15 Peluang Bisnis Anak Sekolah yang Bisa Dicoba

15 peluang bisnis anak sekolah yang bisa dicoba 4289

Untuk memulai bisnis tidak tergantung pada usia. Mumpung masih muda dan produktif, tidak masalah jika sudah mulai menimba ilmu bisnis meski masih duduk di bangku sekolah. Misalnya, Anda sekarang masih duduk di bangku SMA. Walaupun tiap hari dapat jajan dari orang tua, tidak ada salahnya punya penghasilan kan? dan mencoba ide Bisnis Anak Sekolah ini.

Bisnis Anak Sekolah

Di Indonesia ada yang sudah berbisnis sejak SMA. Namanya Nicholas Kurniawan. Terkenal sebagai pengekspor ikan hias yang mampu menghasilkan omzet ratusan juta rupiah per bulan. Dia bahkan mendirikan akademi untuk pengusaha.

Bacaan Lainnya

15 Ide Bisnis Anak Sekolah yang Menjanjikan

Jika ingin seperti mereka, berikut 10 peluang Bisnis Anak Sekolah yang cocok seperti ditulis mimin yaa.

1. Buka Les Privat untuk Siswa SD-SMP

Senang rasanya bisa berbagi ilmu sekaligus menghasilkan uang. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang berbakat dalam mengajar. Misalnya untuk pelajaran komputer, bahasa Inggris, matematika dan sebagainya.

Anda dapat menawarkan layanan ini kepada kenalan, orang tua, teman atau tetangga. Modalnya meliputi kamus, alat tulis dan lain-lain.

2. Event Organizer

Bisnis Anak Sekolah atau Pekerjaan ini sangat membantu bagi Anda yang cukup supel dan memiliki relasi sana-sini. Sebagai permulaan, Anda bisa mengatur perayaan kecil seperti ulang tahun, ucapan terima kasih atau yang lainnya.

Pastikan Anda memperhatikan detail seperti dekorasi, fasilitas, properti, kenyamanan tamu, dan makanan. Kemudian perluas lagi jaringannya, misalnya dengan bekerja sama dengan pemasok.

3. Blogging

Aktifitas blogging saat ini tidak bisa diremehkan. Karena ada banyak sumber penghasilan yang bisa Anda maksimalkan. Misalnya dengan memonetisasi Google Adsense, content placement atau review.

Konten dapat menyesuaikan gaya atau tren tema yang Anda sukai. Kebanyakan blogger populer hanya fokus pada satu tema.

4. Jadi Content Creator di Instagram

Profesi selebriti bukanlah hal baru saat ini. Pertama, tentukan apa tujuan Anda. Misalnya dalam bidang kuliner, saat traveling atau fashion. Alur cerita kurang lebih sama dengan blogger.

Jika konten Anda menarik dan memiliki banyak pengikut, peluang untuk menjadi endorser akan terbuka. Di situlah keran mulai terbuka.

5. Jasa Ketik

Apakah Anda memiliki keterampilan mengetik cepat? Gunakan keahlian Anda untuk mendapatkan Bisnis Anak Sekolah. Banyak orang membutuhkan jasa pengetikan ini.

Layanan ini biasanya termasuk mengetik dokumen kertas dan menyimpannya sebagai salinan elektronik. Profesi ini begitu diminati oleh para karyawan. Baik negeri maupun swasta.

6. Jual atau Beli Buku Bekas

Apakah Anda memiliki buku bekas yang masih layak dibaca? Daripada menimbun, kenapa tidak dijual saja? Tidak perlu mahal. Cukup sekitar 30-40 persen dari harga pembelian. Sekarang ada banyak tempat untuk berjualan – misalnya di pasar.

Agar cepat laku, coba aplikasikan kegiatan ini pada buku-buku yang berpotensi langka atau berstatus limited edition.

7. Jadi Reseller Snack

Pasti kamu dan teman-teman suka ngemil kan? Bisakah Anda disusupi ke bisnis penjualan makanan ringan? Tawarkan makanan ringan kepada teman sekelas atau guru. Pasti mereka akan melakukannya.

Apalagi jika produk yang Anda jual sedang booming. Misalnya makaroni pedas, stik atau emping. Agar tidak mengganggu pelajaran, buka saja kabin saat istirahat.

8. Jualan Pulsa

Kegiatan ini cukup populer di kalangan anak-anak SMA. Anda bahkan tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai. Usaha jual pulsa juga sangat cepat menyebar karena sekolah memiliki pangsa pasar yang besar yaitu teman-teman sendiri. Sebagai langkah awal, cari dulu petugas kredit terdekat di kota Anda.

9. Jadi Babysitter

Jika kamu memiliki jiwa keibuan, sangat cocok menjadi babysitter. Waktu kerja sama sekali tidak menyita waktu belajar Anda. Namun, Anda harus melakukannya secara profesional agar tanggungan anak Anda aman setiap saat.

Karena Anda bukan dari institusi khusus, Anda bisa menawarkannya terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat Anda. Misalnya kerabat atau tetangga.

10. Jasa pindahan

Untuk sekali transfer, Anda bisa mengantongi Rp200.000 hingga Rp500.000. Tidak buruk, bukan? Namun, untuk menjalankan Bisnis Anak Sekolah ini, Anda membutuhkan rekan kerja. Jika Anda memiliki banyak teman, undanglah mereka.

Di kota-kota besar, kebanyakan orang tidak punya banyak waktu untuk berkemas. Jadi, modal usaha ini adalah selotip, gunting, pemotong kotak, tali, dan karton.

11. Jualan Parfum Refill

Bisnis Anak Sekolah mungkin ini cocok untuk cewek SMA yang suka tampil menarik setiap saat. Jika Anda belum bisa membeli peralatan atau perlengkapan untuk membuka usaha parfum isi ulang, Anda bisa membelinya langsung dari distributor untuk dijual kembali ke teman sekolah Anda dan juga menjualnya secara online.

12. Ikut Koperasi Sekolah

Siswa SMA juga bisa menjadi anggota koperasi sekolah dan aktif berbisnis dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Anda dapat mengembangkan omset di koperasi sekolah dan berbagai keuntungan di antara anggota lainnya.

Kemajuan, keuntungan dan kerugian koperasi banyak bergantung pada kegiatan dan kerja keras para anggotanya. Karena lembaga ini didirikan dan dikembangkan oleh anggotanya sendiri, kualitas dan pengelolaan anggotanya sangat diperlukan

13. Membuat Kerajinan Tangan

Pekerjaan apa yang Anda suka lakukan selain menjadi hobi dan menghabiskan waktu luang? pasti banyak. Sekarang coba pikirkan kerajinan mana yang bisa dibuat dengan mudah

Produk ini tentunya membutuhkan biaya yang minimal namun memiliki nilai jual yang tinggi. Ada berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa Anda coba sendiri dan utamakan yang merupakan passion atau hobi Anda, bukan hanya berorientasi pada pekerjaan.

14. Rental Barang Elektronik

Anda yang suka bermain game PS, PC atau sejenisnya tentunya kenapa tidak mencoba untuk membuat usaha persewaan atau persewaan produk elektronik tersebut. Ingat berapa kali dalam seminggu kamu bermain PS saat masih sekolah? dan berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk itu? Saatnya mengubah hobi Anda menjadi peluang potensial.

Anda sebaiknya membuka bisnis persewaan sendiri. Padahal, modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, jika bisa mengecohnya. Mulailah menyewakan rumah ke rumah atau, jika Anda memiliki jaringan yang luas, Anda dapat mempromosikan bisnis persewaan Anda melalui teman-teman Anda

15. Jadi Driver Ojek Online

Menjadi seorang driver ojek online adalah salah satu pilihan yang bisa anda lakukan sebagai mahasiswa untuk mendapatkan uang setiap harinya. Mengapa menjadi mototaxi online menjadi pilihan? Karena selain jam kerja yang fleksibel, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan selain driver yaitu mengantarkan parsel atau makanan misalnya.

16. Menjadi Kuiz Hunter (Pemburu KUIS)

Jika ini pertama kalinya Anda mendengar tentang sebuah profesi, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dilakukan orang-orang seperti itu. Job ini memiliki tugas mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang event tersebut kemudian mengerjakannya dan mengikutinya secara rutin untuk mengharapkan hadiah yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Nah, dengan mengikuti berbagai jenis kompetisi, semoga kalian bisa menjuarai sebanyak mungkin kompetisi tersebut. Jadi cocok untuk kalian para mahasiswa kan?

Akhir Kata

Ini adalah 10 peluang Bisnis Anak Sekolah yang bisa Anda kelola saat masih menjadi siswa sekolah menengah. Bayi Abu-abu dan Putih tidak hanya menceritakan dunia romansa. Sebaliknya, mulai sekarang, kamu juga bisa memanfaatkan masa mudamu untuk belajar berpikir lebih dewasa. Sedangkan kedewasaan hanya bisa dicapai melalui tantangan demi tantangan di dunia kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *