20 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil Cuan Gede

20 ide bisnis ibu rumah tangga dengan modal kecil cuan gede 4558

Ada banyak ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil Cuan Gede, baik tanpa modal maupun dengan modal minim. Beberapa bisnis bisa di jalankan dari hobi, sebagai modal dasar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dengan keahlian atau minat, hobi berpotensi menjadi bisnis dengan peluang keuntungan yang cukup besar.

bisnis ibu rumah tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Simak 20 ide bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga berikut ini.

Bacaan Lainnya

1. Freelance Writer (Penulis Lepas)

Dalam buku 80 Bisnis Sampingan Modal <5 Juta karya Astri Novia dan Natar Adri menyarankan profesi ini menjadi ide bisnis sampingan pertama. Menjadi seorang penulis bukanlah hal yang mudah, namun sebenarnya profesi ini cukup menjanjikan.

Karena dunia menulis sangat menarik dan tak lekang oleh waktu. Sampai kapan pun orang akan membutuhkan seorang penulis untuk menulis buku, artikel, atau cerita fiksi. Reward yang Anda dapatkan dari pekerjaan menulis ini sangat menjanjikan.

2. Bisnis sebagai Content Creator

Profesi ini hampir menjadi impian banyak orang. Anda bisa bekerja dari rumah atau kafe, Anda juga bisa mengatur waktu kerja sesuai dengan waktu luang Anda. Konten yang Anda sajikan juga bisa di sesuaikan dengan yang Anda suka, seperti memasak, interior, atau berdandan. Namun harus di akui profesi ini tidak mudah karena membutuhkan kreativitas dan beberapa keterampilan editing video.

5. Mengikuti Survei Online Berbayar

Profesi ini membutuhkan keahlian dalam desain ilustrasi. Kembali lagi, profesi berdasarkan hobi memang menggiurkan. Jika semakin lama hasil semir tangan Anda semakin baik, maka pesanan Anda akan semakin laris.

4. Bisnis sebagai Guru Les Privat

Bisnis ini selain berjasa juga bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Bagaimana tidak, jasa bimbingan belajar bisa membantu anak-anak yang mengikuti pelajaran untuk mendapatkan nilai yang bagus. Jika Anda cukup menguasai pelajaran di sekolah, tentunya Bisnis Ibu Rumah Tangga ini tidak sulit dan menjanjikan.

5. Mengikuti Survei Online Berbayar

Saat ini sudah banyak link survey online yang bisa menghasilkan uang. Biasanya penyelenggara survei ini adalah akademisi dan pemerintah. Namun Anda harus berhati-hati, karena bisa jadi link yang Anda kunjungi adalah link scam yang berbahaya dan bisa meretas data pribadi Anda. Sebaiknya pastikan link yang Anda dapatkan terbukti dan tidak mengandung kode asing apapun pada link tersebut.

6. Bisnis membuka Warung Kopi

Dalam buku Di jamin Kaya dengan Bisnis Jalanan karya John Afifi, membuka usaha kedai kopi adalah salah satu ide yang di sarankan. Membuka kedai kopi tidak membuat ibu rumah tangga kewalahan. Cuma butuh air panas, gelas, beberapa sachet kopi, dan di buka di depan rumah pasti laris manis.

7. Bisnis Menjual Gorengan

Berjualan gorengan juga tidak memakan banyak waktu, mudah, dan memberikan keuntungan yang menggiurkan. Apalagi, siapa yang tidak suka gorengan? Tentunya beberapa gorengan panas akan enak di sajikan. Oleh karena itu, Bisnis Ibu Rumah Tangga jalanan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

8. Bisnis menjual Jus Buah

Jenis usaha pinggir jalan ini sangat mudah di jalankan, karena banyak orang menyukai jus buah. Keuntungan yang di hasilkan cukup baik. Oleh karena itu, jualan jus buah cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang.

9. Bisnis Pulsa

Setiap orang pasti membutuhkan pulsa. Bisnis Ibu Rumah Tangga ini cukup di jalankan dengan peralatan etalase kecil yang di letakkan di pinggir jalan. Anda juga bisa memanfaatkan semua orang yang lalu lalang di jalan raya. Selain itu, mahasiswa, mahasiswa, bahkan guru atau dosen juga bisa menjadi target pasar yang potensial.

10. Menjual parsel atau souvenir

Bisnis jalanan ini memang tidak membutuhkan banyak tenaga dan bisa di jalankan di depan rumah. Parcel atau souvenir dapat di jual dengan cara memesan terlebih dahulu (by order) atau ready stock. Parsel atau oleh-oleh biasanya banyak di cari sebagai hadiah untuk perayaan tertentu, lamaran, sumbangan ke teman, dan masih banyak lagi.

11. Usaha Menjahit

Usaha menjahit merupakan usaha yang menjanjikan di pedesaan. Anda tidak hanya dapat membantu orang desa memperbaiki pakaian mereka, tetapi juga berkreasi untuk membuat pakaian mereka lebih modis. Peluang usaha di pedesaan cukup dinamis perkembangannya, bahkan jika hasil jahit Anda menarik, Anda bisa menjualnya ke luar desa.

12. Bisnis Makanan Kekinian

Perkembangan industri kuliner di perkotaan dapat di jadikan sebagai potensi peluang usaha di pedesaan. Selain jarang di temukan sehingga minim persaingan, bahan bakunya juga pasti lebih murah di bandingkan di perkotaan. Anda juga memiliki berbagai pilihan ide makanan kontemporer yang sesuai dengan daerah Anda.

13. Bisnis Penginapan

Apakah daerah pedesaan Anda memiliki tempat wisata yang indah? Anda bisa menyulap beberapa kamar kosong menjadi sebuah penginapan. Tidak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap memiliki keunggulan seperti suasana jualan. Selain itu, manfaatkan berbagai layanan media sosial untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas.

14. Bisnis Agen LPG

Penjualan gas elpiji juga menjanjikan, terutama elpiji 3 kg yang banyak di gunakan masyarakat desa. Menjadi sub agen elpiji 3kg tidak ribet, tapi memang harus di lengkapi persyaratan administrasi.

15. Usaha Pewangi Pakaian

Bisnis Ibu Rumah Tangga Parfum pakaian sastra cukup di gandrungi karena harganya yang terjangkau. Biasanya toko parfum pakaian memiliki bau yang harum sehingga akan menarik perhatian. Apalagi jika ada yang membuka usaha laundry, Anda bisa menjadi pemasok tetap.

16. Jual Jilbab

Bisnis Ibu Rumah Tangga lain yang bisa Anda coba adalah bisnis fashion, salah satunya adalah menjual jilbab. Saat ini banyak hijab yang sedang populer di kalangan masyarakat. Untuk menjual hijab, Anda tidak perlu memproduksi hijab sendiri. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produsen hijab.

17. Pembuat Konten

Bisnis Ibu Rumah Tangga selanjutnya adalah content creator. Bisnis jenis ini bisa di lakukan siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Prospek bisnis sebagai konten kreator sangat besar. Apalagi sekarang media sosial sudah sangat marak.

18. Bumbu siap pakai

Bumbu siap pakai semakin banyak di cari, terutama oleh orang-orang yang sibuk dan tidak sempat mengolah bahan-bahan dapur. Bagi JULOvers yang memiliki waktu, peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menjalankan bisnis bumbu masak siap pakai.

Untuk memasarkannya, Anda bisa memanfaatkan platform pemasaran digital, khususnya media sosial. Anda bisa membuat konten terkait kelebihan dan tips memasak atau berbagi resep untuk menarik perhatian orang agar menggunakan produk Anda.

19. Budidaya Ikan Hias

Anda suka merawat ikan hias di rumah? Hobi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menarik untuk di garap. Beberapa jenis ikan hias memiliki harga jual yang tinggi.

Merawat ikan hias tidak terlalu rumit. Apalagi jika Anda sudah lama menekuni hobi ini. Tentu Anda tidak akan kesulitan untuk menjalankan usaha budidaya ikan hias.

Kunci sukses bisnis adalah tetap fokus pada bisnis dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

20. Jasa pembukuan UMKM

UMKM membutuhkan pembukuan yang teratur agar usahanya dapat berjalan dengan lancar. Tujuan pembukuan adalah untuk memantau kondisi keuangan bisnis.

Jika banyak UMKM di sekitar tempat tinggal Anda, coba tawarkan jasa pembukuan kepada mereka. Jasa ini bisa menjadi peluang bisnis rumahan bagi para ibu rumah tangga. Untuk biaya jasa, Anda bisa menawarkan dengan nominal yang tidak terlalu besar.

Beberapa pelaku UMKM tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menangani masalah pembukuan sendiri. Anda bisa membantu mereka dengan aplikasi BukuWarung.

Pada aplikasi ini, Anda dapat melakukan pembukuan untuk beberapa unit usaha sekaligus. Anda juga hanya perlu memasukkan data karena perhitungan di lakukan secara otomatis oleh aplikasi.

Akhir Kata

Itulah tadi ide 20 ide Bisnis Ibu Rumah Tangga. Banyak banget kan rekomendasinya? Apakah Anda memiliki ide yang Anda tertarik untuk mencoba? Semoga beruntung!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *