uang kuliah kepada mahasiswa yang mereka bantu menyelesaikan tugasnya.

17. Jasa servis laptop/komputer

Service laptop/komputer merupakan Bisnis Untuk Mahasiswa yang potensial bagi mahasiswa. Karena laptop dan komputer sudah menjadi kebutuhan bagi mahasiswa. Sayangnya, banyak siswa yang tidak bisa memperbaiki laptopnya jika rusak.

Jika Anda memiliki keahlian dalam dunia hardware dan software, jasa bantuan laptop atau komputer bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ide Bisnis Untuk Mahasiswa dengan modal kecil. Bahkan jika Anda masih berstatus pelajar, Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan bisnis-bisnis di atas. Jadi, ide bisnis mana yang menarik untuk Anda coba?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *