Beberapa Rekomendasi Bisnis Digital Yang Bisa Kalian Coba

Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan kecepatan yang tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih hasil terbaik. 

Lantas apa saja perusahaan yang menjanjikan di era digital di tahun 2023? Kemungkinannya tidak terbatas, tetapi kalian tidak perlu melakukan riset sendiri. Pada artikel ini kami telah merangkumnya untuk Anda.

Bacaan Lainnya

Namun sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pelajari dulu apa itu bisnis digital dan apa saja manfaatnya. 

Bisnis Digital

Apa itu bisnis digital?

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang menggunakan kecanggihan teknologi digital untuk menciptakan atau memasarkan suatu produk.

Oh iya, bisnis digital bukan hanya tentang produk digital seperti softwareatau produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti buku (buku elektronik). 

Jadi, semua jenis bisnis yang menjual produknya secara online baik melalui website maupun aplikasi masuk dalam kategori “bisnis digital”. E -commerce merupakan salah satu contoh bisnis digital. 

Produk bisnis digital bisa berupa barang atau jasa. Misalnya, jika kalian memiliki kemampuan memotivasi untuk pengembangan diri, Anda bisa menjadi motivator online yang sukses. Kemampuan ini dapat menjadi inti dari bisnis digital Anda. 

Dalam praktiknya, banyak contoh perusahaan digital yang terbukti menghasilkan penjualan yang menguntungkan. Contohnya Ade Iskandar. Ia adalah sosok dibalik kesuksesan Datangya.com, sebuah website yang menawarkan layanan undangan online.

Ide yang dimilikinya sungguh kreatif, berawal dari keinginan untuk mengurangi konsumsi kertas undangan yang akhirnya terbuang sia-sia. Bagaimana reaksi orang terhadap bisnis ini? Sangat bagus! Hingga saat ini, jumlah undangan yang dikirimkan sudah mencapai 190.000.

Pesan yang bisa kita ambil adalah siapapun bisa belajar berbisnis online dan peluang bisnisnya masih terbuka lebar. Anda mungkin menjadi tokoh hit berikutnya.

Bisnis Digital Terbaik

Oke. Yuk simak 13 ide bisnis digital yang bisa dicoba di tahun 2023:

 1. Membangun toko online

Membangun toko online melibatkan pembuatan website atau platform sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online. 

Karena besarnya potensi bisnis e-commerce di Indonesia, berjualan online menjadi salah satu contoh terbaik bisnis digital. 

kalian mungkin langsung membayangkan platform ecommerce seperti Tokop, bukan? kalian tidak salah Namun, ada satu hal yang harus kalian ingat: membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan cerdas. Apa keuntungannya?

Pertama, toko online Anda akan terlihat berbeda. Baik dari segi merk maupun customer experience yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Anda bebas mendesain bagaimana produk disajikan. Selain itu, kemampuan mengolah toko online dengan baik menunjukkan bahwa kalian ialah penjual yang berpengalaman. Kesan ini bisa jadi kurang tercipta saat Anda memasuki pasar.

Kedua, Anda tidak bergantung pada pihak lain. Dengan memiliki toko online sendiri, Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap masalah yang mungkin timbul. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan cara memulai bisnis dari nol sesuai rencana mengembangkan bisnis Anda.

Ketiga, mudah membuat toko online sendiri. Bahkan tanpa pengetahuan pemrograman, Anda dapat membuat toko online profesional. Saat ini, ada banyak platform manajemen konten yangmenghosting WordPress dan membuat pembuatan situs web menjadi mudah bahkan untuk pemula

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang membuat situs web toko online, panduan ini dapat membantu Anda.

2. Mengejar Bisnis Afiliasi Afiliasi

merupakan kegiatan memasarkan barang milik orang lain untuk mendapatkan komisi. 

Singkatnya, cara kerja afiliasi dipecah menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar untuk program afiliasi dan kemudian menerima kode atau tautan rujukan khusus. Kedua, promosikan produk melalui website atau media sosial Anda. Ketiga, Anda mendapatkan bagi hasil saat pembeli menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan.

Jika kalian mengikuti contoh bisnis digital ini dengan baik, kalian bisa mendapatkan kesuksesan seperti Hadi Hartono dan Pat Flynn. Dalam websitenya, Pat Flynn menyebutkan bahwa pendapatan dari bisnis digitalnya telah mencapai $2 juta. Luar biasa!

Ada beberapa program afiliasi yang bisa Anda ikuti seperti: B. Afiliasi Amazon menjual produk internasional untuk pelanggan global. Niagahoster sendiri mempunyai program afiliasi, yang bisa kalian pelajari lebih lanjut di panduan ini. 

3.

Apakah Anda tahu berapa penghasilan seorang YouTuber? Rs 43 miliar setahun!

Ya, Anda tidak salah dengar. Ria Ricis adalah nama seorang YouTuber dengan penghasilan sebesar itu. Kegigihannya dalam menawarkan konten-konten menarik di akun YouTube-nya telah membuatnya meraih 17 juta subscriber. 

Menjalankan akun YouTube dengan berbagai konten unik bisa menjadi contoh bisnis digital yang menjanjikan. 

Satu hal yang menarik tentang YouTube adalah bahwa setiap orang memiliki peluang sukses yang sama. Untuk menjadi seorang Youtuber Anda perlu memikirkan apa keahlian Anda dan apa yang menarik untuk dibuat konten.

4. Mencoba Bisnis

Dropship Dropship adalah contoh bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual produk tanpa harus memikirkan stok dan pengiriman barang. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengandalkan bakat penjualan Anda. 

Ini adalah perbedaan terbesar antara dropship dan reseller. 

Selain itu, dropshipping juga berbeda dengan affiliate. Dalam bisnis afiliasi pekerjaan Anda adalah pemasar yang menawarkan produk, dalam bisnis dropship Anda benar-benar menjual barang dan menerima uang dari pembeli. 

Keuntungan dari dropshipping adalah selisih antara uang yang Anda terima dari pembeli dan uang yang Anda bayarkan ke produsen barang. 

Hal bagus dari dropshipping adalah produsen bertanggung jawab untuk mengirimkan barang ke konsumen. 

Singkatnya, dropshipper berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

Alasan mengapa dropshipping bisa menjadi bisnis digital yang menarik adalah karena Anda bisa memulainya tanpa modal dan Anda bisa menentukan sendiri produk mana yang ingin Anda jual.

5. Menjadi Blogger Terkenal

Raditya Dika, Penulis Buku dan Aktor Film, Pasti Anda Tahu. Jalan menuju kesuksesannya dimulai dengan menulis di blog pribadinya: Goatjantan.com.

Jika kalian telah memiliki blog, pastikan Anda memiliki konten menarik yang dapat menarik pengunjung. Jika belum, kalian dapat membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan lengkap pembuatan blog. 

Langkah selanjutnya yang perlu kalian ambil adalah mengubah blog kalian menjadi sumber penghasilan. Metode – Sewa ruang seperti yang dilakukan blogger terkenal Ivan Banaran. 

Jika kalian ragu mempertimbangkan blogging sebagai bisnis digital kalian , kisah sukses para blogger Indonesia ini mungkin bisa menginspirasi Anda. 

6. Menjadi Influencer Instagram

Jika Anda adalah pengguna Instagram dengan jumlah pengikut yang banyak, menjadi influencer bisa menjadi peluang yang menjanjikan. 

Mari kita lihat karakter MgdalenaF. Ia seorang yang rajin membuat konten di Instagram sambil mencoba makanan di restoran. Cara penyampaian yang menarik dan pilihan makanan super pedas menarik banyak orang. Hasilnya, jumlah pengikut mencapai 1,4 juta pengguna. 

Pada tahap awal, Anda hanya fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Seiring bertambahnya jumlah followers, tawaran kerjasama bisa datang baik melalui posting iklan produk maupun melalui paid review.

7. Menulis konten digital

Apakah Anda memiliki keterampilan menulis? Dengan ide bisnis jasa ini kalian dapat mendapatkan banyak uang di era digital sekarang ini. 

Banyak situs web bersedia membayar kalian untuk barang berkualitas. Untuk tingkat global menggunakan bahasa Inggris, seleksinya meliputi Writers Weekly. Portal berita seperti BaBe menawarkan kesempatan serupa untuk Indonesia.

Namun, jika Anda memiliki blog yang pengunjungnya cukup banyak, kalian dapat menawarkan keahlian Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan untuk ditawarkan pekerjaan menulis konten.

8. Pendidikan Online

Kemajuan teknologi informasi telah merambah dunia pendidikan. Dulu, kalian harus mengikuti kursus untuk memperoleh pengetahuan baru. Di era digital, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini merupakan peluang besar. 

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis milenial dan keterampilan mengajar, bisnis digital ini layak untuk dicoba. 

Beberapa platform e-learning menawarkan cara menghasilkan uang dengan mengajar online, seperti Udemy atau RuangGuru. Namun, kalian bisa membuat kursus online kalian sendiri. 

Caranya, Anda bisa membuat website yang didukung dengan Integrated Learning System atau lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *